Sendang Geulis Kahuripan Bandung Barat, Harga Tiket dan Rute ke Lokasi

Sendang Gaulis Kahuripan Bandung merupakan wisata terbaru dikawasan Kabupaten Bandung barat yang lagi hits di social media.

Semenjak ada beberapa traveler yang mengunggah foto pesona Sendang Geulis, tidak lama kemudian tempat ini menjadi trending di sosial media seperti Instagram.

Tempat wisata ini memiliki mata air yang sangat jernih dan murni yang tak kalah dengan wisata alam indonesia lainya.

Konon katanya banyak sekali julukan nama untuk wisata di Bandung Barat yang anti mainstream ini.

Ada yang menjulukinya sebagai Talaga Cikahuripan, adapula yang menjuluki Sirah Cai Kahuripan, namun yang sering diketahui dan yang lebih tenar dikalangan para pengunjung adalah dengan julukan Talaga Cikahuripan.

Bahkan jika anda bertanya kepada masyarakat setempat dengan sebutan Cikahuripana? Maka mereka akan langsung seketika mengetahui maksud anda dan menunjukkan arah jalan menuju ke lokasi.

Sendang Geulis Kahuripan dalam Kamus Besar memiliki arti mata air pegunungan yang jernih berasal dari mata air murni yang dapat dimanfaatkan masyarakat setempat.

Baik untuk mandi, mencuci, dan bahkan memasak, untuk Kahuripan artinya kehidupan dan Geulis artinya cantik nan indah.

Nah jika digabung maka akan memiliki arti yang begitu bagus yakni:

Mata air murni dan alami dengan pemandangan cantik nan indah, yang mampu memberi kehidupan bagi masyarakat disekitarnya.

Aliran air berasal dari mata air di perbukitan yang mengalir begitu deras, hingga membentuk sebuah air terjun dengan ketinggian kira-kira kurang lebih lima meter dari permukaan tanah.

Pesona Wisata & Fasilitas Sendang Gaulis Kahuripan

Sendang Geulis Cikahuripan

Termasuk dalam salah satu wisata populer yang ada di Bandung Barat, Sendang Geulis Kahuripan sudah di lengkapi dengan fasilitas penunjang. Fasilitas yang ada di Sendang Geulis Kahuripan di antaranya adalah :

  • Tempar parkir kendaraan memadai
  • Kamar mandi / toilet
  • Mushola
  • Warung wisata sederhana
  • Ruang ganti
  • Saung untuk bersantai
  • Kolam renang
  • Spot wisata menarik

Jika kalian bertanya apa sih yang menarik di wisata baru bandung ini sehingga anda sangat di sarankan untuk berkunjung kesana, berikut adalah alasan kenapa anda harus mejajal berbagai pesona yang menawarkan keseruan berbaur dengan alam.

Yang pertama adalah kejernihan Air yang mengalir.

Sehingga buat Anda yang hendak mengambil foto di bawah air, dijamin kualitas foto yang didapatkan sangat baik.

Alasan kedua yakni wisata baru bandung ini memiliki daya tarik karena tempat wisata yang berada dipertengahan sawah dengan background alam yang sangat sejuk di tengah perbukitan hijau.

Sendang Geulis

Tidak hanya mata air yang jernih, Anda juga bisa berenang dan menikmati segarnya air pegunungan di kolam renang yang sudah dibuat oleh pihak pengelola.

Jika biasanya kolam renang identik dengan kaporit, maka kolam renang yang satu ini tidak memerlukan kaporit. Karena airnya sendiri sudah sangat jernih dan menyegarkan.

Rute Perjalanan dan Lokasi Wisata

Kolam renang Sendang Geulis

Pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan perjalanan menuju kawasan Cikalong Wetan.

Kemudian melewati perbatasan Cikalong Wetan – anda harus melihat kearah kanan sekitar 3 km dari batas kecamatan tersebut –  terdapat pertigaan dengan gapura yang bentuknya seperti nanas diujungnya yang terdapat pangkalan ojek.

Dari sana lanjutkan perjalanan sekitar 4 Km, kemudian saat akan tiba ditempat perjalanan semakin rusak parah, jalanan yang semula aspal berganti dengan tanah.

Sebagian pengunjung pernah sedikit menyinggung masalah medan perjalanan yang sangat sulit kepada masyarakat setempat namun mereka hanya bisa mengatakan betapa sulit berkonsolidasi dengan pemerintah desa, masalah perbaikan jalan sudah diajukan lama ke desa dan tak kunjung ada kabarnya oleh karena itu masyarakat setempat memperbaiki seadanya saja.

Maklum wisata ini merupakan wisata baru di Bandung Barat, oleh karena itu jalan untuk mengakses ke sana sangatlah rusak dan butuh kehati-hatian.

Jika anda tidak yakin untuk mengendarai motor anda dapat berjalan kaki dan memarkirkan motor, kendati menempuh perjalanan dengan berjalan kaki, Anda tidak akan terasa capek karena pemandangan yang ada disana sangat disayangkan untuk dilewatkan.

Pemandangan sawah yang menghijau dan udara yang segar membuat tubuh bersemangat untuk meneruskan langkah ke lokasi wisata.

  • Alamat: Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40556
  • Jam Buka/Tutup: 07.00–18.00 WIB

Tiket Masuk Sendang Geulis Kahuripan

Jika kalian berminat dan merencanakan untuk dating ke wisata baru Bandung Sendang Geulis Kahuripan, maka kalian harus mengetahui dulu berapa harga tiket masuknya supaya kalian bisa menyiapkan budget untuk dibawa ke sini.

Untuk bisa menikmati keindahan alam dan kesegaran mata air Sendang Geulis Kahuripan atau mencoba sensasi berenang di sini sangatlah terjangkau.

Karena untuk biaya tiketnya hanya berkisar IDR 10.000 rupiah/orang.

Dijamin harganya sangat sebanding dengan keindahan yang ditawarkan oleh wisata alam yang berada di Kabupaten Bandung Barat ini.

Untuk mengisi perut anda selama perjalanan anda bisa membawa bekal sendiri ataupun membelinya di tempat wisata. dan jangan lupa selalu jaga kebersihan dan kelestarian alam di tempat wisata.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar