20 Ide Tempat Wisata Bandung Barat Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Bandung selalu menjadi tujuan wisata bagi banyak orang. Seperti halnya di Bandung bagian barat. Ada banyak ide tempat wisata Bandung barat yang bisa kamu kunjungi bersama orang-orang terdekat.

Tentunya bisa membantumu mengusir penat atau kembali melegakan pikiran setelah sepekan bekerja.

Selain menawarkan udara sejuk yang begitu menenangkan, Bandung juga memberikan panorama indah yang siap memanjakan matamu.

Wisata alamnya benar-benar jauh berbeda dibandingkan dengan tempat wisata serupa lainnya.

Rekomendasi Tempat Wisata Bandung Barat Terbaik

Tidak sedikit tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berada di kawasan Bandung Barat.

Terutama bagi kamu yang memang sengaja ingin berwisata di tempat bernuansa alam yang sejuk, asri dan tentunya bisa memberikan udara segar.

1. Sungai Cikahuripan

Tempat Wisata Bandung Barat
@mochadjamalfarizqi

Sungai ini dikenal sebagai Green Canyonnya Bandung Barat. Suasananya benar-benar mirip dengan Green Canyon sungguhan di Amerika Serikat. Di sekitaran sungai terdapat tebing-tebing terjal yang mampu memberikan nuansa indah tersendiri.

Aliran Sungai Cikahuripan sebetulnya berasal dari Sungai Citarum Purba. Aliran tersebut mengikis bebatuan sehingga membentuk ngarai yang cukup curam dan cenderung instagenik.

Airnya berwarna hijau kebiruan dengan aliran sangat beragam. Tentu terlihat sangat mengagumkan.

Baca juga: 5 Glamour Camping di Ciwidey ini Terkenal Romantis dan Lagi Hits

2. Curug Ngebul

Tempat Wisata Bandung Barat Curug NGebul
@rzkyyagung_

Ini adalah keindahan tersembunyi yang ada di Bandung Barat. Air terjun ini bisa kamu jumpai tepatnya di Kampung Cisitu. Tempat ini disebut keindahan tersembunyi karena memang belum banyak dijamah oleh pengunjung. Jadi, curug ini juga dapat dikatakan sebagai curug perawan.

Lokasinya memang sedikit terpencil sehingga cukup sulit diakses. Akan tetapi, ketika kamu sampai di lokasi maka akan terasa enggan pulang.

Sebab, keindahannya begitu alami dan sangat memikat. Bagi kamu yang suka fotografi, maka menjadikan curug ini sebagai background foto adalah ide terbaik.

3. Curug Malela

Tempat Wisata Bandung Barat Curug Malela
@lukman_euy

Bandung Barat memang kaya akan tempat wisata alami yang eksotis. Salah satunya yang bisa menjadi ide terbaikmu adalah Curug Malela. Ini adalah air terjun terbesar yang bisa kamu temui di daerah Bandung Barat sekaligus dijuluki sebagai Niagaranya Bandung Barat.

Lebar air terjun ini adalah 50 meter dengan ketinggian 70 meter.

Debit airnya sangat stabil dan bening. Untuk kamu yang mau menikmati keindahan Curug Malela maka harus sedikit bersabar karena rute yang ditempuh cukup sulit.

4. Stone Garden Citatah

Stone Garden Citatah

Sekali lagi kamu akan dibuat berdecak kagum dengan keindahan Bandung Barat lewat Stone arden.

Di tempat ini kamu akan menemukan taman batu purba yang tersusun alami dan terlihat sangat artistik.

Lokasinya yang tidak jauh dari Jalan tol, semakin memudahkan kamu menuju kesana.

Tempat ini benar-benar istimewa karena terletak di atas bukit. Tepat sekali pada bagian puncaknya.

Maka dari itu, jika ingin berkunjung ke Stone Garden sebaiknya siapkan fisik yang prima terlebih dahulu.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan memori kameramu sebab di tempat ini ada banyak spot foto menarik yang tiada duanya.

5. Bukit Gantole Cililin

Bukit Gantole Cililin
@alfr.rm

Ide tempat wisata Bandung Barat berikutnya adalah Bukit Gantole Cililin. Tempat ini merupakan landasan pacu bagi olahraga ekstrim paralayang. Bahkan tempat ini juga pernah menjadi venue bagi ajang resmi paralayang PON XIX 2017 di Jawa Barat.

Kamu bisa terbang tandem bersama pilot berpengalaman. Cocok sekali untuk kamu yang suka olahraga menantang.

Tentu sangat seru dan menyenangkan ketika bisa melihat pemandangan Cihampelas dari atas awan dengan paralayangan.

Baca juga: 20 Rekomendasi Hotel Terbaik di Bandung dengan View Keren

6. Gunung Putri

Gunung Putri Lembang
@ule_arcil

Bagi kamu yang mau hiking santai di daerah Bandung Barat, maka disarankan untuk coba melakukannya di Gunung Putri. Dengan ketinggian hanya 1587 mdpl, maka akan membuatnya tetap santai selama melakukan hiking. Bahkan ketinggian tersebut sangat ideal untuk pemula.

Untuk mencapai puncaknya saja kamu hanya membutuhkan waktu selama 30 menit.

Namun, jika kamu ingin menikmati suasana liburanmu di Gunung Putri, maka tidak usah terburu-buru. Bersantailah saja sebab pemandangan indah sayang sekali untuk dilewatkan begitu saja.

7. Sanghyang Kenit

Sanghyang Kenit
@cepmuhlisin

Sanghyang Kenit juga kerap disebut sebagai keindahan tersembunyi dari Sungai Citarum Purba yang terletak berdekatan dengan PLTA Saguling.

Ini adalah ide tempat wisata Bandung Barat indah berikutnya yang wajib kamu kunjungi.

Sebetulnya tempat ini merupakan aliran sungai yang dipenuhi dengan bebatuan cadas berwarna coklat.

Tenangnya aliran air di tempat ini mampu menciptakan banyak kolam alami yang sangat menyegarkan. Menariknya, kamu bisa berenang dan bermain air di tempat ini dengan asyik.

8. Gunung Bendera Padalarang

Gunung Bendera Padalarang
@riougen

Berlibur di Bandung Barat memang paling seru dengan melakukan kegiatan mendaki. Salah satu tujuan mendaki terbaik adalah Gunung Bendera Padalarang. Gunung ini sangat ideal untuk mendaki santai, apalagi untuk kaum pemula yang ingin menjajal keasyikan mendaki gunung.

Jalurnya tidak sulit, bahkan bisa dikatakan sangat simpel. Tentu tidak akan memakan banyak waktu untuk mencapai puncaknya.

Perjalanannya sangat menyenangkan dan bisa membuat senang karena menyuguhkan pemandangan hijau menyejukkan.

  • Alamat: Kampung Pojok Desa, Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • Maps: View on Google

9. Sanghyang Heuleut

Tempat Wisata di bandung Barat yang lagi Hits
@sanghyang_heuleut_official

Ada begitu banyak daerah di Indonesia yang mempunyai cerita legenda bidadari. Salah satu yang paling terkenal ada di Sanghyang Heuleut yan terletak di Kampung Cipanas, Rajamandala Kulon, Cipatat, Bandung Barat.

Ini adalah danau kecil yang dikelilingi oleh bebatuan besar sehingga terlihat begitu unik. Menurut sejarah, danau ini tercipta karena adanya letusan Gunung Purba Sunda pada masa lampau. Wajar saja jika danau ini sangat indah. Airnya saja berwarna biru kehijauan.

10. Puncak Eurad Pingping

Tempat Wisata di Puncak Eurad Pingping
@tourmurahbandung

Ide tempat wisata ini berada di Jalan Cibodas – Ciater, Lembang. Tepat sekali di area perbatasan antara Kabupaten Subang dengan Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya di puncak bukit sehingga sangat wajar jika mampu memberikan udara sejuk dengan pemandangan hijau alami.

Agar kamu bisa sampai ke lokasi, maka kamu akan melewati sejumlah perkebunan teh dengan hutan pinus yang sangat asri.

Lalu, ketika kamu sampai di puncaknya jangan lupa untuk mengabadikan momen liburanmu dengan lensa kamera.

Baca juga: 20 Tempat Wisata di Bandung Selatan yang Lagi Hits dan Kekinian

11. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole
@orchidforestcikole

Ya, Gambar pertama pada artikel ini adalah salah satu venue yang ada di Orchid Forest Cikole. Sunggguh indah bukan?

Tempat wisata ini terletak 1500 mdpl dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Udaranya sangat sejuk dan asri karena dihasilkan oleh pohon-pohon yang menjulang tinggi di sekitar penangkaran bunga anggrek tersebut. Menariknya lagi, kamu akan menjumpai banyak jenis bunga anggrek.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang suka dengan destinasi wisata alam sekaligus yang mampu mengedukasi dengan baik.

Agar cepat sampai kemari, maka tinggal arahkan saja kendaraanmu sampai ke Tangkuban Perahu dan kamu akan menemukan gerbang masuk Orchid Forest dengan mudah.

12. Taman Lembah Dewata

Taman Lembah Dewata
@taman.lembah.dewata

Tempat wisata Bandung barat selanjutnya adalah Taman Lembah Dewata. Taman Lembah Dewata merupakan taman surga yang ada di pelataran perbukitan.

Tempat ini memberikan pemandangan sangat cantik dan super mengagumkan. Ada banyak spot foto menarik yang bisa kamu jumpai disini.

Taman ini semakin cantik dengan kehadiran danau tadah hujan pada bagian tengahnya. Di samping itu, juga terdapat dermaga kecil yang menjorok ke bagian tengah danau dan terbuat dari bambu. Taman Lembah Dewata bisa kamu temukan sebelum kawasan Cikole.

13. Floating Market Lembang

Floating MArket Lembang

Tempat wisata di Bandung Barat selanjutnya ada di Pasar terapung atau biasa lebih di kenal dengan Floating Market Lembang.

Destinasi wisata ini bisa dikatakan salah satu tempat wajib saat berlibur ke Lembang Bandung.

Hal ini menjadi wajar karena tempatnya sejuk dan punya berbagai fasilitas, apalagi buat kamu yang suka berfoto ria, banyak spot cantik disini.

Semenjak pertamakali Floating Market Bandung beroperasi, wisatawan tak henti untuk berkunjung. Tempat ini seolah memberikan kesegaran baru dari tempat wisata di Lembang yang sebelumnya begitu-begitu saja.

Tempat wisata ini sepertinya memang ditujukan untuk wisata keluarga di Bandung, sama seperti Jendela Alam, De Ranch, ataupun Dago Dream Park. Disini kita bisa menikmati suasana kawasan yang tertata rapi dan alami.

Banyak juga objek menarik yang akan membuat si kecil senang. Selain itu, banyak sajian kuliner yang bisa anda pilih.

14. Lembang Wonderland

Tempat Wisata Bandung Barat Paling Hits

Masih di sekitar Lembang, tak ada salahnya kamu juga berkunjung ke Lembang Wonderland.

Tempat Wisata di Bandung Barat yang satu ini merupakan tempat bagi wisatawan untuk menemukan beberapa daerah yang indah dengan berbagai konsep.

Maka jangan heran, jika akhir pekan tiba, Lembang Wonderland selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Lebih seru lagi jika Anda mengunjunginya pada malam hari, di mana lampu-lampu menarik dan sangat eye-catcher menghiasi tempat wisata ini.

Berbagai wahana juga menjadi daya Tarik si kecil apabila kamu hendak rekreasi Bersama keluarga di tempat ini.

Berikut ini adalah beberapa Objek Wisata di Lembang Wonderland yang bisa kamu temui nantinya.

  • Magic Forest
  • Ice Cream Park
  • Cookies And Candy
  • Wonderland Playground
  • Objek Wisata Lainnya
  • Wisata Kuliner

15. Bukit Strawberry Lembang

Berwisata di Bukit Strawberry

Lembang memang mewakili banyak tempat wisata Bandung Barat. Bagi kamu yang ingin mencicipi buah strawberry yang cantik, segar dan penuh gizi langsung dari kebunnya.

Kamu bisa datang ke wisata petik strawberry yang ada di Lembang, Jawa Barat.

Di sentra perkebunan strawberry terbesar di wilayah Kota Lembang ini, pengunjung layaknya pemilik kebun karena bisa menikmati sensasi petik buah strawberry sepuasnya.

Sambil menikmati kuliner yang tersaji di Resto Bukit Strawberry Lembang dengan kesejukkan gunung.

Wisata edukasi petik strawberry di Bukit Strawberry Lembang ini berlokasi di Jl. Tangkuban Perahu No. 109 Lembang.

Oh iya, di dekat pintu masuk, ada patung strawberry raksasa untuk bersantai melihat pemandangan. Bisa juga sebagai media untuk mendukung selfie.

Tumbuhan di sekitarnyapun membuat udara semakin sejuk. Di samping itu, tersedia pula aneka sensasi kuliner unik hasil olahan strawberry. Anda mungkin tidak akan percaya jika tidak merasakan sendiri uniknya sambal strawberry di Resto Bukit Strawberry Lembang.

Resto Bukit Strawberry Lembang  anak-anak dapat belajar cara menanam, harapannya dapat lebih mencintai tumbuhan dan mampu merawatnya.

Menanam buah strawberry dan bunga merupakan hal yang mengasyikkan. Jika dulu menanam biasanya di lahan yang luas, saat ini menanam tidak lagi menjadi problema ketika tidak lagi ada lahan.

Terdapat beberapa cara menanam, dapat langsung ditanam di tanah atau juga di pot/polibag. menanam sayur sendiri dengan polibag terbilang mudah. Ini akan memberikan pengalaman berlibur bersama keluarga yang tak terlupakan!

16. Kebun Begonia Lembang

Kebun Begonia Lembang
@naylaazzhura_91

Bagi kamu yang suka dengan bunga, kamu tidak boleh melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke lokasi wisata kebun bunga begonia. Selain sebagai tempat wisata, tujuan utama dibuatnya begonia adalah untuk memperkaya florikultural di Indonesia.

Tempat ini sering dikunjungi wisatawan rombongan dalam daerah maupun luar daerah. Banyak sekali macam bunga yang ada dilokasi ini salah satunya adalah bunga impatiens dan bunga salvia.

Jika musim mekar tiba, tidak jarang lokasi ini sesak oleh pengunjung, namun walaupun begitu, wisatawan bisa dipastikan masih tetap bisa menikmati keindahan bunga.

17. Pine Forest Camp Lembang

Camping pine hill
@inibandung.id

Tempat wisata Bandung Barat selanjutnya adalah Pine Forest Canm Lembang. Tempat ini menawarkan pengalaman berkemah mewah, namun tetap menyatu dengan alam. Berada di kawasan Lembang yang terkenal akan keindahan alamnya.

Pine Forest Camp sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga, acara camping sekolah, gathering, acara kantor hingga pesta outdoor.

Banyak pula fasilitas yang ditawarkan untuk pengunjung, seperti flying fox, paint ball, high rope dan masih banyak lagi.

Selain itu, suasana pedesaan yang masih kental terasa memberikan rasa tentram dan nyaman bagi para wisatawan.

18. Pine Hill Cibodas

Pine Hill Cibodas
@mnovessro

Biasa dikenal dengan PFC (PINE FOREST CAMP) merupakan sebuah camping ground exclusive yang di desain khusus untuk kenyamanan anda beraktifitas di alam bebas.

Didirikan pada bulan September 2003 oleh para alumni pramuka SMA 5 Bandung yang telah berpengalaman dalam berbagai aktifitas di alam bebas sejak tahun 1973.

Berada Jalan Maribaya Timur, Kp. Cibeunying Kaler Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

engan ketinggian 1200 m dpl Pine Forest Camp berudara sejuk dan juga memiliki lingkungan yang asri.

Tidak hanya Camping, PFC juga menawarkan banyak aktifitas outdoor seru seperti offroad dan fasilitas menarik seperti tempat Prewedding / wedding, outbound dll.

19. Lembang Park and Zoo

Lembang Park and Zoo

Sesuai namanya, Lembang Park and Zoo mengombinasikan taman wisata yang luas dengan kebun binatang.

Jadi pengunjung tidak hanya bisa bertemu dengan binatang saja, tetapi beraktivitas santai dengan berbagai fasilitas yang tersedia di Lembang Park and Zoo, dari naik kano di danau buatan, naik kuda, hingga berkeliling area Lembang Park and Zoo yang luas dengan scooter.

Serunya, di Lembang Park and Zoo juga tersedia banyak restoran dan kafe yang istimewa, karena sambil makan kamu bisa melihat berbagai satwa di balik dinding kaca.

Ada juga Neko Cat Cafe yang merupakan kafe di mana kamu juga bisa bermain dengan banyak kucing lucu dan terawat yang dipelihara di sini!

Selain itu, Lembang Park and Zoo juga punya tempat-tempat bermain untuk anak-anak, dari Playground outdoor, Kereta Mini, Storyland yang punya banyak wahana seru, hingga sekolah riding untuk anak.

Tentu kamu juga bisa melihat berbagai satwa secara langsung, misalnya burung merak, beruang madu, binturong, meerkat, tenggalung, hingga lutung budeng.

Bagi pecinta burung, Lembang Park and Zoo juga cukup istimewa karena punya Bird Aviary, sebuah area semi indoor di mana puluhan burung hidup dan menyapa pengunjung. Lembang Park and Zoo adalah pilihat tepat untuk kamu yang ingin mencari ide tempat wisata Bandung Barat.

20. Wisata Pinus Pananjung

Wisata Pinus Pananjung. Daerah wisata yang ada di kecamatan Cihampelas Kab Bandung Barat. Berada di ketinggian puncak gunung dengan suasana alam yang sejuk dengan tiupan angin yang cukup menyegarkan.

Setelah anda naik dari kaki gunung di TERUSAN kampung Cipatik. Suasana pedesaan yang sejuk dan tentram akan menyapa perjalananmu.

Jalan yang berkelok dan menanjak akan menambah susana perjalanan yang indah. Apalagi kalau sambil sesekali melihat ke bawah kaki gunung, terlihat hamparan daratan yang luas lagi hijau.

Ditemani lambaian padi yg sedang menguning, perjalanan ke lokasi ditempuh hanya 30 menit dari kaki ke puncak gunung, dan bisa kamu lakukan dengan motor atau mobil.

Setelah sampai di atas puncak wisata pinus, kamu juga bisa menikmati alam dengan fasilitas paralayang.karena disana ada Venue Gantole.indah sangat menakjubkan.,

Pilihan tempat wisata Bandung Barat tersebut tentu bisa memberikan ide liburan terbaik bagimu. Terutama untuk kamu yang suka menghabiskan waktu liburan dengan menikmati nuansa alam yang luar biasa mengagumkan.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar