12 Desain Kamar Hotel Minimalis, Bikin Betah dan Nyaman

Desain pada kamar hotel bisa menentukan tingkat kenyamanan yang diberikan kepada tamu. Dewasa ini, kamar hotel minimalis lebih banyak diminati oleh tamu.

Bagi pebisnis perhotelan, desain minimalis juga dapat menekan biaya pengeluaran, karena tidak membutuhkan dekorasi berlebihan.

Desain minimalis lebih sederhana, simpel dan terlihat lebih elegan.

Khusus untuk pebisnis perhotelan yang sedang mencari referensi ide desain minimalis, mari lirik desain minimalis pada kamar hotel berikut ini.

Baca juga: 18 Foto Kamar Hotel 3×4 Modern dan Nyaman

Desain Kamar Hotel Minimalis, Sederhana dan Nyaman

Langsung saja simak daftar dab penjelasannya di artikel berikut:

1. Desain kamar hotel seperti kabin di tengah hutan

Kamar hotel minimalis dengan konsep Glamping

Tren wisata alam kian diminati belakangan ini, sebab banyak masyarakat kota yang membutuhkan penyegaran alam setelah bekerja tanpa henti. Ini bisa menjadi peluang bagi pebisnis perhotelan untuk menciptakan kamar hotel bak kabin di tengah hutan.

Biasanya hampir seluruh dinding, lantai dan furnitur terbuat dari kayu berkualitas. Agar nuansa alam semakin kental, bangun jendela besar yang menghadap ke hutan atau pegunungan.

Jika tidak memungkinkan untuk membangun hotel di tengah hutan, kamu bisa meletakkan berbagai jenis tanaman di dalam kamar atau membangun kamar mandi semi-luar yang dirindangi oleh tumbuhan hijau.

2. Kamar hotel gaya industrial minimalis

Desain kamar hotel Industrial

Tidak kalah menarik dengan desain kamar hotel sebelumnya, desain kamar hotel industrial minimalis mulai banyak diterapkan di hotel-hotel di Jakarta. Ciri khas dari gaya industrial adalah penggunaan warna hitam, cokelat, dan abu-abu.

Dinding kamar bisa disulap agar memiliki motif batu bata merah untuk meningkatkan kesan industrial.

Lalu gunakan furnitur yang memiliki bentuk anti-mainstream, seperti lampu gantung, meja kerja, rak besi dan lain-lain. Pastikan tidak terlalu memenuhi ruangan dengan dekorasi agar tetap minimalis.

3. Desain kamar hotel minimalis yang instagramable

Instagramable Kamar hotel

Saat ini mulai banyak bermunculan hotel yang memiliki desain interior instagramable. Dikatakan instagramable karena terdapat dekorasi dinding yang nyentrik dan menarik. Selain itu terdapat permainan warna untuk membuat ruangan terkesan artistik.

Dibandingkan kamar berwarna gelap, kamar berwarna cerah terlihat lebih hangat dan tentunya lebih nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat.

Desain kamar minimalis instagramable lebih cocok untuk kaum remaja dan dewasa muda.

4. Kamar hotel dengan warna netral

Desain kamar hotel dengan warna netral

Desain selanjutnya adalah kebalikan dari desain kamar hotel sebelumnya. Di sini, warna yang digunakan lebih sedikit atau minim. Pilihan warna yang digunakan juga cenderung netral dan menghindari penggunaan warna mencolok.

Untuk menutupi kekurangan warna, kamu bisa melengkapi kamar hotel dengan jendela besar yang memiliki panorama spektakuler, misalnya pantai, laut biru muda, hutan pinus atau panorama indah lainnya.

Tujuan perpaduan jendela besar dengan warna yang minim adalah untuk menekankan panorama yang terdapat di luar hotel.

5. Ide kamar hotel dengan loft

Kamar hotel loft

Desain kamar hotel selanjutnya adalah dengan menggunakan loft atau bertingkat. Konsep ini mirip dengan lantai mezzanine. Pada bagian atas bisa disulap menjadi area tempat tidur ekstra atau ruang bersantai.

Sementara ruangan bawah untuk tempat tidur dewasa, lemari penyimpanan, hingga dapur mini. Konsep kamar hotel ini cocok digunakan oleh tamu keluarga.

Selain menghemat tempat, konsep loft juga membuat ruangan terasa lebih luas dan megah. Lengkapi dengan jendela besar untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk.

6. Desain kamar dengan pemandangan rooftop

Kamar hotel rooftop

Kamar hotel yang berada di lantai atas suatu hotel kerap menjadi buruan, sebab pemandangan yang dilihat dari ketinggian selalu spektakuler. Baik itu pemandangan perkotaan maupun alam. Kamar hotel rooftop biasanya dilengkapi dengan jendela besar dengan gorden yang dibiarkan terbuka.

Jika dipadukan dengan penggunaan warna dan furnitur minimalis, kamar hotel rooftop akan semakin mempesona.

Beberapa kamar hotel rooftop juga membuat kamar mandi dengan bathtub yang menghadap langsung ke jendela besar. Dijamin, tamu yang menginap akan mendapatkan pengalaman mengesankan.

7. Kamar hotel ala minimalis Jepang

Kamar hotel minimalis gaya jepang

Gaya interior yang terinspirasi dari rumah di Jepang menghadirkan kesan yang hangat dan nyaman. Apalagi konsep minimalis Jepang, di mana furnitur yang digunakan cenderung berwarna polos hingga putih.

Kamar hotel ala minimalis Jepang identic dengan penggunaan furnitur yang hampir semuanya terbuat dari kayu, mulai dari meja, kursi, dinding, hingga alas tempat tidur.

Berbeda dengan kasur pada kamar hotel pada umumnya, kasur pada desain ini menggunakan kasur lesehan yang terlihat lebih nyaman dan mengingatkan akan rumah.

8. Desain kamar hotel kontemporer

Desain kamar kontemporer

Desain kontemporer masih terus diminati hingga kini. Desain interior satu ini dapat diterapkan pada periode waktu kapan saja. Kontemporer sendiri merupakan desain yang memadukan berbagai gaya interior, mulai dari minimalis, modern, tradisional, serta futuristic.

Perpaduan desain interior tersebut melahirkan desain kontemporer yang unik. Kamar hotel yang menggunakan desain kontemporer cenderung lebih redup dan tidak terlalu terang. Hal ini justru meningkatkan kualitas istirahat tamu.

Tidak heran kalau desain kontemporer tidak surut peminat, karena menghasilkan kenyamanan tersendiri.

9. Inspirasi kamar hotel minimalis modern

Kamar hotel minimalis

Desain kamar hotelselanjutnya adalah desain minimalis modern. Desain minimalis selalu membuat ruangan lebih luas dan nyaman.

Yang membedakan desain minimalis modern dari minimalis biasa adalah pemilihan furnitur yang berwarna lebih gelap, unik, serta memberikan kesan mewah tersendiri.

Misalnya lampu gantung dengan bentuk yang tidak biasa, atau penggunaan seprai dengan motif geometris yang berwarna keabuan. Kamar hotel yang terinspirasi dari desain minimalis modern banyak ditemukan di hotel berbintang.

10. Model kamar hotel monokrom

Desain kamar hotel monokrom

Monokrom adalah kata yang berarti satu warna. Warna monokrom yang biasa digunakan adalah warna netral, misalnya cokelat muda. Pastikan furnitur yang digunakan serasi dengan warna tembok agar terlihat lebih minimalis.

Mungkin kamu pernah menemui kamar hotel yang warnanya membuatmu pusing. Masalahnya ada pada kesalahan pemilihan tema warna. Ada satu hotel yang justru menggabungkan dua jenis warna yang bertabrakan.

Alhasil tamu sulit beristirahat di ruangan itu. Karenanya, opsi monokrom bisa menjadi opsi terbaik kalau kamu tidak mau ribet memilih tema warna.

11. Inspirasi kamar hotel dengan warna putih

Inspirasi kamar hotel putih

Putih merupakan jenis warna yang paling banyak digunakan pada seni interior. Warna ini mudah untuk dicocokkan dengan warna lain. Selain itu, warna putih memberikan kesan bersih dan elegan pada kamar hotel.

Kamu bisa menerapkan desain kamar hotel satu ini pada bisnis perhotelan. Caranya dengan menggunakan seprai, selimut, lemari, pintu, meja, kursi serta karpet yang serba putih. Hanya dengan mengandalkan furnitur berwarna putih, kamar hotel yang dihasilkan nantinya akan menarik.

12. Desain kamar hotel dengan sedikit barang

kamar hotel simple dan sederhana

Salah satu konsep dari minimalis adalah hanya meletakkan barang yang dibutuhkan. Maka dari itu, desain kamar hotel terakhir lebih menekankan pada jumlah barang yang terdapat dalam kamar hotel.

Semakin sedikit barangnya, maka semakin elegan ruangannya. Agar tidak terlalu sepi, gunakan furnitur dari kayu dan alas karpet atau kayu cerah.

Itulah desain kamar hotel minimalis yang bisa dijadikan inspirasi bisnis perhotelan. Tidak hanya untuk kamar hotel, inspirasi desain di atas juga bisa diterapkan pada kamar tidur kesayanganmu.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar