56 Istilah dalam Perhotelan yang Wajib diketahui Hotelier

Ada banyak istilah dalam perhotelan yang perlu diketahui oleh para hotelier yang bekerja di Industri Perhotelan, baik itu istilah khusus ataupun teknis yang menjadi bagian integral dari aktivitas di perhotelan.

Sebagaimana yang diketahui, bahwa industri perhotelan merupakan bisnis yang mencakup pengelolaan hotel, seperti operasional, manajemen, dan pelayanan tamu.

Dalam Industri Perhotelan melibatkan berbagai aspek seperti akomodasi, manajemen fasilitas, kebersihan, pemasaran, layanan pelanggan, makanan dan minuman.

Sehingga, tentu saja ada banyak istilah-istilah yang perlu diketahui bagi para hotelier. Lalu, apa saja istilah dalam perhotelan yang perlu diketahui?

Istilah dalam Perhotelan yang Wajib Diketahui Hotelier

Berikut adalah istilah dalam perhotelan dan artinya yang wajib diketahui bagi para hotelier:

1. Reservasi

Reservasi merupakan istilah dalam perhotelan yang merujuk pada proses pemesanan kamar atau layanan hotel.

2. Check-In

Check-In merupakan proses pendaftaran tamu di hotel sebelum mendapatkan kunci kamar hotel.

3. Check-Out

Check-out merupakan proses yang dilakukan tamu hotel sebelum meninggalkan hotel setelah menginap, termasuk pengeluaran barang, pengembalian kunci kamar, dan pembayaran tagihan atau bill.

4. Extra Charge

Extra Charge merupakan biaya tambahan yang perlu dibayar oleh tamu ketika menggunakan layanan tambahan dari hotel.

5. Extended Stay

Extended Stay merupakan istilah yang digunakan untuk tamu yang melakukan perpanjangan menginap.

6. Room Service

Room Service merupakan layanan tamu hotel yang mencakup pesanan makanan dan minuman.

7. Front Office

Front Office merupakan departemen hotel yang berhubungan langsung dengan pelanggan, seperti resepsionis, pramutamu, porter, dan lainnya.

8. Back Office

Back Office merupakan divisi di sebuah hotel yang tidak berhubungan langsung dengan tamu hotel, seperti Executive chef, staf dapur, sous chef, HRD, dan lainnya.

9. Single Bed

Single Bed merupakan bentuk tempat tidur di hotel yang dikhususkan untuk satu orang, biasanya memiliki ukuran Kasur 100 x 200 cm.

10. Double Bed

Double Bed merujuk pada ukuran tempat tidur yang lebih besar, biasanya memiliki ukuran sekitar 120 x 200 cm, 140 x 200 cm, atau 160 x 200 cm.

11. Twin Bed

Twin Bed merujuk pada dua tempat tidur single bed yang tersedia di dalam kamar hotel. Untuk ukuran Twin Bed biasanya sekitar 90 x 200 cm atau 100 x 200 cm.

12. Buffet

Buffet merupakan bentuk penyajian dalam bentuk buffet dengan berbagai pilihan makanan atau bisa disebut dengan prasmanan.

13. All You Can Eat

All You Can Eat merujuk pada jenis makanan dimana tamu hotel dapat memilih menu yang disediakan dan mengkonsumsi sepuasnya.

14. Early Check In

Early Check In merujuk pada tamu yang melakukan Check-in lebih awal sebelum waktu yang telah ditentukan.

15. Room Rate

Room Rate adalah harga yang harus dibayarkan tamu saat menginap di hotel.

16. Room Status

Room Status merujuk pada status kamar apakah berstatus terisi atau kosong.

17. Late Check Out

Late Check Out merujuk pada tamu yang telat melakukan Check out sesuai waktu yang telah ditentukan.

18. Fully Booked

Fully Booked merujuk pada status kamar hotel yang sudah penuh atau tidak ada kamar yang kosong.

19. Bar

Bar merupakan area santai yang berbentuk resto.

20. Minibar

Minibar merupakan kulkas kecil di kamar hotel yang berisi makanan ringan dan minuman.

21. Standard Room

Standard Room merujuk pada jenis kamar hotel standard yang artinya memiliki fasilitas standard dan harga yang paling rendah.

22. Superior Room

Superior Room merujuk pada ukuran ruangan yang lebih luas dari Standard Room.

23. Deluxe Room

Deluxe Room adalah jenis kamar hotel yang memiliki ukuran yang lebih luas dari Superior Room dan fasilitas yang lebih tinggi.

24. Suite Room

Suite Room merujuk pada jenis kamar yang memiliki ukuran kamar tidur yang lebih luas, atau bisa juga disebut jenis kamar yang paling mahal di hotel.

25. Family Room

Family Room merupakan tipe kamar yang disediakan untuk tamu yang ingin menginap bersama dua orang lebih, atau bisa juga disebut tipe kamar untuk keluarga.

26. Bell Boy

Bell Boy merupakan petugas hotel yang memiliki tugas membantu tamu membawakan barang bawannya sampai di kamar.

