10 Contoh Iklan Pemberitahuan Beserta Gambar dan Penjelasannya

Apakah kamu sedang ingin membuat desain iklan pemberitahuan? Simak beberapa contoh iklan pemberitahuan berikut ini untuk dijadikan referensi.

Iklan seringkali menjadi bagian tak terpisahkan dari strategi pemasaran produk atau jasa yang mudah ditemui dimana pun dan kapan pun. Baik untuk tujuan komersil maupun non profit, iklan muncul dalam berbagai jenis, salah satunya iklan pemberitahuan atau pengumuman.

Iklan pemberitahuan menjadi salah satu bentuk iklan yang secara umum memiliki tujuan untuk memberitahu atau menginformasikan sesuatu.

Contoh iklan pemberitahuan adalah iklan belasungkawa, donasi, kehilangan, lelang, pengumuman rapat atau reuni, ucapan selamat, dan lain-lain.

Seperti iklan pada umumnya, iklan pemberitahuan atau iklan pengumuman juga bisa ditemui di berbagai media, baik media cetak maupun online.

Jika ingin mengetahui contoh iklan pemberitahuan beserta penjelasannya, simak paparan berikut ini agar semakin paham.

Apa Itu Iklan Pemberitahuan?

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, iklan pemberitahuan merupakan jenis iklan yang bertujuan untuk memberitahu atau menginformasikan sesuatu pada khalayak luas.

Dalam kutipan buku Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Morrisan, M.A., (2015:24),  iklan pemberitahuan adalah iklan yang ditayangkan untuk memberitahukan suatu hal penting kepada masyarakat luas atau audiens tertentu, baik melalui media cetak maupun elektronik.

Struktur Iklan Pemberitahuan

Ada beberapa hal yang turut andil membentuk atau mengklasifikasi suatu iklan sebagai iklan pemberitahuan.

Berikut ini struktur iklan pemberitahuan yang perlu diketahui.

  1. Nama pihak yang memberikan pengumuman.
  2. Judul pengumuman atau pemberitahuan.
  3. Isi pengumuman atau pemberitahuan secara jelas dan lengkap.
  4. Tanggal dan tempat pengumuman atau pemberitahuan.
  5. Nomor kontak yang dapat dihubungi atau alamat situs web terkait.
  6. Informasi tambahan seperti persyaratan atau batasan yang berlaku.

Fungsi Iklan Pemberitahuan

Meski terkesan sederhana seperti pengumuman biasa, tetapi iklan pemberitahuan memiliki fungsi yang akan memberi dampak positif pada sesuatu atau aktivitas yang diiklankan.

Simak berikut ini fungsi iklan pemberitahuan yang perlu diketahui:

1. Informing

Fungsi informing pada iklan pemberitahuan memberi kesadaraan pada merek-merek baru, menjelaskan fitur atau manfaat sebuah merek, dan membantu merek menciptakan image positif.

Kemampuan iklan pemberitahuan untuk menjangkau khalayak yang besar dan luas akan mempercepat proses penyebaran informasi.

2. Persuading

Fungsi berikutnya adalah persuading atau mempersuasi  yang menunjukkan bahwa iklan pemberitahuan mampu membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang diiklankan.

Sifat persuasi ini akan mendorong permintaan produk atau jasa yang lebih tinggi, baik untuk kebutuhan primer maupun sekunder.

3. Reminding

Fungsi reminding berarti menjaga suatu merek dagang atau jasa agar tetap diingat oleh konsumen.  

Dengan metode periklanan yang efektif, konsumen akan merasa diingatkan kembali untuk membeli atau menggunakan produk kembali.

4. Adding Value

Fungsi keempat adalah adding value, atau memberi nilai tambah terhadap penawaran produk atau jasa.

Lewat inovasi, penyempurnaan kualitas, dan pengubahan persepsi konsumen, iklan pemberitahuan akan memberi dampak yang positif.

5. Bantuan untuk Upaya Lain Perusahaan

Terakhir, iklan pemberitahuan juga memiliki fungsi untuk membantu perwakilan penjualan dalam proses legitimasi agar tampak kredibel.

Iklan membantu proses penjualan produk dan memberikan pendahuluan yang berharga sebelum melakukan kontak dengan para pelanggan.

Manfaat Iklan Pemberitahuan

Menurut Vesteegarddan Schroder (1985), iklan pemberitahuan memiliki lima manfaat utama, antara lain sebagai berikut:

  1. Menarik perhatian.
  2. Membangkitkan atau meningkatkan minat.
  3. Merangsang hasrat.
  4. Menciptakan atau membentuk keyakinan.
  5. Melahirkan atau mempengaruhi tindakan seperti membeli barang atau jasa.

Ciri Iklan Pemberitahuan

Adapun beberapa ciri iklan pemberitahuan yang perlu diketahui, yaitu:

  1. Tidak hanya berlangsung satu arah saja, tetai juga dua arah, seperti iklan pemberitahuan reuni, iklan pemberitahuan lelang produk, dan lain sebagainya.
  2. Informasi atau pesan, baik yanga bersifat umum maupun khusus, disampaikan secara komunikatif dan informatif.
  3. Disampaikan dengan menggunakan pemilihan diksi yang tepat, logis, to the point, dan mudah dimengerti oleh audiens.

Contoh Iklan Pemberitahuan dan Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa contoh iklan pemberitahuan yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Iklan Pemberitahuan Belasungkawa

Contoh iklan pemberitahuan belasungkawa

Contoh iklan pemberitahuan pertama adalah iklan belasungkawa yang biasa ditemukan di surat kabar sebagai ucapan turut berduka cita atas orang yang sudah meninggal dunia.

Ciri khas yang menonjol ada pada foto yang terpampang dengan warna latar belakang iklan yang didominasi hitam dan putih. Namun, ada juga yang tetap mengkombnasikan dengan warna terang.

2. Iklan Pemberitahuan Donasi

Contoh iklan pemberitahuan donasi

Iklan pembertahuan tentang donasi biasanya dibuat untuk kegiatan kemanusiaan dan berisi penerimaan bantuan. Bukan hanya di selebaran, iklan jenis ini juga makin sering terlihat di televisi dan media sosial.

3. Iklan Pemberitahuan Panggilan Rapat

Contoh iklan pemberitahuan panggilan rapat

Contoh iklan pemberitahuan selanjutnya berhubungan dengan panggilan rapat. Isinya berupa pengumuman undangan rapat umum dari pemegang saham oleh sebuah perusahaan yang mencakup informasi waktu, tempat, dan susunan acara yang akan diselenggarakan.

4. Iklan Pemberitahuan Reuni

Contoh iklan pemberitahuan reuni

Iklan reuni menjadi contoh iklan pemberitahuan selanjutnya yang bertujuan untuk mengumumkan adanya acara temu kangen alumni.

Isi iklan ini mencakup tanggal pelaksanaan, nomor contact person yang bisa dihubungi, hingga detail informasi lain yang harus disampaikan.

5. Iklan Pemberitahuan Ucapan Selamat

Contoh iklan pemberitahuan ucapan selamat

Contoh iklan pemberitahuan juga bisa berupa iklan ucapan selamat pada seseorang, komunitas, atau lembaga tertentu..

Jenis iklan ini bisa berupa ucapan memperingati hari tertentu atau pelantikan jabatan tertentu.

6. Iklan Pemberitahuan Kehilangan

Contoh iklan pemberitahuan kehilangan

Saat ada berita kehilangan, entah barang atau orang, iklan pembertitahuan kehilanagan bisa dimanfaatkan.

Biasanya, pemberitahuan semacam ini akan membutuhkan izin dari instansi berwenang jika iklannya ingin diumumkan di media cetak.

7. Iklan Pemberitahuan Lelang

Contoh iklan pemberitahuan lelang

Contoh iklan pemberitahuan berikutnya yaitu iklan lelang yang biasanya mencakup informasi lelang yang diadakan perusahaan swasta atau pemerintah.

Dalam iklan jenis ini dimuat informasi seputar proyek yang dilelang, periode batas masa lelang, hingga syarat dan ketentuan yang berlaku.

8. Iklan Pemberitahuan Niaga

Contoh iklan pemberitahuan niaga

Iklan niaga termasuk dalam contoh iklan pemberitahuan yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis iklan ini juga berfungsi sebagai bentuk promosi dan penawaran produk atau jasa dengan tujuan meraih keuntungan.

9. Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman Acara

Contoh iklan pemberitahuan atau pengumuman Acara

Ketika menyelenggarakan sebuah acara, sangat mungkin jika pihak penyelenggara akan membuat iklan.

Iklan pemberitahuan atau pengumuman ini bertujuan untuk membuat khlayak mengetahui adanya sebuah acara di waktu tertentu.

10. Iklan Pemberitahuan atau Pengumuman Pemenang

Contoh iklan pemberitahuan atau pengumuman pemenang

Contoh iklan pemberitahuan terakhir adalah iklan pengumuman pemenang.

Umumnya, iklan jenis ini memberi informasi pada masyarakat terkait siapa saja yang berhak atas hadiah pada suatu acara.

Nah. itulah tadi contoh iklan pemberitahuan beserta penjelasannya, mulai dari pengertian, struktur, fungsi, sampai manfaat.

Setelah memahami penjelasannya, jangan ragu untuk mencoba membuat iklan pemberitahuan atau iklan pengumuman sesuai kebutuhan.       

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste