10 Ciri-Ciri Cocok Memakai Cream Wajah, Pastikan Kamu Tahu!

Mengenali ciri-ciri cocok memakai cream wajah merupakan tindakan wajib bagi setiap orang ketika menggunakan produk baru untuk pertama kali. Jika muncul gejala tidak nyaman pada wajah, itu pertanda kulit Anda menolak zat tersebut. 

Kita tentu setuju bahwa kulit wajah merupakan aset yang sangat penting sekaligus sensitif. Kecocokan produk pada orang lain belum tentu cocok di kulit sendiri.

Oleh karena itu, pahami secara jeli bagaimana cara mengetahui cream wajah cocok atau tidak dengan jenis kulitmu berikut ini.

Ciri-Ciri Cocok Memakai Cream Wajah yang Terjadi pada Kulit

Dalam dunia skincare, kita mengenal begitu banyak jenis cream dengan khasiat yang berbeda-beda. Tentunya, Anda akan menggunakan produk kecantikan yang mempunyai fungsi sesuai dengan keluhan tersebut. 

Namun meski sudah disesuaikan dengan kebutuhan kulit, belum tentu reaksi yang terlihat menunjukkan ciri-ciri cocok memakai cream wajah untuk menyelesaikan masalah kulit. Jika Anda merasakan beberapa ciri kecocokan di bawah ini, pemakaian cream bisa Anda lanjutkan:

1. Keluhan di Wajah Berangsur Membaik

Kulit Wajah berangsur membaik

Salah satu ciri-ciri skincare cocok yang utama adalah adanya proses perbaikan pada kulit wajah. Misalnya, wajah Anda berangsur menjadi lebih cerah ketika menggunakan cream anti kusam. Jerawat mulai mengering setelah menggunakan produk anti-acne.

Perubahan baik pada kulit memang tidak bisa muncul secara spontan. Namun umumnya, penampakan perubahan muncul pada jangka waktu 3 hari hingga satu bulan pemakaian.

Jika Anda menggunakan saran produk dari dokter, lakukan konsultasi berkala mengenai produk.

Baca juga: 10 Cara Ampuh Menghilangkan Mata Panda dalam Waktu 5 Menit

2. Kulit Terasa Lebih Lembab

Ciri-ciri cocok memakai cream wajah yang kedua adalah kulit wajah terasa lebih lembab. Kelembaban pada wajah terjadi secara alami ketika kulit Anda mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga kulit menjadi lebih sehat dari dalam.

Ketika kelembaban terkunci secara sempurna di bawah kulit, wajah akan terasa lebih kenyal dan cerah.

Terutama bagi Anda yang secara khusus mengalami keluhan kulit kering hingga mengelupas, perubahan kadar air pada kulit akan lebih mudah terasa perbedaannya.

3. Tidak Terjadi Iritasi dalam Pemakaian Jangka Panjang

Iritasi menjadi ciri-ciri wajah tidak cocok dengan skincare yang umumnya paling awal muncul. Gejala ini bisa berupa wajah merah, timbul rasa gatal-gatal, kulit kering dan mengelupas, hingga kulit mengelupas dan terasa perih.

Masalahnya, terkadang iritasi baru muncul setelah pemakaian jangka panjang. Pada fase awal, Anda mungkin manjur menggunakan produk, namun selanjutnya efek cream tersebut berubah. Jika gejala baru ini terjadi, segera hentikan pemakaian dan segera konsultasikan pada dokter.

4. Kulit Mengelupas (Tidak Menyakitkan)

Kulit mengelupas - ciri ciri cocok pakai cream wajah

Kulit mengelupas bisa menjadi ciri-ciri pakai cream cocok atau sebaliknya. Dalam dunia dermatologi, kita bisa mengenal proses eksfoliasi atau proses membuang jaringan kulit mati dan menggantinya dengan yang baru.

Perbedaan pengelupasan kulit yang alami adalah tidak adanya rasa sakit seperti sensasi terbakar atau gatal-gatal. Proses eksfoliasi yang baik berjalan dalam waktu beberapa hari saja tanpa menimbulkan gejala iritasi apapun.

