Keuntungan Hotel Memiliki Website Sendiri

Penting bagi pelaku bisnis hospitality untuk mengetahui apa saja keuntungan hotel memiliki website sendiri demi memaksimalkan strategi pemasaran yang efektif.

Selain untuk kepentingan promosi, keberadaan situs web hotel juga menjadi sarana dalam meningkatkan image sekaligus layanan komunikasi yang intens dengan pelanggan.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini keuntungan hotel memiliki website sendiri yang akan kami bahas sebagai gambaran umum.

Keuntungan Hotel Memiliki Website Sendiri

Ada banyak keuntungan hotel memiliki website sendiri yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis perhotelan, berikut beberapa di antaranya.

1. Memaksimalkan Strategi Brand Awareness

Keuntungan utama bagi hotel dari memiliki website sendiri yaitu bisa memaksimalkan strategi brand awareness sebagai langkah pemasaran yang efektif.

Keberadaan website yang dioptimalkan melalui SEO maupun Ads akan memudahkan pelanggan menemukan hotel saat mencari rekomendasi akomodasi di mesin telusur Google.

Dampaknya, branding hotel akan semakin naik dan calon tamu pun akan semakin aware dengan hotel hingga mempengaruhi keputusan pemilihan akomodasi.

2. Meningkatkan Direct Booking

Dengan memiliki website resmi, hotel juga akan diuntungkan dari potensi peningkatan direct booking tanpa melalui reservasi di Online Travel Agent (OTA).

Saat calon tamu memesan kamar online secara langsung via situs web, ketergantungan hotel dengan OTA pun akan menurun.

Sistem booking engine di hotel umumnya juga sudah terintegrasi dengan payment gateway agar pelanggan mendapat pengalaman reservasi dan pembayaran yang praktis.

3. Meningkatkan Profitabilitas

Saat online direct booking melalui website resmi hotel sudah berjalan dan ketergantungan pada OTA berkurang, hotel akan mendapat keuntungan berupa peningkatan profitabilitas.

Pasalnya, anggaran biaya komisi untuk OTA bisa dipangkas dan pendapatan operasional akan sepenuhnya masuk untuk hotel.

Dampaknya, hotel akan semakin mudah menjalankan strategi penjualan kamar dengan penawaran harga yang kompetitif melalui promo-promo menarik.

4. Memiliki Kontrol Konten dan Informasi

Keuntungan hotel lainnya dari memiliki website sendiri berupa kontrol konten dan informasi secara menyeluruh.

Melalui situs web resmi, hotel bisa menampilkan penawaran harga, deskripsi fasilitas, hingga informasi layanan untuk tamu dengan leluasa.

Bahkan, setiap pembaruan harga, fasilitas, dan layanan juga bisa disampaikan secara up to date dan akurat demi meningkatkan trafik kunjungan.

5. Kemudahan dalam Mengumpulkan Data Pelanggan

Kemudahan dalam mengumpulkan data pelanggan juga bisa menjadi keuntungan hotel memiliki website resmi sendiri.

Informasi data pelanggan yang memesan melalui situs web hotel akan terkumpul secara maksimal dan lebih lengkap, termasuk preferensi dan kebiasaan tertentu dari tamu.

Dengan adanya data ini, hotel akan lebih mudah memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan kampanye promosi yang efisien.

6. Membangun Kredibilitas dan Kepercayaan

Alasan penting bagi hotel memiliki website sendiri berikutnya karena keuntungan berupa potensi membangun kredibilitas dan kepercayaan pelanggan.

Saat hotel mampu mengembangkan website yang profesional dan informatif, kredibilitas di mata pelanggan pun akan semakin meningkat.

Semua informasi dalam situs web hotel juga akan meningkatkan kepercayaan tamu, di antaranya melalui tampilan visual, rate, hingga review pelanggan sebelumnya.

7. Memudahkan Strategi Promosi dan Pemasaran

Melalui kepemilikan website sendiri, hotel akan mendapat keuntungan dalam memaksimalkan strategi pemasaran yang akan ditempuh.

Langkah promosi di media sosial, email marketing, maupun iklan Google Ads terkait penawaran menarik tertentu bisa dibuat dengan lebih mudah.

8. Integrasi dengan Sistem Manajemen Hotel

Perkembangan teknologi yang semakin modern dan canggih juga memungkinkan penggunaan website sendiri yang terintegrasi dengan sistem manajemen hotel.

Bukan hanya integrasi dengan payment gateway yang sempat disinggung sebelumnya, tetapi juga Property Manajement System (PMS) dan Channel Manager.

Sistem booking yang terintegrasi tersebut akan mempermudah kinerja operasional hotel dengan lebih efisien dalam mengelola reservasi, inventaris kamar, dan pembayaran.

Demikianlah keuntungan hotel memiliki website sendiri yang sudah kami bahas sebagai gambaran umum untuk memudahkan pemahaman.

Melalui informasi di atas, diharapkan para pelaku bisnis perhotelan akan semakin meningkatkan peran website hotel dalam menjalankan langkah strategis tertentu.

Selain penggunaan situs web, tim manajemen hotel juga bisa menerapkan strategi pemasaran hotel lainnya yang efektif demi meningkatkan profit dan pengalaman positif pelanggan.

Aris Susanto

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar