15 Rekomendasi Tempat Sarapan Enak di Jakarta, Dijamin Ketagihan

Mengawali hari di Ibu Kota memang membutuhkan banyak energi. Namun, energi saja rasanya tak cukup untuk membangun mood pagi, oleh karena itu kamu wajib menjajaki berbagai tempat sarapan enak di Jakarta agar harimu lebih positif dan menyenangkan.

Buat kamu yang datang ke Jakarta, kamu wajib mencoba salah satu rekomendasi menu sarapan yang khas dari kota ini.

Baca juga: Jangan Keliru, Ini Dia Berbagai Macam Salad dan Komposisinya

15 Tempat Sarapan Enak di Jakarta

Tempat sarapan yang akan kami bahas dalam artikel adalah yang paling enak, favorit, dan dengan harga yang cukup terjangkau. Tanpa basa-basi lagi mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

1. Bopet Mini (Buffet Mini Bendhil)

Sarapan enak di Jakarta

Rekomendasi pertama untuk tempat sarapan enak di Jakarta jatuh pada Bopet mini.Tempat makan khas minang ini buka dari pukul 7 pagi hingga 21:00 malam dan berlokasi di sebelah Pasar Bendhil.

Menu sarapan yang yang wajib kamu coba disini adalah Bubur Kampiun, Sate padang, dan Ketupek sayur padang

2. Pasar Subuh Blok M

Sarapan enak di jakarta pasar subuh blok M

Belum sempat tidur karena beraktivitas malam minggu? Langsung saja menuju ke pasar subuh Blok M.

Di area Mal Blok M, lebih tepatnya di sekitar Pintu Berlian dan Pintu Zamrud, Jl.Melawai IV No. 17, Kebayoran Baru terdapat aneka tempat yang menjual sarapan.

Kamu bakal nemu berbagai menu ringan dan berat di sini. Seperti bubur, soto ayam, gulai daging, dan lain sebagianya. Rata-rata para penjual makanan disini sudah buka dari pukul 04.00 WIB.

3. Pondok Sarapan pagi

Sarapan enak di Jakarta Timur
@pondoksarapanpagiofficial

Masih dengan masakan kuliner khas Padang, Pondok sarapan pagi adalah tempat sarapan yang cocok untuk kamu yang berdomisili di Jakarta Timur.

Menu adalan dan paling favorit disini adalah Ketupat Sayur padang, ditambah dengan telur dan kuah rendang, kamu dijamin bakal ketagihan.

Banyak yang bilang, bahwa ketupat sayur disini paling Juara di Jakarta. Penasaran? yuk cobain, berikut ini adalah alamat lengkapnya.

  • Alamat: Jl. Pd. Kelapa Raya No.1B, RT.3/RW.9, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur

4. Ketoprak Ciragil

Ketoprak Ciragil

Sarapan yang satu ini sudah melegenda di Jakarta! Mulai berjualan sejak tahun 1961, Ketoprak Ciragil menjadi salah satu kedai makan kaki lima legendaris yang masih ada di Jakarta.

Setiap harinya kedai kaki lima yang buka sejak pukul 09:00 hingga pukul 17:00 ini ramai dikunjungi oleh banyak orang.

Tempatnya yang sederhana tidak mengurungkan niat berbagai kalangan untuk datang mencicipi Ketoprak legend di Jakarta ini.

Baca juga: Pesona Stone Garden Citatah, Taman Batu Purba Serasa di Arizona

5. Ketupat Sayur CNI

Ketupat sayur CNI

Ketupat Sayur Betawi ini dulunya berjualan di pinggir jalan deket gedung CNI sehingga terkenal dgn nama ketupat sayur CNI.

Karena ada penggusuran di daerah CNI, Ketupat Sayur CNi pindah ke kantin karyawan Mall Puri Indah.

Jadi penggemar makanan enak masih bisa Hunting tempat makan yg enak di daerah Puri.

Untuk rasa.. Super.. Super enak.. Kuah yang kental, ditambah empuknya daging rendang semuanya lumer di mulut. Tempat makan ini buka pukul 09:00 hinggal pukul 13:00. Disarankan datang tidak lewat tengah hari, karena biasanya sudah habis sebelum pukul 13:00.

6. Empal Gentong Mang Asep GBK

Empal Gentong GBK

Sepertinya ada yang kurang kalau weekend setelah CFDan di Senayan nggak nyobain empal gentong Cirebon mang Asep.

Disajikan dengan ketupat, ditambah kuah empal yang kental, kerupuk, cincangan empal sapi dan kaldu yang menyatu, membuat empal ini sedap disantap hangat.

Makin enak, empal dinikmati dengan tambahan perasan jeruk limau dan bubuk cabai. Ya, ciri khas empal gentong memang disantap dengan bubuk cabai bukan sambal.
Lupakan dulu dietmu, empal ini cuma kamu nikamatin seminggu sekali kok.

7. Nasi Gandul Bu endang

Nasi Gandul Bu Endang

Nasi Gandul ini rasanya manis, persis kayak nasi rawon, pake potongan daging kotak2 dan disajikan dengan bawang goreng.

Untuk Side dishnya bisa ambil sendiri sudah disediakan di meja, kayak babat, paru, tahu tempe, kikil, telor.

Tempat makan khas Pati ini buka pukul 8 pagi. Direkomendasikan datang di pagi hari ya, karena bakal ngantri dan panas kalau sudah siang hari.

8. Loewy

Sarapan gaya eropa di Loewy
@loewyjakarta

Untuk kamu yang pengen nyobain sarapan bergaya Urope dan US, Loewy adalah pilihan tepat.

Terletak di lantai dasar hotel Oakwood, Loewy adalah restoran yang luas dan menyenangkan yang dibuka pada pukul 7:30 pagi, sempurna bagi mereka yang ingin menikmati sarapan yang enak sebelum berangkat kerja di daerah Mega Kuningan.

Dengan suasana retro 1940-an, interior Loewy mirip dengan adegan brunch klasik di New York dan Paris.

Dari wafel klasik Amerika dan panekuk hingga makanan brunch gaya Indonesia – bubur ayam dan lontong sayur, Loewy memiliki semuanya! Ditambah, mereka juga terkenal dengan salad mereka, menjadikannya salah satu tempat paling terkenal untuk santap keras.

Tempat ini memiliki suasana yang enak bagi orang untuk bersantai.

9. Mie Ayam Gondangdia

Sarapan Enak di jakarta
@jktfooddestination

Restoran Bakmi Gondangdia merupakan salah satu tempat makan legendaris yang hingga kini masih bertahan sejak 1968. Sesuai namanya, Mie Ayam Gondangdia terletak di daerah Gondangdia, tepatnya di Jalan RP Soeroso Nomor 36.

Mie Ayam Gondangdia ada dua lokasi dengan nama serupa, salah satunya berada di Cikini IV.

Pangsit gorengnya yang tipis renyah bahkan dibanding-bandingkan dengan restoran modern yang sudah memiliki banyak cabang.

Tak mungkin pula restoran ini bertahan puluhan tahun tanpa racikan kaldu yang gurih nikmat serta daging ayam yang empuk manis. Tambahan bakso dan jamurpun membuat sajian Mie Gondangdia semakin bikin kangen

10. Ketupat Sayur H Mahmud

Sarapan enak di jakarta dengan Ketupat Sayur H mahMud
@terkenang.rasa

Ketupat sayur ini juga merupakan salah satu makanan khas Jakarta sejak zaman dahulu yang bertahan hingga sekarang, selain kerak telor dan ikan pindang.

Ketupat Sayur H Mahmud yang beralamat di Jalan Raya Kebayoran Lama Pal 7 No.6 Jakarta Selatan. Buka setiap hari mulai pukul 07.00-16.00 WIB.

Dengan cita rasa bumbu yang pas, tidak terlalu manis ataupun asin, membuat warung ini ramai dikunjungi. Rasa gurih dan nikmatnya berbeda dengan ketupat sayur yang lain.

Warung ini hadir sejak tahun 1957, sesuai dengan namanya, didirikan oleh H Mahmud. Meski pendirinya sudah tiada, namun citarasa yang dihadirkan tidak berubah sedikitpun.

Hal ini dikarenakan resep yang mereka gunakan sudah diwariskan.