Tanda Cream Wajah tidak Cocok di Kulit yang Harus Diwaspadai

Ciri-Ciri Cocok Memakai Cream Wajah yang Terjadi pada Kulit

Tercatat, ada banyak tanda serum tidak cocok di wajah yang bisa segera Anda kenali. Alih-alih memberikan manfaat dari ciri-ciri cocok memakai cream wajah di atas, cream ini justru membuat wajah Anda mengalami masalah baru.

Berikut ini rangkaian gejala ketidakcocokan produk kecantikan yang sering terjadi pada kulit:

1. Rasa Panas seperti Terbakar

Interaksi antara cream dan kulit yang menimbulkan rasa panas bukan pertanda yang baik. rasa terbakar pada wajah menunjukkan adanya ingredient yang tidak sesuai dengan kulit, bisa disebabkan adanya kandungan zat kimia tinggi, pemicu alergi, hingga bahan abal-abal.

Sayangnya, tidak sedikit orang menganggap rasa panas seperti terbakar pada kulit sebagai bagian dari proses penyembuhan jaringan. Anggapan ini adalah mitos. Sebaliknya, gejala ini justru cenderung mengarah kepada infeksi.

2. Kulit Mengelupas (Diiringi Gejala Iritasi)

Hampir sama seperti poin pertama, kulit wajah mengelupas sering menjadi tanda tidak cocok dengan serum wajah yang diabaikan. Anggapan bahwa pengelupasan kulit adalah bagian eksfoliasi membuat mereka menutup kemungkinan terhadap potensi iritasi.

Para ahli kecantikan sudah menegaskan bahwasannya, proses penyembuhan sel dan kulit wajah tidak terjadi secara menyakitkan. Pengelupasan akibat iritasi akan menyebabkan kondisi yang lebih parah jika tetap digunakan terus-menerus.

3. Warna Kulit Tidak Merata

Salah satu ciri-ciri cocok memakai cream wajah yang paling mencolok adalah warna kulit yang merata. Artinya, tidak muncul warna kemerah-merahan, ruam, atau bagian tertentu dari area wajah yang memiliki warna gelap.

Sebaliknya, kulit seyogyanya berubah menjadi lebih cerah, bersinar, dan menyamarkan pori-pori. Kulit yang tampak lebih kusam juga bisa menjadi alarm bagi wajah untuk meninggalkan produk skincare tersebut.

4. Muncul Break-Out

Breakout adalah istilah yang biasa digunakan oleh para ahli kecantikan untuk mendefinisikan ciri-ciri jerawat karena tidak cocok skincare. Tipe jerawat ini muncul secara bersamaan dalam jumlah sangat banyak pada wajah setelah pemakaian produk kecantikan.

Tentu saja, kemunculan jerawat breakout sangat bertentangan dengan ciri-ciri cocok memakai cream wajah yang seharusnya dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Jangan lupa untuk selektif memilih produk kecantikan. Pastikan cream wajah sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Lebih baik lagi, gunakan saran kesehatan wajah melalui dokter sehingga lebih terjamin keamanannya.

5. Wajah Terasa Gatal

Wajah gatal setelah memakai cream juga bisa menjadi pertanda tidak cocok untuk kulit. Selain kemungkinan adanya iritasi, penggunaan cream wajah juga bisa menimbulkan alergi sebagaimana makanan. 

Bagi Anda yang mempunyai alergi pada kandungan zat tertentu dalam kosmetik, sangat penting hukumnya untuk cek komposisi produk sebelum membeli. Pada beberapa kasus, alergi bisa menimbulkan gejala yang jauh lebih parah.

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya, kenapa memakai skincare tidak ada hasilnya? Apakah ciri tersebut juga menjadi pertanda bahwa cream wajah tidak cocok? Jawabannya adalah tidak.

Ada banyak faktor lain yang menyebabkan skincare tidak bekerja secara optimal di kulit wajah. Diantara faktor tersebut adalah adanya pengaruh hormonal atau cuaca, produk sudah kadaluarsa, waktu penggunaan cream kurang tepat, hingga eksfoliasi yang jarang dilakukan.

Demikian ulasan mengenai ciri-ciri cocok memakai cream wajah maupun ketidakcocokan. Semoga dapat membantu Anda menghindari kekhawatiran terhadap kemungkinan buruk menggunakan produk skincare

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar