Mengenal Apa Itu Risiko Usaha? Pengertian, Jenis, & Cara Identifikasinya

Apa saja risiko usaha? Menjadi seorang pengusaha adalah impian banyak orang. Usaha yang dijalankan bisa dimulai dari yang kecil sampai berkembang menjadi usaha yang menguntungkan. Sehingga banyak orang mencoba peruntungannya untuk membangung sebuah usaha atau bisnis agar mendapat banyak untung.

Meskipun begitu, membangun usaha tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang harus diperhitungkan untuk memulainya. Membangun bisnis juga harus memperhitungkan risiko. Karena dalam membangun bisnis, risiko adalah hal yang tidak bisa dihindari. Lantas, apa saja jenis risiko tersebut? Simak selengkapnya di sini!

Pengertian Risiko Usaha

Sebagai seorang wirausahawan, wajib hukumnya untuk mengenali apa itu risiko dalam bisnis. Dalam membangun suatu bisnis pasti ada yang namanya risiko. Hal tersebut tidak bisa dihindarkan, apalagi untuk Anda yang membangun usaha dari nol. Maka dari itu, wirausahawan harus jeli agar bisa mengatasi risiko tersebut.

Risiko usaha sendiri adalah sebuah hasil usaha yang menunjukan kerugian dan berbagai masalah yang terjadi dalam jangka waktu yang tidak bisa diprediksi. Masalah tersebut bisa dimulai dengan masalah kecil yang luput dari pandangan atau masalh besar yang tiba-tiba muncul tanpa perkiraan apapun.  

Risiko bisnis bisa muncul kapan saja tanpa diprediksi. Beberapa risiko bahkan bisa muncul dari hal yang terlihat sepele sampai ke hal yang sangat rumit. Hal-hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya riset dan manajemen sistem yang berantakan. Sehingga usaha dapat mengalami kerugian yang cukup signifikan. 

Bahkan, ketika seorang wirausahawan tidak memperhitungkan risiko dengan baik dan terperinci untuk membangun suatu bisnis. Maka, tidak hanya kerugian yang menimpanya. Peluang terjadinya kebangkurutan juga akan semakin besar.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                

Jenis-Jenis Risiko Usaha

Selain pengertian risiko, wirausahawan juga harus mengetahui mengenai jenis-jenis risiko untuk memprediksi dan mempersiapkan jika suatu saat hal tersebut benar-benar terjadi. Nah, untuk meminimalisir terjadinya kerugian, mari pahami beberapa jenisnya lewat penjelasan berikut ini:

1. Risiko Finansial

Salah satu yang paling utama dalam berwirausaha adalah menghadapi risiko finansial. Jika, risiko ini terjadi terus-terusan, maka kerugian yang cukup besar tidak bisa dihindari lagi. Risiko finansial adalah satu risiko yang berhubungan erat dengan kondisi keuangan suatu perusahaan.

Risiko ini adalah salah satu risiko bisnis yang kemungkinan akan terjadi jika pengaturan permodalan dan pendapatan Anda kurang tepat. Sehingga dapat menghambat lajunya perkembangan suatu usaha. Umumnya, cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan penjualan dan mendapatkan investor.

Pebisnis sendiri wajib memikirkan bagaimana cara agar tingkat penjualan mereka tidak menurun. Serta memiliki strategi untuk menarik perhatian investor agar bersedia mendukung bisnisnya.

2. Risiko Perusahaan 

Jika suatu perusahaan sudah cukup besar, maka kerja sama dengan perusahaan lain demi melakukan ekspansi adalah satu hal yang sangat diperlukan. Tujuannya, tentu untuk mengembangkan usaha. Dalam hal ini, perusahaan akan mendapat banyak benefit untuk meningkatkan tingkat penjualan produk.

Namun, hal tersebut umumnya tidak jauh dari risiko perusahaan. Risiko perusahaan sendiri adalah sebuah risiko usaha yang akan mempengaruhi keberlangsungan suatu perusahaan. Ini bisa berdampak langsung kepada nilai saham yang ada dalam perusahaan.

Oleh karena itu, dalam melakukan ekspansi bisnis yang cukup besar, maka pengusaha harus tetap dapat menjaga kualitas produknya untuk menghindari dampak buruk yang ditimbulkan. Jika, tidak dihindari dari awal, maka akan menjadi sebuah masalah untuk perusahaan dalam berkembang.

3. Risiko Operasional

Dalam sebuah perusahaan, ada bagian yang bernama operasional perusahaan. Bagian operasional perusahaan biasanya berisi Sumber Daya Manusia (SDM), produksi, penerapan kebijakan, dan sebagainya. 

Operasional perusahaan sendiri merupakan bagian dari perusahaan yang berperan untuk mengembangkan usaha agar lebih maju dan besar. Namun, di dalam bagian operasional ini juga bisa mengalami risiko operasional.

Risiko ini muncul ketika bagian dari operasional perusahaan tidak melakukan peran dan fungsinya dengan baik. Misalnya, tidak memiliki inovasi, SDM yang kurang pengalaman, hingga pengambilan keputusan yang salah.

Karena itu, sebagai seorang pemimpin perusahaan, Anda harus memperhatikan setiap lapisan divisi agar bekerja dengan kompeten. Sehingga setiap target dapat tercapai dan terhindar dari risiko yang berdampak buruk pada kelangsungan bisnis. 

4. Risiko Permodalan

Membangun sebuah bisnis harus memiliki modal yang cukup untuk segala keperluan dalam mendirikan sebuah usaha. Modal adalah aspek penting untuk membangun sebuah usaha. Umumnya, modal bisa berasal dari kantong pribadi atau bekerja sama dengan orang lain.

Namun, modal yang ada juga bisa menjadi sebuah risiko jika penjualan tidak meningkat dan malah menyebabkan kerugian. Jika usaha yang dibangun tidak kunjung mengalami peningkatan, maka akan sangat sulit untuk mengembalikan modal awal.

Jika kondisi ini tidak kunjung pulih, maka wirausahawan akan kehabisan modal untuk terus menjalankan suatu usaha. Seorang wirausaha harus memperhatikan risiko ini. Karena jika tidak, usaha yang mereka jalankan bisa berhenti di tengah jalan karena kehabisan modal dan tidak ada pemasukan sama sekali. 

5. Risiko Pesaing

Dalam membangun sebuah usaha, maka faktor lain yang pasti menyertainya adalah pesaing. Persaingan dalam bisnis adalah sebuah hal yang normal. Namun, jika tidak mampu bersaing, suatu perusahaan akan mengalami kerugian karena kurangnya inovasi sehingga pembeli tidak tertarik dengan produknya lagi.

Risiko pesaing merupakan risiko usaha yang pasti dihadapi oleh setiap pemilik bisnis. Sebab, setiap usaha pasti memiliki pesaing tersendiri. Perusahaan harus terus mengeluarkan inovasi baru agar bisa bersaing di tengah maraknya inovasi baru yang dikeluarkan kompetitor. Sehingga mereka tidak kehilangan konsumen.

6. Risiko Teknik

Teknik merupakan suatu elemen penting dalam membuat produk yang berkualitas. Produk berkualitas membuat suatu perusahaan lebih unggul dibanding perusahaan lainnya dan membuat kepercayaan pembeli terhadap perusahaan semakin tinggi. Teknik sendiri umumnya adalah rahasia dapur dari suatu bisnis.

Semakin tinggi kepercayaan pembeli, semakin tinggi pula tingkat penjualan suatu produk. Dengan begitu, risiko teknik juga merupakan salah satu yang tidak bisa dihindarkan oleh perusahaan. Risko teknik sendiri adalah risiko yang terjadi akibat kesalahan produksi yang tidak menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. 

Beberapa cara yang bisa perusahaan lakukan adalah dengan mengecek kualitas alat produksi, memperhatikan kualitas bahan atau material produksi, serta kualitas sumber daya manusiannya.

Cara Identifikasi Risiko Usaha

Agar dapat menghindari risiko yang mungkin bisa terjadi kapanpun, seorang wirausahawan harus tahu bagaimana cara untuk mengidentifikasinya sedini mungkin. Berikut cara mengidentifikasinya:

1. Analisis SWOT

Setiap memulai usaha harus didasari dengan rencana yang matang, salah satu perencanaan yang matang adalah dengan menyusun analisis SWOT. 

Tujuannya agar wirausahawan dapat mengetahui dengan jelas kekuatan dan kelemahan produknya. Sehingga mereka bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menghindari potensi dari risiko.

2. Menemukan Orang yang Kompeten

Demi membuat suatu usaha lancar, seorang wirausahawan harus menemukan orang yang kompeten untuk membantunya dalam mengembangkan bisnis. Seseorang yang kompeten akan memiliki pengetahuan dan skill yang bisa digunakan demi kemajuan suatu usaha. 

3. Menyusun Rencana Usaha dengan Teliti

Mempunyai rencana yang matang dan sesuai perhitungan akan menghindarkan para wirausahawan dari risiko usaha. Mereka bisa memperkirakan hal yang mengancam keberlangsungan usaha mereka dari rencana yang matang tersebut. 

Coba buat beberapa rencana beserta cara mengatasi risikonya. Lewat perencanaan tersebut Anda bisa mengetahui mana jenis kegiatan yang paling berisiko dan bagaimana cara mengatasinya secepat mungkin.

4. Kualitas Produk

Produk yang dijual harus memenuhi kualitas yang terbaik sehingga pembeli tidak akan kecewa ketika membeli. Sebab, konsumen akan memutuskan untuk membeli lagi atau tidak berdasarkan kualitas produk yang mereka beli. 

Wirausahawan harus melakukan kontrol secara menyeluruh agar setiap produk memiliki kualitas yang tinggi. Lewat hal ini, Anda bisa menghindari risiko penurunan penjualan.

5. Patuh Terhadap Hukum

Dalam mendirikan sebuah usaha, Anda harus memperhatikan hukum yang berlaku. Demi keberlangsungan usaha agar tetap lancar, seorang wirausahawan harus mematuhi hukum. Jika tidak, risiko seperti kehilangan pendapatan akan terjadi sebagai penalti karena tidak mematuhi hukum yang ada.

Sudah Memahami Apa itu Risiko Usaha?

Apapun bisnis yang dijalankan, risiko tidak akan bisa Anda hindari. Mulai dari usaha rumahan atau usaha dengan skala besar. Semuanya memiliki risiko, meskipun umumnya akan berbeda-beda. Maka dari itu, para pelaku atau calon pelaku usaha harus memahami mengenai risiko agar bisnis dapat berjalan dengan lancar.

Umumnya, beberapa faktor penyebab risiko adalah ekonomi tidak stabil, bencana alam, dan perubahan gaya hidup. Karena itu, Anda harus memiliki perencanaan matang untuk menghindari risiko yang bisa saja terjadi. Lakukan inovasi, ikuti trend, jaga kualitas, dan gunakan strategi pemasaran yang tepat untuk mengatasinya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page