10 Rekomendasi Penginapan di Toraja, Murah dan Nyaman

Tana Toraja merupakan kabupaten di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan budayanya yang unik. Selain itu, banyak orang yang berlibur ke daerah Toraja untuk menikmati berbagai tempat wisata mulai dari alam yang indah sampai patung Yesus Memberkati.

Apabila Anda berpikir bahwa menginap di Tana Toraja akan ribet karena bukan di perkotaan, jangan khawatir, berikut ini 10 rekomendasi penginapan di Toraja yang nyaman dan mudah diakses.

Baca Juga: Ciri-Ciri Hotel yang Aman dari Razia, dan Penyebab adanya Razia

1. Hotel Misliana Toraja

Kebanyakan orang ingin berwisata ke Tana Toraja untuk melihat budaya suku Toraja. Apabila Anda ingin menikmati penginapan di Toraja berbentuk rumah adat tongkonan tapi tetap ingin nyaman, Anda bisa bermalam di Hotel Misliana.

Walaupun berbentuk tradisional, hotel ini dimodernisasi dan dilengkapi dengan kamar tidur beserta kamar mandi yang bersih.

Dari hotel, pengunjung dapat melihat pemandangan sungai Sa’dan. Hotel Misliana juga memiliki fasilitas kolam renang.

Lokasi hotel ini strategis di pusat kota Rantepao. Kalau bicara soal budaya Toraja pasti teringat pemakaman suku Toraja, kan?

Nah Hotel Misliana ini dekat dari tempat wisata adat Gua Pemakaman Londa.

Anda bisa menginap di sini mulai dari Rp 600 ribuan per malam.

2. Hotel Sahid Toraja

Masih berbicara tentang penginapan di Toraja bergaya tongkonan, Hotel Sahid ini juga menjadi favorit.

Hotel Sahid Toraja bersih dan nyaman, kamar mandinya pun juga bersih. Selain itu, pemandangan di hotel ini menakjubkan dikelilingi pepohonan.

Pemandangan di sekitar kolam renang di hotel ini juga sangat indah, Anda dapat berendam sambil menikmati langit Toraja.

Hotel ini terletak dekat dengan bandara Toraja sehingga mudah dicapai. Tarif menginapnya mulai dari Rp500 ribuan, tapi ada juga beberapa situs yang menjual dengan harga lebih murah.

3. The Santai Toraja Hotel

Rekomendasi penginapan di Toraja selanjutnya adalah The Santai Toraja. Walaupun secara sekilas hotel Santai Toraja terlihat memiliki bangunan modern, tetapi ada sentuhan khas Toraja seperti pada bagian atapnya yang berbentuk atap tongkonan.

Interior hotel ini beraksen kayu yang terlihat elegan tapi simple. Dari hotel, pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan sawah.

Tiap ruangan dalam penginapan ini sangat luas dan nyaman, termasuk kamarnya. Tarif terendah menginap di hotel ini adalah sekitar Rp500 ribu per malam.

4. Toraja Prince Hotel

Berlokasi di jalan poros Rantepao – Palopo, Toraja Prince Hotel mencolok karena bentuk atapnya yang tersusun dari atap khas tongkonan, tetapi melingkar.

Walau dari depan terlihat sangat tradisional, ternyata bagian dalam hotel cukup modern dengan nuansa putih.

Di tengah-tengah hotel ada taman yang asri, dan kamar standar di sini memiliki balkon yang menghadap ke taman itu.

Lokasi hotel ini strategis karena berjarak kurang dari 1 kilometer dari terminal. Apabila Anda datang ke Toraja dengan terbang ke bandara internasional Hasanuddin di Makassar, Anda bisa lanjut naik bus ke terminal Bolu Rantepao, kemudian menginap di Toraja Prince Hotel.

Hotel ini juga cukup dekat ke Taman Pahlawan Pongtiku. Harga kamar hotel ini mulai dari Rp350 ribu per malam.

5. Lande Villa

Dari segi eksterior, villa ini terlihat sangat estetik dengan bangunan yang seperti bentuk tradisional tapi dibuat minimalis modern.

Ternyata bagian dalam Lande Villa juga sangat nyaman. Lokasinya berada di tepi sungai dan jalan utama.

Selain itu, Lande Villa berada di Jalan Pongtiku sehingga dekat dengan bandara Pongtiku. Biaya menginap di villa ini mulai dari Rp500 ribuan.

6. Wisma Rotterdam Toraja

Walaupun memiliki bangunan yang sederhana, interior dan kamar ini luas dan bersih.

Interior hotel bagus dan pemandangan yang disajikan hotel ini menakjubkan, mata kita dimanjakan dengan pepohonan hijau dan langit yang berubah oranye saat senja.

Ternyata penginapan ini disebut Wisma Rotterdam karena pemiliknya pernah tinggal di Rotterdam dan fasih berbahasa Belanda.

Dari segi lokasi, Wisma Rotterdam sangat strategis karena terletak di jalan Poros Makale-Rantepao, yaitu di antara Kota Rantepao dan Kota Makale.

Dua daerah di Tana Toraja yang paling diminati tempat wisatanya.

Tarif per malam menginap di sini mulai dari Rp300 ribu.

7. Wisma Maestro Toraja

Buth rekomendasi penginapan di Toraja? ke Wisma Maestro Toraja aja

Karena dari tadi penginapan yang dibicarakan harganya cukup tinggi, sekarang kita mulai bahas yang terjangkau.

Apabila Anda ingin penginapan di Toraja yang murah tapi nyaman dan bersih, Wisma Maestro Toraja adalah pilihan yang tepat.

Dengan tarif Rp100 ribuan saja per malam, Anda sudah bisa tidur di kamar yang bersih dan nyaman.

Bahkan kamar mandi di sini pun sangat bersih dan minimalis. Wisma ini terletak di Rantepao yang tentunya strategis dan terdapat berbagai objek wisata seperti Kalimbuang dan Gunung Tambolang.

Untuk ke Puncak Lolai atau patung Yesus Memberkati juga hanya memerlukan waktu sekitar 40 menit dengan naik mobil. Selain itu, jarak ke bandara Pongtiku juga hanya sekitar 40 menit.

8. RedDoorz @ Makale Tana Toraja

RedDoorz @ Makale Tana Toraja

Rekomendasi penginapan di toraja yang dekat dengan Patung Yesus Memberkati. Jika Anda pergi ke Tana Toraja untuk melihat patung Yesus Memberkati, Anda bisa menginap di RedDoorz Makale.

Villa ini jaraknya hanya 14 menit naik mobil dari monumen Yesus Memberkati, sehingga sangat mudah bila Anda ingin ke sana.

Tidak hanya itu, penginapan ini juga dekat ke Pango-Pango Makale, tempat wisata lengkap yang menghadirkan wisata samudera awan dan wisata hutan pinus sekaligus.

Dari luar, penampilan RedDoorz Makale terlihat menarik karena penginapannya berbentuk seperti rumah bertingkat biasa tetapi di sebelahnya ada tongkonan kecil.

Penginapannya terang dan nyaman dengan tarif menginap dimulai dari Rp200 ribuan.

9. Rosalina Homestay

Rosalina Homestay merupakan penginapan di Toraja dengan harga murah, pemandangan indah, dan kamar yang bersih serta nyaman, termasuk kamar mandinya juga.

Mengusung tema homestay, di sini pengunjung bahkan dapat memasak sendiri di dapur umum. Terletak di Jalan Pongtiku, Anda dapat menginap di sini mulai dari Rp200 ribuan saja.

10. Hotel Tongkonan Lempe Lolai Toraja

Nah, rekomendasi penginapan di Toraja terakhir ini spesial yaitu di Lolai. Wisata Puncak Lolai terkenal dengan julukannya “Negeri di Atas Awan” karena dari sana pengunjung bisa melihat samudera awan di bawah kaki mereka.

Jika tidak ingin ribet-ribet datang subuh demi melihat samudera awan di Puncak Lolai, Anda bisa menginap di hotel mewah yang ada di puncak Lolai.

Sebenarnya ada beberapa penginapan lain di Puncak Lolai, seperti menyewa gazebo atau homestay. Akan tetapi bila ingin akomodasi yang benar-benar nyaman, pilihan terbaik adalah menginap di hotel ini karena hotel ini memang hotel mewah.

Yang menakjubkan adalah Anda bisa melihat view hamparan awan langsung dari kamar! Melalui jendela kamar yang besar dan jernih, pada dini hari awan tebal akan terlihat sehingga bisa berada dekat sekali dengan awan.

Rasanya seperti tidur di istana di atas awan. Tapi tentunya ada kualitas, ada harga juga.

Sensasi tidur di atas awan ini bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp1,3 juta per malam.

Itulah 10 rekomendasi penginapan di Toraja yang aman dan nyaman. Jika penasaran dengan budaya Toraja, datanglah ke Tana Toraja dan booking kamar di salah satu penginapan tadi.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar