Apa kamu pernah memperhatikan ragam iklan Indomie? Simak contoh iklan Indomie beserta penjelasannya berikut ini.
Indomie merupakan salah satu merek mi instan yang menjadi favorit banyak orang. Meski banyak produk serupa dari kompetitor, tetapi Indomie masih bertahan dan digemari.
Hal ini tidak lepas dari peran strategi pemasaran produk yang diterapkan PT Indofood sebagai pemiik merek.
Jika kamu tertarik mempelajari lebih lanjut, berikut beberapa contoh iklan Indomie beserta penjelasannya sebagai referensi.
Daftar ISI
- Sejarah Singkat Indomie
- Tujuan Iklan Indomie
- Contoh Iklan Indomie yang Menarik
- 1. Iklan Indomie Rasa Kaldu Ayam
- 2. Iklan Indomie Rasa Kari Ayam
- 3. Iklan Indomie Goreng
- 4. Iklan Indomie Mi Kriting
- 5. Iklan Indomie Selera Nusantara
- 6. Iklan Indomie Kuliner Indonesia
- 7. Iklan Indomie ‘Hype Abis’
- 8. Iklan Indomie ‘Kebab Rendang’
- 9. Iklan Indomie Seleraku
- 10. Iklan Indomie ‘Ramen Series’
- 11. Iklan Indomie Kolaborasi
- 12. Iklan Indomie ‘Bali United’
- 13. Iklan Indomie dalam Bahasa Inggris
Sejarah Singkat Indomie
Indomie diperkenalkan pertama kali pada tahun 1972 dengan varian Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam. Selang 10 tahun, peluncuran varian Indomie Kuah Rasa Kari Ayam semakin meningkatkan penjualan produk.
Kemudian pada 1983, mie instan dengan tagline “Indomie Seleraku” ini semakin digemari setelah meluncurkan varian Indomie Mi Goreng.
Dalam perkembangannya, inovasi Indomie melahirkan varian produk Indomie Jumbo, Selera Nusantara, Mi Kriting, Kuliner Indonesia, dan Hype Abis.
Tujuan Iklan Indomie
Sama seperti iklan produk niaga pada umumnya, Indomie juga menargetkan tujuan tertentu.
Berikut beberapa tujuan iklan Indomie yang ingin dicapai.
1. Brand Awareness
Tujuan utama iklan Indomie menyasar pencapaian brand awareness, yaitu meningkatkan kesadaran merek dalam masyarakat. Iklan dibuat menarik agar konsumen familiar hingga terus teringat dengan merek dan produk Indomie.
2. Persuation
Selanjutnya, ada tujuan dari iklan Indomie yang berfokus pada mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
Dalam pesan iklan yang disampaikan, konsumen dibuat yakin jika merek ini menjadi pilihan terbaik, baik dalam hal kualitas produk dan rasa.
3. Reminder
Ada tujuan reminder dari iklan produk Indomie yang masif dibuat dan dipublikasi di berbagai media.
Upaya tersebut dilakukan untuk mengulang-ulang pesan iklan agar konsumen selalu ingat hingga menjadi pelanggan yang loyal.
Contoh Iklan Indomie yang Menarik
Ragam iklan produk Indomie di berbagai media hampir selalu sukses menarik perhatian konsumen melalui konsep yang unik.
Berikut beberapa contoh iklan Indomie yang menarik sebagai referensi untuk dianalisis.
1. Iklan Indomie Rasa Kaldu Ayam
Contoh iklan produk Indomie di atas menawarkan rasa Kaldu Ayam yang merupakan varian pertama. Dalam iklan yang menggunakan media digital tersebut, tertulis pesan terkait keunggulan produk.
Diksi “kenyal”, “gurih”, dan “nikmat” dipilih sebagai daya tarik yang mengedepankan rasa dan kualitas agar konsumen tertarik untuk mencoba.
2. Iklan Indomie Rasa Kari Ayam
Sebagai salah satu varian pelopor, tidak heran jika dibuat contoh iklan Indomie Rasa Kaldu Ayam secara khusus.
Dibuat versi baru dengan kemasan berbeda, iklan ini hadir dengan slogan yang menarik minat.
“Lebih Berani Rasa Karinya” menjelaskan jika rasa Indomie varian ini memiliki rasa yang kuat dan khas.
Selain itu, ada pesan iklan “Makin Hangat Suasananya” menjadi kalimat persuasif yang mendorong konsumen untuk menikmati sensasi tersebut.
Ditambah lagi background iklan kental dengan panorama alam yang relevan dengan pesan yang diusung.
3. Iklan Indomie Goreng
Meski tanpa kalimat iklan, tetapi contoh iklan Indomie Goreng di atas membawa pesan yang mudah dipahami.
Hal ini dikarenakan gambar produk varian Indomie goreng menjadi fokus utama dan sudah dikenali konsumen. Tidak heran jika iklan dengan gambar produk yang ikonik saja sudah mampu berbicara banyak.
4. Iklan Indomie Mi Kriting
Varian Mi Kriting juga diperkenalkan kepada konsumen melalui contoh iklan Indomie di atas.
Bukan sekadar foto produk, ada visualisasi versi matang untuk menunjukkan seberapa keriting bentuk mi instan yang ditawarkan. Selain itu, kalimat iklan yang tertulis juga semakin relevan dengan produknya.
“Mi Keriting Lembur Lengkap Dengan Topping Mewah” dan “Special Quality Noodles” menjadi daya tarik sekaligus mendorong minat konsumen untuk segera mencoba produk tersebut.
5. Iklan Indomie Selera Nusantara
Contoh iklan Indomie Selera Nusantara yang ditampilkan merupakan versi varian ‘Mie Goreng Aceh’. Pesan iklan “Rasa Rempah Asli Bikin Semangat” relevan dengan identitas Mi Aceh yang kaya bumbu rempah.
Selain itu, visual iklan juga semakin menarik dengan gambar penyajian yang mirip dengan foto dalam kemasan.
6. Iklan Indomie Kuliner Indonesia
Selanjutnya, ada contoh iklan Indomie versi kuliner Indonesia yang menjadi terobosan baru.
Dalam iklan, produk yang ditampilkan adalah varian ‘Mi Goreng Dendeng Balado’ dan ‘Soto Lamongan’. Visualisasi iklan yang menampilkan versi dalam kemasan dan penyajian menjadi daya tarik.
Selain itu, slogan yang diusung tidak kalah menarik, yaitu “Toppingnya Beda, Asli Ngegigit” semakin menggugah minat konsumen untuk mencoba.
7. Iklan Indomie ‘Hype Abis’
Dalam contoh iklan Indomie ‘Hype Abis’, konsep yang ditonjolkkan adalah visual produk, terutama versi penyajian.
Konsumen seolah sengaja digoda untuk mencoba ‘Mi Goreng Ayam Geprek’ dalam versi mi instan, terutama para penyuka pedas.
Di samping itu, slogan “Gepreknya Hype Abis!” dan “Cobain Geprek Pertama dari Indomie” juga relevan dengan konsep serta tujuan iklan.
8. Iklan Indomie ‘Kebab Rendang’
Contoh iklan Indomie ‘Kebab Rendang’ menjadi salah satu bentuk inovasi fusion food dalam bentuk rasa mi instan.
Kebab yang merupakan makanan khas Timur Tengah ‘berkoalisi’ dengan Rendang yang notabene kuliner khas Indonesia.
Visual Kebab dan Rendang juga ditampilkan dalam gambar iklan untuk meyakinkan konsumen.
Sebagai tambahan, informasi berupa “Topping ala Kriuk Rendang” disampaikan untuk menggugah selera calon pembeli.
9. Iklan Indomie Seleraku
Indomie memiliki tagline yang terbilang ikonik, yaitu “Indomie Seleraku” yang dicantumkan dalam contoh iklan Indomie di atas.
Daya tarik iklan juga terletak pada beberapa varian produk yang ditampilkan. Mulai dari mi kuah, mi goreng, sampai varian selera Nusantara dan Hype Abis dijadikan display.
10. Iklan Indomie ‘Ramen Series’
Dalam berbagai media elektronik dan digital, contoh iklan Indomie ‘Ramen Series’ sudah langsung mencuri perhatian. Para penyuka Ramen dan mi instan diajak untuk mencoba varian terbaru Indomie tersebut.
Tiga seri varian yang ditawarkan menjadi visual iklan, yaitu ‘Shoyu’, ‘Tori Miso’, dan ‘Takoyaki’ yang merupakan makanan khas Jepang.
Selain itu, inovasi ini juga didukung oleh kalimat iklan “Nikmat Otentiknya Manzoku” yang artinya memuaskan dengan font yang unik.
11. Iklan Indomie Kolaborasi
Dalam contoh gambar iklan Indomie di atas, ada strategi promosi kolaborasi dengan publik figur yang diterapkan.
Kali ini Indomie menggaet pebulutangkis ganda putri Indonesia yang kala itu masih berpartner, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.
Pemilihan brand ambassador untuk iklan tersebut terbilang relevan dengan pesan “Siap Isi Semangatmu!”.
Menariknya lagi, produk yang menjadi representasi adalah varian mi goreng dengan tiga rasa berbeda tetapi banyak difavoritkan konsumen.
12. Iklan Indomie ‘Bali United’
Contoh iklan mie instan berikutnya mengusung konsep kolaborasi kembali meski berbeda target pasarnya.
Secara umum semua kalangan tetap ingin dijangkau, hanya saja pesan “Selera Kita & Kamu! Indomie X Bali United” mengkhususkan Semeton, sebutan untuk fans Bali United.
Model iklan yang dipilih juga datang dari dunia sepak bola, yaitu Andhika Wijaya dan Ilija Spasojevic.
Misi dukungan Semeton dan apresiasi bagi bali United ini tertuang dalam kalimat iklan “#AyoSemangat Semeton”.
13. Iklan Indomie dalam Bahasa Inggris
Terakhir, ada contoh iklan Indomie dalam Bahasa Inggris yang khusus ditujukan untuk menyambut momen Paskah.
Dalam iklan, ada kalimat “In 3 minutes it will rise. Let’s celebrate this Easter” yang artinya “Dalam 3 menit, akan siap. Mari kita merayakan momen ini”.
Informasi dalam iklan tersebut ingin menyampaikan jika hanya butuh tiga menit untuk bisa menikmati kelezatan Indomie.
Meski gambar produknya tidak divisualisasikan secara penuh, tetapi logo Indomie yang khas sudah cukup mewakili.
Itulah tadi 13 contoh iklan Indomie beserta penjelasannya yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Dengan mengetahui informasi di atas, kamu bisa belajar dari strategi dalam iklan Indomie dan membuat iklan versimu sendiri.