Mengenal Segmentasi Pasar Tamu Hotel Beserta Cara Penentuannya

Demi memaksimalkan cara pemasaran dalam bisnis hospitality, penting untuk menentukan segmentasi pasar tamu hotel sebagai salah satu langkah strategis.

Bahkan bisa dibilang penetapan segmentasi pasar menjadi langkah awal yang harus diterapkan agar bisa menjangkau pasar potensial yang relevan.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut, penjelasan untuk mengenal segmentasi pasar tamu hotel beserta jenis dan cara penentuannya berikut ini bisa memudahkan pemahaman.

Pengertian Segmentasi Pasar Tamu Hotel

Segmentasi pasar tamu hotel adalah proses pengelompokan atau pembagian tamu hotel ke berdasar kategori tertentu sesuai karakteristik yang dipergunakan sebagai panduan.

Melalui penetapan segmentasi pasar ini, pelaku bisnis perhotelan akan lemu mudah menjalankan strategi pemasaran dengan jangkauan yang relevan dan terarah.

Selain itu, segmentasi pasar juga memungkinkan hotel menjangkau target pelanggan potensial demi menerapkan langkah promosi yang tepat.

Lebih lanjut, cara ini sekaligus menjadi langkah awal untuk mengidentifikasi tamu yang datang untuk memaksimalkan pelayanan terbaik yang relevan sesuai kebutuhan yang dipersonalisasi.

Jenis Segmentasi Pasar Tamu Hotel

Jenis segmentasi pasar tamu hotel terbagi menjadi beberapa kategori, yaitu berdasar aspek demografis, tujuan kunjungan, karakter demografis, jumlah rombongan, dan cara reservasi.

1. Aspek demografis

Jenis segmentasi tamu hotel sesuai aspek demografis umumnya dilakukan melalui pengelompokan yang didasarkan pada negara asal tamu.

Sebagai contoh, tamu American, Asian, Australian, European, Middle East dan lain sebagainya untuk memudahkan personalisasi kebiasaan atau kebutuhan.

2. Tujuan Kunjungan

Karakteristik berdasar tujuan kunjungan juga menjadi jenis lainnya dari segmentasi pasar tamu di hotel, misalnya untuk perjalanan bisnis, liburan keluarga, honeymoon dan sebagainya.

Biasanya, perbedaan tujuan kunjungan tamu juga akan membedakan permintaan pelayanan yang dibutuhkan, termasuk kebutuhan fasilitas tertentu.

3. Karakter Demografis

Kategori segmentasi pasar dari tamu hotel selanjutnya didasarkan pada karakter demografis, seperti usia, jenis kelamin, hingga status pernikahan.

Dengan mengetahui aspek-aspek ini, hotel bisa menyiapkan layanan dan fasilitas serta langkah promo sesuai kebutuhan rentang usia tamu.

Misalnya, fasilitas untuk tamu usia muda degan status single tentu akan membutuhkan fasilitas hotel yang berbeda dengan pasangan muda, tamu keluarga, dan tamu pensiunan.

4. Jumlah Rombongan

Jumlah rombongan yang datang ke hotel juga menjadi salah satu aspek yang dianalisis dalam menentukan sementasi pasar tamu.

Dalam dunia perhotelan, ada istilah khusus untuk menyebut tamu sesuai jumlah kedatangan, yaitu ramu FIT (Free Independent Travelers) dan GIT (Group Independent Travelers).

Pengelompokan tamu FIT dan GIT akan memudahkan pelayanan personalisasi di mana hotel bisa mempersiapkan fasilitas yang sesuai untuk masing-masing kelompok.

5. Cara Reservasi

Jenis segmentasi tamu berdasar cara reservasi biasanya terbagi menjadi tamu online dan offline yang didasarkan pada metode booking yang digunakan.

Tamu online umumnya menggunakan metode online booking, baik melalui website resmi hotel maupun Online Travel Agent (OTA).

Sedangkan tamu offline lebih merujuk pada tamu yang datang langsung ke hotel dan memesan kamar melalui front desk atau dikenal dengan istilah walk-in guest.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar Tamu Hotel

Cara menentukan segmentasi pasar tamu hotel pada umumnya dilakukan melalui analisis sederhana yang antara lain sebagai berikut.

1. Lakukan Penelitian Pasar

Cara pertama dalam menentukan segmentasi pasar tamu hotel yaitu dengan melakukan penelitian dengan metode survei dan analisis pasar.

Langkah ini akan memudahkan hotel dalam memahami secara lebih mendalam tentang tren yang sedang berlaku dan kecenderungan industri perhotelan.

Umumnya, survei dan analisis pasar ini akan mencakup data demografis, perilaku perjalanan, hingga preferensi pelanggan.

2. Identifikasi Kriteria Segmentasi

Langkah selanjutnya untuk menetapkan segmentasi pasar tamu yang relevan dengan cara menentukan kriteria tertentu.

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pembagian kriteria ini didasarkan sesuai jenis segmentasi pasar seperti geografis, demografis, hingga analisis data tamu.

Khusus aspek analisis data tamu, biasanya didapatkan dari evaluasi pola perilaku tamu yang pernah berkunjung berdasar data reservasi, pendaftaran, dan umpan balik

3. Pembagian Pasar

Setelah proses identifikasi, cara berikutnya untuk menentukan segmentasi pasar bisnis perhotelan dilakukan dengan membuat pembagian mendetail.

Misalnya, tamu bisnis, tamu keluarga dengan tujuan liburan atau staycation, hingga tamu pasangan dengan kebutuhan pengelaman romantis atau fasilitas honeymoon.

Itulah tadi penjelasan untuk mengenal segmentasi pasar tamu hotel beserta jenis dan cara penentuannya yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.

Dengan informasi tersebut, kamu bisa lebih mudah memahami segmentasi pasar tamu hotel, terutama jika ingin terjun dalam bisnis perhotelan.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu berbagai istilah dalam dunia perhotelan lainnya untuk menambah wawasan di bidang hospitality.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste

Depo 25 Bonus 25