Hutan Mangrove PIK, Ulasan dan Harga Tiket Masuk Terbaru

Hutan Mangrove PIK pastinya sudah tidak asing kita dengar terutama untuk warga Jakarta sendiri. Daerah Khusus Ibukota Jakarta tanpa kita sadari ternyata memiliki beberapa tempat wisata yang sangat edukatif.

Salah satunya adalah tempat wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk yang terletak di Jakarta Utara. Destinasi wisata ini cukup populer di media sosial.

Wisata Hutan Mangrove PIK yang memiliki nama lain Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk ini memang sering menjadi pilihan tempat wisata akhir pekan.

Baik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, maupun staycation di penginapan bernuansa hutan bakau. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang destinasi yang satu ini. Yuk simak penjelasan berikut!

Sekilas Tentang Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Kawasan wisata hutan mangrove PIK adalah tempat wisata yang secara Dinas Kehutanan DKI Jakarta kelola secara langsung.

Pengelolaan yang dilakukan bertujuan untuk mempertahankan kualitas dan keberlanjutan fungsi dari kawasan hutan mangrove yang sebenarnya berperan dalam mencegah abrasi pantai.

Salah satu jenis wisata yang paling banyak diminati yaitu ekowisata yang saat ini tengah berkembang di wilayah DKI Jakarta terutama untuk wilayah di pesisir utara Jakarta.

Baca juga: Pantai Pasir Putih PIK 2 Jakarta, Jam Buka dan Biaya Masuk

Sebab wilayah pesisir utara Jakarta memiliki banyak populasi vegetasi mangrove yang keberadaanya dilindungi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Upaya peningkatan kualitas dan lingkungan hidup hutan mangrove ini juga semakin gencar dilakukan oleh pemerintah.

Pasalnya destinasi ini mendapatkan banyak respon positif dari masyarakat dengan jumlah pengunjung yang semakin meningkat setiap tahunnya. Angka pengunjung bisa mencapai 4 juta wisatawan dengan 300.000 wisatawan asing untuk setiap tahunnya.

Kawasan hutan mangrove ini memiliki luas sekitar 95,50 Ha dan merupakan salah satu habitat mangrove dengan aksesibilitas baik sebab masih dekat dengan wilayah ibukota.

Ada beberapa jenis tanaman mangrove yang memiliki habitat asli di wilayah hutan mangrove PIK ini antara lain yaitu jenis mangrove api-api (Avicennia marina), bidara (Sonneratia caseolaris), bakau (Rhizophora stylosa dan Rhizophora mucronata), buta-buta (Exocecaris agallocha), cantinggi (Ceriops sp.), dan warakas (Acrosticum areum).

Dengan beberapa jenis satwa seperti jenis ikan gelosoh (Glossogobius giuris), jenis udang bakau (Thalassina anomala), dan biawak air (Varanus Salvator).

Baca juga: 12 Rekomendasi Restoran di PIK yang Lagi Hits dan Instagramable

Daya Tarik Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Hutan Mangrove PIK, Ulasan dan Harga Tiket Masuk Terbaru
@sarah_fagih

Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) menawarkan wisata keluarga, pemotretan prewedding, syuting, wisata pendidikan, kegiatan penelitian, dan kegiatan observasi tanaman mangrove.

Selain itu, para pengunjung juga bisa melihat koleksi tanaman hias yang berjajar.

Daya tarik lain yang dimiliki oleh kawasan wisata hutan mangrove PIK yaitu adanya beberapa monyet yang memiliki habitat di hutan mangrove sendiri.

Bagi pengunjung yang memiliki hobby memancing juga bisa mengunjungi kawasan wisata ini. Karena memiliki beberapa spot kolam yang bisa kita gunakan untuk memancing.

Selain itu, kawasan wisata ini juga memiliki beberapa fasilitas untuk pengunjung seperti mushola, toilet umum, dan cafetaria yang bisa digunakan sebagai tempat makan para pengunjung.

Baca juga: Cove at Batavia PIK Jakarta, Ulasan, Foto & Harga Tiket Masuk Terbaru

Tersedia pula spot foto yang instagrammable yang saat ini sangat disukai oleh anak muda. Sangat menarik bukan, salah satu alasan mendasar mengapa kawasan wisata hutan mangrove Pondok Indah Kapik (PIK) ini sangat digemari yaitu karena biaya masuk yang sangat terjangkau dan tidak menguras kantong.

Rute Menuju Lokasi Hutan Mangrove PIK

Akses yang dibutuhkan untuk menuju ke kawasan wisata ini sangat mudah. Kamu bisa menggunakan bus Transjakarta koridor 9A dengan jurusan Pinang Ranti – Pluit lalu turun di halter Pluit Village Mall.

Kemudian naik angkutan umum warna merah dengan nomor B01 jurusan Grogol – Angke akan turun di depan kawasan wisata Pantai Indah Kapuk.

Jika kalian menaiki kendaraan pribadi maka bisa dengan mengambil jalur Tol Dalam Kota dan keluar melalui Tol Pluit.

Kemudian, setelah melewati Mega Mall Pluit lurus terus hingga ke Jalan Muara Karang. Lalu melewati jembatan dan belok ke kiri hingga kawasan Pantai Indah Kapuk.

Berapa Tiket Masuk Kawasan Hutan Mangrove PIK?

Penasaran dengan HTM wisata alam mangrove Angke yang satu ini? tenang, kami sudah merangkumnya dari situs resmi Taman Hutan Mangrove Jakarta untuk kamu.

Tiket Masuk Rekreasi

Anak-anakIDR 15.000 Weekdays / IDR 20.000 Weekend
DewasaIDR 30.000 Weekdays / IDR 35.000 Weekend
Parkir MotorIDR 5000
Parkir MobilIDR 10.000
Parkir BusIDR 50.000

Untuk menikmati keindahan wisata alam dan edukasi Hutan Mangrove PIK pengunjung dikenai tiket masuk wisata hutan mangrove PIK dengan harga sebesar Rp30.000 untuk hari biasa dan Rp35.000 untuk hari libur.

Sedangkan untuk anak-anak harga tiket yang dikenakan yaitu sebesar Rp15.000 untuk hari biasa dan Rp20.000 untuk hari libur. Harga tiket ini cukup terjangkau dan sangat ramah dikantong.

Dengan harga tiket yang murah pengunjung sudah bisa menikmati keindahan wisata hutan mangrove, berfoto di jembatan gantung, dan menelusuri pondok kemah yang menarik.

Namun untuk bermain kano dan wisata air lainnya pengunjung akan dikenai biaya tambahan.

Selain itu, juga tersedia jasa penyewaan kamera, untuk sewa kamera DSLR sebesar Rp300.000 namun untuk jenis kamera saku atau GoPro dikenakan biaya sebesar Rp150.000.

Tarif parkir yang dikenakan bagi setiap pengunjung sebesar Rp5000 untuk kendaraan motor, untuk kendaraan mobil sebesar Rp10.000, serta untuk bus dikenakan tarif yang lebih mahal yaitu sebesar Rp50.000.

Tiket Wisata Air

Speed BoatIDR 350.000 6 orang / perahu
Speed BoatIDR 450.000 8 orang / perahu
Perahu DayungIDR 100.000 max 4 orang
Sepeda Air KodokIDR 100.000
Perahu KanoIDR 100.000

Penginapan Wisata Hutan Mangrove PIK

Selain menyediakan destinasi wisata edukatif, Hutan Mangrove PIK juga menyediakan fasilitas penginapan bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam di kawasan ini.

Kawasan Mangrove ini memiliki penginapan, seperti tenda (camping ground di atas tanah, vila, penginapan di atas air tanpa AC dan memakai AC.

Harga yang dikenakan juga tidak terlalu mahal bergantung pada model penginapan yang dipilih.

Untuk tenda camping mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 600 ribu.

Sementara untuk vila dibanderol mulai dari 1,3 juta hingga 6 juta rupiah.

Bermalam di kawasan hutan mangrove ini memberikan pengalaman yang baru. Layaknya bermalam di alam sungguhan ditemani dengan banyaknya burung dan monyet yang berhabitat asli di kawasan ini.

Selain itu, udara yang sejuk sebagai penghilang stress dari hiruk pikuk kesibukan kerja di Ibukota. Oleh karena itu, mengunjungi kawasan Hutan Mangrove PIK ini merupakan pilihan yang sangat tepat.

SHARE:

Seorang penulis professional dan berpengalaman menulis konten di beberapa media online Indonesia. Menyukai Kopi dan Kamu!!

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste