10 Rekomendasi Universitas yang Ada Jurusan Perhotelan Terbaik

Pariwisata di Indonesia bekembang dan menarik banyak wisatawan baik domestik maupun turis asing. Membuat pengusaha perhotelan semakin meningkatkan kualitasnya, banyak yang berminat bekerja di bidang perhotelan dan universitas yang ada jurusan perhotelan di Indonesia sudah banyak.

Demi meningkatkan kinerjanya, sebuah hotel memerlukan pekerja yang ahli dan berkualitas di bidangnya.

Sudah banyak universitas jurusan perhotelan, bagi kamu yang berminat bekerja di bidang ini universitas berikut bisa menjadi pilihan.

Jurusan Perhotelan dan Pembelajaranya di Perguruan Tinggi

Jurusan perhotelan banyak dibutuhkan saat ini dan dimasa yang akan datang, melihat perkembangan pariwisata Indonesia yang semakin diminati.

Jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang manajemen perhotelan saja, namun ada juga manajemen bisnis dan juga potensi pariwisata.

Sebelum melanjutkan karir dalam dunia industri perhotelan sangat disarankan untuk mendalami ilmu perhotelan dengan belajar di salah satu universitas terbaik jurusan perhotelan yang tersedia di berbagai wilayah Indonesia.

Dengan hal itu maka akan mendapatkan kesiapan mental dan juga fisik dalam dunia kerja serta cara berpikir yang kritis dalam menghadapi suatu masalah dan juga memiliki daya saing yang tinggi.

mempelajari ha-hall yang banyak, maka lulusan jurusan perhotelan memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan.

Contohnya saja bekerja di hotel-hotel ternama dan berbintang, bekerja di kapal pesiar dan maskapai penerbangan, pengusaha tour and travel dan masih banyak lagi.

Daftar Universitas yang Ada Jurusan Perhotelan Di Indonesia dan Berstatus Negeri

Dibutuhkannya para manajemen hotel yang kompeten menjadikan banyaknya lowongan pekerjaan di bidang ini.

Selain menunjang pariwisata juga agar para wisatawan merasa nyaman, jurusan perhotelan di Indonesia dapat dijumpai pada universitas dan perguruan tinggi berikut ini.

1. Universitas Airlangga

Universitas dengan D3 Manajemen perhotelan

Universitas Airlangga atau UNAIR merupakan universitas yang sudah terkenal di Indonesia.

Universitas yang terkenal dengan jurusan sainteknya ini, ternyata juga memiliki jurusan Manajemen Perhotelan jenjang Diploma III yang sudah terakreditasi A.

Lulusan Universitas Airlangga dilatih menjadi lulusan yang profesional, berjiwa entrepreneur dan siap menghadapi tantangan dalam bidang perhotelan.

Biaya kuliah jurusan perhotelan di universitas berstatus negeri terjangkau dibandingkan dengan swasta.

2. Universitas Negeri Padang

Fakultas pariwisata dan perhotelan universitas negeri padang

Salah satu universitas yang bisa menjadi pilihan yang menyediakan jurusan perhotelan yaitu Universitas Negeri Padang.

Merupakan bagian dari Fakultas Perhotelan dan Pariwisata jurusan Manajemen Perhotelan dengan jenjang D-IV.

Lulusan dari Universitas Negeri Padang akan dicetak sebagai lulusan yang mempunyai jiwa kepemimpinan, menjadi SDM yang profesional dan bisa mampu bersaing skala internasional. Universitas ini direkomendasikan sebagai universitas negeri dengan daya saing cukup tinggi.

Kamu yang memiliki nilai baik ketika duduk di bangku Sma, lebih baik menggunakan jalur SNMPTN.

Jika sudah terlanjur, tidak berprestasi ketika berada di SMA. Kamu bisa masuk melalui jalur SBMPTN atau Mandiri yang tentunya biaya pendidikanya jauh lebih tinggi.

3. Universitas Pendidikan Ganesha atau Undiksha

Jurusan perhotelan universitas Pendidikan Ganesha

Rekomendasi universitas yang ada jurusan perhotelan selanjutnya adalah Universitas Pendidikan Ganesha atau yang sering disebut dengan Undiksha. Universitas negeri jurusan perhotelan ini menyediakan diploma dengan jenjang tiga.

Walaupun Universitas Pendidikan Ganesha memiliki akreditasi B tetapi kualitas pendidikan yang diberikan sesuai dengan standar, jadi tidak perlu diragukan lagi.

Kerjasama dari universitas ini sudah sangat besar, kamu akan mendapatkan tawaran pekerjaan dari kampus setelah berhasil menyelesaikan studi .

4. Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ilmu budaya dan Prodi Pariwisata UGM

Universitas jurusan perhotelan selanjutnya yaitu Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Siapa yang tidak kenal dengan Universitas yang satu ini, karena kualitasnya sudah tidak diragukan lagi dan menjadi salah satu Universitas favorit di Indonesia. 

Ilmu perhotelan di universitas ini masuk dalam program sarjana S1. Fakultas ilmu budaya, dan prodi pariwisata.

Lulusan program studi pariwisata dapat berkarir di dalam maupun di luar negeri sebagai manager/staf pada destinasi wisata, bidang perhotelan, dan juga tour & travel, peneliti, konsultan pariwisata, magajer restoran, staf di dinas-dinas pariwisata, manager event organizer, staf dan profesional di maskapai penerbangan serta kapal pesiar, dan lain-lain.

Prospek kerja yang bagus dengan banyaknya pariwisata yang ada di Indonesia menjadikan lulusan ini banyak dicari di masa yang akan datang.

Diperlukan tenaga yang ahli di bidang ini untuk menunjang sektor pariwisata Indonesia semakin meningkat.

5. Universitas Brawijaya

Kuliah jurusan perhotelan di Universitas Brawijaya

Unbraw atau Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas negeri jurusan perhotelan terbaik di Indonesia.

Pada tahun 2000 sudah dimulai Program pariwisata yang berjalan baik dan didalamnya termasuk program vokasi perhotelan.

Sebagai universitas tersohor di Indonesia, Universitas Brawijaya menjadi pilihan yang bagus. Akan tetapi memiliki daya saing yang ketat.

Masuk Unbraw mengharuskan kamu memiliki nilai SBMPTN atau SNMPTN yang baik, dengan begitu peluang untuk berkuliah di sana semakin besar.

6. Universitas Mulawarman atau UNMUL

kuliah jurusan perhotelan dan hospitality di unmul

Universitas Negeri jurusan perhotelan terbaik di Indonesia selanjutnya yaitu Universitas Mulawarman ataupun yang sering disebut dengan UNMUL. Universitas UNMUL ini ternyata memiliki jurusan perhotelan.

Yaitu program S1 Bisnis Hospitality dan Pariwisata.

Jurusan perhotelan yang terdapat dalam Universitas Mulawarman ini akan masuk dalam fakultas ilmu sosial dan politik.

Secara garis besar ketika memasuki jurusan perhotelan dalam universitas ini akan mendapatkan beberapa ilmu mengenai industri hospitality, perhotelan dan masih banyak lagi.

Daftar Universitas Swasta Jurusan Perhotelan

Kamu yang menginginkan berkuliah di tahun ini akan tetapi tidak memiliki nilai yang baik bisa mencoba dengan masuk Kampus swasta.

Soal biaya kuliah, jangan dipermasalahkan karena akan ada tawaran beasiswa menarik.

Berikut ini rekomendasi kampus terbaik khusus jurusan perhotelan:

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Universitas swasta dengan jurusan perhotelan yang pertama jatuh pada Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti.

Universitas ini didirikan untuk menjadi jembatan menuju profesionalisme di bidang pariwisata?

STP Trisakti telah berkiprah di dunia pendidikan dan pariwisata selama lebih dari 44 tahun, loh.

Kampus ini juga merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang menyelenggarakan program diploma IV setara sarjana dengan gelar Sarjana Terapan Pariwisata (S.Tr.Par.).

2. Akademi Pariwisata Nusantara

Selain memiliki jurusan pariwisata, Universitas Akademi Pariwisata ini juga merupakan salah satu universitas yang ada jurusan perhotelan di Pulau Jawaterbaik.

Universitas Akademi Pariwisata Nusantara juga memiliki satu visi dan beberapa misi yang dijadikan acuan dalam proses belajar mengajar. Sehingga akan menghasilkan alumni yang bertanggung jawab, cerdas serta profesional.

Universitas jurusan perhotelan di Akademi Pariwisata Nusantara memiliki mahasiswa dengan standar pengetahuan yang berkualitas, pemikiran yang matang untuk siap bekerja, mandiri serta inspiratif.

3. Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung menyediakan berbagai macam jurusan salah satunya Perhotelan dengan jenjang S1, kerennya lagi semua jurusan di perguruan ini sudah terakreditasi A dari BAN-PT.

Terlepas dari status sekolah swasta, semua jenis pelayanan yang diterima di universitas ini setara dengan UGM dan UI. Kamu tidak harus masuk ke kedua universitas itu, untuk menikmati layanan belajar yang menyenangkan, karena melalui STP kamu bisa masuk dunia kerja dengan mudah.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

Jurusan Administrasi Perhotelan sudah mendapatkan akreditasi A sangat baik (BAN-PT). Sedangkan untuk jurusan Perhotelan mendapatkan akreditasi B.

Pastikan memilih jurusan yang tepat, kamu yang tertarik di bidang manajemen ada baiknya memilih jurusan tersebut. 

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan perhotelan selanjutnya datang dari Kota Pelajar Yogyakarta.

Kampus ini memiliki 3 jurusan di dalamnya, salah satunya yaitu Administrasi Perhotelan dengan jenjang pendidikan D4 dan Perhotelan dengan jenjang Diploma III.

Ilmu yang utama yaitu ilmu perhotelan yang termasuk di dalamnya ilmu pariwisata dan juga materi manajemen bisnis yang baik. Dengan harapan ketika mahasiswa telah lulus akan menguasai ilmu yang diberikan.

Pastikan sebelum mendaftar universitas sesuai dengan minat dan juga kondisi keuangan kamu. Karena pada dasarnya mencari ilmu merupakan hal yang sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Bagi kamu yang tertarik bisa kulik informasi dari sekarang mengenai universitas yang ada jurusan perhotelan.

Diharapkan semakin banyak lulusan jurusan perhotelan yang kompeten dan memberikan pelayanan yang baik.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar