Serum Scarlett Acne Tidak Boleh Dipakai Bersamaan dengan Apa? Cek Disini!

Apakah serum Scarlett bisa dicampur dengan skincare lain? Apakah kamu tahu serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan bahan kandungan skincare berikut?

Jangan sampai digunakan bersamaan ya, nanti muka kamu malah jadi breakout!

Yuk, simak list bahan kandungan skincare berikut yang tidak cocok digunakan bersamaan dengan serum Scarlett Acne series.

Awal Ketenaran Scarlett

Scarlett Acne Serum

Serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan bahan kandungan apa saja? Sebelum memasuki pembahasan tersebut, mari mengenal brand Scarlett lebih dekat.

Scarlett by Felicya Angelista adalah salah satu brand skincare yang sedang hype dan sering viral saat ini.

Baca juga: 10 Ciri-Ciri Cocok Memakai Cream Wajah, Pastikan Kamu Tahu!

Awal ketenaran Scarlett dimulai dari produk body lotion dengan bau harum yang dapat tahan lama hingga berjam-jam, bahkan ketika sudah dibilas dengan air pun baunya masih tercium.

Body lotion Scarlett bertajuk brightening fragrance body lotion memiliki 5 varian wangi yang bisa kamu pilih. Charming, Fantasia, Freshy, Romansa, dan varian wangi terbaru yakni Jolly. Selain itu, produk body care Scarlett lainnya juga banyak diminati.

Melihat antusias para konsumen yang kian membludak, Scarlett pun memanfaatkan situasi ini dengan mengeluarkan produk skincare, yakni serum. Terdapat 5 jenis serum yang dirilis oleh Scarlett.

  • Serum Scarlett Brightly Ever After (untuk mencerahkan).
  • Serum Scarlett Acne (untuk mengatasi jerawat).
  • Serum Scarlett Glowtening (mencerahkan sekaligus glow up).
  • Serum Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract (menyamarkan noda hitam dan hiperpigmentasi).
  • Serum Scarlett Smoothing Retinol (menghaluskan dan meratakan tekstur wajah).

Sama seperti produk body care Scarlett, produk serum ini pun juga banyak diminati dan disukai oleh para konsumen setianya. Tak jarang, produk serum ini harus restock berkali-kali untuk memenuhi keinginan para konsumen.

Untuk hasil yang maksimal, apa bolehkah menggunakan 2 serum Scarlett sekaligus? Mari cari tahu jawabannya pada poin pembahasan berikut ini!

Baca juga: 10 Manfaat Serum Scarlett Whitening Untuk Kesehatan Wajah

Cara Menggunakan Serum

Serum merupakan salah satu step penting dalam melakukan skincare routine. Serum berperan sebagai booster dan vitamin utama untuk wajah dengan masalah tertentu. Lalu, serum Scarlett Acne digunakan kapan saja?

Jika kamu ingin wajah tampak lebih cerah, kamu bisa masukan serum Scarlett Brightly Ever After atau Glowtening ke dalam steps skincare routine sehari-hari kamu.

Serum digunakan setelah menggunakan toner atau setelah menggunakan essence dan serum ampoule. Teteskan serum langsung di wajah atau aplikasikan dengan menggunakan tangan. Pijat lembut dengan gerakan memutar ke arah luar.

Cukup mudah bukan? Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan serum dua kali sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur.

Bolehkah menggunakan 2 serum Scarlett sekaligus? Boleh saja, namun ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika menggunakan serum dengan bahan aktif tertentu.

Pentingnya Memperhatikan Ingredients pada Skincare

Serum adalah booster yang bisa menjadi solusi atas kondisi masalah pada wajah kamu. Maka dari itu, serum mengandung bahan-bahan aktif yang dapat bekerja secara efektif dan cepat untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah kamu.

Namun perlu diingat bahwa ada beberapa kandungan bahan aktif pada produk skincare yang tidak boleh digunakan secara bersamaan.

Hal ini dikarenakan bahan-bahan aktif tersebut akan saling bereaksi, sehingga akan menimbulkan permasalahan baru pada wajah yang disebut dengan istilah breakout.

Jangan sampai, niat ingin kondisi wajah jadi lebih sehat dan glowing namun malah menjadi rusak akibat memakai kandungan bahan aktif skincare dalam waktu yang bersamaan.

Apakah serum Scarlett bisa dicampur dengan skincare lain? Serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan bahan apa saja? Berikut ini daftar bahan skincare yang tidak boleh digunakan secara bersamaan dengan serum Scarlett Acne series.

1. Retinol

Serum retinol

Serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan retinol. Mengapa demikian? Karena serum Scarlett Acne memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, dan vitamin C tidak dapat digunakan bersamaan dengan retinol di waktu yang sama.

Hal ini dikarenakan bahan aktif vitamin C dan bahan aktif retinol bekerja pada kondisi pH kulit yang berbeda.

Vitamin C digunakan pada kondisi pH kulit wajah yang lebih rendah (asam), sedangkan bahan aktif retinol digunakan pada saat kondisi pH kulit wajah tinggi (basa).

Jika kedua bahan aktif ini digunakan secara bersamaan, maka efek samping Scarlett Acne serum menjadi tidak bekerja secara optimal. Sehingga kandungan vitamin C pada serum Scarlett Acne tidak dapat mengatasi jerawat dengan efisien.

Inilah mengapa, serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan serum Scarlett Smoothing Retinol pada waktu yang sama.

Tips penggunaan : Jika kamu ingin dan membutuhkan bantuan retinol untuk mengatasi permasalahan pada kulit wajah kamu, kamu bisa menggunakan serum Scarlett Acne di pagi hari, dan kemudian serum Scarlett Smoothing Retinol di malam hari.

Atau kamu juga bisa menggunakan serum tersebut dengan cara sebaliknya. Namun menggunakan retinol akan lebih efektif jika digunakan di malam hari. Kamu tetap dapat merasakan efek baik dari kedua jenis serum Scarlett tersebut dengan maksimal.

2. AHA/BHA

Alpha Hydroxy Acid

Selanjutnya, serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan bahan aktif AHA/BHA. Entah itu Brand apapun, Apakah Ms-Glow ataupun Garnier kamu wajib mengeceknya.

Apa itu AHA dan BHA?

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) adalah kandungan bahan aktif pada skincare yang dapat mengatasi permasalahan kulit berjerawat, serta menghilangkan bekasnya.

Lalu mengapa tidak boleh digunakan secara bersamaan bila keduanya diperuntukan untuk masalah jerawat? Karena AHA/BHA akan menghambat kinerja vitamin C jika digunakan dalam waktu yang bersamaan.

AHA/BHA dapat mempengaruhi pH dari kandungan vitamin C pada serum Scarlett Acne, sehingga antioksidan pada vitamin C tersebut menghilang karena pengaruh reaksi AHA/BHA.

Jika kedua kandungan bahan aktif tersebut digunakan secara bersamaan, maka akan memberikan efek samping Scarlett Acne serum yaitu kulit menjadi iritasi dan makin rewel.

Itulah mengapa kedua bahan kandungan aktif tersebut tidak cocok digunakan secara bersamaan.

Tips Penggunaan : Kamu bisa menggunakan produk skincare yang mengandung AHA/BHA dan serum Scarlett Acne secara bergantian, sama seperti tips penggunaan sebelumnya.

Namun, lebih baik jika kamu mengatasi permasalahan jerawat terlebih dahulu dengan serum Scarlett Acne. Setelah sembuh total, barulah beralih ke serum atau produk skincare yang mengandung AHA/BHA.

3. Niacinamide

Niacinamide adalah kandungan skincare yang paling disukai

Niacinamide adalah kandungan skincare yang paling disukai. Namun, sayangnya serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan niacinamide.

Hal ini dikarenakan kedua bahan aktif tersebut saling berlawanan sehingga saling mengurangi efektifitas kinerja bahan aktif tersebut. Jika keduanya digunakan secara bersamaan, maka kamu tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan.

Malah kamu akan mendapatkan efek samping Scarlett Acne serum yakni kulit menjadi kemerahan dan menjadi tidak sehat.

Inilah mengapa serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan serum Scarlett Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract di waktu yang sama.

Tips Penggunaan : Sama seperti tips sebelum-sebelumnya, gunakan Scarlett Acne dengan skincare atau serum yang mengandung niacinamide secara bergantian, pagi dan malam.

Niacinamide bagus digunakan pada pagi hari, dan jika digunakan pada malam hari pun juga akan tetap bekerja secara efektif.

4. Benzoil Peroksida

Kandungan bahan aktif yang terakhir dan tidak bisa digunakan bersamaan dengan serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan benzoil peroksida. Apa itu benzoil peroksida?

Benzoil peroksida (Benzoyl Peroxide) adalah kandungan skincare yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat, namun dengan pemakaian dari luar. Bahan aktif ini bisa dengan mudah ditemui pada skincare dengan tajuk acne series, dan obat totol jerawat.

Vitamin C tidak boleh digunakan bersamaan dengan benzoil peroksida, karena efek dari vitamin C tidak akan bekerja secara maksimal. Efek dari kandungan benzoil peroksida akan mengoksidasi vitamin C sehingga tidak cocok di kulit wajah.

Efek samping Scarlett Acne serum yang digunakan secara bersamaan dengan benzoil peroksida dapat merusak kulit, terlebih dengan tipe kulit wajah yang sensitif. Hindari penggunaan kedua bahan aktif ini di waktu yang bersamaan.

Tips Penggunaan : Karena keduanya berkhasiat untuk menyembuhkan dan mengatasi jerawat, sebaiknya hanya menggunakan salah satunya saja. Pilih salah satu, misal serum Scarlett Acne. Cukup gunakan serum tersebut hingga jerawat sembuh.

Ingat untuk selalu mengecek dan membaca kandungan ingredients pada suatu skincare product untuk menghindari kerusakan pada wajah.

Contohnya, benzoil peroksida ini yang tidak ramah dengan kulit wajah sensitif.

Sekian pembahasan mengenai efek samping Scarlett Acne serum karena serum Scarlett Acne tidak boleh dipakai bersamaan dengan kandungan bahan aktif retinol, AHA/BHA, niacinamide, dan benzoil peroksida. Semoga bermanfaat dan Salam cantik!

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar