Sejarah Industri Perhotelan
credit foto: unsplash.com

Sejarah Industri Perhotelan – Bagi seorang traveller, memilih hotel untuk tempat tinggal sementara sangat penting untuk diperhitungkan. Mengapa? Karena hotel erat kaitannya dengan budget yang anda miliki, jadi jika salah perhitungan saja, liburan anda bisa berakhir dengan buruk.

Tulisan sebelumnya sudah membahas tipe dan klasifikasi hotel. Umumnya hotel dibagi menjadi 5 berdasarakan fasilitas dan harga yang ditawarkan. Ada istilah hotel berbintang satu, bintang dua, hingga bintang lima. Tentu saja semakin banyak bintangnya akan semakin mahal tarifnya namun berbanding lurus dengan fasiitas yang lengkap dan tempat yang relatif lebih nyaman.

Baca juga : Tipe – tipe akomodasi

Selain sebagai tempat penginapan, ternyata hotel juga ada yang menyediakan tempat untuk pertemuan atau meeting. Bahkan ada beberapa yang menyewakan gedung hotel untuk acara pernikahan dan wisuda. Beberapa fasilitas hotel umumnya adalah pelayanan konsumsi (makan dan minum), barang bawaan , laundry baju, dan perabotan dapur yang di kelola secara komersial.

Balik lagi ke awal, kita tahunya hotel itu di klasifikasikan dengan rating 1-5, kita juga tahu selain hotel ternyata ada tipe akomodasi lain juga seperti villa, resort, hostel dan lain-lain. Tapi, kita nggak tau sebenarnya hotel itu pertama kali muncul dimana? Sejarahnya bagaimana? Oke, tulisan kali ini kita coba cari tahu bagaimana sebenarnya kemunculan hotel itu pertama kali, khususnya di Indonesia. Check this out !

Sejarah Hotel di Dunia dan Indonesia

Sejarah keberadaan hotel sangat berkaitan dengan perkembangan peradaban manusia. Kebutuhan akomodasi sudah ada sejak manusia mulai bermigrasi, berpindah tempat ke tempat lainnya.

Ketika itu manusia melakukan perjalanan jauh menggunakan alat transportasi menggunakan bantuan hewan seperti kuda dan unta bahkan hanya berjalan kaki saja. Dikarenakan masih banyaknya wilayah pedesaan, maka orang yang singgah di suatu tempat tidak dikenakan biaya. Namun seiring bertambahnya waktu, mulai banyak orang yang menyewakan kamar untuk di singgahi sementara.

Sejarah Perhotelan Internasional

Sejarah Industri Perhotelan
credit foto : atyourserviceclub.wordpress.com

Sejarah industri perhotelan dimulai pada awal abad 15, Beberapa negara Eropa seperti Perancis dan Inggris mulai mewajibkan untuk mendaftarkan rumah penginapannya secara resmi. Kemudian pada awal abad 17, tepatnya pada tahun 1760 daratan Eropa dan Amerika mulai dibangun konstruksi bangunan hotel yang sangat megah. Pada tahun inilah awal mulai industri perhotelan di Eropa mulai berkembang.

Pada awal abad ke 18 di bangunlah hotel dengan nama Le Grand Hôtel du louvre Paris dan operasikan pada tahun 1855 dan 1887. Hotel ini merupakan salah satu hotel yang berada di Eropa dan dibangun khusus untuk para elite traveller dari seluruh dunia.

Abad ke 19 adalah masa keemasan perkembangan industri perhotelan pada jaman itu. Banyak sekali hotel mewah yang dibangun dan beberapa arsitek yang sangat terkenal seperti Marchisio dan Prost merancang bangunan hotel yang sangat indah di Eropa.

Pada abad 20 seperti sekarang ini sudah jelas dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Semua kegiatan perhotelan tidak akan bisa lepas dari internet.

Sejarah Perhotelan Nasional

Awal mula berkembangnya industri perhotelan di tanah air mulai sejak masa penjajahan belanda. Pada saat itu memang pariwisata di Indonesia mulai di kenal.

Sejarah Industri Perhotelan
picture : hotel Indonesia tahun 1962. Credit foto : phinemo.com

Hotel bintang 5 pertama yang ada di Indonesia yang sampai saat ini masih berdiri yaitu Hotel Indonesia. Pada tanggal 5 agustus 1962, Hotel Indonesia diresmikan oleh Soekarno saat menyambut Asian Games IV di tahun 1962.

Dirancang oleh pasangan arsitek dari Amerika Serikat bernama Abel Sorensen dan Wendy, istrinya. Pada akhir Februari 2009, Hotel Indonesia rebranding menjadi Hotel Indonesia Kempinski dan pengelolaannya dibawah jaringan Kempinski.

Setahun setelahnya yaitu pada tahun 1963, Hotel Bali Beach di bangun karena nama Bali semakin terkenal di dunia Internasional. Hotel ini merupakan hotel tertinggi di Bali sampai saat ini.

Selain itu beberapa hotel peninggalan sejarah jaman penjajahan Belanda juga banyak ditemukan di Indonesia dan masih beroperasi sampai sekarang di antaranya :

  1. Hotel Sriwijaya – Jakarta yang awal berdiri pada tahun 1863 dengan nama Hotel Cavadino
  2. Hotel Majapahit – Surabaya : Dibangun pada tahun 1910 oleh orang berkebangsaan Armenia bernama Lucas Martien Sarkies yang sampai sekarang masih beroperasi dengan nama Majapahit Mandarin Hotel
  3. Hotel Inna Dibya Puri – Semarang : awalnya bernama Du Pavilion di tahun 1874
  4. Hotel Garuda – Yogyakarta : Dibuat pada tahun 1908 dengan nama Grand Hotel De Djokdja
  5. Hotel Ambarukmo : Hotel ini sangat eratkaitannya dengan Sultan Hamengku Buwono V yang membangun Pesanggrahan Ambarrukmo. Di tahun 1895-1897, Sultan Hamengku Buwono VII merenovasi bangunan ini. Berikutnya pada tahun 1966 seiring dengan berdirinya Hotel Indonesia dan Bali beach, berdiri pula Hotel Ambarukmo
  6. Inna Bali Heritage – Bali : Dibangun pada jaman kolonial 1927 dan menjadi hotel pertama di Bali yang melayani wisatawan waktu itu.

Setelah membaca artikel di atas, kita jadi tahu sejarah industri perhotelan dan ternyata hotel-hotel yang sekarang cukup familiar dan mungkin salah satunya anda pernah tempati ternyata umurnya hampir ratusan tahun.

Tentunya untuk anda yang ingin mendapatkan experience dan atmosphere yang berbeda nanti bisa coba untuk menginap di salah satu hotel tersebut. Salam Hotelier….

Referensi : Sejarah Hotel – Martono Tikjanto