Contoh iklan Pocari Sweat semakin mudah ditemui melalui berbagai media, mulai dari media cetak, media elektronik, hingga media online.
Awalnya hadir dengan sebagai produk minuman kesehatan, Pocari Sweat adalah minuman isotonik yang diklaim memiliki komposisi serupa dengan cairan tubuh.
Tidak heran jika produk minuman ringan ini identik dengan cairan pengganti ion tubuh hingga tagline “Go Sweat Go Ion” semakin dikenal luas.
Kampanye produknya sendiri sering menggunakan konsep edukasi agar masyarakat bisa tetap aktif bergerak dan berkeringat bersama Pocari Sweat.
Jika ingin mempelajari lebih lanjut, simak beberapa contoh iklan minuman Pocari Sweat beserta gambar dan penjelasannya berikut ini.
Strategi Pemasaran dalam Iklan Pocari Sweat
Setiap iklan produk memiliki strateginya masing-masing untuk memaksimalkan tujuan yang ingin dicapai, baik untuk brand awareness maupun peningkatan penjualan.
Ada beberapa strategi pemasaran dalam iklan Pocari Sweat yang penting untuk diketahui, diantaranya sebagai berikut.
1. Kolaborasi dengan Public Figure
Dalam iklan di berbagai platform media, Pocari Sweat menerapkan strategi pemasaran melalui kolaborasi bersama public figure. Langkah endorsement ini menjadi bentuk promosi masif demi mendorong peningkatan penjualan produk.
2. Konsep Iklan Yang Unik
Selain kolaborasi, strategi pemasaran untuk iklan Pocari Sweat juga menampilkan konsep yang unik dan berbeda dari yang lainnya. Hampir semua iklan Pocari Sweat dibuat antimainstream, seperti ‘Pocari Sweat Goes to Space’.
3. Menekankan Positioning
Positioning menjadi langkah pemasaran iklan Pocari Sweat selanjutnya, yaitu dengan memberikan informasi kegunaannya. Ada penjelasan jika produknya bukan sekadar minuman untuk orang sakit, tetapi juga bisa dikonsumsi kapan saja dan dalam kondisi apa pun.
4. Varian Kemasan Yang Beragam
Varian kemasan yang beragam juga menjadi strategi pemasaran iklan Pocari yang efektif. Hadir dalam beberapa bentuk dan ukuran kemasan, Pocari Sweat menyasar perluasan segmentasi pasar hingga harganya bisa terjangkau untuk semua kalangan.
Contoh Iklan Pocari Sweat Beserta Gambarnya
Untuk memudahkan pemahaman, simak beberapa contoh iklan Pocari Sweat beserta gambarnya yang menarik berikut ini.
1. Iklan Pocari Sweat Anime
Gambar iklan Pocari Sweat di atas terbilang cukup populer karena mengusung konsep anime yang terispirasi dari film animasi romantis dari Jepang, “Weathering With You”.
Bedanya, iklan kali ini menggunakan karakter bernama Reza dan Ayu, anak SMA yang bercita-cita menadi bintang masa depan. Iklan ini juga teritegrasi dengan ajang pencarian bakat online dari Pocari Sweat bertajuk “Jadilah Bintang SMA”.
Gabungan konsep anime Jepang dan nama karakter khas dari Indonesia ini langsung mencuri perhatian masyarakat. Ditambah lagi visualisasi iklan yang didominasi warna biru sesuai karakter produk Pocari Sweat.
2. Iklan Pocari Sweat Bahasa Inggris
Contoh iklan Pocari Sweat dalam Bahasa Inggris di atas mengusung tema kesehatan dengan konsep berolahraga. Kalimat iklan “#saferunning run safely for a healthy body” ditulis tepat bersebelahan dengan gambar produk Pocari Sweat kemasan botol.
Melalui iklan ini, tampaknya Pocari Sweat ingin menegaskan jika olahraga lari bisa menyehatkan meski merasa lelah dan mengeluarkan banyak keringat.
Di sinilah peran produk masuk, yaitu nformasi terkait manfaat untuk menggantikan ion dalam tubuh setelah berkeringat pasca berolahraga hingga tujuan kesehatan tubuh ynag dimaksut bisa tercapai.
Selain itu, konsep visual iklan juga masih sangat khas dengan dominasi warna biru, mulai dari langit yang cerah, label produk dalam kemasan, sampai outfit yang dipakai model iklan.
3. Iklan Pocari Sweat Sahur
Kata kata iklan Pocari Sweat di atas menjelaskan pentingnya produk ini dalam menjaga cairan dalam tubuh saat berpuasa melalui kalimat “ION saat Sahur, Jaga Cairan Tubuh”.
Konsep iklan dengan ilustrasi tanaman kaktus tersebut merepresentasikan manfaat Pocari Sweat dalam yang diminum saat makan sahur.
Selain itu, iklan Pocari Sweat juga menyertakan gambar produk dalamkemasan satu liter yang cocok dikonsumsi bersama keluarga.
4. Iklan Pocari Sweat Born to Sweat
Contoh iklan minuman Pocari Sweat kembali mengusung tema olahraga lari dengan judul “Born to Sweat” dan “Lets Run Again” yang relavan dengan manfaat produk.
Selain meraih tujuan komersial dalam hal peningkatan penjualan produk, iklan ini juga membawa misi edukasi kepada masyarakat untuk tetap rajin berolahraga.
Berolahraga dan mengeluarkan keringat akan membantu menjaga kebugaran fisik dan Pocari Sweat menjadi solusi untuk cairan tubuh yag hilang saat berkeringat.
5. Iklan Pocari Sweat Yuki Sasou
Contoh iklan minuman Pocari Sweat selanjutnya menampilkan kolaborsi dengan artis terkenal asal Jepang, Yuki Sasou. Konsep iklannya sendiri cukup sederhana dengan membawa tagline “Go Sweat Go Ion”.
Bicara visualisasi, iklan kali ini juga tidak jauh berbeda dengan konsep yang sudah ada sebelumnya. Dominasi warna biru masih tetap dipertahankan yang dipadukan dengan warna putih.
Ilustrasi ceritanya pun masih dalam gambaran besar yang sama, yaitu penekanan pada kondisi keringat dan solusi yang datang dari Pocari Sweat.
6. Iklan Pocari Sweat JKT48
Bukan hanya artis Jepang, contoh iklan Pocari Sweat di Indonesia juga menggandeng public figure, yaitu member JKT48.
Misi iklan kali ini tidak hanya tentang produk, ada informasi kompetisi menari bertajuk “Sweat Dance Cover Competition” yang ikut diusung.
Promosi tersebut mengajak orang-orang untuk mengikuti kompetisi, baik dalam kelompok grup atau perorangan.
JKT48 sendiri tampil dalam iklan dengan mengenakan dresscode warna biru yang senada dengan warna Pocari Sweat.
7. Iklan Pocari Sweat TWICE
Selanjutnya, ada contoh iklan produk Pocari Sweat versi Jepang yang menggandeng girl group TWICE yang berasal dari Korea Selatan sebagai brand ambassador.
Dalam iklan tersebut, setiap member TWICE memegang produk Pocari Sweat dalam berbagai varian kemasan dan ukuran berbeda.
Bukan hanya itu, ada pesan dalam iklan yang ingin disampaikan melalui kalimat “Move. Live. Sweat”, yaitu ajakan untuk terus bergerak dan berkeringat.
Selain logo produk yang ditampilkan sebagai visual iklan, dresscode member TWICE juga mencerminkan karakter Pocari Sweat yang identik dengan warna biru dan putih.
8. Iklan Pocari Sweat Kaleng
Pocari Sweat diperkenalkan pertama kali dalam bentuk kemasan kaleng berwarna biru yang ikonik dan melekat menjadi brand imagr produk tersebut.
Tidak heran jika ada beragam contoh iklan Pocari Sweat kaleng yang muncul dalam versi yang semakin kreatif, salah satunya melalui ilustrasi unik di atas.
Kali ini Pocari mengusung slogan “Rehydrate your body with ions” yang tercantum tepat di atas visual produk dengan ilustrasi orang yang berlari seolah sedang mengejar waktu.
Secara umum, konsep warna yang dipilih untuk visual iklan masih menggunakan karakteristik produk, yaitu didominasi warna biru dengan aksen warna putih.
Konsep ini menegaskan jika Pocari mampu menghidrasi dengan ion yang terkandung di dalamnya, terlebih saat ada banyak cairan tubuh yang hilang.
9. Iklan Pocari Sweat Promo Free Gift
Hampir sama dengan iklan produk pada umumnya, Pocari Sweat juga melakukan promo berupa merchandise dalam bundling pembelian produknya.
Hal ini terlihat dalam contoh iklan Pocari Sweat promo free gift di atas yang dibuat untuk memnacing minat beli konsumen karena tertarik dengan hadiah yang ditawarkan.
Selain meningkatkan daya jual, iklan tersebut juga ingin memperkenalkan produk Pocari Sweat dalam kemasan botol mini 330ml.
Konsumen seolah ‘diserang’ dengan dua promo sekaligus, yaitu kemasan produk personal dan hadiah yang diberikan secara gratis dengan syarat pembelian tertentu.
Itulah tadi beberapa contoh iklan Pocari Sweat beserta gambar dan penjelasannya yang sudah kami rangkum sebagai referensi.
Dengan mengetahui informasi di atas, gambaran untuk membuat iklan serupa bisa menjadi panduan untuk membangaun kreativitas lain.