Kamu tertarik untuk mempelajari iklan Oreo? Simak contoh iklan Oreo dan kalimat iklannya beserta gambar dan penjelasannya berikut ini.
Oreo merupakan salah satu merek makanan ringan yang terkenal di berbagai negara di dunia. Bentuknya yang menyerupai sandwich biskuit dengan krim di dalamnya kerap menjadi camilan favorit banyak orang.
Selain keunikan rasa, popularitas Oreo juga diraih berkat strategi pemasaran produk berupa iklan yang efektif. Mulai dari iklan di media cetak, elektonik, sampai digital, semua disasar Oreo demi menjangkau konsumen.
Nah, jika kamu tertarik mendalami lebih lanjut, berikut beberapa contoh iklan Oreo beserta gambar dan penjelasannya.
Daftar ISI
Mengenal Sejarah Oreo
Oreo adalah merek biskuit krim dari National Biscuit Company a.k.a Nabisco yang sudah ada sejak tahun 1912 di Chelsea, Manhattan.
Awalnya, Oreo diperkenalkan dalam bentuk dua keeping biskuit cokelat dengan krim vanila di dalamnya. Seiring perkembangan zaman, ada inovasi Oreo dalam desain dan rasa produk.
Pada tahun 1920an, Oreo sempat diubah menjadi tiga lapisan dengan beragam rasa berbeda yang ditawarkan. Kemudian Nabisco memperkenalkan Double Stuf Oreo dengan krim vanilla yang lebih banyak pada tahun 1974.
Inovasi lainnya terus dikembangkan oleh Oreo, seperti Oreo Thins, Oreo Mini, Oreo Ice Cream, dan Oreo yang dapat dipanggang.
Bahkan beberapa kemitraan dengan merek terkenal juga dilakukan bersama Cadbury hingga Dunkin Donuts.
Kampanye Iklan Oreo
Bukan hanya inovasi rasa dan bentuk, Oreo juga meluncurkan kampanye pemasaran yang tidak kalah kreatif.
Berikut beberapa kampanye iklan Oreo yang inovatif dan sempat viral di media sosial.
1. Oreo Separators
Kampanye pertama dari iklan Oreo ini diluncurkan pada tahun 2012 dan terbilang cukup ikonik.
Konsep yang diusung adalah video tentang orang-orang yang mencoba memisahkan biskuit dari krim vanilla dengan cara yang kreatif.
Dari sinilah tagline “Diputar, Dijilat, Dicelupin” mulai dikenal di Indonesia dan berkesan mendalam.
2. Daily Twist
Pada hari jadi ke-100, momen ini dimanfaatkan Oreo untuk berkampanye selama serratus hari berturut-turut.
Ada rilisan gambar yang kreatif setiap hari dengan menampilkan biskuit Oreo dalam versi peristiwa penting tertentu.
3. Wonderfilled
Kampanye iklan produk Oreo yang kedua diluncurkan adalah Wonderfilled pada 2013 lalu.
Kala itu, Oreo berkolaborasi dengan grup vocal GAC yang beranggotakan Gamaliel, Audrey, dan Cantika.
Konten dari kampanye ini berisi video animasi berupa gambaran dunia yang penuh dengan kebahagiaan, keajaiban, kreativitas, dan imajinasi bersama Oreo.
4. You Can Still Dunk in the Dark
Selanjutnya, ada kampanye “You Can Still Dunk in the Dark” yang diluncurkan selama Super Bowl pada tahun 2013.
Konsep video di YouTube Wall Street Journal menampilkan pemadaman listrik di stadion saat pertandingan.
Lalu ada tweet “Power out? No Problem. You can still dunk in the dark” dengan gambar Oreo yang tampak menyala.
Kampanye ini bahkan sempat viral di Twitter hingga mendapatkan 15.000 retweet dan 20.000 likes, setengah jam setelah diluncurkan.
5. Ungkapkan Dengan Oreo
Terakhir, kampanye iklan dari Oreo pada Juli 2020 mengusung konsep #UngkapkanDenganOreo.
Oreo menampilkan varian terbaru special huruf dengan desain huruf atau emoji yang timbul pada biskuitnya.
Konsep ini ditujukan bagi orangtua dan anak untuk mendapat pengalaman baru dalam berkomunikasi yang menyenangkan dan ekspresif.
Strategi Pemasaran Oreo
Strategi pemasaran produk juga menjadi langkah penting untuk meraih tujuan peningkatan penjualan. Oleh karena itu, ada penerapan strategi pemasaran Oreo yang didasarkan pada model 7P, yaitu sebagai berikut.
1. Product
Strategi pertama pemasaran Oreo adalah elemen product atau produk yang memainkan peran penting dalam keberhasilan brand image.
Berawal dari ikon produk klasik, inovasi Oreo kemudian menghadirkan varian rasa baru, seperti Red Velvet, Thins, dan Golden Oreo.
Varian rasa, ikon kemasan, dan kualitas produk yang terus dijaga menjadi langkah Oreo untuk menarik perhatian konsumen sekaligus memperluas pangsa pasar.
2. Price
Price atau harga menjadi elemen penting selanjutnya dalam strategi pemasaran produk Oreo yang menentukan daya tarik kepada konsumen.
Bisa dibilang, Oreo menawarkan harga yang kompetitif dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat. Bahkan, tidak jarang ada penawaran diskon dan promosi untuk meningkatkan penjualan.
3. Place
Ada juga elemen place atau tempat dalam strategi pemasaran Oreo yang memastikan produknya tersedia di berbagai tempat seperti .
Selain itu, distribusi yang efektif menjadi langkah penting untuk memastikan produk dapat dijangkau semua konsumen di berbagai wilayah.
Oreo membangun kerjasama dengan distributor lokal dan regional untuk penyaluran ke toko-toko serta memanfaatkan platform digital untuk memperluas jangkauan.
4. Promotion
Strategi pemasaran dari Oreo berikutnya adalah promosi untuk meraih perhatian publik dan meningkatkan penjualan produk. Disini Oreo memanfaatkan iklan, sponsorships, dan kampanye media sosial.
5. People
Dalam strategi pemasaran elemen people, Oreo memastikan pihak yang mendistribusikan produkya memiliki kemampuan dan keterampilan yang cakap.
Pengalaman konsumen terkait konsumsi produk juga diperhatikan demi mendapat feedback dan meraih kepuasan pelanggan.
6. Process
Dalam strategi pemasaran produk Oreo, elemen process meliputi kesluruhan rangkaian proses produksi, distribusi, dan penjualan produk.
Oreo ingin memastikan ada standar kualitas yang tinggi dengan memanfaatkan teknologi modern dan inovatif.
7. Physical Evidence
Physical evidence atau bukti fisik menjadi elemen penting berikutnya dalam strategi pemasaran produk Oreo.
Hal ini meliputi pengalaman visual dan sensorik konsumen, seperti kemasan, tampilan produk, dan pengalaman saat membeli serta menggunakan produk Oreo.
Contoh Iklan Oreo yang Menarik
Setelah mengetahui kampanye iklan dan strategi pemasaran Oreo, selanjutnya pemahaman melalui contoh langsung.
Berikut beberapa referensi contoh iklan Oreo yang menarik perhatian konsumen.
1. Sekarang Lebih Banyak
Dengan fokus pada keunggulan produk dan penggunaan teks sederhana yang mengena, contoh gambar iklan Oreo di atas sudah berbicara banyak.
Keunggulan yang ingin ditonjolkan adalah “20% Extra Free” dimana isi produknya lebih banyak dari kemasan klasik.
Ditambah kalimat iklan “Sekarang Lebih Banyak” semakin relevan dengan inovasi produk dari Oreo yang ditawarkan.
2. Twist, Lick, Dunk
Mengapa contoh iklan Oreo di atas disebut ikonik? Tentu saja karena tagline khas yang sudah mendunia.
Dalam versi iklan tersebut, tagline disampaikan dalam Bahasa Inggris, “Twist, Lick, Dunk” yang artinya “Dijilat, Diputar, Dicelupin”.
Gambar sekeping produk Oreo direpresentasikan bersama segelas susu untuk celupannya.
3. Iklan Oreo Konsep Keluarga
Tidak berbeda dengan sebelumnya, contoh iklan Oreo Bahasa Indonesia di televisi di atas juga mengusung tema tagline ikonik.
Hanya saja kali ini video iklan menggunakan konsep keluarga dengan kedekatan bersama anak saat makan wafer Oreo.
Inovasi produk Oreo dalam bentuk wafer saja sudah mencuri perhatian, ditambah lagi pemanfaatan iklan yang semakin menambah daya tarik.
4. Iklan Oreo Fizzy
Pada contoh iklan Oreo dalam Bahasa Indonesia di atas, ada varian baru yang diperkenalkan. Oreo Fizzy juga menggunakan slogan ikonik yang dimodifikasi agar sesuai dengan produk lainnya..
Kemasan produk dengan sentuhan warna orange yang sesuai dengan rasa variannya menggunakan slogan “Diputar, Dijilat, Fizz!”.
Penggunaan diksi “Fizz” diujung slogan memiliki relevansi dengan varian permen soda dan krim rasa jeruk.
5. National Oreo Day
Contoh iklan produk Oreo di atas mengusung dua kalimat iklan yang menarik.
“#SerunyaBersamaOreo” dan “National Oreo Day” membawa pesan tentang keseruan hari saat mengonsumsi Oreo.
Gambar iklannya pun cukup sederhana, yaitu hanya ada empat biskuit yang ditumpuk sebagai ilustrasi produk yang ditawarkan.
6. Red Velvet
Contoh iklan Oreo ‘Red Velvet’ tersebut memiliki tujuan brand awareness yang ingin dicapai dalam inovasi varian rasa terbarunya.
Masih didominasi warna biru untuk kemasan dan background posternya, ilustrasi kue red velvet juga menjadi titik fokus konsumen.
Hal ini akan langsung menarik minat konsumen mengingat rasa baru yang ditawarkan memang populer dikalangan anak muda.
Logo Oreo dan gambar produk terbaru menjadi daya tarik utama, selain itu tentu saja kalimat persuasif dalam iklan.
Selain itu, kalimat iklan “Cobain Sekarang!” merupakan dorongan bagi konsumen untuk segera mencoba dan membeli produk ini.
7. Softcake
Contoh iklan Oreo ‘Softcake’ menjadi langkah pemasaran untuk memperkenalkan produk barunya. Bukan biskuit, kali ini inovasi Oreo menghadirkan softcake, semacam bolu cokelat dengan krim vanilla ditengahnya.
Iklan yang menggunakan media televisi di atas menampilkan pesan “Extra 20% Lebih Banyak Cokelatnya”. Hal ini menjadi daya pikat konsumen yang tertarik mencoba inovasi terbaru Oreo sekaligus ingin membuktikan kualitas rasa produknya.
8. 1001 Keseruan Bersama
Pada contoh gambar iklan Oreo Wafer tersebut, kalimat iklan “1001 Keseruan Bersama” langsung menjadi daya tarik utama.
Ada promo tertentu yang diberikan Oreo kepada para pelanggan setianya dalam periode tertentu. Selain itu, iklan diakhiri dengan kalimat persuasif yang mendorong konsumen untuk segera membeli.
“Beli dan Menangkan” dan “Hadiah Total Ratusan Juta Rupiah!” adalah penawaran terbaik bagi kedua belah pihak. Gambar iklannya bahkan menjadi representasi produk, pada kemasan dan agenda rapat.
9. Oreo Kolabs
Kali ini ada gambar iklan Oreo yang merupakan kolaborasi dengan biskuit Ritz. Kolaborasi ini dipublikasikan pertama kali pada Mei 2022 dan berhasil mendorong peningkatan penjualan.
Selain kedua rasa biskuit masing-masing merek yang enak, kolaborasi rasa yang tercipta juga memberi kesan unik. Warna produk yang didominasi merah dan biru menjadi kontras hingga membuat iklan tampak semakin sempurna.
10. Iklan Oreo ‘Blackpink’
Selain kolaborasi dengan merek ternama, ada juga inovasi dengan girl group Korea Selatan, BlackPink.
Sesuai dengan representasi produknya, warna kemasan juga dibuat relevan dengan nuansa warna pink. Bahkan, ada promo photocard untuk pembelian produk dalam jumlah tertentu.
11. Storyboard Iklan Oreo
Seperti pembahasan dalam artikel yang lalu, storyboard dalam iklan bisa menjadi hal penting untuk dikonsep secara matang.
Setiap scene dibuat dengan tema khusus, dimana contoh storyboard iklan Oreo kali ini memperkenalkan produk Oreo Mini.
Sayangnya, storyboard iklan tersebut tidak mencantumkan durasi dan teks iklan yang lengkap.
Namun, pemilihan warna biru dan putih menjadi relevan mengingat kemasan Oreo juga selalu identik dengan kedua warna tersebut.
Itulah tadi 11 contoh iklan Oreo beserta gambar dan penjelasannya yang sudah kami rangkum sebagai referensi.
Kamu juga bisa membuat iklan Oreo versi kamu sendiri sebagai pendalaman materi dan pemahaman yang maksimal..