Pesona Curug Luhur Bogor | Ulasan dan Harga Tiket Masuk

Untuk kamu yang suka berwisata alam, Curug Luhur Bogor bisa jadi salah satu spot wisata terbaik. Curug sendiri merupakan tempat wisata dalam wujud air terjun.

Lokasi tepatnya berada di Bogor Jawa Barat. Curug yang ramai wisatawan ini memiliki ketinggian sekitar 630 mdpl, berada di lereng gunung salak.

Meskipun merupakan wisata alam, namun di Curug ini ternyata sudah dibangun beberapa fasilitas yang akan menambah keseruan perjalananmu selama ada di Curug Bogor yang satu ini.

Agar momen kunjunganmu lebih sempurna dan kekinian, persiapkan kamera terbaikmu dan ambil berbagai macam spot terbaik di air terjun ini.

Baca juga: 8 Pesona Orchid Forest Cikole, Pine Wood Bridge yang Romantis

Beberapa Keseruan Wisata Curug Luhur Bogor

Berlibur ke tempat yang sejuk memang kerap menjadi salah satu solusi untuk menghilangkan kepenatan selama beraktivitas di hari efektif. Curug yang berada di lereng gunung salak ini, dijamin akan memberikan kesan seru dan asyik selama masa liburan.

Lantas apa saja sih yang bisa dilakukan di Curug ini?

]Untuk tahu lebih lanjut, berikut di bawah ini bisa kamu simak beberapa aktivitas seru selama berada di Curug Luhur Bogor:

Pemandangan Dua Air Terjun Sekaligus

Curug luhur Bogor
@akbar.fzn

Air terjun yang ada di lereng gunung salak ini, memang memiliki dua aliran air terjun sekaligus. Salah satu kedua aliran air terjun ini adalah buatan penduduk sekitar.

Adapun air terjun buatan tersebut adalah hasil pengalihan aliran sungai setempat.

Memandang betapa segar dan sejuknya Curug ini memang merupakan salah satu pemandangan terbaik untuk menghilangkan segala kepenatan pikiran. Bahkan melihat air terjunnya saja sudah sedikit mengurangi rasa lelah.

Berenang Di Bawah Kolam Curug

Tepat di bawah air terjun, terdapat kolam dengan air yang sangat jernih namun warna airnya kebiruan.

Bisa dibayangkan betapa segarnya mandi di bawah air terjun langsung. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang datang ke sana lantas berenang di kolam tersebut.

Namun sangat perlu diperhatikan, kolam yang terdapat di bawah air terjun tersebut punya kedalaman yang cukup berbahaya. Hal ini juga karena aliran Curug yang besar dan dalam jangka panjang.

Untuk menghindari terjadinya hal-hal tak diinginkan, pengelola wisata Curug ini telah memberikan garis pembatas untuk wisatawan yang tetap ingin berenang di bawah air terjun. Maka pastikan kamu tidak melewati batas garis tersebut jika ingin tetap aman.

Menikmati Keseruan Waterpark

Waterpark curug luhur bogor

Meskipun dikenal sebagai wisata alam air terjun, namun Curug ini ternyata juga punya wahana lain buatan yang sangat sayang dilewatkan. Wahana ini tak lain adalah wahana Waterpark. Berbagai wahana permainan air buatan ini sangat seru dimainkan.

Ada bak air, papan seluncur, dan berbagai permainan air lainnya. Untungnya lagi, air di kolam Waterpark ini tidak mengandung kaporit karena secara langsung diambil dari sumber aliran gunung salak. Tentunya akan sangat seru dan menyenangkan untuk bermain di sini.

Wahana ini sangat cocok untuk kamu yang berlibur bersama keluarga besar dan membawa anak-anak ke sini. Siapkan saja baju renang terbaikmu, karena wahana ini tersedia dalam versi anak-anak dan untuk orang dewasa.

Bermalam di Curug Luhur Bogor

Untuk kamu yang ingin menikmati kesejukan Curug dalam beberapa hari, kamu bisa bermalam di sekitar area Curug.

Ada banyak penginapan layak yang bisa kamu sewa. Dengan bermalam, kamu jadi bisa lebih leluasa bermain air Curug dari pagi hingga sore.

Rekomendasi penginapan yang wajib kamu coba di Curug Luhur Bogor adalah:

  • The Saung Pratama: Tapos I, Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370
  • View Maps: Via Google Maps

Menikmati malam yang dingin, lokasi saung ini berada di pinggir sungai dan menghadap Gunung Salak.

Dijamin liburanmu sangat menyenangkan disini.

Fasilitas Kelengkapan Wisata Curug Luhur

Meskipun wahana yang ada di Curug ini hanya sedikit dibandingkan wahana taman bermain pada umumnya, namun fasilitas yang ada di Curug ini terbilang cukup lengkap.

Dengan adanya fasilitas ini, para pengunjung wisata jadi lebih mudah dan betah berlama-lama berada di kawasan wisata. Apa saja fasilitas yang disediakan wisata ini? Berikut adalah beberapa fasilitasnya:

1. Area Parkir Luas

Curug ini ternyata sudah sangat populer di kalangan masyarakat lokal maupun luar kota. Banyak wisatawan dari berbagai kota berbondong-bondong datang ke Bogor hanya untuk menikmati Keseruan berwisata di Curug ini.

Dengan ramainya pengunjung tiap tahun, maka pengelola wisata pun memberikan fasilitas area parkir yang cukup luas. Baik itu parkir untuk kendaraan sepeda motor maupun untuk kendaraan mobil, bahkan Bus, semuanya bisa dimuat di area parkir ini.

Tenang saja, biasa parkirnya juga masih terjangkau sebagaimana harga parkir sesuai standarnya. Kondisi parkir juga aman karena sudah banyak pegawai parkir yang ditugaskan.

2. Toilet

Tak perlu risau jika ingin mandi di ruang yang lebih privat. Di sini kamu tidak hanya disuguhkan dengan air terjun untuk mandi, kamu juga dipersilahkan untuk menggunakan toilet yang bersih dan layak.

3. Musholla

Untuk kamu yang merupakan seorang muslim, tak perlu khawatir karena selama ada di Curug ini kamu tetap bisa melakukan ibadah sholat. Musholla ini juga menyediakan alat sholat untuk kamu yang tidak membawa peralatan sholat.

4. Tempat Bilas dan Ganti

Mandi di air aliran Curug memanglah bersih. Namun bercampur dengan pengunjung lain saat mandi di kolam tentu akan membuat banyak orang tidak nyaman tanpa bilas. Karenanya pengelola wisata telah menyiapkan ruang khusus untuk bilas setelah mandi di kolam.

Tenang saja, air yang disediakan merupakan air bersih dari sumber air Curug  dan bukan air bekas aliran air terjun.

Selain tempat bilas, di sini kamu juga memanfaatkannya sebagai tempat ganti baju setelah atau sebelum berenang.

Baca juga: 15 Wisata Pangalengan yang Lagi Hits dan Kekinian

5. Spot Foto Alam di Setiap Sudut

Berlibur tanpa sesi foto tentu tidak lengkap rasanya. Di sini kamu bisa menemukan banyak sekali spot foto alam yang menarik untuk diabadikan.

Kamu bisa berfoto di bawah air terjun, hingga ke beberapa sudut yang ada di sekitar Curug.

Namun tentu saja kamu harus tetap waspada saat melakukan sesi foto. Pasalnya tempat berair ini tentu kondisinya akan cukup licin jika dibandingkan tempat wisata kering. Jadi pastikan kamu berhati-hati selama memegang kamera ya.

6. Area Penginapan

Curug ini juga mempersilahkan untuk kamu yang ingin berlama-lama hingga keesokan harinya di sini. Tak perlu khawatir tidur dimana, di sini kamu bisa menemukan ada banyak area Penginapan yang layak dan nyaman.

Namun area penginapannya masih berupa penginapan rumah pada umumnya dan bukan perkemahan.

Untuk area penginapan dalam wujud perkemahan, pengelola Curug belum menyediakannya hingga saat ini.

7. Area Kuliner

Selain area penginapan, Curug Luhur Bogor juga menyediakan area kuliner yang tak kalah nikmat dibandingkan wisata kuliner di sudut kota.

Di area Curug ini kamu bisa menemukan berbagai jenis makanan dan minuman, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat.

Bersantai sambil makan dan menikmati pemandangan Curug, akan menjadi hal yang sangat mengesankan selama liburan ke wisata ini. Dijamin kamu akan betah berlama-lama di sini.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Luhur Bogor

Untuk perjalanan menuju Curug Luhur Tenjolaya Bogor lokasinya disamping kanan jalan raya kawasan Bogor – Gunung Salak Endah.

Berjarak sekitar 20 Km ke arah selatan dari Kota Bogor.

  • Lokasi dan Alamat: Jl. Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Tenjolaya, Tapos I, Tenjolaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16370.
  • Lihat di Peta: Google Maps

Rute menuju lokasi:

Rute ke Curug luhur, bisa melalui jalan raya Bogor kearah Leuwiliang.

Kemudian belok di pertigaan Cikampak, melalui jalan menuju Tenjolaya hingga sampai di Lokasi yang berdekatan atau searah dengan Curug Nangka.

  • Jam buka Curug Luhur Bogor pada pukul 08.00 – 18.00 WIB.

Harga Tiket Masuk Curug Luhur Bogor

Untuk menikmati berbagai fasilitas yang ada, kamu akan dikenakan biaya masuk. Dimana nantinya digunakan untuk perawatan dan pengembangan wisata.

Curug Luhur merupakan curug eksotis yang dapat dibilang paling elit di Bogor karena Harga Tiket Masuknya terbilang cukup mahal.

Para wisatawan harus membayar HTM Curug Luhur Bogor Rp 45.000 / Orang.

Biaya parkir Rp 10.000 namun wisatawan hanya akan menempuh perjalanan sekitar 150 m saja untuk sampai di curug.

Harga yang harus dibayarkan wisatawan tersebut jika dibandikan dengan pengalaman dan keseruan yang diperoleh tidaklah terlalu mahal.

Selain itu wisatawan juga dicukupi dengan fasilitas dan wahana yang mengasikan.

Dengan biaya segitu, kamu akan setuju bahwa cukup worth it kok.

Curug Luhur Bogor memang menjadi salah satu wisata populer yang ada di Bogor.

Kesejukan dan keasrian lingkungannya kerap jadi alasan mengapa tempat ini selalu ramai pengunjung. Banyak sekali penduduk kota yang datang ke wisata ini hanya untuk menghilangkan stress.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar