Sumber Daya Manusia di Perhotelan

Hotel bukan sekadar menyediakan berbagai fasilitas yang membuat nyaman tetapi juga pelayanan dari sumber daya manusia di perhotelan demi memuaskan tamu.

Tamu yang menginap juga mendapatkan kesan serta memberikan penilaian positif berdasar pelayanan yang diberikan oleh SDM hotel yang menjalankan tugasnya.

Selain memberikan pelayanan demi kepuasan tamu, SDM yang menjalankan operasional bisnis perhotelan juga menjadi image dari hotel itu sendiri.

Lalu, siapa saja sumber daya manusia di industri perhotelan? Simak penjelasan detailnya dalam artikel berikut ini.

Sumber Daya Manusia di Perhotelan

Beberapa SDM hotel diberikan tugas untuk memberikan pelayanan terbaik bagi tamu-tamu yang menginap hingga menjadi wajah untuk menampilkan citra positif hotel.

Namun, lebih dari itu, beberapa sumber daya manusia di hotel juga memegang peran penting dalam meningkatkan keuntungan bagi perusahaan di bidang jasa akomodasi ini.

Untuk mengenali siapa saja sumber daya manusia yang tersedia di industri perhotelan, berikut beberapa di antaranya.

1. Resepsionis

Reseptionis atau petugas di front desk menjalankan peran penting untuk melayani para tamu hotel sejak awal kedatangan.

Mulai dari memberikan informasi terkait kebutuhan tamu hingga mengarahkan dan menjelaskan berbagai fasilitas hotel serta penggunaannya.

Front office bahkan menjadi ‘wajah’ hotel yang memberikan kesan pertama kepada para tamu yang menginap atau menggunakan fasilitas milik hotel.

2. Manajer

Manager memiliki tugas untuk mengatur operasional perhotelan di masing-masing departemen maupun seluruh aktivitas manajerial.

Artinya, semua hal yang berhubungan dengan operasional perhotelan mulai dari pelayanan hingga penyediaan fasilitas berada di bawah wewenang manager.

3. Security

Berperan sebagai petugas keamanan, security menjalankan SOP untuk menjamin keamanan hotel mulai dari masuk pintu utama.

4. Room Service

Sebagai petugas divisi housekeeping, room service akan memastikan setiap kamar hotel dalam keadaan bersih, rapi, dan nyaman sebelum digunakan oleh tamu.

5. Manajer Restoran

Tugas dari manager restoran yaitu menjamin kelancaran operasional restoran hotel, seperti penyediaan makanan, penataan di meja, hingga pemilihan menu.

Manfaat Keberadaan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Industri Perhotelan

Sumber daya manusia di hotel sendiri ditempatkan sesuai tugas dan peran masing-masing bukannya tanpa manfaat.

Terlebih pemilihan SDM di perhotelan sendiri wajib memenuhi kualifikasi kompetensi jabatan yang ditentukan pihak pengelola hotel.

Berikut ini manfaat keberadaan sumber daya manusia berkualitas di industri perhotelan.

1. Kualitas Layanan Terjamin

Dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas di hotel sudah pasti manfaat utama yang didapatkan adalah pelayanan yang terjamin.

Hal ini nantinya akan berpengaruh dalam peningkatan layanan yang semakin berkelas dari seluruh karyawan hotel kepada para tamu yang menginap.

Dengan pelayanan berkelas dari orang-orang terbaik, pastinya komplain dan ketidakpuasan tamu akan bisa diminimalisir.

Di sinilah peran manager semakin terlihat untuk memastikan proses rekruitmen karyawan hotel sudah sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan kompetensi yang diharapkan.

Selain itu, kualutas layanan dari SDM perhotelan pun juga wajib dimaksimalkan dengan memberikan pelatihan, workshop dan training secara berkala.

2. Tercipta Atmosfer Kerja Positif

Bukan hanya urusan pelayanan, keberadaan SDM yang berkualitas di hotel juga mendatangkan manfaat dalam menciptakan atmosfer kerja yang positif.

Kondisi ini akan mempengaruhi kinerja antar karyawan melalui lingkungan kerja yang nyaman hingga hasil kerja pun semakin memenuhi standar dan harapan manajemen hotel.

Umumnya, atmosfer kerja yang positif juga ditunjang dengan adanya compliment, bonus, perlakuan yang sama kepada seluruh karyawan, jaminan uang lembur dan sejenisnya.

3. Meningkatkan Nama Baik Hotel

Manfaat selanjutnya dari keberadaan sumber daya manusia berkualitas di industri perhotelan yaitu pengaruhnya pada peningkatan nama baik hotel.

Bukan hanya pelayanan terbaik yang mampu membangun image hotel pada pelanggan, nama baik hotel juga berasal dari intern manajerial.

Manager dan owner berperan penting dalam memberikan perhatian kepada karyawan terkait hak-hak yang harus diterima.

Hal ini akan mendatangkan semangat kerja yang positif dan kesadaran karyawan untuk melayani tamu secara profesional.

4. Meningkatkan Keuntungan Perusahaan

Keuntungan lain dari memiliki sumber daya manusia di industri perhotelan yang berkualitas adalah meningkatkan keuntungan perusahaan.

Manfaat ini bermula dari kesadaran untuk memberikan pelayanan terbaik kepada tamu dan menyediakan fasilitas serta sarana prasarana yang sangat lengkap juga nyaman.

Dampaknya, kepuasan pelanggan akan semakin mendatangkan branding positif dalam upaya hotel melakukan promosi untuk menarik tamu sebanyak-banyaknya.

Image positif ini pada akhirnya akan mampu membangun loyalitas konsumen hingga tidak ragu untuk kembali menikmati pelayanan terbaik dari hotel.

Dengan begitu, keuntungan hotel pun akan semakin meningkat saat manajemen hotel dan staf di bawahnya diisi oleh sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten.

Pentingnya Pemberian Pelatihan untuk SDM Perhotelan

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, karyawan hotel membutuhkan pelatihan, workshop dan training secara berkala.

Meski sudah merekrut orang-orang pilihan, tetapi dalam menjalankan tugas kerja sesuai SOP juga harus diimbangi dengan suntikan semangat dan bekal keterampilan lainnya.

Di sinilah peran penting pemberian pelatihan untuk SDM perhotelan harus dimaksimalkan demi memberikan ilmu yang lebih komprehensif terkait cara melayani tamu dengan benar.

Pelatihan, workshop dan training ini juga akan menambah pengalaman karyawan hotel dalam menjalankan pelayanan yang semakin berkelas dengan dukungan fasilitas kerja terbaik.

Terlebih jika pelatihan yang dibuat ditujukan untuk bidang food and beverage, front office, dan houskeeping yang bersinggungan langsung dengan tamu hotel.

Tentunya hasil yang maksimal juga semakin dirasakan saat pengelola hotel mampu menyediakan dan memilih jasa pelatihan yang bonafit bagi karyawannya.

Demikianlah penjelasan detail mengenai sumber daya manusia di industri perhotelan, mulai dari jabatan apa saja sampai manfaat dan pelatihan SDM di hotel. Semoga bermanfaat.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste