Jika ingin mengetahui kepala hotel disebut apa, pastikan untuk mencari tahu melalui pembahasan dalam artikel berikut ini.
Dalam sebuah hotel menengah maupun mewah, biasanya ada struktur jabatan yang dikelompokkan sesuai divisi atau departemen yang mengelola operasional hotel.
Bukan hanya karyawan yang bertugas langsung menangani pelayanan di hotel, ada juga jabatan kepala hotel yang bertanggung jawab mengelola manajemen.
Nah, sebagai gambaran umum untuk mengenal kepala hotel disebut apa, ini penjelasannya beserta jabatan penting lain di hotel besar yang wajib diketahui.
Daftar ISI [Tampilkan]
Kepala Hotel Disebut Apa?
Dalam bisnis hospitality, kepala hotel disebut sebagai manajer dan dalam struktur organisasi menempati posisi tertinggi yang dikenal dengan sebutan General Manager.
General Manager hotel bertanggung jawab penuh atas seluruh aktivitas operasional hotel dalam hal penyelenggaraan tugas kepemimpinan.
Mulai dari perencanaan tujuan strategis hotel, pengawasan staf, menjaga efektivitas kerja hingga pelaksanaan evaluasi pelayanan hotel secara berkala.
Umumnya, jabatan sebagai manajer sendiri dimiliki oleh semua hotel, baik hotel kecil maupun besar dengan kompleksitas tugas yang menyesuaikan.
Tugas dan Tanggung Jawab General Manager Hotel
Ada beberapa tugas dan tanggung jawab General Manager hotel yang umumnya berkaitan dengan kepemimpinan operasional hotel secara menyeluruh, berikut di antaranya.
1. Membuat Keputusan Strategis dan Kebijakan Hotel
Seorang GM hotel memiliki tugas utama yang berkaitan dengan membuat keputusan strategis dan kebijakan di hotel untuk diberlakukan dan ditaati.
Beberapa keputusan terkait langkah pemasaran hingga memastikan pelayanan hotel terbaik demi kepuasan tamu menjadi tanggung jawab GM hotel.
Untuk mendukung tugas-tugas tersebut, seorang General Manager juga harus bisa berkoordinasi dengan setiap kepala departemen demi memastikan pencapaian tujuan.
2. Mengawasi Pencapaian Tujuan Strategis
Tugas mengawasi pencapaian tujuan strategis juga menjadi tanggung jawab GM hotel dengan memberikan persetujuan pengajuan anggaran dan langkah promosi pemasaran.
Hal ini cukup krusial mengingat GM harus memastikan operasional setiap properti hotel bisa mendatangkan profit.
3. Melakukan Pengawasan Performa Kerja Staf
Tanggung jawab GM hotel lainnya berupa pengawasan performa kerja staf termasuk pelatihan dan pengembangan sumber daya di hotel.
Peran ini menjadi penting karena aktivitas operasional hotel berkaitan dengan pelayanan demi menjaga kepuasan pelanggan, dalam hal ini tamu yang menginap.
Semakin baik kualitas performa kerja staf di hotel, maka akan semakin besar pula kemungkinan keberhasilan tujuan operasional hotel.
4. Membantu Penyelesaian Masalah
Di lapangan, penyelesaian masalah di hotel sering kali menjadi tugas praktis kepala departemen terkait, terutama hal-hal terkait keluhan tamu hingga masalah reservasi.
Namun, jika kepala departemen tidak mampu mencapai resolusi, GM harus turun tangan menyelesaikan masalah demi kelancaran operasional hotel.
Hanya saja, secara umum tugas GM hotel memang lebih terikat pada pengawasan masalah yang lebih krusial untuk memastikan efektivitas kinerja staf dan kepuasan tamu.
Jabatan Penting Lain di Hotel Besar
Selain kepala hotel, ada beberapa jabatan penting lain di hotel besar yang penting untuk diketahui, yaitu sebagai berikut.
1. Assistant General Manager
Jabatan penting lain di hotel yaitu Assistant General Manager yang secara struktur organisasi berada tepat di bawah General Manager.
Dalam pelaksanaan operasional hotel, seorang Assistant GM memiliki tugas untuk membantu peran General Manager.
Mulai dari mengawasi, mengorganisir, hingga mengelola operasional manajemen hotel untuk dipertanggungjawabkan kepada GM hotel.
2. Marketing & Sales Manager
Marketing & Sales Manager menjadi jabatan lain dalam tim manajemen hotel yang bertugas merencanakan langkah pemasaran.
Peran ini juga tidak kalah penting agar setiap strategi pemasaran berjalan baik dan mampu menarik tamu serta bersaing dengan kompetitor.
Beberapa tanggung jawab yang dikelola meliputi mengatur rencana penjualan dan pemasaran berupa promosi harga kamar serta pemasaran produk hotel lainnya.
3. Room Division Manager
Room Division Manajer dalam struktur organisasi hotel menjadi jabatan yang memegang tanggung jawab dalam menyiapkan kamar bagi tamu hotel.
Secara lebih mendetail, departemen ini terbagi menjadi divisi Front Office dan Housekeeping dengan tugas yang saling berkaitan.
Divisi Front Office bertugas dalam pengelolaan booking kamar, menerima tamu, sampai pelayanan check-in dan check-out agar berjalan lancar.
Di sisi lain, Divisi Housekeeping akan menjamin penanganan persiapan kamar agar bersih, nyaman, dan layak dijual.
4. Food & Beverage Manager
Food & Beverage Manager di hotel merupakan jabatan yang bertanggung jawab dalam pengawasan dan kontrol makanan serta hidangan lain yang disajikan kepada tamu hotel.
Dalam praktiknya, F&B Manager akan mengatur perencanaan menu hingga mengontrol biaya menu dan termasuk keamanan pangan.
5. Human Resources Manager
Human Resources Departement (HRD) menjadi divisi yang cukup penting hingga kepemimpinan manajer juga harus efektif.
HRD Manager hotel bertugas mengelola sumber daya hotel, termasuk sistem penggajian, perencanaan pelatihan serta pemeriksaan grooming dan standar pakaian.
Nantinya, seorang HRM akan memastikan sumber daya manusia yang dipekerjakan memiliki kompetensi mumpuni demi kinerja terbaik yang menunjang kelancaran operasional hotel.
6. Finance Manager
Jabatan sebagai Finance Manager di hotel memiliki tugas di bidang accounting dan finance untuk mengatur keuangan hotel agar berjalan lancar.
Mulai dari pemasukan, pengeluaran, dan perincian biaya lainnya harus tercatat dengan detail menggunakan software untuk mempermudah kinerja.
7. Security Manager
Dalam hal pengamanan hotel, jabatan sebagai Security Manager memegang tanggung jawab keamanan hotel secara keseluruhan.
Staf dalam divisi security bertugas di ruang lingkup pengamanan yang meliputi karyawan, tamu, hingga aset hotel demi menciptakan kondisi aman dan nyaman.
Demikianlah penjelasan untuk mengenal kepala hotel disebut apa beserta jabatan penting lain di hotel besar yang kami rangkum sebagai gambaran umum.
Setelah mengetahui kepala hotel disebut apa, kamu akan mampu memastikan peran dan tugas-tugas serta departemen terkait yang bersinggungan.