11. Bakmi Ayam Alok

Sarapan dengan bakmi Ayam Alok jakarta
@limalima.id

Kamu pecinta mie? Maka Bakmi Ayam Alok adalah rekomendasi terbaik buat kamu yang berada di Jakarta barat.

Bakmi Ayam Alok sudah 3 kali mendapatkan Piagam Penghargaan Bakmi Bintang 5 tahun 2016, 2017 & 2018. Kelezatan Bakmi Ayam Alok sudah tidak diragukan lagi & selalu pantas menjadi buruan para penggemar Bakmi dimanapun berada.

12. Nasi Uduk Kebon kacang (Zainal Fanani)

Sarapan Nasi uduk enak di jakarta

Sarapan enak di Jakarta selanjutnya tidak lengkap kalau tidak mencoba nasi uduk legendaris ini ketika singgah di Jakarta.

Nasi uduk enak di Jakarta ini jelas menjadi top of mind. Berdiri sejak tahun 1967, Nasi Uduk Kebon Kacang Zainal Fanani menyajikan nasi uduk Betawi dalam porsi kecil yang dibungkus daun pisang.

Ambil beberapa bungkus nasi, pilih lauk yang kamu suka, dan jangan lupa sambalnya. Harga makanan di sini beragam, mulai dari Rp 3.000 saja, tergantung berapa banyak dan lauk apa yang kamu ambil.

Saking enaknya, kedai nasi uduk ini bahkan direkomendasikan oleh Dinas Pariwisata DKI Jakarta!

  • Alamat: Jalan Kebon Kacang 8 No. 5 Tanah Abang, Jakarta Pusat.

13. Pecel Ramidjan

Pecel Pramidjan
@guptasitorus

Dari sekian banyak jenis pecel di Indonesia, pecel khas Madiun memang cukup terkenal. Di sini, kamu bisa menikmati sepiring nasi putih hangat dengan sayur segar berlumur saus kacang gurih dan sedap dengan harga bersahabat.

Garasi terbuka yang disulap menjadi tempat makan dihias dengan bangku dan meja kayu, lengkap dengan dinding dari anyaman bambu, suasana Pecel Ramidjan terasa seperti di kampung halaman.

Selain pecel sayuran, tersedia pilihan lauk pendamping seperti bakwan jagung, tahu dan tempe bacem, telor dadar, tahu Lombok ijo dan tak ketinggalan brongkos sapi.

Brongkos sapi merupakan daging yang dimasak dalam kuah coklat cenderung kehitaman dengan aroma kluwek yang khas dan rasa manis gurih yang mendominasi.

  • Alamat: Jl. Prof Joko Sutono No. 3, Senopati, Jakarta Selatan

14. Sate Ayam Pertok

Sate ayam pertok, Sarapan enak di jakarta

Jika biasanya sate dijual saat malam, namun di Jakarta juga terdapat sate yang buka sejak pagi pukul 07.00 WIB. Itulah Sate Ayam Pertok H Martingen Sakerah.

Kedai sate ini terkenal enak, dan punya citarasa yang unik. Karena buka semenjak pagi, banyak warga jakarta dan sekitarnya yang menjadikan sate ini sebagai menu sarapan.

  • Lokasi: Pondok Indah THB 34, Jl. Gedung Hijau Raya l Raya No.45, Pd. Pinang, Kec. Kby. Lama, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12310
  • Maps: View on Google

15. Bubur Ayam Senopati

Sarapan enak di Jakarta dengan Bubur Ayam Senopati
@buburayamsenopati

Tidak lengkap rasanya jika tidak menyertakan Bubur Ayam sebagai sarapan yang enak. Nah bagi kamu yang berada di sekitar Jakarta Selatan, Bubur Ayam Senopati ini wajib kamu coba.

Tempat makan pinggir jalan Senopati ini selalu banjir pelanggan setiap weekend atau CFD. Jadi kalau kamu hendak kesini, ada baiknya lebih pagi ya. Tersedia berbagai toping seperti cakwe, ati dan ampela serta sate usus, sate telor puyuh, dan kerupuk.

  • Lokasi: Jl. Senopati No.19-43, RT.6, RT.6/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan
  • Maps: View on Google Maps

Oke, dari semua rekomendasi tempat sarapan enak di Jakarta tersebut, mana yang paling ingin kamu coba? jangan lupa share ke sini ya..

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar