General Manager Hotel: Pengertian Tugas, Wewenang, dan Gaji

Jabatan kelas atas yang ada di hotel salah satunya adalah General Manager (GM). General Manager hotel adalah pekerjaan yang memiliki tanggung jawab yang besar karena harus mengelola segala sesuatunya agar sistem dan SDM berjalan dengan baik.

GM termasuk jabatan tertinggi sehingga pekerjaannya tentu sangat banyak dan padat.

Meski tugasnya berat, gaji General Manager cukup besar sehingga sesuai dengan kinerja yang ada. Pekerjaan ini sering menjadi impian banyak orang terutama bagi jurusan perhotelan.

Pengertian General Manager Hotel

GM Hotel adalah orang yang bekerja di hotel yang memiliki tugas untuk merencanakan, mengorganisir, dan mengatur semua operasional manajemen hotel sehari-hari. Tujuannya adalah agar dapat memastikan kinerja hotel berjalan dengan lancar.

Apabila kinerja hotel berjalan lancar, tentunya ini bermanfaat bagi hotel tersebut karena bisnis akan lebih meningkat. General Manager juga disebut sebagai pemimpin yang bekerja di seluruh operasional guna memastikan kualitas perusahaan/hotel.

Banyak kualitas yang harus dipastikan, contohnya mulai dari segi pelayanan, keuangan, fasilitas, sampai membuat kebijakan yang harus dipatuhi oleh semua staf. Kebijakan ini dibuat untuk memberikan pelayanan maksimal kepada tamu hotel.

Baca juga: Richard Silaban General Manager Azana Hotel & Resort, Dulunya Seorang Daily Worker Banquet

Tugas General Manager Hotel

Tugas dari GM Hotel sangatlah besar dan berhubungan dengan hal yang krusial. Hal ini karena General Manager perlu memastikan hotel tempatnya bekerja dapat berkembang dengan baik.

Oleh sebab itu, GM sebagai pemangku kebijakan hotel akan memberikan aturan terkait dengan kinerja para stafnya. Selain itu ada juga evaluasi dan pengaturan anggaran operasional agar berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tugas General Manager secara lebih rinci.

  • Memastikan aturan K3 di hotel agar tercipta kesejahteraan karyawan dan supaya memenuhi aturan undang-undang yang berlaku.
  • Melakukan pemeriksaan terkait pembukuan hotel yang dilakukan secara rutin.
  • Melakukan pengawasan terhadap staf hotel secara menyeluruh. Kemudian, bisa mengadakan pelatihan staf untuk meningkatkan kompetensi karyawan.
  • Melakukan penetapan aturan anggaran operasional serta pengadaan hotel.
  • Menilai dan mengecek kepuasan pelanggan dan staf.
  • Mengawasi dan melakukan pemeliharaan terkait dengan barang.
  • Melakukan penataan taman dan keamanan hotel agar tercipta kenyamanan bagi para tamu hotel.
  • Mengawasi segala hal yang berkaitan dengan hotel berdasarkan hukum yang berlaku. GM juga harus selalu update peraturan undang-undang terbaru agar selalu relevan dengan aturan baru.
  • Mengawasi kafe, restoran, aula, dan bar yang ada di hotel.
  • Melakukan riset terkait alur perhotelan mula dari pemesanan, pelayanan kamar, sampai pelayanan hotelnya.
  • Memberikan informasi terkait dengan kepariwisataan yang ada di sekitar hotel. Dengan begitu, ini akan menarik pengunjung untuk datang menginap sambil berwisata.
  • Mengatur tata kelola transportasi yang ditujukan untuk tamu hotel.

Baca juga: Yuk Intip Besaran Gaji Kerja di Hotel Terbaru, Lengkap Semua Posisi!

Wewenang General Manager Hotel

Selain tugas manager hotel, berikut akan dibagikan wewenang atau tanggung jawab General Manager Hotel, yaitu sebagai berikut:

1. Memberikan dan Masukan

Seorang General Manager memiliki wewenang untuk memberikan saran kepada setiap manager di bidang tertentu untuk saling berkolaborasi.

Dengan adanya masukan tersebut, kinerja dan kualitas pelayanan hotel menjadi lebih ditingkatkan.

2. Menandatangani Dokumen

Wewenang lain yang perlu dilakukan adalah menandatangani semua dokumen yang berkaitan dengan peraturan hotel. Jadi, setiap peraturan di hotel tidak sah jika belum ditandatangani oleh seorang General Manager.

3. Membuat Kebijakan

GM Hotel juga memiliki wewenang membuat kebijakan dengan melihat risiko dan keadaan menyeluruh dari hotel.

Dengan adanya kebijakan ini dimaksudkan untuk meraih tujuan atau goals perusahaan agar lebih maksimal.

4. Evaluasi Anggaran Belanja

Anggaran dari pendapatan hotel juga perlu diatur untuk keberlangsungan bisnis. Jangan sampai terjadi penurunan anggara bahkan anjlok. Oleh sebab itu, diperlukan General Manager untuk mengevaluasi anggaran belanja hotel.

Semua pengeluaran harus dibukukan secara detail guna memudahkan analisis. Jika terjadi masalah, General Manager nantinya akan mencari solusi dan menerapkan cara untuk menyesuaikan anggaran belanja dengan pendapatan.

5. Mencari Relasi dan Kemitraan

Untuk membuat bisnis hotel menjadi lebih berkembang, Anda perlu mencari relasi atau mitra dengan perusahaan lainnya. Dengan begitu, modal hotel juga bisa bertambah.

Untuk itu, penting agar mendapatkan relasi dengan pengusaha lainnya. Kesempatan untuk berinvestasi dan menanam modal di hotel Anda juga bisa meningkat.

6. Membuat Peraturan Internal

General Manager juga memiliki wewenang membuat peraturan internal sesuai dengan kebijakan  peraturan umum. Dengan demikian, pekerjaan menjadi lebih terarah.

General Manager juga perlu berkoordinasi dengan berbagai divisi untuk mendapatkan keputusan bersama yang berguna mencapai tujuan dari perusahaan.

Gaji General Manager Hotel

Pembahasan terakhir ini banyak membuat orang penasaran. Hal tersebut tentu wajar karena General Manager termasuk jabatan tinggi sehingga banyak yang menginginkannya. Bayaran General Manager disesuaikan dengan jenis hotel tersebut.

Di Indonesia, ada berbagai kelas hotel mulai dari yang bawah, menengah, sampai atas. Biasanya, terlihat dari kelas hotel berbintang berapa. Adapun untuk rata-rata gaji GM Hotel yaitu antara Rp 5 juta sampai Rp 12 juta setiap bulannya.

Harga yang fantastis ini sesuai dengan tanggung jawab besar yang harus diembannya. Selain itu, gaji tersebut bisa bertambah seiring dengan pengalamannya yang semakin lama bekerja di hotel tersebut.

Penutup

Demikian penjelasan mengenai profesi General Manager Hotel yang banyak dilirik orang. General Manager memiliki tugas yang besar dan berpengaruh terhadap perkembangan hotelnya. Jadi tentu sebanding antara tugas dan gajinya. Bagaimana, apakah Anda tertarik jadi salah satunya?

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste