9 Contoh Iklan Teh Kotak Yang Menarik

Beragam contoh iklan Teh Kotak semakin masif bermunculan dalam berbagai konsep yang menarik. Langkah ini merupakan bagian dari strategi promosi untuk meraih tujuan tertentu.

Sebagai pelopor teh kemasan UHT, Teh Kotak sudah memiliki brand image yang cukup melekat dan menjadi produk yang terbilang ikonik.

Tidak heran jika produk ini memiliki pangsa pasar yang loyal dengan konsep visual masih mempertahankan image lama.

Di tengah gempuran persaingan produk sejenis, Teh Kotak masih terus bertahan di pasaran dan menjadi favorit banyak orang.

Jika ingin mempelajari lebih lanjut, simak contoh iklan Teh Kotak beserta penjelasannya berikut ini untuk mempermudah pemahaman.

Mengenal Produk Teh Kotak

Teh Kotak merupakan pelopor produk minuman teh siap saji dalam kemasan aseptik dengan teknologi UHT atau Ultra High Temperature.

Produk dari PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk ini diluncurkan pada tahun 1979 dan mendapat penerimaan yang cukup baik dari masyarakat.

Bahkan hingga saat ini, Teh Kotak masih masuk dalam daftar teh kemasan favorit hingga mendapat image sebagai teh kualitas tinggi dan dipercaya selama lebh dari 40 tahun.

Namun, sebagai salah satu merek ternama, Teh Kotak terus mengembangkan inovasi melalui varian rasa produk. Selain teh melati, ada juga teh rasa buah Apple, Orange, Blackcurrant, Lemon, Madu, hingga teh less sugar.

Strategi Promosi Iklan Teh Kotak

Demi meraih tujuan pemasaran yang maksimal, Teh Kotak juga menerapkan strategi promosi yang terbilang cukup menarik.

Berikut beberapa strategi promosi iklan Teh Kotak yang menarik untuk dianalisis.

1. Inovasi Produk

Strategi kunci dalam promosi iklan Teh Kotak terletak pada produknya sendiri yang mempertahankan image sama sejak awal kemunculan.

Selain kualitas bahan dan rasa yang terus dijaga, tampilan Teh Kotak tidak banyak berubah hingga konsumen mudah mengenalinya.

Namun, Teh Kotak juga mengembangkan inovasi produknya dalam berbagai varian rasa yang kekinian untuk memperluas jangkauan target pasar.

2. Penggunaan Slogan Dalam Iklan

Langkah promosi produk Teh Kotak selanjutnya diterapkan dalam iklan-iklan yang dibuat melalui slogan yang menarik.

Beberapa versi iklan Teh Kotak bahkan memunculkan slogan berbeda sesuai varian produk atau konsep ceritanya.

Jika di awal Teh Kotak hanya menggunakan slogan “Hanya yang Terbaik Ada di Dalam Kotak”, ada versi iklan lain yang ternyata tidak kalah mengena di hati konsumen.

Ada “Cerita Rasa” yang seolah menjadi representasi Teh Kotak dengan rasa unuknya yang menyatukan banyak orang, persis seperti konsep iklannya.

Selain itu, tagline “Teh Kotak Satu-satunya” dan “Kesempurnaan Rasa” juga meningkatkan branding produk di tengah persaingan dengan kompetitor.

3. Memanfaatkan Media Sosial

Umumnya, iklan akan memanfaatkan berbagai media untuk menjangkau target pasar yang semakin luas. Langkah ini juga menjadi strategi pemasaran Teh Kotak.

Selain media konvensional, iklan Teh Kotak juga memanfaatkan media sosial yang menyasar target konsumen muda.

Bukan hanya untuk tujuan brand awareness, tetapi juga menyampaikan informasi terkait promo produk yang diberlakukan.

4. Kerjasama Dengan Public Figure

Strategi selanjutnya dalam iklan Teh Kotak juga menerapkan kolaborasi dengan public figure, seperti Arsy Widianto dan Rizky Febian.

Iklan versi “Cerita Rasa” menampilkan Arsy Widianto yang membawakan lagu Cerita Cinta dari Kahitna. Sedangkan Rizky Febian didapuk sebagai brand ambassador untuk Teh Kotak klasik dan rasa dalam berbagai varian buah.

5. Promo Harga

Strategi promosi dalam iklan Teh Kotak yang tidak kalah menarik perhatian konsumen adalah promosi harga.

Beberapa produk ditawarkan dengan promo potongan harga atau diskon, bundling harga, beli 2 gratis 1, free gift, dan lain sebagainya.

Contoh Iklan Teh Kotak yang Menarik

Agar bisa memahami dengan lebih jelas lagi, berikut beberapa contoh iklan Teh Kotak yang menarik lengkap dengan gambar dan penjelasannya.

1. Iklan Teh Kotak Less Sugar

Iklan Teh Kotak Less Sugar

Contoh iklan produk Teh Kotak di atas mengusung dua tujuan sekaligus, yaitu brand awareness untuk varian produk rendah gula dan peningkatan penjualan.

Ada pesan iklan “Tetap nikmat walau kurang gula” menjadi representasi produk less sugar yang ditawarkan kepada konsumen segmentasi tertentu.

Visual iklan pun menggunakan gambar produk Teh Kotak Less Sugar dan fokus pada promo harga menarik yang menampilkan diksi “Beli 2 Gratis 1”.

Periode promo juga ditampilkan dalam iklan, lengkap dengan informasi lokasi outlet yang menawarkan promo tersebut.

2. Iklan Teh Kotak ‘Cerita Rasa’

iklan Teh Kotak Cerita Rasa

Contoh iklan produk Teh Kotak yang tayang di media elektronik dan digital tersebut memang cukup populer dan mengena.

Konsumen seolah dibuat untuk terus memilih Teh Kotak melalui konsep iklan yang menampilkan kebersamaan dan berbagi rasa.

Bisa dibilang konsep iklannya sendiri sudah ‘menjual’, dimana konsumen seperti diajak bernyanyi bersama karena lagunya sendiri memang familier.

3. Iklan Teh Kotak Rasa

iklan Teh Kotak varian rasa

Contoh gambar iklan Teh Kotak di atas menargetkan tujuan brand awareness untuk memperkenalkan varian rasa yang terbilang kekinian.

Headline iklan “Varian Teh Kotak Rasa” menjadi kalimat yang relevan dengan karakter produknya.

Menariknya lagi, produk Teh Kotak rasa yang memiliki warna cerah juga didukung dengan visual iklan yang colourful.

Tidak lupa foto brand ambassador, Rizky Febian, juga ditampilkan dalam iklan sebagai daya tarik untuk konsumen.

4. Iklan Teh Kotak ‘Kesempurnaan Rasa’

iklan Teh Kotak Kesempurnaan Rasa

Selanjutnya, ada contoh iklan Teh Kotak ‘Kesempurnaan Rasa’ yang ingin menawarkan varian terbaru dalam berbagai rasa unik yang mengikuti selera pasar.

Kesempurnaan rasa dari teh melati dan varian rendah gula dengan konsep visual ikonik bersanding dengan teh rasa buah yang penuh warna

Melalui iklan ini, konsumen diberikan penawaran untuk memilih Teh Kotak dengan varian yang sesuai selera tetapi sama-sama sempurna soal rasa.

5. Iklan Teh Kotak Diskon

iklan Teh Kotak diskon

Melalui contoh iklan Teh Kotak di atas, ada tujuan untuk meningkatkan penjualan lewat promo diskon dengan membeli produk di market place.

“Diskon s.d 68%” menjadi fokus utama iklan yang akan menarik minat konsumen. Bahkan promo ini masih ditambah free gift sebagai daya tarik tambahan.

Selain itu, headline iklan mengusung pesan yang tidak kalah persuasif, yaitu “Hilangkan dahaga dengan banyak pilihan rasa Teh Kotak”.

6. Iklan Teh Kotak Rasa Apel

iklan Teh Kotak rasa apel

Dalam contoh iklan Teh Kotak rasa apel di atas, ada visual menarik yang menjadi unggulan selain memperkenalkan varian rasa.

Judul iklan “Teh Kotak rasa apel lebih enak kalau….” Membuka konsep iklan berupa saran penyajian dan konsumsi produk.

Ada informasi pilihan “Dingin Aja. Seger. Adem” dan “Beku. ASMR krenyes..krenyes” yang sama-sama membuat penasaran konsumen.

Secara visual, iklan versi ini dibuat dengan penggambaran yang relevan melalui tampilan segar dingin dan beku.

7. Iklan Teh Kotak ‘Mewah’

iklan Teh Kotak Mewah

Menggunakan gambar produk legendaris yang dipadukan dengan love sign, contoh iklan Teh Kotak di atas memiliki sisi mewahnya tersendiri.

Apalagi konsep ini didukng dengan kalimat iklan yang relevan, yaitu “Gak perlu ngasih barang MEWAH untuk dibilang WAH. Cukup kasih TEH KOTAK bisa bikin suasana pedah”.

Iklan dengan tagar ‘Cerita Rasa’ ini jadi semakin istimewa meski menggunakan produk dengan kemasan ikonik.

8. Iklan Teh Kotak ‘Lejen’

iklan Teh Kotak Lejen

Dalam contoh iklan poster Teh Kotak tersebut, konsep yang digunakan ingin mengedepankan sisi legendaris produk.

Penggunaan gambar produk ikonik didukung oleh kalimat iklan yang relevan, “Belajarlah Konsisten dari Teh Kotak, Dia Tak Pernah Botol” dan tagar #lejen.

Selain itu, penggunaan diksi “Bener-bener Tah Khas” dan “Truth in a Box” menjadi nilai jual Teh Kotak yang merepresentasikan kualitas rasa teh asli.

9. Iklan Teh Kotak Bundling Harga

iklan Teh Kotak bundling harga

Kalimat “Tambah Rp 2000 dapat2 tpk” menjadi fokus utama dalam contoh iklan Teh Kotak bundling harga.

Dalam iklan disampaikan juga harga awal untuk pembelian 1 produk hingga konsumen bisa mengartikan berapa harga untuk dua produk.

Varian produk yang ditawarkan juga disampaikan dalam iklan, yaitu teh melati atau teh melati less sugar kemasan 300 ml.

Diksi “PBI, Promosi Bulan Ini” dilengkapi dengan informasi periode promo produk agar konsumen tidak melewatkan kesempatan ini.

Itulah tadi beberapa contoh iklan Teh Kotak beserta penjelasannya yang sudah kami rangkum sebagai referensi.

Dengan memahami informasi di atas, kamu jadi bisa menerapkan panduan tersebut untuk membuat iklan serupa.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste