8 Contoh Iklan Media Cetak, Pengertian dan Jenisnya

Menemukan iklan di kehidupan sehari-hari bukan lagi hal yang sulit mengingat penyebarannya yang terbilang masif.

Selain iklan di media elektronik dan online, popularitas iklan media cetak juga masih cukup banyak diminati dan menjanjikan.

Bahkan bisa dibilang iklan jenis ini justru mampu menjangkau berbagai kalangan, terutama masyarakat tipe konvensional.

Jika ingin mengetahui lebih jauh tentang iklan media cetak, berikut beberapa contoh iklan media cetak beserta pengertian dan jenis-jenisnya.

Pengertian Iklan Media Cetak

Iklan media cetak adalah penyampaian informasi persuasif untuk memasarkan produk atau jasa lewat kata-kata atau gambar.

Biasanya iklan jenis ini menggunakan media surat kabar, majalah, selebaran, brosur, spanduk dan lain sebagainya.

Iklan media cetak juga dimaksudkan sebagai strategi bisnis untuk menarik minat konsumen agar mau membeli produk yang ditawarkan.

Ciri Iklan Media Cetak

Untuk mengenali seperti apa iklan media cetak, kamu perlu mengenali ciri-cirinya terkebih dahulu.

Berikut adalah beberapa ciri iklan media cetak yang cukup khas dan mudah dikenali.

  • Praktis, cepat, dan harganya terjangkau.
  • Daya jangkau dan edar bisa sampai ke pelosok.
  • Terdapat segmentasi untuk mengidentifikasi surat sesuai karakteristik sosial pendidikan pembacanya.
  • Aspek jenis huruf, ukuran, dan lay out memainkan peran penting.
  • Dapat bertahan dan dilihat berulang kali.
  • Bahan baku dasarnya menggunakan kertas.
  • Berbentuk dokumen,baik kata-kata, gambar, maupun foto.
  • Tidak lebih dari empat baris atau tidak melebihi kolom iklan.
  • Kolom ukurannya lebih tinggi dari iklan baris.
  • Memiliki ukuran yang luas.

Unsur Iklan Media Cetak

Selain ciri yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada beberapa unsur iklan media cetak yang wajib diketahui.

Berikut adalah beberapa unsur iklan media cetak yang perlu diketahui.

  • Nama produk
  • Slogan
  • Keunggulan produk
  • Nomor telepon atau alamat
  • Gambar yang menarik
  • Harga
  • Keterangan tambahan

Jenis Iklan Media Cetak

Setelah mengenali ciri yang khas, ada juga pengelompokan iklan di media cetak untuk menawarkan produk atau jasa.

Berikut adalah beberapa jenis iklan media cetak yang perlu diketahui:

1. Iklan Baris

Iklan baris merupakan salah satu jenis iklan media yang sering ditemui, terutama di media surat kabar.

Harganya terbilang ekonomis murah karena pembayaran dihitung berdasar jumlah baris yang digunakan.

Tidak heran jika kata yang ditulis padat dan singkat hingga informasinya pun terbatas.

Umumnya, iklan jenis ini berupa penawaran penjualan rumah atau kendaraan, lowongan pekerjaan, hingga biro jodoh.

2. Iklan Kolom

Tipe iklan media cetak selanjutnya adalah iklan kolom, iklan dalam bentuk kolom yang berisi teks, foto, dan juga gambar ilustrasi.

Karena muatannya cukup banyak, iklan jenis ini membutuhkan ruang yang sedikit lebih besar.

Meski berpotensi besar dilihat banyak orang, tetapi harganya juga cenderung lebih tinggi dibanding iklan baris.

3. Iklan Display

Iklan display hampir sama dengan konsep iklan kolom, hanya saja ukurannya lebih besar lagi.

Pasalnya, space untuk iklan jenis ini bisa mencapai satu halaman penuh di media surat kabar, seperti iklan properti.

4. Iklan Advertorial

Jenis dari iklan media cetak berikutnya adalah iklan advertorial yang penyampaiannya mirip seperti berita dalam kode Ads.

Tipe iklan ini dibuat lebih soft sell berupa artikel hingga mampu menjelaskan tentang produk secara terperinci.

5. Iklan Selebaran

Iklan dalam bentuk selebaran juga merupakan jenis iklan media cetak selanjutnya.

Biasanya banyak dijumpai di bagian tengah majalah dan menempel dalam satu jilidan atau lembaran terpisah.

Iklan jenis ini berisikan tulisan, ilustrasi produk, atau promo yang sedang berlangsung.

6. Iklan Booklet atau Brosur

Iklan booklet atau brosur mirip dengan selebaran, baik secara bentuk maupun cara pendistribusiannya.

Hanya saja, brosur memiliki beberapa lembar kertas atau halaman dan selebaran hanya satu halaman.

7. Iklan Banner

Iklan banner umumnya banyak ditemukan dalam even, bazar, toko, dan rumah makan sebagai bentuk promosi.

Isinya bisa berupa gambar yang disertai informasi singkat dan padat tentang sebuah produk yang ditawarkan.

8. Iklan Spanduk

Jenis dari klan media cetak yang terakhir adalah iklan spanduk yang terlihat mencolok karena ukurannya yang besar.

Biasanya iklan ini dipasang di pinggir jalan, menempel pada gedung atau bangunan, di antara dua tiang atau pohon, dan tempat-tempat sejenis lainnya.

Kelemahan dan Kelebihan Iklan Media Cetak

Sebagai media promosi atas penawaran produk atau jasa, ada beberapa kelemahan iklan media yang perlu diketahui, antara lain:

  • Tidak mempunyai suara seperti pada radio atau televisi yang berpengaruh terhadap tingkat persuasi hingga kurang bisa menggugah emosi.
  • Hanya menjangkau audiens yang bisa membaca dengan tingkat pendidikan tertentu.
  • Dicetak dan harus dibaca hingga jangkauannya lebih sempit.
  • Hanya bisa dilihat secara bergantian, tidak bisa bersama-sama dalam kelompok.
  • Pemasang iklan harus menyusun kata dan visual produk agar bisa menarik perhatian.

Meskipun memiliki kelemahan, tetapi iklan media cetak juga punya kelebihan. Berikut beberapa kelebihan iklan meda cetak.

  • Terdokumentasi hingga informasi bisa disimpan dan dilihat berulang kali.
  • Lebih terjangkau dari segi harga maupun distribusinya.
  • Mampu untuk menjelaskan hal-hal yang bersifat kompleks
  • Target market jelas

Perbedaan Iklan Media Cetak dan Iklan Media Elektronik

Seperti yang sudah diketahui, bentuk fisik iklan terbagi menjadi dua, yaitu iklan media cetak dan iklan media elektronik.

Namun, ada dua perbedaaan iklan media cetak dan media elektronik yang cukup mendasar, yaitu:

1. Prinsip Kerja

Iklan media cetak cenderung mengutamakan pesan-pesan dan aspek visual yang dihasilkan dari proses percetakan dengan bahan baku kertas.

Sedangkan iklan media elektronik bekerja berdasar prinsip elektronik seperti televisi, radio, dan internet.

2. Metode Penyampaian

Perbedaan kedua anatara iklan media cetak dan iklan media elektronik terletak pada metode penyampaiannya meski sama-sama menggunakan bahasa dan visual yang komunikatif.

Iklan media cetak lebih fokus membuat pembaca tertarik dengan visual dan teks, sedangkan iklan media elektronik memilih penyampaian dengan video dan audio.

Contoh Iklan Media Cetak

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa contoh iklan media cetak berdasarkan jenisnya yang banyak ditemukan.

1. Contoh Iklan Baris

Contoh Iklan Baris

Contoh iklan media cetak yang pertama adalah iklan baris. Dalam contoh iklan baris di atas, ada iklan lowongan kerja, penyewaan mobil, sampai informasi penjualan rumah. Infomasinya singkat, padat, dan hanya ada beberapa baris dengan keterangan contact person yang bisa dihubungi.

2. Contoh Iklan Kolom

Contoh Iklan Kolom

Bukankah konsepnya mirip iklan baris? Ya, hanya saja bentuknya dalam kolom yang lebih besar dengan keterangan yang lebih informatif. Dalam contoh iklan media cetak ini, iklan disertai gambar sebagai ilustrasi.

3. Contoh Iklan Display

Contoh Iklan Display

Contoh iklan display di atas sudah cukup memberi gambaran kebutuhan promosi barang, dalam hal ini berupa produk kendaraan. Bukan hanya gambar yang jelas, ada spesifikasi produk beserta promo yang ditawarkan dan alamat toko atau showroom untuk dikunjungi.

4. Contoh Iklan Advertorial

Contoh Iklan Advertorial

Meski tampak seperti artikel biasa, tetapi ada misi promosi produk milik Telkom yang terselip dalam contoh iklan advertorial di atas. Prinsip soft sell terlihat jelas dalam iklan tersebut.

5. Contoh Iklan Selebaran

Contoh Iklan Selebaran

Unsur-unsur dalam iklan selebaran sudah terpenuhi dalam contoh diatas. Mulai dari nama produk, dalam hal ini properti berupa hunian sampai gambar ilustrasi, contact person, sampai informasi detail produk yang ditawarkan.

6. Contoh Iklan Brosur atau Booklet

Contoh Iklan Brosur atau Booklet

Contoh iklan media cetak selanjutnya adalah brosur. Brosur memang sudah banyak ditemui hingga orang tidak merasa asing lagi. Bentuknya yang berupa lembaran dan dilipat pun terlihat ikonik. Semua informasi terkait penawaran produk biasanya lengkap tersaji dalam brosur.

7. Contoh Iklan Banner

Contoh Iklan Banner

Sudah pernah melihat contoh iklan seperti gambar di atas? Itulah yang disebut iklan banner. Bentuknya yang lebih besar dan panjang jadi ciri khas. Jenis iklan semacam ini biasanya banyak dibawah dalam even tertentu untuk menarik perhatian orang.

8. Contoh Iklan Spanduk

Contoh Iklan Spanduk

Contoh iklan spanduk seperti di atas memang sudah sangat familiar dan mudah ditemui dimana saja. Beragam bentuk dan isi menjadi penawaran iklan, mulai dari produk sampai promo cuci gudang dan kredit barang.

Itulah tadi contoh iklan media cetak beserta pengertian dan jenis-jenisnya. Dengan melihat contoh tersebut, kamu akan semakin mudah mengenali berbagai jenis iklan, termasuk iklan media cetak.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste