Review Pantai Ngliyep | Spot Foto, Rute, dan Pesonanya

Malang dikenal dengan sebutan kota apel dan didominasi oleh banyaknya pegunungan. Hal ini juga yang menjadikan Malang sebagai kota yang sejuk. Selain gunung, Malang juga punya banyak wisata pantai yang sanga mempesona dan sayang dilewati. Salah satunya adalah Pantai Ngliyep.

Pantai ini tepatnya ada di Desa Hutan Kedungsalam. Pantai Ngliyep juga dikenal punya mitos yang berhubungan dengan legenda Nyi Roro Kidul.

Meskipun ada mitos tentang legenda tersebut, namun hal tersebut tidak menyurutkan pengunjung yang datang ke pantai untuk menikmati keindahannya.

Berbagai Spot Wisata Pantai Ngliyep

Pantai memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat healing atau penenang dikala stress. Pantai Ngliyep bisa jadi salah satu pilihan pantai terbaik untuk mengobati kepenatan pikiran.

Ada banyak spot yang indah dan mempesona dari pantai ini. Apa saja spot wisatanya? Berikut ini beberapa macamnya:

1. Pemandangan Pantai Super Eksotis

Wisata Pantai Ngliyep
@dianaindah295

Hal pertama yang menarik perhatian pengunjung saat datang ke pantai ini adalah pemandangannya yang sangat eksotis.

Bentangan pasir putih bersih dan air laut yang jernih, membuat siapa saja merasa senang berlama-lama di sini.

Selain itu, di sekitar pantai ini juga kamu bisa mengambil spot foto terbaik dari beberapa fasilitas wisata yang sudah disediakan oleh pengelola pantai.

Ada tulisan Pantai Ngliyep di pinggir pantai yang berdiri memanjang dan ukurannya besar. Kamu bisa berfoto di depannya.

Baca juga: Keindahan Kota Batu Malang Dilihat Dari Omah Kayu Malang

2. Berburu Oleh-oleh dan Makanan

Seafood
Menikmati seafood di pantai Ngliyep

Meskipun pantai ini dikenal punya mitos tentang Nyi Roro Kidul, namun pantai tetap ramai pengunjung setiap tahunnya.

Bahkan di pinggir pantai ini banyak berjajar kios yang menjual berbagai oleh-oleh dan juga makanan khas pantai.

Kamu bisa cari oleh-oleh atau sekedar nongkrong di kios pinggir pantai. Tempat duduk di beberapa kios juga dibuat sangat kekinian, sehingga kamu bisa sekaligus hunting foto sederhana.

3. Spot Foto Jembatan Kayu Pantai Ngliyep

Jembatan Instagramable di Pantai Ngliyep
@nandazakiya –

Di pantai ini ada sebuah jembatan kayu yang didesain sangat indah dan kekinian. Jembatan ini dibuat bukan untuk menghubungkan satu lokasi dengan lokasi lainnya. Jembatan ini sengaja dibuat hanya sebagai spot atau objek foto wisatawan yang datang ke sana.

Kamu bisa sepuasnya berfoto di jembatan ini dan mengambil Angke foto terbaikmu. Jembatan ini dibangun memanjang dan bisa dijadikan jalan menyusuri keindahan pantai. Sehingga kamu bisa menikmati keindahan pantai sambil berjalan dalam jembatan.

Terdapat lampu kecil yang bergantungan di atas jembatan ini. Maka tidak hanya siang hari saja kamu bisa menikmati pantai dari jembatan.

Di malam hari pun kamu bisa menikmati pemandangan pantai dari jembatan dengan diterangi cahaya lampu gantung tersebut.

4. Main Olahraga Pantai

Selain mengambil spot foto terbaik, di pantai ini kamu juga bisa bermain olahraga pantai. Kondisi pasir yang lembut dan bersih akan sangat mendukung untuk kamu yang ingin bermain voli pantai atau olahraga pantai lainnya. Selain itu, kamu juga bisa bermain pasir sepuasnya.

5. Berkemah di Pantai Ngliyep

Berkemah di Pantai Ngliyep Malang
@pantaingliyepmalang

Indahnya pantai yang satu ini membuat banyak pengunjung jadi betah berlama-lama di sini. Tak heran jika banyak juga pengunjung yang ingin bermalam di sekitar pantai. Kamu bisa menyewa tenda di sekitar pantai untuk bermalam bersama teman atau keluarga.

Namun jika tidak memungkinkan untuk meminjam, kamu bisa bawa peralatan kemah atau camping sendiri. Berkemah sambil bakar-bakar di pinggir pantai ini akan menambah kesan liburan yang sangat menyenangkan.

Jika kamu tidak cukup berani untuk camping di pantai ini, tenang saja kamu bisa mencari penginapan di sekitar wilayah pantai. Dengan bermalam di pantai ini, maka kamu bisa sekaligus menikmati keindahan senja menjelang petang.

6. Berenang

Berenang di Pantai NGliyep Malang Selatan
@pantaingliyepmalang

Dengan kondisi airnya yang cukup jernih, banyak pengunjung yang akhirnya tergiur untuk berenang di pantai ini. Kamu juga bisa berenang di sini, asalkan tetap waspada dengan kondisi ombaknya.

Pahami dengan baik bagaimana kondisi ombak yang ada di pantai, sehingga kamu bisa berenang dengan aman. Meskipun ingin berenang, sebaiknya gunakan jaket keselamatan selama ada dalam air.

Rute Menuju Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Rute menju lokasi Pantai NGliyep
@adlemmadridistas

Nah, bagi kamu yang tertarik untuk melihat keindahan Pantai Ngliyep, caranya super mudah dan gampang.

Meski lokasinya lumayan jauh dari kota Malang, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat tanpa hambatan.

Lokasi Pantai Ngliyep ini berada di Desa Kedung Salam, Malang, Jawa Timur. Kamu bisa menggunakan Google Maps untuk jalan menuju lokasi.

Tingkat akurasi maps mencapi 99.9% kok. Jadi kamu tidak perlu khawatir nyasar nantinya.

  • Alamat: Desa, Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65167
  • Peta: View on Google Maps

Harga tiket masuk Pantai Ngliyep:

Adapun biaya tiket pantai Ngliyep adalah sebagai berikut :

Harga tiket masukRp 15.000
Biaya parkir mobilRp 5.000
Biaya parkir motorRp 2.000

Hanya dengan harga tiket hanya Rp 15.000 saja, kamu bisa menikmati spot wisata paling menarik yang terletak di kabupaten Malang Selatan ini. Termasuk camping di lokasi, jika kamu punya peralatan kemah sendiri ya.

Saran Liburan Ke Pantai Ngliyep

Boleh-boleh saja menikmati segala hal yang ada di pantai Malang yang satu ini. Namun ada baiknya kamu tahu beberapa hal yang disarankan saat liburan ke pantai indah ini.

Apa saja itu? Berikut ini detailnya:

1. Selalu Gunakan Pelampung Saat Berenang

Dalam kondisi yang baik, kami mungkin akan diperbolehkan untuk berenang di pantai ini. Namun tidak ada yang tahu jika secara tiba-tiba kondisi ombak menjadi bahaya. Apalagi pantai ini masih kental dengan mitos pantai selatan.

Sehingga banyak orang percaya bahwa berenang di pantai ini bisa jadi berbahaya. Namun hal ini juga bergantung pada kepercayaan setiap pengunjung.

Yang jelas, demi keamanan gunakan selalu baju pelampung saat bermain air lautnya.

2. Tidak Memakai Baju Berwarna Hijau

Kamu pastinya sudah tak asing dengan mitos pakaian hijau saat ke pantai selatan bukan? Pantai ini masih kental dengan kepercayaan mistis Nyi Roro Kidul.

Banyak pengunjung yang menghindari berpakaian warna hijau saat berkunjung ke sini.

Meskipun begitu, tidak ada paksaan untuk hal ini karena bergantung pada kepercayaan masing-masing. Jika ingin cari amannya, kamu bisa pakai baju berwarna lain untuk menghindari jadi pusat perhatian para pengunjung.

3. Selalu Membawa Perlengkapan Obat Pribadi

Saran ini merupakan saran umum yang bisa diaplikasikan dimanapun. Kamu bisa membawa obat pribadi yang sesuai dengan kebutuhan.

Obat-obatan ringan juga perlu di bawa untuk antisipasi jika ada yang jatuh saat bermain di sekitar pantai.

4. Ketahui Rute Terbaik

Tentu saja sebelum pergi ke pantai ini, kamu harus tahu bagaimana rute yang harus dilalui agar sampai ke pantai. Hal ini karena tidak semua pantai punya rute mulus yang bisa dilewati dengan kendaraan pribadi.

5. Jaga Sopan Santun Selama di Pantai

Menjaga sopan santun dan tidak laku adalah kewajiban bagi semua orang yang berkunjung ke suatu tempat. Di dunia ini tidak hanya manusia yang menempati setiap sudut tempat wisata. Ada makhluk Tuhan lain yang juga menempatinya.

Maka menjaga sopan santun dan perilaku selama di pantai ini adalah sangat penting. Hal ini juga demi keamanan kamu sendiri.

Jangan buang sampah sembarangan, dan jangan merusak alam sesukanya. Bahkan saat camping di sekitar pantai, jaga diri agar tidak terlalu ramai hingga larut malam.

Pantai Ngliyep memang dikenal sebagai pantai indah yang ada di Malang. Pantai ini masih tergolong sebagai pantai laut selatan. Kepercayaan mistisnya masih cukup kental, namun tetap ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Meskipun sudah banyak pengunjung, keasrian dan keindahan pantai ini tetap layak dinikmati. Jika kebetulan kamu ada di Malang, jangan lupa untuk berkunjung ke pantai yang satu ini.

Dijamin kamu akan betah berlama-lama di pantai ini. Harga tiketnya juga tidak mahal, sehingga sangat cocok jadi destinasi liburan bersama teman dan keluarga.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar