Apa kamu pernah melihat iklan elektronik? Simak contoh iklan elektronik dan penjelasannya berikut ini.
Beragam jenis iklan sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari dengan media yang berbeda-beda.Salah satu yang cukup banyak ditemui adalah iklan elektronik yang penyebarannya menggunakan perangkat elektronik.
Konten menarik dan kreatif serta jangkauan yang luas membuat harga iklan jenis ini terbilang cukup tinggi. Nah, agar lebih paham, simak contoh iklan elektronik dan penjelasannya berikut ini.
Daftar ISI
- Apa itu Iklan Elektronik?
- Ciri Iklan Elektronik
- Jenis Iklan Elektronik
- Contoh Iklan Elektronik dan Penjelasannya
- 1. Iklan Marketplace di Televisi
- 2. Iklan Produk di Televisi
- 3. Iklan Produk di Program Televisi
- 4. Iklan Running Text di Televisi
- 5. Iklan di Video YouTube
- 6. Iklan Produk di Marketplace
- 7. Iklan Produk di Media Sosial
- 8. Iklan Layanan Jasa Bimbingan Belajar di Internet
- 9. Iklan Produk, Jasa, atau Layanan Masyarakat yang Disiarkan Melalui Radio
- 10. Iklan Banner di Portal Berita Online
- 11. Iklan Elektronik di Situs Belanja Online
- 12. Iklan Melalui Email
- Aturan Hukum Dalam Membuat Iklan Elektronik
Apa itu Iklan Elektronik?
Dalam jurnal Makna Slogan dalam Iklan Elektronik Berbahasa Inggris pada Majalah Berbahasa Indonesia (2015), iklan elektronik didefinisikan sebagai iklan yang menggunakan media atau peralatan elektronik, seperti radio, televisi, telepon, serta internet.
Menukil Institut Bisnis dan Informatika Stikom, iklan elektronik adalah iklan yang disebarkan melalui media elektronik, seperti televisi, radio, dan internet.
Menurut Christiana Umi, iklan elektronik adalah iklan yang menggunakan media berbasis perangkat elektronik dan disebarkan menggunakan media elektronik.
Kesimpulannya iklan elektronik adalah iklan yang disebarkan melalui media atau perangkat elektronik seperti televisi, radio, dan internet.
Ciri Iklan Elektronik
Mengenali iklan di media elektronik sendiri sebenarnya juga bisa dilihat melalui ciri-ciri di dalamnya.
Berikut ini adalah beberapa ciri iklan elektronik:
- Umumnya berbentuk cerita pendek dan punya durasi yang singkat.
- Karena durasinya yang singkat, isi iklan cenderung padat dan jelas.
- Gaya bahasa menarik, mudah dipahami, dan bersifat persuasif.
- Memanfaatkan kata yang bersifat saran pada beberapa orang.
- Menggunakan efek suara seperti musik, ucapan, dan lainnya.
- Memanfaatkan komponen suara, gerak, dan gambar.
Jenis Iklan Elektronik
Berdasar karakteristiknya, jenis iklan elektronik dibagi menjadi empat, yaitu:
1. Iklan Radio
Iklan radio adalah jenis iklan elektronik dengan karakteristik hanya dapat didegar melalui media audio atau suara.
Suara yang diperdengarkan meliputi kata-kata, musik, dan efek suara lain yang menunjang konten dalam iklan.
2. Iklan Televisi
Iklan televisi memiliki karakteristik dapat dilihat dan didengar karena disiarkan dalam bentuk audio visual melalui televisi.
Kesan yang ditimbulkan lebih mendalam karena audiens disuguhi kombinasi antara suara, gambar, dan gerak.
3. Iklan Film
Sesuai namanya, iklan film adalah jenis iklan yang bisa dilihat saat sedang menonton film di bioskop.
Biasanya, iklan ditayangkan sebelum pemutaran film dalam bentuk endorsement dan live action.
4. Iklan Internet
Iklan internet merupakan iklan dengan karakteristik cepat dan interaktif yang ditampilkan melalui jaringan internet.
Bentuknya berupa audio visual, hanya visual, atau hanya audio dengan jangkauan yang sangat luas.
Contoh Iklan Elektronik dan Penjelasannya
Supaya lebih jelas, berikut kami rangkum beberapa contoh iklan elektronik yang bisa kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.
1. Iklan Marketplace di Televisi
Perkembangan marketplace memang semakin marak. Bahkan beberapa nama besar sering melakukan promo berupa iklan di televisi untuk mengajak orang berbelanja online dan menginformasikan promo-promo terbaru. Biasanya, iklan jenis ini menggunakan warna cerah, kata-kata persuasif yang singkat, dan musik yang meriah.
2. Iklan Produk di Televisi
Ilustrasi di atas menunjukkan iklan salah satu produk gadget ternama di siaran televisi. Dalam iklan, ada keunggulan produk yang ditawarkan agar orang yang melihat jadi tertarik untuk membeli. Hanya saja keterangan harga produk tidak secara jelas disampaikan.
3. Iklan Produk di Program Televisi
Contoh iklan elektronik di atas benar-benar ada dalam program tertentu. Konteksnya, produk tersebut menjadi salah satu sponsor untuk acara yang sedang berlangsung. Meski terkadang tidak ada produknya, tetapi logo produk atau merek sudah cukup mewakili sebagai iklan.
4. Iklan Running Text di Televisi
Jika biasanya running text di acara televisi berisikan berita atau informasi tertentu, ada kalanya juga diisi oleh iklan produk. Meski kuotanya tidak banyak, tapi tipe iklan semacam ini bisa menjadi pilihan lewat tayangan di televisi.
5. Iklan di Video YouTube
Iklan di video YouTube seringkali muncul saat sedang menonton lewat YouTube. Meskipun hampir sama dengan di televisi, tetapi format penayangannya sedikit berbeda dengan jangkauan audiens yang lebih spesifik berdasarkan pada algoritma tertentu.
6. Iklan Produk di Marketplace
Bukan hanya wadah bagi toko online untuk berbelanja, marketplace juga menyediakan space untuk beriklan. Meski bentuknya hampir sama dengan etalase produk di toko, tetapi untuk versi iklannya ada tambahan detail promo agar konsumen marketplace tertarik untuk meng-klik iklan tersebut.
7. Iklan Produk di Media Sosial
Tidak hanya di marketplace, iklan produk juga mulai merambah di media sosial. Saat sedang scroll media sosial, tidak jarang kamu akan menemukan iklan produk dari brand tertentu. Biasanya akan ada keterangn ‘bersponsor’ dalam gambar atau video iklan di media sosial.
8. Iklan Layanan Jasa Bimbingan Belajar di Internet
Jasa bimbingan belajar online memang cukup masif berkembang. Bahkan promo dan iklan besar0besaran tidak ragu dilancarkan, termasuk di internet. Contoh di atas menunjukkan iklan produk jasa yang berkolaborasi dengan marketplace. Informasinya pun cukup lengkap, mulai dari penawaran promo sampai foto brand ambassador artis ternama dengan image cerdas.
9. Iklan Produk, Jasa, atau Layanan Masyarakat yang Disiarkan Melalui Radio
Dalam iklan yang disiarkan di radio, baik untuk produk, jasa, maupun iklan layanan masyarakat, informasi yang biasanya tertulis akan disuarakan. Umumnya, ada rekaman suara atau dibacakan oleh penyiar radio yang dikenal dengan istilah iklan adlibs.
10. Iklan Banner di Portal Berita Online
Mirip iklan kolom di media cetak, iklan banner memiliki ukuran yang cukup besar dengan ilustrasi gambar dan detail penting. Hanya saja, iklan ini masuk dalam situs atau website tertentu dengan penempatan yang berbeda-beda dan mengarahkan ke halaman lain saat di klik.
11. Iklan Elektronik di Situs Belanja Online
Situs belanja online juga menawarkan penempatan iklan berupa promo produk tertentu. Langkah persuasif dalam iklan ini langsung ‘menyerang’ konsumen dengan promo diskon untuk pembelian produk gadget dari salah satu merek ternama.
12. Iklan Melalui Email
Contoh iklan elektronik selanjutnya adalah iklan email atau email marketing. Penawaran iklan dibuat dalam bentuk surat elektronik yang dikirimkan penyedia jasa atau produk ke alamat email konsumen atau calon konsumen secara personal.
Aturan Hukum Dalam Membuat Iklan Elektronik
Setelah mengenali dan memahami pengertian, ciri, jenis sampai contoh iklan elektronik, tidak ada salahnya untuk mengetahui aturan hukumnya.
Ketentuan terkait pembuatan iklan sudah diatur dalam Pasal 19 ayat (2) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 5 Tahun 2020 dan Pasal 47 Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 50 Tahun 2020, yaitu:
- Dilarang menyebarkan informasi yang keliru, salah, dan tidak pantas terkait produk.
- Tidak membohongi konsumen tentang kualitas, bahan, kuantitas, harga produk, fungsi, sampai ketepatan waktu produk yang diterima.
- Dilarang membohongi garansi atau jaminan.
- Harus memberikan informasi produk.
- Menyediakan pilihan pada audiens untuk keluar dari tayangan iklan dengan menggunakan tanda tutup, lewati iklan atau tutup iklan.
- Harus ditempatkan dengan jelas agar konsumen bisa menutup iklan.
- Dilarang mengeksploitasi kejadian atau orang lain tanpa izin atau persetujuan dari orang lain yang bersangkutan.
- Untuk mereka yang melanggar aturan iklan diatas maka akan dikenakan sanksi administratif. Sanksi ini bisa berbentuk teguran tertulis, masuk dalam daftar hitam, sampai pencabutan izin usaha.
Nah, itu beberapa contoh iklan elektronik dan penjelasannya yang sudah kami rangkum. Semoga bisa membuat kamu semakin paham dan mengenali serba-serbi iklan elektronik.