11 Contoh Iklan Advertorial Beserta Gambar dan Penjelasannya

Apa kamu tertarik untuk membuat iklan advertorial? Simak contoh iklan advertorial beserta gambar dan penjelasannya berikut.

Bagi beberapa orang, istilah iklan advertorial mungkin masih cukup asing. Padahal, iklan jenis ini terbilang cukup populer karena mengedepankan konsep editorial atau redaksional media. Meski tampak seperti artikel, tetapi ada misi penjualan atau penawaran produk dan jasa di dalamnya.

Jika ingin memahami lebih dalam, berikut beberapa contoh iklan advertorial beserta gambar dan penjelasannya.

Pengertian Iklan Advertorial

Iklan advertorial merupakan jenis iklan yang konsepnya meniru isi editorial atau redaksional pada sebuah media.

Kata advertorial sendiri berasal dari istilah advertising yang artinya iklan dan editorial yang artinya tulisan editorial.

Jadi, iklan advertorial adalah jenis iklan yang menggunakan tulisan editorial yang lebih informatif dengan sistem soft selling.

Maknanya, pembaca dihadapkan pada tulisan informatif tentang produk atau jasa dengan misi penjualan yang tidak mencolok.

Jenis Iklan Advertorial

Berdasar cara penulisannya, ada empat jenis iklan advertorial yang perlu diketahui.

Berikut adalah jenis-jenis iklan advertorial yang perlu diketahui:

  • Advertorial produk, yaitu iklan yang dalam penulisannya menyajikan pembahasan mengenai produk tertentu yang ditawarkan kepada masyarakat.
  • Advertorial jasa, yaitu jenis iklan advertorial yang membahas tentang layanan jasa tertentu kepada khalayak umum.
  • Advertorial korporat atau perusahaan, merupakan jenis iklan yang penulisannya menyampaikan keberadaan atau kegiatan suatu perusahaan atau istansi tertentu.
  • Advertorial pemerintahan, adalah pembahasan iklan yang menulis tentang kegiatan di bidang pemerintahan, termasuk potensi suatu daerah.

Perbedaan Iklan Advertorial dan Iklan Display

Untuk mengetahui perbedaan iklan advertorial dan iklan display yang lebih jelas, simak penjelasannya lewat tabel di bawah ini.

PembedaIklan AdvertorialIklan Display
Cara PenyampaianBerupa tulisan gabungan antara unsur iklan dan editorial yang mirip artikel beritaTerdiri dari gambar dan pesan teks singkat yang menarik dan informatif
TujuanMemberi informasi produk/jasa yang detail dan persuasifMembangun kesadaran merek, membangkitkan minat untuk segera membeli, dan menghasilkan penjualan
SistemSoft sellingHard selling

Tips Membuat Iklan Advertorial

Setelah mengetahui pengertian iklan advertorial dan perbedaannya dengan iklan display, selanjutnya adalah proses pembuatan iklan.

Ada beberapa tips membuat iklan advertorial yang penting untu diketahui dan dipahami.

Berikut hal-hal yang wajib diperhatikan untuk membuat iklan advertorial yang menarik.

1. Buat Artikel Yang Ringan

Tips pertama membuat iklan advertorial adalah format artikel itu sendiri.

Sebaiknya, gunakan format artikel yang ringan dengan tujuan yang jelas.

Hal ini penting mengingat informasi tentang produk atau jasa tidak boleh membuat pembaca dan konsumen kebingungan hingga bisa mencerna tawaran iklan dengan mudah.

2. Pilih Penggunaan Bahasa Editorial

Tips membuat advertorial produk selanjutnya yaitu menggunakan bahasa editorial meski format artikelnya ringan.

Tujuannya tentu saja agar calon konsumen tidak menyadari jika sedang membaca iklan.

3. Hindari Bahasa Pemasaran

Meski memiliki ‘misi’ penjualan, tetapi usahakan untuk tidak menggunakan bahasa pemasaran atau hard selling.

Pasalnya, konsep iklan jenis ini memang bertujuan agar konsumen tidak merasa sedang menjadi target market.

Selan itu, hindari juga mengutip pendapat atau komentar dari tokoh atau public figure tertentu agar tidak membosankan.

4. Hindari Bahasa Superlatif

Selain bahasa pemasaran, penting uga untuk menghindari bahasa superlatif atau berlebihan.

Pasalnya, pembaca akan merasa bosan dan malas untuk meneruskan membaca iklan.

5. Pilih Media Yang Tepat

Setelah menyelesaikan konsep untuk konten iklan, langkah membuat iklan advertorial selanjutnya adalah memilih media beriklan yang tepat.

Pilih media yang sesuai dengan karakteristik pembaca atau konsumen yang menjadi sasaran produk dan jasa.

Hal ini penting diperhatikan karena kesuksesan penyebaran iklan advertorial juga bergantung pada media itu sendiri.

Contoh Iklan Advertorial

Setelah pembahasan tentang pengertian, jenis, dan tips membuat iklan advertorial serta pebedaannya dengan iklan display, sekarang giliran contoh-contohnya.

Sebagai referensi, berikut ini beberapa contoh iklan advertorial yang bisa kamu pelajari.

1. Contoh Iklan Advertorial Makanan

iklan advertorial makanan

Menjadi salah satu contoh iklan advertorial makanan, editorial dalam iklan membahas tentang pizza dan kedai yang menjadi lokasi penjualnnya.

Bisa dibilang pembahasan tentang kuliner dalam iklan menjelaskan  beragam informasi tentang menu yang disediakan.

Bahkan kalimat “tidak menguras kantong” menjadi pernyataan tidak langsung jika harga menu pizza di sini murah.

Meski tidak ada statement langsung yang mengiklankan menu maupun kedai ini, tetapi pembaca seolah sengaja dibuat penasaran agar datang dan mencoba merasakan sendiri.

2. Contoh Iklan Advertorial Minuman

iklan advertorial minuman

Misi penjualan produk teh kemasan di atas juga merupakan satu dari sekian contoh iklan advertorial minuman.

Ada yang mengawali trik marketing dengan uraian tentang diet yang mengarahkan pada produk teh yang sesuai.

Di sisi lain, editorial iklan turut membahas sejarah perusahaan produsen teh kemasan tersebut.

Cara ini sama-sama mengarahkan pada penawaran produk secara tidak langsung tanpa bahasa pemasaran.

3. Contoh Iklan Advertorial Produk Kecantikan

iklan advertorial produk kecantikan

Iklan produk kecantikan memang tidak pernah ada habisnya di dunia advertising.

Bahkan berbagai jenis iklan dan pemanfaatan media pun dimaksimalkan demi mendongkrak penjualan.

Menariknya, iklan advertorial juga menjadi ajang promo untuk produk kecantikan.

Dalam contoh iklan advertorial produk kecantikan di atas, dalam hal ini skincare product, jenis produk perawatan dan manfaatnya menjadi fokus utama.

Pembaca seolah diedukasi tentang pentingnya menggunakan skincare hingga nantinya muncul minat untuk membeli.

4. Contoh Iklan Advertorial Produk Susu

iklan advertorial produk susu

Berikutnya, ada contoh iklan advertorial produk susu untuk anak-anak dimana target pasar yang dituju adalah sang ibu.

Di sini pembaca yang merupakan ibu dengan anak usia tertentu diberi penjelasan tentang manfaat dan kandungan baik dalam susu.

Kandungan kalsium dan zinc yang merupakan kebutuhan harian penting juga turut dibahas hingga mengarah pada merek produk susu yang diiklankan.

Pembahasan kemudian menginformasikan varian rasa yang disediakan untuk dipilih sesuai selera anak.

5. Contoh Iklan Advertorial Kendaraan

iklan advertorial kendaraan

Tidak hanya lewat hard selling melalui iklan maupun penjualan langsung, produk kendaraan juga memanfaatkan iklan advertorial.

Dalam contoh iklan advertorial kendaraan di atas, produk mobil listrik yang memang terbilang baru dijadikan fokus utama.

Brand awareness ikut dimasukkan dalam artikel agar masayarakat mengenal lebih jauh apa itu produk mobil listrik.

Ditambah lagi ada pernyataan “kebangkitan otomotif Indonesia” sebagai tajuk utama, pembaja seolah digiring untuk beralih pada kendaraan listrik buatan dalam negeri.

Ujungnya, misi penjualan pun tercapai tanpa harus menggunakan kalimat-kalimat yang kental dengan bahasa pemasaran.

6. Contoh Iklan Advertorial Restoran

iklan advertorial restoran

Menyasar para penikmat wisata kuliner yang hobi mencoba tempat makan baru dan unik, kali ini ada contoh iklan advertorial restoran.

Mengedepankan nilai jual nostalgia makanan jadul, iklan ini ingin membuat pembaca mengenang era kuliner zaman dulu.

Kenangan ini diharapkan bisa mendorong pembaca yang awalnya penasaran kemudian memutuskan mencari tahu lokasi restoran dan mengunjunginya.

7. Contoh Iklan Advertorial Produk Deodorant

iklan advertorial produk deodorant

Pakaian putih dan deodorant seolah menjadi satu paket promo yang tak terpisahkan.

Contoh iklan advertorial produk deodorant di atas juga memanfaatkan pembahasan tentang pakaian warna putih yang banyak disukai.

Sudah menjadi rahasia umum jika lipatan tubuh di ketiak memiliki ‘drama’ yang erat dengan perubahan warna pakaian.

Solusinya tentu saja produk deodorant dalam iklan yang mengklaim mampu mengatasi masalah tersebut.

8. Contoh Iklan Advertorial Jasa Telekomunikasi

iklan advertorial jasa telekomunikasi

Iklan jasa juga kerap memanfaatkan editorial dalam memasarkan layanan mereka, salah satunya ada dalam contoh iklan advertorial jasa telekomunikasi.

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar, Telkom menginformasikan kestabilan jaringan kepada pembaca.

Terlebih ada informasi tambahan dalam tajuk berupa tayangan platform streaming video yang bisa diakses lancar, target marketing mengarah pada anak muda.

Pernyataan dalam artikel iklan akan mendorong pembaca muda untuk menggunakan jaringan Telkom saat berselancar di dunia internet.

9. Contoh Iklan Advertorial Korporat

iklan advertorial korporat

Sebagai salah satu perusahaan besar, Unilever turut memanfaatkan iklan editorial dalam contoh iklan advertorial korporat.

Pembahasan utamanya mengangkat tentang isu lingkungan yang sudah menjadi program pengabdian untuk masyarakat.

Lewat pernyataan ini, pembaca diarahkan untuk melihat citra positif perusahaan hingga akhirnya akan memilih produk mereka yang sudah banyak beredar di pasaran.

10. Contoh Iklan Advertorial Pariwisata

iklan advertorial pariwisata

Tempat wisata hingga agen travel wisata juga ikut beriklan dalam versi advertorial.

Contoh iklan advertorial pariwisata di atas mengawali promosi ‘terselubung’ dengan membahas pariwisata Indonesia dan momen liburan.

Ujungnya, ada ajakan tidak langsung untuk melakukan aktivitas wisata di dalam negeri dan lokasi wisata tertentu secara khusus.

11. Contoh Iklan Advertorial Produk Perbankan

Contoh iklan advertorial produk perbankan di koran kali ini membahas salah satu produk perbankan dari bank daerah.

Melalui pemberitaan terkait undian yang digelar, pembaca diberi informasi manfaat menggunakan produk perbankan tersebut.

Melalui rangkaian undian yang diselenggarakan, pihak bank juga berharap agar pembaca mulai tertarik dan beralih karena ingin mendapat hadiah serupa.

Itulah contoh iklan advertorial beserta gambar dan penjelasannya yang sudah kami rangkum sebagai referensi.

Semoga penjelasan yang ada bisa memberi pemahaman yang lebih mendalam terkait iklan advertorial.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste