Apakah kamu ingin membuat iklan donat? Simak contoh iklan donat beserta gambar dan penjelasannya berikut ini.
Donat menjadi salah satu makanan yang banyak digemari semua kalangan, baik tua sampai muda. Tidak heran jika bisnis donat semakin menjamur dengan berbagai keunggulan bahan dan varian rasa.
Namun, popularitas bisnis camilan yang satu ini juga tidak lepas dari strategi marketing yang dijalankan melalui iklan. Beragam iklan donat bermunculan dengan inovasi dan kreativitas serta penawaran yang menarik.
Jika ingin mempelajari lebih lanjut, berikut referensi contoh iklan donat beserta gambar dan penjelasannya.
Daftar ISI
Tips Membuat Iklan Donat yang Menarik
Sebelum menganalisis contoh, tidak ada salahnya untuk memahami tips-tips pembuatan iklan sebagai pendalaman wawasan.
Ada beberapa tips membuat iklan donat yang menarik, diantaranya sebagai berikut.
1. Buat Konten Yang Singkat, Padat, dan Jelas
Tips pertama dalam membuat iklan donat adalah memastikan isi konten singkat, padat, dan jelas. Pasalnya, pembaca bisa merasa bosan atau bingung jika informasinya terlalu panjang dan bertele-tele.
Langkah ini juga akan meminimalisir kebigungan konsumen dalam memilih menu yang ditawarkan. Sebaiknya, persempit penawaran dengan fokus pada varian donat yang diunggulkan atau item best seller.
2. Tentukan Target Pasar
Sebelum membuat promosi donat, baiknya lakukan riset calon pelanggan lebih dahulu. Tips ini akan menjadi informasi penting dalam mengenali gambaran pelanggan potensial.
Selain itu, pengenalan karakter konsumen juga akan memengaruhi cara untuk membuat iklan donat yang tepat. Misalnya, target konsumen anak-anak harus dibuatkan iklan yang relevan dengan dunia anak.
Atau jika menargetkan pelanggan khusus, bisa menawarkan menu lain dengan gaya penyampaian yang berbeda pula.
3. Perhatikan Visualisasi Iklan
Langkah membuat iklan donat selanjutnya berkaitan dengan visualisasi konten.
Perhatikan desain, kombinasi warna, dan layout iklan agar sesuai dengan tema serta karakteristik produk maupun konsumen.
Sertakan juga teks iklan yang menarik sebagai pendukung gambar tanpa mengalihkan fokus dari produk yang ditawarkan.
4. Cantumkan Informasi Outlet
Jangan lupa untuk menyantumkan informasi outlet, seperti alamat atau contact person, saat membuat iklan donat.
Pasalnya, iklan produk yang menarik tidak akan meningkatkan penjualan jika konsumen kekurangan informasi lokasi pembelian.
5. Fokus Pada Keunggulan Produk
Cara yang tidak kalah penting dalam membuat iklan donat adalah fokus pada keunggulan produk. Beri sorotan khusus pada menu atau promo tertentu untuk menarik perhatian konsumen.
Kamu juga bisa menyertakan informasi bahan pembuatan donat dianggap punya nilai jual. Misalnya, bahan kentang yang berbeda dari donat pada umumnya, kandungan rendah gula, dna lain sebagainya.
Soroti bagian yang spesial agar produk donut yang ditawarkan tampak eksklusif.
6. Tampilkan Slogan Yang Eye Catchy
Tidak dimungkiri jika dalam membuat iklan donut kerap mengedepankan slogan khusus.
Bukannya tanpa alasan, tagline memnag punya daya jual agar produk meninggalkan kesan bagi konsumen.
Oleh karena itu, cantumkan slogan yang eye catchy dan mewakili produk donat yang diiklankan.
7. Sertakan Promo Menarik
Tips selanjutnya untuk membuat iklan donat yaitu menyertakan penawaran promo yang menarik.
Biasanya, langkah semacam ini akan langsung menjadi daya tarik yang sulit ditolak oleh konsumen.
Misalnya, diskon harga, free produk tertentu, free gift dengan syarat pembelian tertentu, buy 1 get 1, dan lainnya.
Cantumkan promo yang diberlakukan dalam iklan lengkap dengan periodenya.
8. Akhiri Dengan Call to Action
Paling penting, tips membuat iklan kue donat selanjutnya adalah call to action.
Gunakan kalimat persuasif yang mengajak, mendorong, dan memengaruhi konsumen untuk segera melakukan pembelian.
Umumnya, ada diksi “Ayo, Buruan”, “Dapatkan Sebelum Kehabisan”, dan sejenisnya.
Atau kamu juga bisa menggunakan kata yang menggelitik sebagai dorongan kepada konsumen.
Iklan Donat di Berbagai Media
Iklan donat memang banyak ditemukan dalam berbagai jenis melalui media yang berbeda-beda.
Biasasnya, media yang digunakan diantaranya media cetak, email marketing, hingga media online. Namun, setiap media iklan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Berikut tabel informasi kelebihan dan kekurangan iklan donat di berbagai media.
Jenis Iklan | Keunggulan | Kelemahan |
Online | Mudah diakses, interaktif, dan fleksibel | Kurang maksimal menjangkau target pasar konvensional |
Media cetak | Mudah ditemukan dan efisien | Persaingan yang ketat |
Email marketing | Meningkatkan brand awareness dan fleksibel | Minim monitoring dan evaluasi serta perubahan tren pasar |
Contoh Gambar Iklan Donat
Setelah mengetahui tips promosi donat, sekarang saatnya menganalisis melalui contoh-contohnya.
Berikut beberapa contoh gambar iklan donat yang menarik untuk dijadikan referensi.
1. Contoh Iklan Promosi Donat
Jika dilihat dari mereknya, produk donat yang satu ini memang sudah sangat populer.
Namun, metode pemasaran dengan menggunakan iklan tetap dijalankan hingga semaking meningkatkan brand awareness.
Dalam contoh iklan promosi donat di atas, penawaran paket harga murah menjadi fokus utama.
Bahkan ada diskon khusus setiap hari Rabu dan hari lainnya menggunakan kartu member.
2. Contoh Iklan Kue Donat
Contoh iklan kue donat tersebut memberikan promosi harga murah untuk donat mini.
Harga kemasan box dengan jumlah yang berbeda-beda pun dicantumkan dalam iklan agar konsumen bisa memilih sesuai kebutuhan.
Selain itu, varian rasa yang ditawarkan juga beragam dan bisa disesuaikan selera masing-masing.
Uniknya, pemesanan donat bisa dilakukan secara online hingga contact person lengkap dengan akun media sosial toko juga tercantum.
3. Contoh Iklan Donat Yummy
Headline iklan yang menggunakan nama toko juga menjadi nilai jual karena ada diksi “Yummy” yang identik dengan rasa enak.
Contoh iklan donat ini juga menyampaikan keunggulan lain berupa kelembutan donat lengkap dengan kalimat “Bikin Nagih”.
Tidak lupa contact person dan jam buka pun dicantumkan sebagai informasi penting lain kepada konsumen.
4. Contoh Iklan Kue Donat Unik
Contoh iklan kue donat unik selanjutnya mengedepankan visual produk yang menarik.
Selain itu, pelayanan pemesanan donat juga tercantum, baik untuk kebutuhan acara tertentu sampai bentuk donat antimainstream.
Penawaran free donat juga tersedia lengkap dengan gratis ongkir pengiriman.
Tidak lupa nomor yang bisa dihubungi untuk pemesanan juga dicantumkan dalam iklan.
5. Contoh Iklan Donat dalam Bahasa Inggris
Dalam contoh iklan donat dalam Bahasa Inggris di atas, informasi outlet disampaikan sebagai perkenalan.
Kalimat “We specialize in gourmet donuts and offer a variety of falvors for all tastes” menegaskan jika toko ini spesialisnya donat dengan berbagai varian rasa.
Konten iklan juga menyantumkan varian rasa yang disediakan, alamat, contact person, sampai akun Instagram official toko.
6. Contoh Iklan Donat Kentang
Varian donat kentang memang cukup banyak diminati hingga iklan bisnis ini juga mudah ditemukan.
Salah satunya contoh iklan donat kentang di atas yang turut menyantumkan komposisi produknya.
Kata “Delicious” menjadi nilai jual iklan produk donat yang berlabel “Halal & Lezat” ini.
Selain itu, ada kemasan frozen alias beku yang ditawarkan lengkap dengan saran penyajiannya.
7. Contoh Iklan Donat Madu
Contoh iklan donat madu di atas langsug menarik perhatian dengan visualisasi yang menarik. Gambar produk dengan berbagai rasa tergambar jelas dalam iklan.
Slogan iklannya juga tidak kalah unik, yaitu “Donat Madu Endolita” yang mengesankan rasa enak dari donat merek ini.
Nomor telepon untuk pemesanan pun tertulis jelas dengan detail informasi outlet di bagian bawah iklan.
Nah, itulah 7 contoh iklan donat beserta gambar dan penjelasannya yang sudah kami rangkum sebagai referensi.
Dengan memahami informasi tersebut, kamu bisa membuat iklan donat sendiri sesuai dengan versi kamu.