Bagi pelaku bisnis hospitality yang menjadi pengguna aktif sistem manajemen hotel, pasti sudah cukup familier dengan istilah di Channel Manager.
Channel Manager merupakan teknologi yang memudahkan hotel dalam melakukan pengelolaan kamar, update room rate, dan pencegahan overbooking maupun double booking.
Oleh karena itu, penting bagi hotel untuk mengenal berbagai istilah di Channel Manager beserta tips aman penggunaannya melalui pembahasan dalam artikel berikut ini.
Daftar ISI
Berbagai Istilah di Channel Manager
Untuk memudahkan penerapannya, berikut ini berbagai istilah di Channel Manager yang penting untuk diketahui.
1. Minimum Length ff Stay (MLOS)
Istilah MLOS atau Minimum Length of Stay dalam Channel Manager merupakan fitur yang digunakan sebagai pembatasan durasi pemesanan kamar yang direservasi tamu.
Biasanya, MLOS dipengaruhi oleh kebijakan hotel dalam menentukan jumlah malam minimum yang bisa dipesan.
Pihak hotel sendiri memfungsikan fitur MLOS untuk mendukung strategi manajemen dalam memaksimalkan okupansi dan pendapatan operasional.
Sebagai contoh, hotel melakukan penawaran promo diskon khusus untuk paket menginap dua malam pada periode musim tertentu.
Nantinya, praktik penggunaan akan diotomatisasi oleh sistem setelah hotel menginput data pembatasan jumlah malam tersebut agar bisa di pesan oleh calon tamu.
2. Stop Sell
Stop sell menjadi istilah dalam Channel Manager lainnya yang juga wajib diketahui pengguna sistem, dalam hal ini tim manajemen dan petugas hotel terkait.
Fitur ini merupakan alat manajemen inventaris hotel yang digunakan untuk mencegah reservasi baru pada kamar atau tarif tertentu di saluran distribusi.
Penerapan stop sell juga digunakan untuk mengelola inventaris, mencegah overbooking, mengontrol permintaan, menjaga kualitas layanan, dan alokasi sumber daya yang optimal.
Dalam praktiknya, fitur stop sell dimaksimalkan saat kamar hotel sudah terjual habis dalam jangka waktu tertentu, ketersediaannya terbatas, atau sedang dalam maintenance.
Dengan fitur ini, pihak hotel juga bisa memberikan informasi okupansi yang akurat kepada seluruh saluran Online Travel Agent (OTA) yang bekerja sama.
3. Close to Arrival (CTA) dan Close to Departure (CTD)
Close to Arrival (CTA) dan Close to Departure (CTD) adalah fitur pembatasan pemesanan dari hotel untuk mengelola ketersediaan kamar dengan mencegah reservasi di waktu tertentu.
CTA diterapkan saat pihak hotel ingin melakukan pencegahan kedatangan tamu pada tanggal tertentu, berapa pun lamanya durasi menginap yang ingin dipesan.
Sedangkan CTD difungsikan untuk mencegah tamu berangkat pada tanggal tertentu sebelum meninggalkan hotel dan membatasi waktu check-out.
Biasanya, baik CTA maupun CTD bisa diterapkan ke semua saluran OTA, termasuk web engine hotel, yang diaktifkan berdasar jenis kamar dan skema harga tertentu.
Tips Aman Penggunaan Channel Manager
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penanganan dan pencegahan overbooking bisa dilakukan dengan memanfaatkan Channel Manager
Namun, ada beberapa tips aman penggunaan Channel Manager agar terhindar dari masalah overbooking yang antara lain sebagai berikut.
1. Lakukan Update Inventory Secara Bertahap
Tips penggunaan Channel Manager agar aman dari masalah overbooking yang pertama yaitu dengan melakukan update inventory secara bertahap.
Pihak hotel bisa mengalokasikan sebagian kamar dari total kamar yang tersedia ke Channel Manager untuk mengantisipasi kemungkinan habis terjual melalui OTA.
Dengan begitu, hotel masih tetap bisa menambahkan allotment berikutnya untuk dipublikasikan dan dijual kembali oleh OTA.
2. Cek Email Reservasi Secara Berkala
Melakukan pengecekan email reservasi secara berkala juga bisa menjadi tips aman berikutnya dalam menggunakan Channel Manager.
Hal ini penting dilakukan karena tidak jarang reservasi via OTA mengalami delay masuk di Channel Manager.
Biasanya hanya email reservasi yang masuk dan belum ada update lanjutan di Channel Manager untuk memperbarui ketersediaan kamar hotel.
Oleh karena itu, rutin mengecek email akan menjadi langkah solutif agar pihak hotel bisa segera mengurangi allotment yang ada di Channel Manager.
Demikianlah pembahasan untuk mengenal berbagai istilah di Channel Manager beserta tips aman penggunaannya yang kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Berdasar informasi tersebut, kamu bisa semakin paham dengan istilah di Channel Manager, terlebih jika menjadi pelaku bisnis perhotelan.
Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai istilah di bidang hospitality lainnya untuk menambah wawasan dan informasi paling update.







Tinggalkan komentar