IMC: Tujuan, Peran, Unsur, Implementasi, dan Prosesnya

Dalam dunia bisnis, teknik marketing merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mengembangkan sebuah bisnis. Tak heran jika banyak sekali teknik marketing yang berkembang saat ini. Salah satu teknik marketing yang populer sekarang adalah IMC atau Integrated Marketing Communication. Yuk, simak lebih dalam!

Apa Itu IMC dalam Bisnis?

Integrated Marketing Communication dalam bahasa Indonesia lebih dikenal dengan istilah komunikasi pemasaran terpadu. Jenis pemasaran ini berfokus pada cara mengkomunikasikan suatu brand atau merek kepada konsumen secara selaras di semua saluran komunikasi.

Integrated Marketing Communication juga bisa Anda definisikan sebagai konsep dalam sebuah perusahaan untuk melaksanakan suatu promosi secara mendetail dan hati-hati. Khususnya dalam mengkoordinasikan saluran komunikasinya. Harapannya, dengan hal ini, pemasaran bisa terjadi secara merata dan konsisten.

Tujuan dan Peran Pelaksanaannya dalam Bisnis

IMC dalam Bisnis
IMC dalam Bisnis | Image Source: Pexels

Setelah memahami tentang apa itu pengertian Integrated Marketing Communication, selanjutnya Anda akan mempelajari apa saja peran dan tujuannya dalam dunia bisnis. Berikut adalah penjelasannya:

1. Peningkatan Keunggulan Kompetitif

Lewat pendekatan kemanusiaan, Integrated Marketing Communication dapat memperkuat ikatan loyalitas konsumen. Sekaligus memberi perlindungan untuk mereka dari berbagai kompetisi bisnis yang tak terkalahkan. 

Menjaga loyalitas konsumen akan menjadikan bisnis Anda memiliki kekuatan kompetitif daripada milik kompetitor.

2. Meningkatkan Penjualan

Ketika mengintegrasikan semua alat promosi yang sebuah brand miliki, IMC dapat membantu meningkatkan penjualan. Sebab, pesan yang konsisten memiliki peluang lebih tinggi ketimbang memberi banyak pesan sekaligus dengan informasi terputus-putus.

Karena itu, pemilik bisnis harus dengan memastikan semua alat komunikasi dan promosi bekerja lebih baik. Sehingga dapat saling terhubung, terintegrasi, dan bekerja secara harmonis.

3. Menciptakan Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan adalah hal yang penting dalam pengembangan sebuah bisnis. Melalui strategi Integrated Marketing Communication, para pelanggan dapat turut berkontribusi dalam menentukan bagaimana pesan bisnis tersampaikan. Sehingga hasilnya pun akan positif. 

9 Unsur dalam IMC

Dalam pelaksanaannya, Integrated Marketing Communication memiliki beberapa unsur penting yang perlu Anda ketahui. Unsur-unsur ini akan membantu membangun bisnis melalui dengan mudah. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa unsurnya:

1. Iklan

Unsur dalam Integrated Marketing Communication pertama adalah iklan. Seperti yang Anda ketahui, iklan merupakan media promosi secara visual yang biasanya brand lakukan melalui media digital maupun cetak. Dengan adanya iklan ini, audiens akan lebih mudah memahami produk atau jasa pada bisnis Anda.

2. Direct Marketing

Selain pemasaran melalui media cetak dan digital, cara konvensional dengan pemasaran langsung masih menjadi salah satu cara jitu untuk menarik pelanggan dalam IMC. Anda dapat melakukan direct marketing lewat komunikasi langsung dengan pelanggan di lapangan.

3. Pemasaran Interaktif

Seiring dengan berkembangnya zaman, strategi pemasaran juga semakin berkembang. Salah satu cara untuk menarik pelanggan pada saat ini adalah memperbanyak pemasaran interaktif. Pemasaran interaktif melalui media digital bisa Anda lakukan dengan mengadakan undian hingga melakukan live shopping. 

4. Promosi dalam Penjualan

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa semua promosi dalam penjualan akan menarik banyak calon pembeli. Anda dapat mengadakan promosi dalam sebuah penjualan ketika terdapat event tertentu. Semakin besar promosi yang Anda tawarkan, tentu akan semakin banyak menarik minat pembeli.

5. Public Relation

Dalam menjaga eksistensi sebuah bisnis atau usaha, unsur IMC berupa hubungan dengan konsumen atau masyarakat merupakan hal penting. Hubungan baik yang Anda ciptakan dengan konsumen akan membawa bisnis semakin melejit. Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan melalui media sosial atau secara langsung.

6. Word of Mouth Marketing

Istilah word of mouth marketing mengacu pada kemampuan seseorang untuk mempromosikan produk lewat kata-kata yang dapat menghasut orang lain ikut membeli. 

Umumnya, unsur ini terjadi secara perorangan oleh pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli produk dan ingin menyampaikan pengalamannya.

7. Event of Experience

Event of experience mengacu pada kegiatan perusahaan untuk turut serta mensponsori dan berpartisipasi pada suatu acara. Biasanya acara ini terselenggara oleh lembaga atau komunitas tertentu. Dengan cara ini, sebuah bisnis akan mendapatkan banyak manfaat dari segi promosi.

8. Point of Purchase Communication

Unsur IMC yang satu ini mengacu pada komunikasi ketika pembeli melakukan transaksi di tempat tersebut. Seorang penjual harus melayani pelanggan dengan komunikasi yang baik agar menampakkan kesan yang baik pula pada bisnisnya. Selain itu, tata letak, poster, dan sebagainya juga memengaruhi unsur ini.

9. Personal Selling

Penjualan secara personal atau personal selling pada Integrated Marketing Communication akan mengacu pada penawaran sebuah produk atau jasa secara face to face. Ini terjadi antara sales atau penjual dan pembeli. Dengan demikian, akan terbentuk bounding yang kuat sehingga penjualan berpotensi meningkat.

Proses Pelaksanaan

Proses Pelaksanaan
Proses Pelaksanaan | Image Source: Pexels

Setelah mengetahui apa saja unsur yang ada dalam Integrated Marketing Communication. Maka, selanjutnya Anda bisa langsung mengeksekusi pelaksanaannya untuk pengembangan bisnis. Berikut ini adalah beberapa tahapan pelaksanaannya:

1. Analisa Situasi dan Kondisi

Melakukan analisis terhadap kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan. Hal tersebut akan membantu perusahaan dalam menyusun strategi Integrated Marketing Communication yang efektif. Anda dapat melakukan prinsip analisis SWOT untuk  tahapan awal ini.

2. Menentukan Tujuan

Menetapkan tujuan yang jelas dan spesifik untuk strategi IMC, seperti meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau memperluas pangsa pasar. Anda harus menetapkan tujuan yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan yang sudah ada sebelumnya.

3. Penyusunan Budget

Pada tahap ini Anda harus menyusun anggaran. Baik itu jika modal sudah ada dari awal. Atau justru dengan melihat apa saja jenis dana yang bisnis butuhkan dan tata pengelolaannya.

4. Menentukan Target Audiens

Mengidentifikasi dan memahami audiens yang Anda tuju agar pesan yang disampaikan dapat lebih relevan dan efektif. Hendaknya untuk melakukan tahapan ini, Anda dapat melakukan survei pasar lebih dulu. Survei ini bisa Anda lakukan secara langsung melalui wawancara maupun melalui media sosial.

5. Mengembangkan Pesan

Membuat pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan tentang perusahaan dan produk yang ditawarkan. Pesan ini harus Anda sesuaikan dengan karakteristik target audience. Demi membuat pesan yang baik, Anda perlu mempelajari teknik copywriting yang efektif.

6. Memilih Saluran Komunikasi 

Memilih saluran komunikasi yang tepat untuk menyampaikan pesan kepada target audiens juga menjadi proses penting dalam IMC. Contohnya seperti media sosial, iklan cetak, dan sebagainya. Akan lebih baik jika Anda menggunakan banyak saluran komunikasi karena akan memperbesar potensi tercapainya target pasar.

7. Integrasi 

Integrasi berorientasi pada tahapan untuk menggabungkan dan mengimplementasikan seluruh saluran pemasaran yang perusahaan gunakan. Tujuannya untuk menyampaikan pesan yang konsisten dan jelas. Dalam tahapan ini, Anda akan mengeksekusi planning yang Anda buat sebelumnya.

8. Monitoring dan Evaluasi

Di tahap akhir, Anda harus melakukan pemantauan terhadap kinerja dan mengevaluasi hasil yang telah dicapai. Serta, melakukan kontrol untuk memastikan strategi tetap efektif dan sesuai dengan tujuan perusahaan. Evaluasi ini penting untuk pengembangan dan perbaikan pemasaran ke depannya.

Implementasi

Implementasi IMC
Implementasi IMC | Image Source: Pexels

Agar lebih memahami apa itu Integrated Marketing Communication, Anda bisa melihat contoh penerapannya pada beberapa brand ternama. Salah satu contohnya adalah Apple. Website dari Apple adalah bentuk implementasi Integrated Marketing Communication terbaik.

Sebab, mereka menawarkan pengalaman berbelanja online yang khas dan hanya bisa orang rasakan jika mengunjungi situsnya. Integrasi brand satu ini memang sangat konsisten, di manapun konsumen bisa mengaksesnya.

Sudah Memahami Apa Itu IMC dalam Dunia Bisnis?

Berikut tadi adalah ulasan mendalam mengenai pengertian IMC dalam dunia bisnis, tujuan, hingga implementasi dan prosesnya. Integrated Marketing Communication adalah salah satu teknik pemasaran yang cukup efektif bagi segala jenis bisnis. Sehingga patut untuk Anda coba terapkan, khususnya di era sekarang.

Namun, Anda harus memahami bahwa, penerapan strategi ini juga tidak terlepas dari berbagai kendala. Misalnya komplain dari pelanggan hingga kemampuan kerja sama SDM yang belum maksimal. Karena itu, menjalankan prosesnya dengan hati-hati dan melakukan evaluasi sangatlah penting.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page