27. Extra Bed

Extra Bed merupakan tempat tidur tambahan yang dipesan oleh tamu jika kekurangan tempat tidur.

28. Rate Plan

Rate Plan merujuk pada harga sewa kamar yang tersedia pada hotel.

29. Contract Rate

Contract Rate merupakan harga kamar yang diberikan pihak hotel kepada tamu dengan mengacu pada syarat dan ketentuan tertentu.

30. Connecting Room

Connecting Room merujuk pada dua kamar hotel saling terhubung yang dihubungkan dengan pintu khusus ditengah ruangan kamar tersebut.

31. ETA

ETA (Estimated Time Arrival) merupakan perkiraan waktu kedatangan.

32. PAX

PAX merujuk pada jumlah orang yang bisa ditampung dalam satu kamar hotel.

33. OTA

OTA (Online Travel Agent) merupakan aplikasi atau situs web yang menyediakan layanan pembelian dan reservasi perjalanan wisata, termasuk juga reservasi hotel. Contohnya: Traveloka,Tiket.com, Agoda, dll.

34. VHO

VHO merujuk pada perusahaan yang tidak memiliki bangunan hotel tetapi dapat menjual berbagai kamar dengan cara bekerjasama kepada para penyedia akomodasi.

35. Amenitas

Amenitas merupakan fasilitas di luar akomodasi, seperti restoran, taman, fasilitas umum, dll.

36. Concierge

Concierge merupakan staf hotel yang bertugas memberikan informasi dan bantuan terhadap tamu terkait kebutuhan di luar hotel.

37. High Season

High Season merujuk pada hari dimana biasanya jumlah orang meningkat mengunjungi tempat berlibur, termasuk juga hotel. Ketika High Season, biasanya harga sewa kamar hotel juga mengalami kenaikan.

38. Low Season

Low Season merupakan kebalikan dari High Season, dimana jumlah tamu hotel tidak banyak dan biasanya harga sewa kamar hotel juga lebih murah.

39. Direct Booking

Direct Booking merupakan proses pemesanan kamar hotel yang dilakukan secara langsung dari hotel, baik melalui website resmi hotel ataupun melalui nomor telepon.

40. Occupancy Rate

Occupancy Rate persentase jumlah kamar hotel yang sudah ditempati tamu dengan seluruh kamar yang tersedia di hotel.

41. Guaranteed Reservation

Guaranteed Reservation merujuk pada reservasi kamar yang dilakukan dengan mengharuskan adanya jaminan pembayaran.

42. Tentative Reservation

Tentative Reservation merupakan proses booking yang tidak mesti harus memberikan jaminan pembayaran.

43. Overbooking

Overbooking merupakan keadaan dimana hotel menerima tamu melebihi jumlah kamar yang tersedia.

44. Rack Rate

Rack Rate merupakan harga kamar standard yang diberlakukan sebelum diberlakukannya diskon.

45. Upselling

Upselling merupakan strategis menawarkan fasilitas atau layanan kepada tamu untuk meningkatkan pengalaman menginap mereka dengan biaya tambahan.

46. All-Inclusive

All-Inclusive merujuk pada layanan hotel yang mencakup hidangan makanan dan minuman, serta aktivitas yang dipaketkan dalam satu harga.

47. Turndown Service

Turndown Service merupakan layanan perapian kamar dan persiapan tidur pada malam hari.

48. Valet Parking

Valet Parking merujuk pada layanan parkir yang disediakan hotel dengan biaya tambahan.

49. Booking Engine

Booking Engine merupakan platform yang memungkinkan tamu melakukan reservasi online melalui situs web hotel.

50. Room Block

Room Block merujuk pada kamar hotel yang dipesan untuk keperluan tertentu, misalnya acara pernikahan atau acara penting lainnya.

51. Complimentary

Complimentary mengacu pada layanan atau barang yang disediakan oleh hotel yang dapat digunakan secara gratis oleh tamu.

52. Conference Room

Conference Room merupakan fasilitas berupa ruangan khusus yang disediakan untuk pertemuan atau konferensi di dalam hotel.

53. Corporate Rate

Corporate Rate merupakan harga khusus yang ditawarkan kepada para tamu yang datang atas nama perusahaan.

54. Pillow Menu

Pillow Menu merupakan layanan yang disediakan oleh hotel dimana tamu bisa memilih jenis bantal yang mereka inginkan untuk kenyamanan saat tidur.

55. Buffet Breakfast

Buffet Breakfast merupakan menu sarapan yang disajikan dalam bentuk buffet atau prasmanan.

56. House Rules

House Rules merupakan aturan atau kebijakan hotel yang harus di patuhi oleh para tamu dan staf.

Jadi, itulah tadi beberapa istilah dalam perhotelan yang wajib diketahui ketika bekerja di Industri Perhotelan atau sebaga hotelier.

Selain dari beberapa istilah dalam perhotelan yang sudah disebutkan diatas, tentu masih ada istilah lainnya yang belum kami cantumkan. Kamu bisa mencari referensi lainnya untuk mengetahui beberapa istilah lainnya yang belum ada di artikel ini.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste