Coklat menjadi salah satu jenis makanan yang sering kali digunakan untuk menunjukkan ‘kasih sayang’ kepada orang lain. Salah satu coklat populer yang hingga kini masih digemari yakni SilverQueen. Contoh iklan SilverQueen pun banyak dicari untuk dijadikan referensi promosi.
Tak dapat dimungkiri, beragam iklan coklat SilverQueen telah sukses memberikan kesan mendalam dan menarik pada calon konsumen. Karenanya tak heran bila coklat SilverQueen masih banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
Selain itu, coklat SilverQueen juga sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan kepada orang terkasih. Apalagi coklat SilverQueen dapat dijumpai di toko maupun swalayan yang ada di Indonesia dengan harga yang cukup terjangkau.
Pada umumnya contoh iklan SilverQueen dikemas dengan apik sehingga mampu mempengaruhi calon konsumen. Pemasarannya pun tak hanya secara online tetapi juga offline untuk meningkatkan engagement pembelian.
Daftar ISI
Mengenal Sejarah SilverQueen
Sebagian orang mungkin masih mengira bahwa coklat SilverQueen merupakan produk luar negeri. Padahal, SilverQueen merupakan produk coklat asli asal Indonesia.
SilverQueen dicetuskan oleh pebisnis asal Burma (Myanmar) yang merupakan keturunan Tionghoa yang menetap di Bandung, bernama Ming Chee Chuang. SilverQueen yang menjadi primadona di kalangan masyarakat terlahir setelah Chuang membeli perusahaan NV Ceres.
Menyadur dari berbagai sumber, NV Ceres merupakan perusahaan milik orang Belanda pada era Hindia Belanda. Namun, perusahaan tersebut kemudian dijual seiring dengan masuknya Jepang pada tahun 1942.
Kemudian, setelah perusahaan tersebut dibeli oleh Ming Chee Chuang, NV Ceres pun berubah nama menjadi PT Perusahaan Industri Ceres hingga akhirnya SilverQueen menjadi coklat yang mendunia.
Ming Chee Chuang mencapai titik puncaknya bersama SilverQueen pada Konferensi Asia Afrika. KAA atau Konferensi Asa Afrika diselenggarakan di Bandung pada tahun 1955. Pada saat itu Ming Chee Chuang mendapatkan pesanan coklat dari Presiden Soekarno.
Inilah yang menyebabkan Ming Chee Chuang memindahkan perusahaannya dari Garut ke Bandung. Seiring bergantinya waktu, Ming Chee Chuang pun mewariskan perusahaannya kepada putranya yang bernama John Chuang sebagai CEO.
Selain itu, adik dari John Chuang yang bernama Joseph Chuang bertugas untuk mengurus urusan pabrik beserta food service. Sedangkan pada tahun 1984, anak-anak Ming Chee Chuang mendirikan perusahaan bernama Petra Food.
Petra Food mempunyai kantor pusat di Singapura. Sehingga PT Perusahaan Industri Ceres menjadi salah satu bagian dari perusahaan tersebut.
Strategi Pemasaran Iklan SilverQueen
Sebelum berlanjut ke contoh iklan coklat SilverQueen, penting untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan untuk memaksimalkan penjualan. Ini menjadi salah satu langkah penting bagi kamu yang ingin menjadikan contoh iklan SilverQueen sebagai referensi promosi.
Berikut beberapa strategi pemasaran yang digunakan oleh SilverQueen.
1. Hadir Dengan Kemasan Menarik
Salah satu strategi pemasaran yang menjadikan SIlverQueen sebagai coklat yang banyak diminati ialah kemasan yang menarik. SilverQueen menyadari bahwa kemasan mempunyai peran penting untuk memikat calon konsumen.
Oleh sebab itulah SilverQueen menciptakan desain kemasan yang eksklusif, elegan, serta menggugah minat pembeli. Sejauh ini, ilustrasi pada kemasan SilverQueen memang kerap berubah-ubah menyesuaikan dengan momen tertentu yang tengah berlangsung.
Setiap bungkus coklat SilverQueen telah dirancang dengan detail dan penuh estetika. Sehingga tak jarang kemasannya tampak berkelas dan mewah. Dalam penyajiannya, SilverQueen memberikan kemudahan dalam membuka kemasan cokelat.
Selain itu juga ada kemasan tambahan sebagai pelindung produk sehingga coklat tetap keras tetapi lumer saat dinikmati. Inilah yang menjadikan SilverQueen menarik untuk dibeli.
2. Jaminan Kualitas Produk yang Unggul
Sejak pertam kali diciptakan, SilverQueen telah berkomitmen untuk terus menggunakan biji coklat terbaik serta komposisi lain yang berkualitas tinggi. Hal ini dilakukan untuk memastikan setiap SIlverQueen memiliki standar kualitas tertinggi (unggul).
Oleh karenanya SilverQueen menjadi cokelat yang tak tertandingi di pasar. Dengan menjamin komposisinya, konsumen bisa merasakan kualitas unggul dalam setiap gigitan. Inilah yang menjadikan SilverQueen memiliki citra sebagai coklat premium berkualitas tinggi.
3. Berinovasi dengan Varian Rasa
Selain memanfaatkan contoh iklan SilverQueen, salah satu hal penting yang harus diperhatikan yakni berinovasi. Karenanya SilverQueen menjadi merek coklat yang menerapkan strategi tersebut.
Yang mana SilverQueen berhasil menarik minat konsumen dengan terus menghadirkan varian rasa coklat yang tak terlupakan. Hal ini terlahir sebab SIlverQueen menyadari bahwa konsumen membutuhkan pembaharuan yang lebih menarik.
Oleh sebab itulah mereka merancang varian baru yang menggoda selera guna menciptakan pengalaman seru dan unik bagi pencinta cokelat. Berbagai varian rasa yang ditawarkan oleh SilverQueen pun berhasil menggugah selera.
SilverQueen sukses memberikan pengalaman berbeda dengan memberikan kombinasi rasa yang kreatif, seperti coklat dengan buah-buahan, karamel, kacang-kacangan, dan lainnya. Dengan begitu konsumen bisa mengeksplorasi rasa sesuai dengan preferensi pribadi.
Contoh Iklan SilverQueen Yang Menarik
Setelah mengetahui sejarah serta strategi marketing yang digunakan SilverQueen, kini saatnya mengetahui contoh iklan coklat SilverQueen yang menarik minat dan perhatian.
1. Very Berry Yoghurt: INIRASAGUE
Meskipun tampak simpel tetapi iklan tersebut berhasil menonjolkan jenis varian rasa dari coklat SilverQueen yang sedang dipromosikan.
Dengan tagline “#INIRASAGUE GIMANA RASA LO?” contoh iklan SilverQueen ini memberikan kesan bahwa varian Very Berry Yoghurt berbeda dengan varian lainnya.
Adanya ilustrasi strawberry, buah berry, dan kacang mede pada kemasan membuat calon konsumen menjadi penasaran untuk menikmati keseruan paduan rasanya.
Ditambah lagi dengan adanya kalimat “INIRASAGUE” yang mendeskripsikan kecocokan rasa yang unik dan menarik. Ini membuat calon konsumen semakin ingin segera menikmati rasa yang “nyata” dari varian terbaru SilverQueen Very Berry Yoghurt.
2. SilverQueen Love
Apabila biasanya SilverQueen hadir dalam bentuk lonjong, panjang, atau kotak, kali ini coklat SilverQueen Love hadir dalam bentuk love atau hati.
Dengan membubuhi kata “Aku” dan “Kamu” mengekspresikan bahwa SilverQueen packaging love sangat spesial untuk mengungkapkan cinta pada orang spesial.
Berkat bentuk love yang terbilang unik, contoh iklan SilverQueen sederhana ini mampu mengundang perhatian konsumen untuk membelinya.
Meskipun packaging-nya berbentuk hati, tetapi Silverqueen Love bukan hanya untuk pasangan kekasih, melainkan juga bisa diberikan untuk diri sendiri.
SilverQueen Love atau yang juga dikenal dengan SilverQueen Chunky Valentine Cashew ini cocok juga untuk dijadikan kado.
Apalagi dalam packagingnya terdapat kalimat “Banyak Cerita Dalam Cinta”. Ini akan memberikan kesan mendalam, terutama bagi orang yang tengah menjalani hubungan asmara.
3. Bawa Santai dengan SilverQueen
Contoh iklan coklat SilverQueen tersebut memiliki daya tarik tersendiri dengan adanya kalimat “Saatnya #BawaSantai #WithSilverQueen.” Pemilihan kalimat tersebut bertujuan untuk mengajak konsumen agar selalu tenang dan santai dalam berbagai kesempatan.
Dalam iklan tersebut pun disampaian secara tersirat bahwa menikmati SilverQueen bisa menjadi solusi agar dapat merasa lebih tenang.
Gambar iklan juga terbilang sederhana, yakni dengan menonjolkan packaging SilverQueen beserta varian rasanya, yakni kacang mede berpadu dengan coklat asli.
Ilustrasi kacang mede yang lebih banyak dibandingkan potongan coklat menunjukkan varian tersebut benar-benar ditaburi kacang mede yang melimpah. Iklan ini berusaha menunjukkan bahwa SilverQueen Milk memiliki rasa mede yang kuat.
4. SilverQueen Semua Varian
Meskipun tidak membubuhkan kalimat tertentu, tetapi contoh iklan SilverQueen di atas memberikan gambaran yang jelas tentang varian rasa SilverQueen.
Produk lokal yang otentik dengan cita rasa lezat dan tak pernah berubah ini membuat konsumen selalu menantikan inovasi terbaru mengenai varian rasanya.
Dengan menyandingkan semua jenis varian rasa pada iklan, gambar tersebut telah memberikan jawaban yang ditunggu-tunggu oleh konsumen. Dengan banyaknya pilihan rasa maka konsumen tidak perlu bingung lagi untuk memilih.
5. Iklan SilverQueen Bahasa Inggris
Ada juga contoh iklan SilverQueen yang menggunakan Bahasa Inggris yang cukup berkesan. Dalam iklan SilverQueen Milk Chocolate with Cashews ini terdapat kalimat “SilverQueen my moodbooster everyday I love it.”
Kalimat tersebut memiliki arti “SilverQueen penguat suasana hatiku setiap hari, saya menyukainya.” Diksi-diksi pilihan dalam iklan di atas menyampaikan bahwa coklat SilverQueen bisa menjadikan dan menjaga suasana hati lebih baik setiap hari.
6. Temukan Kejutan Baru
Hampir setiap orang menyukai coklat, salah satunya SilverQueen yang sejak dahulu rasanya tak pernah berubah. Contoh iklan SilverQueen yang satu ini membawa konsep untuk sharing cerita kepada orang terdekat agar turut menikmati keunikan rasa SilverQueen.
Inovasi promosi memang sangat diperlukan untuk meningkatkan engagement pembeli. Karenanya pada gambar tersebut terdapat kalimat “Experience the new SilverQueen and tell your friend.”
Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia maka kalimat tersebut berbunyi, “Rasakan SilverQueen baru dan beri tahu temanmu.” Kalimat ini jelas memberikan tantangan kepada konsumen untuk menikmati SilverQueen agar bisa berbagi cerita.
Sedangkan gambar wanita yang menggigit coklat SilverQueen merepresentasikan bagaimana uniknya rasa SilverQueen edisi terbaru.
Adanya challenge untuk membagikan pengalaman dan keseruan menikmati SilverQueen bentuk baru kepada teman semakin mendorong konsumen untuk langsung membeli.
7. Buy 2 Get 1 Free
Siapa yang tidak suka bila diberi coklat gratis? Sepetinya hampir setiap orang menyukainya. Karenanya contoh iklan SilverQueen kali ini memanfaatkan peluang tersebut dengan menawarkan gratis satu coklat SilverQueen dengan membeli satu box tersebut.
Kali ini SilverQueen yang berkolaborasi dengan Wonderful Indonesia membawa slogan “#IniINDONESIAKu” membubuhkan kalimat “Buy 2 Get 1 Free” pada packaging-nya.
Tentunya ini sangat menggoda bagi siapa pun untuk segera membeli. Terlebih paket buy 2 get 1 free ini dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga biasanya sehingga akan sangat sayang bila dilewatkan.
8. SilverQueen On The Road
Contoh iklan SilverQueen di atas menggunakan headline “S.O.T.R” yang memiliki kepanjangan “Silverueen On The Road.” Dengan paduan warna yang serasi pada tulisan membuat setiap orang yang melihat langsung terkesan.
Sehingga mereka memiliki keinginan untuk memahaminya. Event SilverQueen On The Road yang dilaksanakan bersama @warteggratis ini berlangsung selama Ramadhan tahun 2022.
Dalam poster iklan terdapat pula kalimat “1 komen = 1 potong coklat. Untuk dibagikan ke sesama.” Melalui kalimat tersebut, SilverQueen mengajak semua orang untuk berbagi cerita ketika mereka harus berbuka puasa di jalan.
Yang menjadikan iklan ini lebih spesial karena setiap satu komentar ataupun cerita, sama saja telah memberikan satu potongan SIlverQueen kepada sesama. Kali ini SilverQueen bekerja sama dengan @Warteggratis untuk menyalurkannya.
Beberapa contoh iklan SilverQueen tersebut bisa menjadi referensi bila kamu ingin membuat iklan serupa guna meningkatkan jumlah penjualan produk yang kamu miliki. Atau kamu juga bisa membuat iklan SilverQueen versi dirimu sendiri agar lebih seru.