Contoh Novel Bahasa Jawa Singkat Disertai Unsur Kebahasaan & Artinya

Tak hanya berbahasa Indonesia, ada juga novel yang menggunakan bahasa Jawa. Apakah kamu sedang membutuhkan contoh novel bahasa Jawa yang singkat? 

Nah, artikel ini akan menyajikan contohnya lengkap disertai dengan unsur kebahasaan dan artinya. Yuk, baca sampai selesai, agar informasi yang kamu peroleh lebih banyak!

Contoh Novel Bahasa Jawa Singkat

Ada banyak sekali novel berbahasa Jawa yang bisa dibaca, seperti: 

  • Rangsang Tuban karya Padmasusastra
  • Krikil-Krikil Pesisir karya Tamsir AS
  • Candhikala Kapuranta karya Sugiarta Sriwibawa
  • Suminar karya Tiwiek SA
  • Srengenge Tengange karya Sunarko ‘Sodrun’ Budiman
  • Untu Hiu karya Asti Pradnya Ratri

Berikut ini contoh novel bahasa Jawa singkat yang berjudul Sumingkir karya Faris Febri Utama. Novel ini memiliki 130 halaman. Oleh karena itu, kami sajikan sinopsis novel tersebut secara singkat. Sehingga, dapat memancing kamu untuk membaca keseluruhan isi novel.

Sumingkir 

Salah sawijining dusun ingkang mapan teng ngisor gunung Kendhil yaiku dusun Sidomukti, tlatah dhusun kasebut teles amarga udan grimis. Warsidi katon kesusu tumuju ing gubug sak pucuking dalan dusun iki lan nuntun pit onthel tuwa sing kebak sayur barang dagangane. Priya iku wes rada tuwa umure nanging durung rabi kuwe mau ngeyupake barang dagangan lan awake dewek saking tumetesing banyu udan saka langit awit subuh.

Jaket ireng lusuh nutui awake Warsidi, banjur disendhekake nang pojokan gubug. Priya mau slonjor kanthi nyawang pit onthel saking almarhum bapake sing wis suwe banget ditimbali dening Gusti Allah. Pit iku ngibarat wis dadi seksi lika-liku ning urip kang dilakoni Warsidi sak kulawarga. Menawi urip dadi wong mlarat kuwe mrana mrene ora kajen. Nadyan kados niku, Warsidi mboten pernah rumangsa cilik atine.

Sanadyan dheweke durung tuwa banget, ananging dheweke ora tamat SMP. Warsidi duwe rupo bagus, dheweke wis ora mikir sekolah nanging mikir priye carane ben adhi-adhine bisa sekola nganti rampung. Nadyan kaya mengkono, nanging Sidi ora tau ngangluh, dheweke tetep sabar lan usaha kanthi nyambut gawe  apa wae sing penting halal.

Mak Onah semaput ing pawon kanthi getih sing ana nang tutuke lan tlapak tangane banjur ditemokake karo Warsidi. Rencana Warsidi arep mbalekake duit sing ditemokake ora sida dilakoni, dheweke banjur nggawa mak Onah ning puskesmas.

Dokter puskesmas wis rampung anggone mriksa mak Onah. “Dospundi kawontenanipun ibu kula, Dok?”, pitakone kanthi mingseg-mingseg. “Ibune sampean gerah TBC Mas. Niki wonten resep, mangga dijupuk teng loket, supaya bisa ndang di unjuk ibune panjenengan, lan bisa ndang mari saking gerahe”. 

Wangsulan saking dokter puskesmas mau nggawe Warsidi tansah sumelang atine. Senadyan ragane katon rekoso, nanging atine Warsidi banget susahe. Kadadeyan kuwe mau ndadekake Sidi kudu golek dhuwit maneh kanggo nebus obat ibune. Nanging, alhamdulilah Warsidi saget nembus obat lan mbayar SPP sekolah adik-adike amarga nemokake dompet lan dikei duit saking sing nduwe dompet.

Sawijining dina Warsidi krungu suara wong wadon njaluk tulung. “Kok kaya ana swara wong wadon njaluk tulung kae sapa ya? ning ndi kae? Lha iki ana pit ning pinggir dalan ngene”, Warsidi sing bali saka dodol sayur ngendhegake pit onthel. Dheweke banjur nututi tipak sing ngarah sajroning kebon tebu. Sidi kaget nyawang ana bocah wadon sing arep dirudapeksa.

“Woy!! Bejad banget lakune sampean-sampean iki!! Yen wani aja karo wong wedok!! Bajingan tengik!!!”, pambengoke Sidi sajak gethem atine. “Kowe sapa? Meh dadi pahlawan ning kene?”, sauté Joni. Kanca-kanca premane Joni banjur melu panas lan ngeculake Tika. Adu kaprigelan gelut ora bisa kasingkirake maneh. Warsidi dikeroyok dening Joni lan preman-preman kang nyatane nggawa gaman landhep. Nadyan mengkono ora dadi masalah kanggo Sidi sing mbiyen tau sinau pencak silat. Joni sak wadya balane kawon.

Wong loro iku banjur mlaku kanthi nuntun pit bebarengan tumuju desa Brajamukti, omahe Tika. Ning omah, bapake Tika nesu-nesu lan ngamuk. Nanging, bu Karman saged nglerem atine bojone kuwe mau. Tika sakluwarga lan Sidi bareng-bareng menyang kantor polisi. Joni lan kanca-kancane jebul wis dadi target sing diincer dening polisi amarga dheweke lan kanca-kancane uga dilaporake mbegal, dodol pil setan lan miras ing dhusun sebelah. Sidi sing wis katon kesel banget banjur bali ning dhusun Sidomukti kekancan pit onthel tuwane. 

Wenih katresnan ora sengaja sumebar ning atine Sidi. Kadadeyan mau gawe mripate priya iku ora bisa merem nadyan awake kesel banget. Sidi kelingan wajah ayune Tika. Dheweke rada gela amarga ora bisa tepungan akeh karo wanodya kang ayu iku.

Ora krasa yen Sidi karo Tika wis sesambungan nganti pirang-pirang taun. Tresna ing antarane priya lan wanita iku thukul ijo royo-royo. Sidi lan Tika dadi luwih asring ketemu, dolan lan guyon bebarengan. Lumrahe wong sing lagi kasmaran, donya rasane kaya duweke wong loro. Dina-dinane Sidi sing kudu dilakoni kanthi rekasa dodol sayur kanggo uripe dheweke, ibu lan adhi-adhine dadi ora krasa rekasane merga kairing tresnane marang Tika. Meneng-meneng Warsidi nyelengi dhuwit kanggo ngrabi wanodya sing dadi pepujaning atine iku.

Tresnaning bocah loro sing wis kaya dene mimi lan mintuna iku durung kangerten dening pak Karman lan bu  Karman. Mak Onah uga durung ngerti  yen putrane sing dadi sakaning kluwarga iku kaiket dening tali tresna marang anake juragan mbako dhusun Brajamukti.

Ngancik sawijining dina nalika atine Sidi wis ora bisa ngempet apa kang dadi kodrate minangka priya normal. Mak Onah sing lagi nglempit klambine adhi-adhine banjur dicedhaki saprelu diajak rembugan. Sidi arep matur apa sing dadi karepe. Ya…. ngrabi Tika, putrane Pak Karman, juragan mbako dhusun Brajamukti.

Rembuge Sidi lan mak Onah wingi langsung dibacutake kanthi tumindak kaya dene apa sing diwelingake dening para ustadz ustadzah, yen niyatan apik iku kudu enggal-enggal dilakoni. Sidi prei anggone dodol sayur lan dandan nganggo klambi sing paling apik. Mak Onah ibune ora gelem ketinggalan. Dheweke uga dandan ayu ora kaya biasane yen arep nyambut gawe.

Menawa pancen dudu rejekine Sidi. Isuk iku Tika disidang dening pak Karman. Jebule dheweke didhawuhi dening pak Karman supaya rabi karo pengusaha mebel sing sugih tur isih nom.

Swara rembuge pak Karman, bu Karman lan Tika mau jebule keprungu nganti njaba omah. Kamangka, Sidi karo ibune wis ana ngarepan nalika ana rembug mau. Warsidi sing krungu bab iku dadi campur aduk rasaning atine. Dheweke rumangsa diremehake minangka wong lanang, nanging dheweke uga sadhar yen kluwargane iku pancen ora nduwe

Maya lan Ipul wis ngancik diwasa. Maya sing saiki wis lulus SMA wis duwe pemikiran sing rada lumayan. Dheweke nduweni kekarepan ngrewangi mikul ekonomi kluwargane. Bocah iku melas nyawang ibu lan kangmase sing mbiyen kanthi rekasa nyekolahake dheweke lan adhine. Ibune tansaya sepuh, tansaya lara-laranen awake.

Maya ora tegel nyawang kahanan ibune kang kaya mengkono. Kembang kang nembe mekrok iku sida budhal menyang Jakarta. Dheweke melu mbak Surti nadyan kangmas saktemene ora lila. Nanging gandheng atine wis manteb, lan ibune wis mangestoni, bocah iku njangkahake sikile saprelu golek kamukten kang dikarapake. 

Maya senajan cah ayu kuwe mau nyambut  gawe nganti tekun lan saged ngirimi duwit akeh marang mak Onah. Nanging, urip nang kota ora mesti enak. Maya entuk apes, nanging dheweke ora bisa metu gawean amarga kepengen mbantu ekonomi kaluarga. Rupane, Maya wes ora tahan maning manggon ing omahe Arif.

Maya netepake yen dheweke arep mandheg nyambut gawe, lan dheweke bakal bali menyang desane kanthi nanggung apa sing wis dadi aibe. Atine wis manteb. Apa sing bakal dadi omongan warga desane mengko merga kahanane dheweke sing bakal nglairake jabang bayi tanpo bojo wis siap ditampa kanthi legawa lan sareh.

Maya ngucapake salam sinambi mlebu omahe kanthi pasuryan sing katon kesel banget. Maya banjur mlebu neng kamare saprelu nyelehake barang-barange. Sawise nyelehake barang-barange dheweke nindakake apa sing didhawuhake mak Onah, yaiku adus lan turu. 

Sakdurunge Maya turu, dheweke mikir, kepriye carane mangsuli yen mengko ibu lan kangmase takon kenangapa kok dheweke dumadakan mulih. Dheweke uga mikir piye carane ndhelikake jabang bayi sing ana ing njero wetenge.

Wulan wis ganti wulan. Wetenge Maya sing maune durung ketok ngandhut saiki wis rada gedhe. Warsidi sing nggatekake adhi-adhine wiwit ngrasa ana sing ora beres karo Maya. Dheweke nyawang adhine saya suwe wetenge saya gedhe. Pambayune Maya uga katon saya gedhe, kaya dene wong sing lagi ngandhut sing sacara ilmiah bakal ana owah-owahan neng bagiyan iku amarga ngasilake ASI kanggo jabang bayine. Warsidi mung meneng, karo tetep nggatekake kanthi kebak pitakon.

Ing sawijining dina, akhire Warsidi ngerti bapak saking calon bayi nang wetenge Maya. Warsidi banjur metu saka ngomah ninggalake ibu lan adhine wedok sing lagi tangisan ning ruwang tengah. Warsidi durung tau ngamuk nganti kaya mengkono.

Sidi dadi malih sipate wiwit dheweke ngerti yen adhine wedok sing digadhang-gadhang kudu nandang nasib kaya mengkono. Sidi dadi luwih meneng karo ibu lan adhi-adhine. Sak umur-umur uripe, kedadeyan iku minangka kedadeyan sing kapindo sing banget nglarani atine.

Warsidi sing atine kebak emosi wis tekan ing Jakarta. Dheweke nelpon mbak Surti, tanggane sing mbiyen nggawa adhine nyambut gawe ning omah sing kanyatane ngrusak uripe adhi lan kluwargane. Alamat omah sing diwenehi  dening mbak Surti marang dheweke banjur enggal digoleki dununge. Dheweke takon mrana-mrene nganti omah iku kasil katemokake.

Ora wetara suwe Warsidi wis kasil mlebu ana ngomah kanthi gancar. Dheweke banjur kanthi alon-alon goleki ana ngendi wong sing wis gawe atine muntab iku turu. Warsidi kasil nemokake kamare Arif. Nalika mlebu kamar iku dheweke kaget. Warsidi kaget amarga weruh wanita sing dadi gulinge pawongan sing wis ngrudapeksa adhine iku jebule Tika, wong ayu sing mbiyen dadi pepujaning atine. Atine Warsidi tansaya ajur mumur, merga tekan seprene dheweke isih tresno marang Tika.

Ora dinyana-nyana, Warsidi nglakokake kejahatan marang Tika lan Arif.  Banjur satpam-satpam iku banjur nggawa Warsidi menyang kantor pulisi. Maya lan Mak Onah kaget sakwise krungu kandhane pulisi bab kadadeyan sing gawe Sidi dikunjara. Wong loro kuwe mau lemes. Kekarone tangis-tangisan merga ora precaya yen Sidi nglakoni tumindak kang wengis kaya mengkono. Maya lan Mak Onah banjur mlaku ngliwati lorong-lorong kunjara diterke dening pak pulisi. Kunjarane Warsidi ana ing paling mburi, lan ndelalah dheweke mung ning kana dhewekan.

Pak pulisi kaget amarga ning kana Warsidi wis ilang nyawane kanthi nggantung ing jero kunjara. Mak Onah semaput weruh kahanan iku, Maya sing uga kaget lan lemes weruh kahanan iku uga arep melu semaput, nanging nalika ngerti ibune semaput ndhisikan dheweke ora sida semapur lan banjur nulungi Ibune kanthi dleweran luh lan swasana ati sing susah merga wanita sing lagi ngandhut iku kelangan kangmase.

Terjemahan Contoh Novel Bahasa Jawa Sumingkir

Jika kamu masih bingung dan belum memahami arti contoh novel bahasa Jawa yang berjudul Sumingkir di atas, berikut terjemahan dalam bahasa Indonesianya:

Hujan gerimis melanda wilayah desa Sidomukti, sebuah desa yang terletak di kaki gunung Kendhil. Warsidi tampak tergesa-gesa menggiring sepeda tua gendut yang tampak penuh sayuran dan dagangan itu, menuju gubuk di ujung jalan desa. 

Seorang lelaki tua yang belum pernah merasakan kecantikan seorang istri meneduhkan dirinya dan barang-barangnya dari air yang turun dari langit saat fajar.

Badan Warsidi yang ditutupi jaket hitam lusuh dibaringkan di pojok gubuk. Ia menatap sepeda tua milik mendiang ayahnya yang sudah lama dipanggil Tuhan. 

Lubang itu seperti menjadi saksi banyak hal dalam kehidupan Warsidi dan keluarganya. Hidup sebagai orang susah memang sulit, di sana-sini tidak dihormati orang. Meski begitu, pria itu tidak pernah merasa kecil hati.

Meski usianya belum terlalu tua, ia tidak menyelesaikan sekolah menengah pertama. Pria tampan itu tidak memikirkan sekolah lagi, tapi memikirkan bagaimana caranya menyekolahkan adik-adiknya. 

Walau keadaannya seperti itu, tapi Sidi tidak pernah mengeluh, dia tetap sabar dan berusaha melakukan apapun yang penting halal.

Mak Onah ditemukan tidak sadarkan diri oleh Warsidi di dapur dengan darah di telapak tangan dan mulutnya. Warsidi langsung membawa ibunya ke Puskesmas. Rencana pengembalian uang yang ditemukan di jalan belum dilaksanakan. Ia lalu membawa ibu Onah ke Puskesmas.

Dokter Puskesmas sudah selesai memeriksa ibu Onah. “Bagaimana keadaan ibu saya, Dok?”, tanyanya sambil menghela napas. “Ibumu sakit TB Mas. Saya memberi Anda resep untuk ini, tolong ambilkan dari apotek, sehingga obatnya dapat diberikan kepada ibu Anda, dan dia dapat sembuh dari penyakitnya.”

Jawaban dokter Puskesmas itu membuat Warsidi semakin khawatir. Meski tubuhnya terlihat bagus, tapi hati Sidi sedih. Situasi membuatnya harus mencari uang lebih untuk membuat ibunya sembuh. 

Namun, alhamdulillah Warsidi berhasil menebus resep obat dan membayar biaya sekolah adik-adiknya karena menemukan dompet dan memberikan uang dari pemilik dompet tersebut.

Suatu hari, Warsidi mendengar suara perempuan minta tolong. “Kenapa terdengar seperti ada suara wanita minta tolong? Siapa itu? Kamu ada di mana? Ada sepeda di pinggir jalan sini”, Warsidi yang baru pulang dari berjualan sayur menghentikan sepedanya. 

Dia kemudian mengikuti jalan menuju ke ladang tebu. Sidi terkejut melihat seorang gadis yang akan diperkosa.

“Woy!! Dasar kalian orang-orang brengsek!! Kalo berani jangan sama cewek!! Jahat bajingan!!!”, teriak Sidi dengan amarah di dalam hatinya. 

“Siapa kamu? Mau jadi pahlawan di sini?”, kata Joni. 

Teman-teman preman Joni kemudian ikut panas dan melepaskan Tika. Skill bertarung Warsidi tidak bisa lagi diremehkan. Warsidi dihajar Joni dan preman yang ternyata membawa senjata tajam. Namun, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Sidi yang biasa belajar pencak silat. Joni dan teman-temannya akhirnya kabur.

Keduanya lalu berjalan dengan menggiring sepeda bersama menuju kampung Brajamukti, rumah Tika. Di rumah, ayah Tika marah dan berang. Namun, Ibu Karman mampu menenangkan hati suaminya. 

Keluarga Tika dan Sidi pergi ke kantor polisi bersama. Joni dan teman-temannya rupanya menjadi sasaran polisi, karena dia dan teman-temannya juga dilaporkan merampok, menjual obat terlarang, dan miras di desa tetangga. Sidi yang terlihat sangat lelah kemudian kembali ke desa Sidomukti untuk menemui orang tuanya.

Benih cinta tanpa sengaja menyebar di hati Sidi. Kejadian itu membuat mata pria itu tidak bisa terpejam meski sangat lelah. Sidi ingat wajah cantik Tika. Dia agak kesal karena dia tidak bisa menghabiskan banyak waktu dengan wanita cantik itu.

Tak terasa Sidi dan Tika sudah bertahun-tahun menjalin hubungan. Cinta antara pria dan wanita pun bersemi. Sidi dan Tika semakin sering bertemu, berkunjung, dan bercanda bersama. Wajar bagi orang yang sedang jatuh cinta, dunia terasa seperti milik dua orang. 

Hari-hari Sidi yang harus bekerja keras berjualan sayur untuk menyambung hidup, kini ibu dan adik-adiknya tidak merasakan hasil kerja kerasnya karena cintanya pada Tika. Warsidi diam-diam menabung untuk menikahi wanita pujaan hatinya.

Pak Karman dan Bu Karman belum memahami cinta dua anak yang mirip Mimi dan Mintuna. Mak Onah juga tidak mengetahui bahwa anaknya yang berasal dari keluarga tak berada, terikat tali kasih sayang kepada anak tuan tanah desa Brajamukti.

Itu terjadi suatu hari ketika hati Sidi tidak bisa menahan apa yang menjadi sifatnya sebagai manusia normal. Mak Onah yang sedang melipat baju adiknya menghampiri dan berbicara dengannya. Sidi ingin mengatakan apa yang diinginkannya. Ya…. Tika, anak dari Pak Karman, pemilik kampung Brajamukti.

Diskusi Sidi dan Mak Onah kemarin langsung dilanjutkan dengan bersikap seperti yang diingatkan ustadz ustadzah, bahwa niat baik harus segera dilakukan. Sidi memutuskan untuk tidak berjualan dan mengenakan pakaian terbaiknya. 

Ibunda Mak Onah pun tak mau ketinggalan. Dia juga berdandan seperti biasa saat pergi bekerja.

Hari itu benar-benar bukan keberuntungan bagi Sidi. Pagi itu, Tika disidang oleh Pak Karman. Ternyata ia disuruh oleh Pak Karman untuk menikah dengan seorang pengusaha mebel yang kaya dan muda.

Percakapan Pak Karman, Bu Karman, dan Tika terdengar sampai ke luar rumah. Namun, Sidi dan ibunya sudah ada saat diskusi. Warsidi yang mendengarnya menjadi campur aduk di hatinya. Dia merasa terhina sebagai laki-laki, tetapi dia juga menyadari bahwa keluarganya benar-benar tidak memiliki apa-apa.

Maya dan Ipul sudah dewasa. Maya yang kini telah lulus SMA memiliki pemikiran yang cukup masuk akal. Ia memiliki kemauan untuk membantu menghidupi perekonomian rumah tangga. 

Anak laki-laki itu merasa kasihan pada ibu dan saudara laki-lakinya yang dulu berusaha keras mendidik dia dan saudara perempuannya. Ibunya semakin tua, dia semakin sakit.

Maya tidak tega melihat kondisi ibunya seperti itu. Bunga yang baru mekar hendak berangkat ke Jakarta. Ia pergi bersama Ibu Surti, namun tidak lama kemudian ia menjadi saudaranya. 

Namun hatinya kuat, dan ibunya telah menerimanya, sang anak merentangkan kakinya seperlunya untuk menemukan kebenaran yang diinginkannya.

Meskipun Maya adalah seorang gadis cantik, dia bekerja keras dan mampu mengirimkan banyak uang untuk ibu Onah. 

Namun, kehidupan di kota tidak selalu menyenangkan. Maya tidak beruntung, tapi dia tidak bisa keluar dari pekerjaannya, karena ingin membantu perekonomian. Rupanya, lambat laun Maya tak tahan tinggal di rumah Arif.

Maya memutuskan bahwa dia akan berhenti bekerja, dan dia akan kembali ke desanya dengan membawa apa yang telah menjadi aibnya. Hatinya percaya diri. Apa jadi perbincangan warga desa nanti karena kondisi dirinya yang akan melahirkan bayi tanpa suami sudah siap diterima dengan sukacita dan kasih sayang.

Maya memasuki rumahnya dengan raut wajah yang sangat lelah. Maya kemudian masuk ke kamarnya untuk meletakkan barang-barangnya. Setelah membereskan barang-barangnya, ia melakukan apa yang disuruh ibu Onah, yaitu mandi dan tidur.

Sebelum Maya tidur, dia memikirkan bagaimana menjawab jika nanti ibu dan kakaknya bertanya mengapa dia pulang tiba-tiba. Dia juga berpikir bagaimana menyembunyikan janin di dalam perutnya.

Bulan berganti bulan. Perut Maya yang sebelumnya tidak terlihat jelas, kini sedikit lebih besar. Warsidi yang memperhatikan adik-adiknya mulai merasa ada yang tidak beres dengan Maya. 

Dia menatap adiknya saat perutnya membesar. Payudara Maya juga terlihat semakin membesar, seperti halnya wanita hamil yang secara ilmiah akan mengalami perubahan pada bagian tersebut karena sedang memproduksi ASI untuk janinnya. Warsidi hanya diam, masih memperhatikan penuh pertanyaan.

Suatu hari, Warsidi akhirnya mengetahui ayah dari calon bayi di perut Maya. Warsidi lalu keluar rumah meninggalkan ibu dan adik perempuannya yang menangis di ruang tengah. Warsidi tidak pernah semarah ini.

Tingkah laku Sidi berubah saat menyadari bahwa adik perempuannya yang ia sayangi harus mengalami nasib seperti itu. Sidi semakin pendiam dengan ibu dan adik-adiknya. Semasa hidupnya, kejadian itu merupakan kejadian kedua yang sangat melukai hatinya.

Warsidi yang hatinya penuh emosi telah tiba di Jakarta. Dia menelepon Ibu Surti, tetangga yang telah membawa adiknya bekerja di rumah orang kaya, yang justru merusak kehidupan adik dan keluarganya. Alamat rumah yang diberikan Ibu Surti kepadanya langsung dicari. Dia bertanya-tanya sampai dia menemukan rumah itu.

Tak lama berselang, Warsidi berhasil masuk ke rumah tersebut. Dia kemudian perlahan mencari di mana orang yang telah membuat hatinya tidak enak sedang tidur. 

Warsidi berhasil menemukan kamar Arif. Sesampainya di kamar ia terkejut. Warsidi kaget melihat wanita yang menjadi istri pria yang memperkosa adiknya itu adalah Tika, wanita cantik yang pernah menjadi pujaan hatinya. Hati Warsidi semakin resah, karena sampai saat ini ia masih mencintai Tika.

Tak disangka, Warsidi melakukan kejahatan terhadap Tika dan Arif. Lalu satpam membawa Warsidi ke kantor polisi. Maya dan Mak Onah kaget setelah mendengar apa yang dikatakan polisi tentang kejadian yang menjebloskan Sidi ke penjara. 

Keduanya lemas tak berdaya. Keduanya menangis karena tidak percaya Sidi telah melakukan hal seperti itu. Maya dan Mak Onah kemudian berjalan melewati koridor penjara diikuti oleh polisi tersebut. Penjara Warsidi ada di ujung dan dia sendirian di sana.

Polisi itu terkejut, karena Warsidi telah kehilangan nyawanya dengan gantung diri di dalam penjara. Mak Onah pingsan saat melihat keadaan tersebut, Maya yang juga kaget dan lemas saat melihat keadaan tersebut juga ikut pingsan. 

Namun, saat mengetahui ibunya pingsan, ia tidak merasa kasihan pada dirinya sendiri dan kemudian membantu ibunya dengan berurai air mata. Suasana hatinya sangat sedih, karena ia yang sedang hamil telah kehilangan saudara laki-lakinya.

Unsur Kebahasaan Novel Sumingkir

Secara sederhana, unsur kebahasaan novel merupakan ciri tertentu atau aturan kebahasaan yang melekat pada sebuah karya sastra. Berikut ini analisis unsur kebahasaan dari contoh novel bahasa Jawa berjudul Sumingkir, yaitu:

1. Ungkapan

Pertama, ungkapan yang merupakan gabungan dari beberapa kata serta memiliki makna baru. Sebagai contoh, ungkapan buah hati tidak bisa ditafsirkan secara terpisah antara buah dan hati. Namun, harus ditafsirkan secara bersama yang membentuk makna baru, yaitu anak.

Dalam bahasa Jawa juga ada beberapa ungkapan. Misalnya, ono rego ono rupa yang memiliki makna kualitas barang juga ditentukan oleh harganya. Selain itu, ada juga becik ketitik ala ketara yang bermakna kebaikan dan kejahatan akan terlihat dengan sendirinya.

Sementara itu, ungkapan yang terdapat dalam novel berjudul Sumingkir, diantaranya yaitu:

  • Sanadyan mengkono, priya iku ora prenah rumangsa cilik atine (halaman 4). 

Artinya:

Meski begitu, pria itu tidak pernah merasa kecil hati.

Penjelasan:

Ungkapan cilik atine bukan berarti hatinya memiliki ukuran kecil, tapi gabungan kata tersebut membentuk makna baru, yaitu kecil hati yang memiliki arti takut, hilang keberanian, tersinggung, dan kecewa. 

  • Nanging, isuk kang padhang njingglang lan isih seger dumadakan malih dadi peteng ndhedhet (halaman 18).

Artinya:

Namun, pagi yang cerah dan segar tiba-tiba berubah menjadi kegelapan.

Penjelasan:

Pada kalimat tersebut terdapat dua ungkapan, yaitu padhang njingglang dan peteng ndhedhet. Padhang njinglang maknanya cerah, sedangkan peteng ndhedhet artinya suram.

  • Bocah loro kuwi banjur guneman ngalor ngidul ngetan ngulon (halaman 45).

Artinya:

Kedua bocah itu kemudian berbicara dari utara ke selatan ke barat ke timur.

Penjelasan:

Ungkapan pada kalimat tersebut yaitu ngalor ngidul ngetan ngulon. Gabungkan empat kata itu membentuk makna baru, tepatnya membicarakan banyak hal.

2. Majas

Unsur kebahasaan selanjutnya adalah majas. Gaya bahasa atau majas merupakan kiasan yang digunakan untuk menyampaikan pesan. Penggunaan majas tersebut dapat memberikan efek dan kesan tertentu kepada pembaca.

Dalam bahasa Jawa, ada berbagai macam jenis majas, diantaranya yaitu majas perbandingan, majas pertentangan, majas sindiran, dan majas penegasan. Adapun contoh majas dalam bahasa Jawa, yaitu:

  • Marlina kuwi pancen ayu banget, mergo ora kaget deweke dadi kembang desa Bojongsongo (Majas Metafora).
  • Wingi bengi ombake pada ngamuk,mergo omah-omah padha kegusur (Majas Personifikasi).
  • Nalika ditinggal wong tuane, Siti awit cilik wes adus keringat mergo bisa tahan urip (majas hiperbola).
  • Cah loro kuwe mau kok kaya banyu karo lega, pantes omahe ora tau sepi (majas simile).
  • Wiwit ditinggal wong tuane, Hayati uripe kaya Cinderella (majas alusio).

Sedangkan, beberapa temuan majas dari hasil analisis contoh novel bahasa Jawa Sumingkir adalah sebagai berikut:

  • Priya sing dedeg piadege kaya dene werkudara, praupane tansah sumunar, bagus kaya janaka uga sopan tindak-tanduke iku kudu ngupaya semono rekasane, kanggo uripe dheweke, uripe adhi-adhi lan ibune sing wis sepuh (halaman 3).

Artinya:

Laki-laki yang perkasa seperti werkudara, wajahnya selalu bersinar, dia setampan Janaka dan perilakunya sopan, dia harus berusaha sebaik mungkin, untuk hidupnya, kehidupan saudara-saudaranya dan ibunya yang sudah tua.

Penjelasan:

Kalimat di atas mengandung majas hiperbola, yaitu kalimat yang digunakan untuk mengungkapkan suatu hal secara berlebihan. 

Dalam menggambarkan sosok Warsidi, penulis melukiskan sosok pria tersebut secara berlebihan, yaitu membandingkannya seperti werkudara yang perkasa dan tampan seperti janaka.

  • Srengenge wis jumeneng nata (halaman 8).

Artinya: Matahari telah terbit.

Penjelasan:

Kalimat tersebut menggunakan majas personifikasi yang merupakan kalimat perumpamaan, yaitu menyatakan benda mati seolah memiliki kemampuan seperti manusia atau makhluk hidup.

Kata jumeneng memiliki arti berdiri. Sedangkan, yang hanya bisa berdiri adalah manusia tidak dengan matahari.

  • Guru-guru uga padha wedi yen arep maringi biji elek marang Joni, kamangka bocah iku bijine mung do-re-mi-fa-sol (halaman 29).

Artinya:

Para guru juga takut memberikan nilai jelek kepada Joni, padahal nilai anak itu hanya do-re-mi-fa-sol.

Penjelasan:

Selain majas hiperbola dan personifikasi, novel Sumingkir karya Faris Febri Utama juga mengandung majas satire. Pada contoh kalimat di atas terdapat majas satire yaitu kalimat sindiran yang diungkapkan secara terus terang dengan tujuan untuk mengecam serta menertawakan suatu hal.

Kata yang menjadi penanda majas satire adalah do-re-mi-fa-sol. Kata tersebut dapat menimbulkan kesan atau efek tertentu kepada pembaca. Seperti gelak tawa, perasaan mengejek, atau menertawakan kebodohan Joni di sekolah, karena nilainya jelek yaitu hanya do-re-mi-fa-sol (1-5 saja) .

  • Luhe bocah wadon iku mbrebes mili nelesi swasana isuk sing dumadakan dadi mendhung (halaman 53). 

Artinya: Air mata gadis itu mengalir di suasana pagi yang tiba-tiba mendung.

Penjelasan:

Kalimat di atas mengungkapkan bahwa air mata yang keluar dari perempuan tersebut dapat membuat suasana pagi hari menjadi mendung. Maka, dapat disimpulkan kalimat tersebut mengandung majas hiperbola.

Pasalnya, air mata tersebut digambarkan secara berlebihan oleh penulis, yakni dapat mengubah suasana pagi hari yang cerah menjadi mendung atau dalam artian gelap gulita. Seolah semesta ikut bersedih, karena perempuan itu menangis.

3. Peribahasa

Berikutnya, yaitu peribahasa yang merupakan kalimat atau bisa juga gabungan beberapa kata dan mengandung ajaran hidup, nasihat, atau aturan tingkah laku. Selain itu, bisa juga berisi perumpamaan dan perbandingan.

Contoh peribahasa dalam bahasa Jawa, misalnya kakehan gludug kurang udan (seseorang yang banyak bicara, tetapi tidak pernah memberikan hasil atau bukti).

Sedangkan, peribahasa yang terdapat dalam contoh novel bahasa Jawa Sumingkir adalah sebagai berikut:

  • Urip dadi wong susah paribasan mrana-mrene ora kajen (halaman 4)

Artinya:

Hidup sebagai orang susah, seperti di sana-sini tidak dihormati.

Penjelasan:

Peribahasa yang terdapat dalam kalimat di atas yaitu mrana-mrene ora kajen. Maksudnya, dimanapun berada tidak akan dihormati.

  • Tresnaning bocah loro sing wis kaya dene mimi lan mintuna iku durung kangerten dening pak Karman lan bu Karman (halaman 47)

Artinya:

Pak Karman dan Bu Karman belum memahami cinta dua anak yang mirip Mimi dan Mintuna.

Penjelasan:

Kata yang merupakan peribahasa pada kalimat tersebut adalah mimi lan mintuna. Arti dari peribahasa tersebut adalah dua orang yang selalu bersama dan berjodoh sampai akhir hayat.

Selain itu, Mimi Mintuna adalah sebutan untuk kepiting tapal kuda dalam bahasa Jawa. Sementara itu, dalam filosofi Jawa sebutan tersebut merujuk pada hewan sejoli yang setia dan tak terpisahkan.

4. Kalimat Langsung

Unsur kebahasaan dalam novel bahasa Jawa dengan judul Sumingkir selanjutnya adalah kalimat langsung. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan jenis kalimat ini. 

Secara umum, kalimat langsung bisa diartikan sebagai ujaran atau ucapan yang disampaikan oleh orang lain. Sebagai tanda, biasanya kalimat langsung diapit oleh tanda petik dua.

Bisa dikatakan unsur ini menjadi ciri khas sebuah novel yang memang mempunyai banyak dialog. Bahkan, ada contoh novel bahasa Jawa yang dalam satu halaman hanya berisi sebuah dialog antar tokohnya.

Berikut contoh kalimat langsung yang terdapat pada novel Sumingkir, yaitu:

“Bu… pamit rumiyin, badhe bidhal sadeyan”. “Iya Le…ati-ati ya??, mengko mulih jam pira?”, pitakone mak Onah marang putrane. “Mangkih kados biyasanipun kok Bu, dos pundi?”, “Orapapa, mengko Ibu arep rewang ning daleme bu Tarjo, mengko adhi-adhimu diurusi sik ya Le?”. Sidi nyaguhi dhawuhe mak Onah banjur mangkat dodol sayur.

5. Kalimat Tidak Langsung

Selain menggunakan kalimat langsung, novel juga memakai kalimat tidak langsung. Secara sederhana, kalimat tidak langsung, yaitu sebuah kalimat yang digunakan untuk memberitahukan atau mengucapkan kembali perkataan orang lain.

Sama halnya dengan kalimat langsung, kalimat tidak langsung juga menjadi ciri khas sebuah novel, tak terkecuali novel bahasa Jawa. Adapun contoh kalimat tidak langsung yang terdapat dalam novel Sumingkir adalah sebagai berikut:

Rembuge Sidi lan mak Onah wingi langsung dibacutake kanthi tumindak kaya dene apa sing diwulangake dening para ustadz ustadzah, yen niyatan apik iku kudu enggal-enggal dilakoni (halaman 53).

Penjelasan:

Kalimat tidak langsung pada kutipan di atas melaporkan, menyampaikan, ataupun bisa disebut juga dengan memberitakan kembali peristiwa yang terjadi. 

Dalam kalimat tersebut, Sidi dan Mak Onah mengikuti apa yang disampaikan oleh ustadz dan ustadzahnya, yaitu perbuatan dengan niat baik harus segera dilaksanakan.

Unsur Intrinsik Contoh Novel Bahasa Jawa Sumingkir

Berikut ini analisis unsur intrinsik dari contoh novel bahasa Jawa singkat berjudul Sumingkir, yaitu:

1. Tema

Tema besar dari contoh novel bahasa Jawa berjudul Sumingkir adalah kemiskinan. Novel tersebut menggambarkan penderitaan dan masalah yang menimpa orang miskin datang bertubi-tubi.

Selain itu, digambarkan orang kaya menindas orang miskin seenaknya seperti halnya Arif yang sewenang-wenang kepada Maya dengan jaminan menaikkan gaji. Lebih dari itu, kata sumingkir yang digunakan sebagai judul dalam bahasa Indonesia memiliki arti berpaling atau bisa juga tersingkir. 

Maka, bisa disimpulkan novel tersebut menggambarkan bahwa orang miskin akan tersingkir dari dunia, dalam kata lain dipandang sebelah mata. Di samping itu, orang-orang memilih untuk berpaling dari orang miskin serta tidak peduli.

2. Alur

Alur yang digunakan dalam novel Sumingkir adalah alur maju. Pasalnya, cerita dimulai dari pengenalan tokoh dan situasi yang dialami Warsidi sebagai tokoh utama. Kemudian berbagai konflik menimpa Warsidi. Setelah itu, cerita berakhir dengan matinya Warsidi melalui jalan bunuh diri.

3. Paraga

Paraga merupakan tokoh yang terlibat dalam cerita. Adapun tokoh-tokoh tersebut, yaitu Warsidi sebagai tokoh utama yang memiliki watak protagonis. Selain itu, ada Tika, Maya, dan Mak Onah yang juga memiliki watak protagonis.

Sedangkan, tokoh yang mempunyai watak antagonis adalah Joni dan teman-temannya serta Arif. Hal ini karena keduanya telah berbuat jahat kepada orang lain.

4. Latar

a. Latar Tempat

Analisis latar pertama, yaitu latar tempat yang merupakan lokasi terjadinya sebuah peristiwa dalam cerita. Latar tempat novel Sumingkir berlokasi di desa Sidomukti dan Brojomukti.

b. Latar Waktu

Latar waktu yang digunakan dalam contoh novel bahasa Jawa tersebut, yaitu waktu subuh, pagi hari, siang hari, dan malam hari.

c. Latar Sosial

Berikutnya, yaitu analisis latar sosial yang bisa berupa pandangan hidup, adat istiadat, kepercayaan, atau keyakinan yang dianut masyarakat dalam novel. Nah, novel Sumingkir menampilkan pandangan hidup bahwa orang miskin tidak sepantasnya menikah dengan orang kaya. 

Selain itu, orang miskin juga digambarkan hidupnya selalu susah, meskipun sudah berusaha. Hal ini tercermin dari Warsidi yang bekerja keras berjualan sayur serta Maya yang merantau ke Jakarta, tetapi berujung malapetaka.

5. Gaya Bahasa

Novel Sumingkir kaya akan penggunaan gaya basa atau gaya bahasa seperti majas hiperbola, majas personifikasi, majas satire, dan lain sebagainya. Selain itu, bahasa yang digunakan juga mudah dipahami, karena menggunakan bahasa Jawa ngoko. Sehingga, kaum awam pun tidak kesulitan dalam memahami novel tersebut.

6. Mandat atau Amanat

Selayaknya karya sastra pada umumnya, selalu ada amanat yang ingin disampaikan oleh penulisnya yang terkandung dalam sebuah novel. Sumingkir adalah contoh novel bahasa Jawa yang menggambarkan penderitaan orang miskin yang tidak pernah selesai. 

Bahkan, hingga akhir hayatnya orang miskin sangat dekat dengan kemalangan. Hal ini tergambar dari Warsidi yang akhirnya memilih jalan bunuh diri sebagai bentuk penyelesaian atau solusi atas semua masalah yang menimpa dirinya dan keluarganya. 

Maka, dapat disimpulkan bahwa pesan moral atau amanat novel tersebut adalah kita diajarkan untuk tidak diskriminasi atau bersikap sewenang-wenang kepada orang miskin. Disamping itu, kita harus bisa menahan amarah dan hawa nafsu setan yang dapat merugikan diri sendiri dan juga orang lain. 

Siap Menganalisis Contoh Novel Bahasa Jawa Lainnya?

Itulah contoh novel bahasa Jawa singkat berjudul Sumingkir lengkap dengan unsur kebahasaan, unsur intrinsik, dan juga artinya. Dengan memahami pembahasan novel tersebut, semoga kamu bisa menganalisis novel bahasa Jawa yang lainnya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page