hari guru sedunia
Image source : freepik.com

Hari Guru Sedunia – Guru merupakan sosok yang sangat berjasa dalam pendidikan di seluruh negara. Maka dari itu sangat wajar jika dunia juga memperingati hari penting guna mengapresiasi sosoknya. Seperti yang kita ketahui, peringatan hari guru sedunia jatuh pada tanggal 5 Oktober setiap tahunnya. Menarik, lalu bagaimana sejarah dicetuskannya? Berikut ulasannya!

Sejarah Hari Guru Sedunia

Hari guru yang diperingati secara internasional sebenarnya sudah diperingati sejak 5 Oktober tahun 1994. Adapun tujuan pada peringatan tersebut tentu saja sangat baik. Beberapa tujuan dari peringatan dari hari guru tersebut ialah:

  • Sebagai bentuk dukungan terhadap guru-guru yang ada di seluruh dunia.
  • Apresiasi terhadap ketekunan para guru untuk menciptakan generasi muda yang lebih baik.

Penetapan hari guru sedunia tentu saja tak lepas dari penandatanganan dokumen UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) mengenai status guru di dunia. Dalam dokumen rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tersebut menjelaskan mengenai standar perekrutan, pelatih guru-guru di dunia juga kondisi pekerjaan guru dapat diadvokasi.

Menurut UNESCO sendiri, adanya peringatan hari guru tersebut tentu sangat baik didukung sebagai upaya wujud daya peduli, pemahaman serta apresiasi untuk para guru. Dimana para guru sudah mengajar dan mendidik para generasi bangsa dengan penuh kesungguhan.

Selain itu, adanya peringatan hari guru sedunia juga tak hanya sebagai sebuah penghargaan atas jasa para guru-guru di dunia saja. Melainkan peringatan tersebut juga menjadi tolak ukur mengenai tanggungjawab, hak, rekrutmen sampai dengan kegiatan belajar mengajar.

Peringatan Hari Guru Sedunia

Pada peringatan hari guru secara internasional biasanya akan dilakukan pemberian hadiah sederhana dari murid ke para guru. Biasanya hadiah berupa bunga atau coklat.

Perayaan tersebut tentunya sebagai ungkapan rasa terimakasih para siswa terhadap para guru yang telah mengajarnya dengan baik.

Perlu diketahui pula, di beberapa negara perayaan hari guru sedunia ini tidak bersamaan dengan peringatan hari guru nasional. Jika hari guru sedunia jatuh pada 5 Oktober maka di Indonesia hari guru nasional jatuh pada tanggal 25 November.

Meskipun begitu, tujuan peringatannya tetap sama yakni apresiasi terhadap para pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. Nah itulah tadi sejarah peringatan hari guru sedunia yang dapat kita kupas pada kesempatan ini. Semoga dengan mengetahui sejarahnya kita dapat semakin menghormati para guru. Semoga bermanfaat!

Baca Juga : Suwamana Wahyu Putra – Lulusan SMA yang kini menjadi COO