Mudah! 3 Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Mati/Tidak Aktif

Apa penyebab nomor rekening tidak aktif? Penyebabnya rekening tidak pernah digunakan untuk melakukan transaksi dalam jangka waktu yang lama, bahkan lebih dari 2 tahun. Cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah tidak aktif dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara tersebut dapat digunakan agar rekening BRI yang sudah tidak aktif dapat diaktifkan lagi dan digunakan untuk transaksi. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan pengecekan dulu untuk mengetahui rekening masih aktif, dalam masa dormant, pasif, atau memang tidak aktif.

Lengkapi juga berbagai syarat yang diperlukan untuk kembali mengaktifkan rekening BRI. Tidak usah bingung tentang cara pengecekan, syarat, dan cara mengaktifkan kembali nomor rekening BRI. Kamu bisa mempelajari pengaktifan rekening BRI dengan membaca artikel ini!

Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI yang Sudah Mati

Bagaimana cara yang harus dilakukan agar rekening Bank BRI dapat digunakan kembali setelah nonaktif?

Sebetulnya, cara ini tidak ada bedanya dengan yang dilakukan pada Bank BCA, bisa kamu baca pada artikel ini.

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan kembali rekening Bank BRI yang sudah nonaktif karena lama tidak digunakan, yaitu:

1. Pastikan Bahwa Rekening BRI Memang Sudah Tidak Aktif

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kembali bahwa rekening BRI yang kamu miliki memang sudah tidak aktif. Berikut ini ciri-ciri rekening BRI yang sudah di-nonaktifkan oleh pihak Bank BRI, yaitu:

  • Rekening BRI sudah tidak pernah digunakan untuk melakukan transaksi dalam waktu yang lama.
  • Rekening BRI sudah lama tidak dipakai dalam kurun waktu tertentu.
  • Saldo yang ada di dalam rekening berada di bawah saldo minimum, artinya tidak ada saldo yang bisa ditarik oleh Bank BRI sebagai biaya admin per bulan.
  • Muncul keterangan “Transaksi Ditolak oleh Bank Anda, Harap Hubungi Bank Anda” ketika kamu melakukan pengecekan “Cek Saldo” di mesin ATM.
  • Rekening Bank BRI sudah tidak dapat menerima dana yang ditransfer dari rekening lainnya.
  • Jika rekening anda tidak aktif, maka akan muncul peringatan: “rekening tujuan transfer tidak ditemukan atau sudah tidak aktif“.

Selain itu, rekening Bank BRI juga akan non-aktif ketika tidak digunakan dalam waktu tertentu berdasarkan jenis tabungannya.

Pada umumnya seluruh Bank menerapkan status rekening tidak aktif jika sudah tidak memiliki saldo untuk ditarik sebagai biaya admin. Dan otomatis berstatus dormant jika lewat dari 6 bulan.

Dalam satu kasus, jika yang terjadi adalah saldo rekening yang kamu miliki cukup banyak, dan diperkirakan dapat menutupi biaya admin selama tidak ada transaksi, maka cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah lama tidak dipakai dapat dilakukan hanya dengan melakukan satu kali transaksi.

Setelah itu, rekening BRI milikmu kembali aktif dan normal. Cara mengatifkan rekening dormant BRI di atas dapat dilakukan tanpa ke BANK.

Namun ada beberapa perbedaan pada jenis tabungan.

Berikut ini ketentuan masa aktif untuk rekening tabungan BritAma Bank BRI, yaitu:

  • Status Dormant: saldo rekening dibawah saldo minimum dan tidak melakukan transaksi secara berturut-turut selama 540 hari.
  • Status Pasif: Pada hari ke 540 + 1 hari.
  • Status Tidak aktif: Pada hari ke 541 + 1 hari.

Berikut ini ketentuan masa aktif untuk rekening tabungan Simpedes Bank BRI, yaitu:

  • Status Dormant: saldo rekening dibawah saldo minimum dan tidak melakukan transaksi secara berturut-turut selama 365 hari.
  • Status Pasif: Pada hari ke 365 + 1 hari.
  • Status Tidak aktif: Pada hari ke 366 + 1 hari.

Ketika rekening Bank BRI sudah tidak aktif, maka rekening tersebut tidak dapat digunakan untuk transaksi secara online, baik melalui ATM, Internet Banking, maupun Mobile Banking.

Baca juga: 12 Aplikasi Cari Jodoh Luar Negeri Ada yang Khusus Islam

2. Persiapkan Syarat-syarat untuk Melakukan Mengaktifkan Rekening BRI

Ketika sudah memastikan bahwa rekening Bank BRI memang tidak aktif, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan semua syarat agar bisa kembali mengaktifkan rekening tersebut.

Berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam cara mengaktifkan rekening yang tidak aktif, yaitu:

  • Kartu ATM Bank BRI dan buku tabungannya.
  • KTP atau identitas pemilik rekening Bank BRI tersebut.
  • Mempersiapkan uang untuk membayar setoran awal dan biaya lainnya.

Berapa besarnya biaya untuk mengaktifkan kembali rekening BRI? Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk setoran awal sebesar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 yang nantinya juga akan masuk ke rekening bank.

Selain itu, siapkan juga uang untuk membayar materai Rp 6.000 atau Rp 10.000 yang akan digunakan saat mengisi formulir.

Kamu juga bisa menghubungi pihak Customer Service Bank BRI terdekat untuk bertanya terlebih dahulu tentang syarat-syarat mengaktifkan kembali rekening yang tidak aktif.

3. Datang Langsung ke Kantor Cabang Bank BRI Terdekat

Cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah tidak aktif secara offline dan lama tidak dipakai, dapat dilakukan dengan langsung datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat.

Sebaiknya datang ke bank lebih pagi atau awal, agar mendapat nomor antrean awal.

Ketika datang ke kantor cabang Bank BRI, maka langsung saja temui satpam untuk mendapatkan nomor antrean. Kamu akan diarahkan untuk mengantre pada Customer Service Bank BRI sebagai tempat layanan mengaktifkan kembali nomor rekening.

4. Lakukan Semua Prosedur Sesuai dengan Arahan Customer Service

Cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah tidak aktif selanjutnya adalah mengikuti semua arahan dari CS. Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan agar rekening Bank BRI aktif kembali, yaitu:

  • Memberikan informasi kepada CS tentang keinginan untuk mengaktifkan kembali rekening bank.
  • Menyerahkan semua dokumen persyaratan yang telah dipersiapkan, seperti KTP, kartu ATM, dan buku rekening.
  • Mengisi formulir yang diberikan oleh pihak CS dengan lengkap dan benar tanpa adanya kesalahan atau manipulasi.
  • Setelah itu, kamu hanya perlu menyerahkan formulir tersebut untuk dicek dan diproses oleh CS.
  • Customer Service akan melakukan proses verifikasi dan mengaktifkan kembali nomor rekening Bank BRI sesuai data yang telah diserahkan.
  • Tunggulah proses aktivasi kembali dilakukan oleh CS hingga selesai.
  • Jangan lupa untuk menyerakan sejumlah uang sekitar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 sebagai setoran awal rekening Bank BRI yang diaktifkan kembali.
  • Ketika CS Bank BRI selesai melakukan semua proses yang diperlukan, maka rekening Bank BRI milik kamu sudah aktif kembali dan dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi di ATM, Internet Banking, maupun Mobile Banking.

Cara mengaktifkan rekening BRI yang sudah tidak aktif dapat digunakan agar rekening Bank BRI dapat kembali digunakan untuk melakukan transaksi.

Sejauh ini tidak ada cara lain selain menghubungi CS Bank BRI dan datang ke Kantor cabang terdekat untuk bisa mengaktifkan rekenign BRI yang sudah lama tidak dipakai.

Jangan lupa bawa lengkapi syarat dan ketentuan dengan tepat agar proses aktivasi kembali dapat dilakukan!

FAQ

Apakah rekening BRI pasif masih bisa menerima transfer?

Ketika bertransaksi di ATM, akan ditampilkan pemberitahuan jika transaksi telah gagal karena rekening berstatus dormant atau pasif. Tidak dapat menerima transfer dari rekening lain.

Berapa lama buku rekening BRI mati?

Jika rekening Bank BRI tidak ada saldo selama 6 bulan berturut-turut, rekening tabungan biasanya ditutup otomatis oleh bank.

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

8 pemikiran pada “Mudah! 3 Cara Mengaktifkan Rekening BRI yang Sudah Mati/Tidak Aktif”

    • Tutorial di atas khusus yang sudah mati / tidak akktif lama kak,,

      Jika kakak baru buka rekening dan belum aktif, coba langsung telfon CS BRI atau pergi ke BRI cabang terdekat.

      Balas

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste