Kreatifitas memang menjadi salah satu keterampilan yang cukup krusial, sebab setiap orang memiliki kreativitas mereka masing-masing. Luasnya sebuah kreatifitas, membuatnya begitu fleksibel dan tanpa batasan. Sehingga industri kreatif sendiri menjadi salah satu sektor bisnis yang paling luas.
Simak penjelasan, tujuan, manfaat, jenis, contoh, serta potensi dari industri yang satu ini di bawah ini!
Daftar ISI
Apa Itu Industri Kreatif?
Pada dasarnya, industri kreatif merupakan sektor bisnis yang memanfaatkan kreativitas, bakat, dan juga berbagai keterampilan tiap individu. Beberapa ahli menyebutkan bahwa ini merupakan industri yang mengandalkan talenta dan kreativitas dalam pembuatannya.
Adanya pemanfaatan ketrampilan ini berguna untuk mensejahterakan masyarakat dan menciptakan lapangan pekerjaan yang luas. Eksploitasi kreatifitas ini akhinya bisa menjadi jalan untuk orang lain yang memiliki bakat dalam bidang kreasi tertentu.
Hal ini juga bisa dipelajari, sebagai bentuk pengembangan. Hasilnya, industri ini akan mampu menciptakan karya sebagai produk kreasi yang menarik.
Tujuan Industri Kreatif
Pada sektor ini, kreatifitas akan menjadi hal utama, sehingga orang-orang yang terlibat akan dituntut untuk berpikir cerdas dan mengolah ide-ide serta mengembangkannya.
Secara tidak langsung, berada dalam industri ini bisa membantu orang didalamnya menjadi lebih kreatif dan inovatif. Pola pikir inovatif tadi, akhirnya bisa membuat setiap orang semakin berkembang dalam segala aspek.
Jenis Industri Kreatif yang Paling Mudah Ditemui
Jika berbicara mengenai kreatifitas, maka bidang pekerjaan yang mampu dihasilkan dan dikembangkan dari itu pun ada banyak. Begitu luasnya variasi sektor ini, membuat industri ini memiliki lapangan pekerjaan yang semakin besar lagi. Berikut ini jenis-jenisnya:
1. Periklanan
Bidang periklanan memiliki pengaruh yang besar dan kuat dalam semua elemen perekonomian. Tak hanya untuk urusan hiburan saja, periklanan menjadi alat penting untuk melakukan branding yang lebih menarik untuk semua produk bisnis.
Mulai dari produk barang hingga jasa, semua membutuhkan kreatifitas untuk membuat iklan yang menarik.
2. Fotografi, Videografi, dan Film
Jenis kreatifitas yang paling terlihat nyata terdapat dalam industri hiburan, seperti film, fotografi, serta videografi. Semua bidang tadi sudah lama melekat dan menjadi konsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari mereka.
Terlebih lagi, industri ini memberikan dampak pemasukan yang luar biasa besar bagi perekonomian perusahaan, menyumbang pendapatan pemerintah, dan membuka lapangan kerja.
Seni kreatif lewat film, foto, dan video menjadi peluang pekerjaan yang besar bagi sebagian besar orang. Misalnya, lowongan kerja sebagai fotografer, sutradara, videografer, penulis naskah, editor, dan lainnya.
3. Musik
Sama halnya dengan film, musik termasuk salah satu seni yang membutuhkan kreativitas sangat luas. Bermusik juga membantu seseorang membuka jalan pekerjaan yang besar untuk banyak pihak. Seperti penyanyi, pemain alat musik, dan lainnya.
Lebih dari itu, musik sudah menjadi salah satu bidang pekerjaan dengan peluang yang sangat besar. Ini terlihat dari kebiasaan semua orang di dunia mendengarkan musik.
4. Seni Pertunjukan
Pada dasarnya, semua yang berhubungan dengan seni dan pertunjukan itu berangkat dari sebuah pemikiran kreatif. Kemudian, berkembang luas dan menjadi peluang industri kreatif yang lebih maju dan diterima oleh banyak masyarakat.
Semua bentuk seni pertunjukan seperti sendratari, wayang, teater, drama musikal, dan lainnya tak bisa berkembang tanpa pemikiran kreatif dan inovatif.
5. TV dan Radio
Dalam setiap siaran radio dan tayangan televisi yang kita konsumsi sehari-hari, terdapat berbagai kegiatan produksi yang kreatif. Mulai dari penentuan tema, cara menyajikannya ke audiens, dan perihal editing serta hal teknisnya. Agar bisa menyajikan tayangan yang edukatif dan menarik.
6. Seni dan Budaya
Seperti namanya, bidang seni dan budaya juga merupakan tempat dimana setiap pekerjaan dan kegiatan yang berhubungan dengan seni dikembangkan. Ada banyak bentuk seni kreatif yang pada akhirnya berkembang dalam sektor ini. Seperti seni lukis, seni pahat, seni membatik, dan lainnya.
Pada pasar seni dan budaya, para seniman dan pegiat karya seni berkumpul mengembangkan produk seni mereka.
7. Fashion
Industri kreatif yang selanjutnya datang dari perancangan busana, dimana bidang ini sudah sejak lama menjadi sektor kreatif yang unik. Busana dan pakaian yang kita pakai merupakan salah satu produk bisnis kreatif, yang berawal dari pemikiran unik para desainer.
Bidang fashion saat ini sudah lebih dikenal masyarakat awam dan menjadi peluang usaha yang besar.
8. Desain
Berbicara mengenai desain, maka ini akan menjadi sebuah pandangan yang luas. Ada banyak bidang usaha dari desain itu sendiri, seperti desain grafis, produk, dan juga interior.
Para desainer harus memiliki kepekaan terhadap seni yang membuatnya berpikir kreatif. Bidang ini juga menjadi peluang bisnis yang luas dan seringkali berhubungan dengan bidang lain, seperti komputerisasi dan arsitektur.
9. Arsitektur
Desain kreatif tidak berhenti di desain gambar saja, melainkan juga pada bidang arsitektur. Desain arsitektur adalah desain konstruksi bangunan yang menghasilkan produk seperti properti bangunan.
Nilainya yang tinggi, membuat bidang ini menjadi peluang bisnis kreatif yang bisa membuka banyak lapangan pekerjaan. Seperti pekerjaan sebagai arsitek, kuli bangunan, mandor proyek, dan lainnya.
10. Komputerisasi dan Perangkat Lunak
Layanan komputerisasi dan juga pengembangan perangkat lunak merupakan produk dari berpikir kreatif dan inovatif. Tak hanya mampu menciptakan software yang berguna bagi pekerjaan dan layanan masyarakat saja. Pengembangan ini juga termasuk dalam pembuatan permainan interaktif anak dan juga game.
11. Kerajinan
Seni kerajinan merupakan salah satu produk dari industri kreatif yang juga sering muncul dalam pasar seni dan budaya. Bentuk dari produk kerajinan itu sendiri bisa sangat variatif, mulai dari barang-barang hiasan hingga keperluan rumah tangga.
Biasanya, kerajinan ini dihasilkan dari pemanfaatan bahan lingkungan, yakni kayu, batu, tanah liat, logam, dan lainnya.
12. Penerbitan dan Percetakan
Bidang penerbitan dan percetakan ini menghasilkan karya seni kreatif dalam bentuk tulisan. Umumnya, produk bisnis dari industri ini adalah buku, novel, majalah, koran, dan tabloid. Hingga hari ini, penerbitan buku juga terus berkembang ke ranah digital, yang mana memiliki produk seperti e-book dan juga artikel website.
Manfaat Adanya Industri Kreatif
Mengingat luasnya produk yang dihasilkan dari sebuah seni berpikir kreatif, membuat industri kreatif itu sendiri memiliki manfaat penting bagi para pegiatnya. Manfaat secara individual, yakni berupa pola pikir yang lebih kreatif dan juga inovatif.
Manfaat lain adalah industri ini membantu menyumbang sebagian besar pendapatan negara dari luasnya bidang bisnis kreatif itu sendiri. Karena mampu membuka lapangan pekerjaan yang seluas-luasnya untuk para masyarakat sekitar.
Selain itu, adanya kreativitas membantu mengembangkan bakat,dan menjaga lingkungan dengan cara pemanfaatan sumber daya alam yang baik.
Contoh Kegiatan yang Berhubungan dengan Industri Kreatif
Industri ini semakin berkembang dan meluas hingga hari ini. Maka dari itu, tidak heran apabila semakin banyak kegiatan yang berhubungan dengan industri ini, yang kemudian menjadi budaya. Berikut beberapa contohnya:
1. Pembuatan Film
Pembuatan film itu sendiri sudah menjadi budaya sejak pertama kali dibuat pada tahun 1878 berjudul The Horse in Motion, dan terus berkembang sampai hari ini. Sebagai sebuah hasil pemikiran kreatif, industri perfilman melibatkan banyak seniman film, mulai dari awal produksi hingga saat film berhasil ditayangkan.
Saat ini sudah banyak film yang dibuat dan ditayangkan di bioskop dan platform streaming film digital. Tak hanya film saja, ada pula produk lain, seperti short movie, series, dan juga web series yang menjadi konsumsi masyarakat.
2. Pekan Budaya
Pekan budaya juga menjadi salah satu momentum spesial bagi para pegiat seni, untuk merepresentasikan hasil karya mereka di bidang industri kreatif ini. Event seperti ini sebenarnya sudah menjadi salah satu agenda wajib Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di Indonesia.
Salah satu tujuannya tidak hanya untuk menjadi wadah berkembangnya bisnis kreatif, UMKM, dan seniman. Tapi juga untuk menarik wisatawan mancanegara, sebagai bentuk pengenalan budaya Indonesia.
3. Pembuatan Konten Digital
Para content creator kini semakin marak dimana saja. Bahkan, ada banyak perusahaan yang kini menjadikan bidang ini lapangan pekerjaan. Tujuannya untuk menaikan engagement dan mempercepat branding bisnis mereka.
Tapi, terlepas dari itu, kegiatan pembuatan konten juga terus dituntut untuk kreatif dan inovatif dari waktu ke waktu.
Potensi Industri Kreatif yang Tak Pernah Mati
Mengingat banyaknya hal yang bisa terus dikembangkan dari industri ini, maka peluang kerja pun akan terus terbuka lebar untuk orang-orang yang kreatif. Tak hanya urusan bakat saja, sebenarnya semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk menyalurkan pemikiran kreatif mereka.
Dalam sebuah karya kreatif, ada banyak proses penting, dimana dalam pembuatannya membutuhkan kerjasama dari banyak pihak. Misalnya dalam satu kru produksi film, tak hanya pembuatan naskah dan sutradaranya saja yang harus berpikir kreatif. Ini juga akan melibatkan banyak konsep pemikiran kreatif dari seluruh kru yang terlibat.
Jadi kesimpulannya, semua orang sama-sama memiliki peluang besar untuk bergabung dalam industri kreatif dan berkembang seiring dengan bertambahnya pengalaman.