Pengertian KOL: Jenis, Fungsi, Cara Memilih, dan Memaksimalkan

Key Opinion Leader atau banyak yang lebih mengenal istilah tersebut sebagai KOL, merupakan elemen penting dalam dunia marketing. Kehadiran kemampuan tersebut membawa dampak positif bagi tingkat penjualan dengan menjalankan tugas sesuai dengan fungsinya. Ingin tahu lebih lanjut? Simak penjelasan lengkapnya di sini!

Penjelasan Seputar Key Opinion Leader

KOL atau kepanjangannya adalah Key Opinion Leader merupakan salah satu teknik pemasaran yang sudah banyak perusahaan menggunakan teknik tersebut. Key Opinion Leader sendiri memiliki pendapat kuat hingga dapat mempengaruhi banyak audiens untuk tertarik dengan produk salah satu perusahaan tersebut.

Selain itu, pemilihan posisi ini tidak boleh sembarangan dan harus sesuai dengan kriteria. Kondisi ini akan memicu dampak pada hasil kinerja dari seorang Key Opinion Leader. Oleh karena itu, perusahaan harus memilih seseorang dengan kemampuan baik dalam pemasaran sehingga dapat memaksimalkan penjualan.

Kemampuan dari seorang Key Opinion Leader dalam memberikan review sebuah produk tidak hanya sebatas berpendapat saja, namun juga harus menjadi ahli pada bidang tersebut. Kondisi ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan audiens terhadap brand awareness yang diberikan oleh seorang Key Opinion Leader.

Singkatnya, Key Opinion Leader merupakan seorang ahli pada bidang tertentu yang memiliki kredibilitas tinggi terhadap pendapat mereka. Oleh karena itu, fokus kerja seorang KOL hanya pada bidang yang mereka kuasai saja. 

Jadi, banyak audiens yang akan merujuk pada seorang Key Opinion Leader jika menginginkan review yang tepat untuk hal-hal tertentu.

Selain itu, hubungan antara Key Opinion Leader dan influencer kurang lebih sama namun masih ada perbedaan yang mencolok antara kedua hal tersebut. Kesamaan yang mungkin Anda ketahui secara jelas adalah pada tugas mereka yang memberikan review terhadap suatu produk.

Influencer bertugas memberikan pendapat terhadap banyak produk yang bekerja sama dengan mereka dan fokus pada interaksi media sosial. Influencer harus dapat membangun branding yang baik dengan para audiens di media sosial. Oleh sebab itu, influencer akan menyibukkan diri untuk berkomunikasi di media sosial.

Tetapi sebaliknya, Key Opinion Leader tidak akan berkomunikasi pada platform media sosial karena konsep komunikasi dari seorang Key Opinion Leader hanya satu arah. Selain itu, seorang Key Opinion Leader memiliki keahlian yang setara dengan apa yang mereka jelaskan kepada para audiens.

Jenis dari Key Opinion Leader

Selanjutnya, jenis-jenis dari Key Opinion Leader dapat Anda ketahui melalui bidang yang para KOL kuasai. Seperti contohnya, Chef Arnold yang ahli memasak dan segala urusan dapur. Jadi, jika Anda memerlukan informasi seputar urusan dapur, Chef Arnold dapat menjadi salah satu Key Opinion Leader bagi Anda.

Selain itu, penggunaan media sosial bagi Key Opinion Leader memang tidak sepenting influencer. Tetapi, faktor pembagian jenis elemen penting dalam dunia marketing ini juga dibagi berdasarkan banyak pengikut di jejaring media sosial. Berikut ini adalah jenis Key Opinion Leader berdasarkan jumlah angka followers.

1. Nano-Influencer

Tingkat pertama dari jenis Key Opinion Leader adalah Nano-Influencer. Jenis yang pertama dari pembagian KOL ini merupakan seorang influencer yang baru saja memasuki ranah Key Opinion Leader. Oleh karena itu, jumlah pengikut dari Nano-Influencer masih sangat kecil, yaitu kurang lebih 1.000 hingga 10.000.

2. Micro-Influencer

Selanjutnya, ada Micro-Influencer yang telah memiliki 10.000 hingga 50.000 pengikut di media sosial. Jenis dari Key Opinion Leaders satu ini telah berhasil membangun interaksi dengan para audiens dengan baik di jejaring media sosial.

3. Mid Tier Influencer

Ketiga, di posisi tengah terdapat Mid Tier Influencer yang sudah memiliki pengikut lebih dari 50.000 orang hingga 500.000. Key Opinion Leader dengan tingkatan ini telah membangun lingkaran interaksi yang masih berukuran sedang, namun sudah berdampak bagi lingkungan. 

4. Macro-Influencer

Memasuki ranah Key Opinion Leader yang memiliki dampak yang cukup baik dan signifikan terhadap pendapat mereka, yaitu Macro-Influencer. Key Opinion Leader jenis ini telah berhasil menggaet hingga 1.000.000 pengikut karena dampak baik yang mereka sebarkan.

5. Mega-Influencer

Lalu, tingkatan paling atas dari Key Opinion Leader, yaitu Mega-Influencer yang memiliki dampak sangat besar daripada jenis yang lainnya. Jenis satu ini telah memiliki pengikut lebih dari 1.000.000. Bahkan, banyak orang telah menjadikan Mega-Influencer ini sebagai “panutan” mereka.

Fungsi dari Key Opinion Leader

Kehadiran Key Opinion Leader bagi perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting demi perkembangan marketing yang maksimal. Berikut ini merupakan fungsi dari adanya KOL bagi perusahaan.

1. Meningkatkan Brand Awareness

Penggunaan media sosial bagi seorang Key Opinion Leader memang tidak seperti yang influencer lakukan. Tetapi, ketika para Key Opinion Leader melakukan promosi pada media sosial mereka, maka mereka sedang melakukan teknik pemasaran secara online

Dengan begitu, para Key Opinion Leader sudah membantu dalam memasarkan produk yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki.

2. Menunjukkan Kredibilitas Tinggi

Kepercayaan pelanggan teramat penting bagi setiap bidang bisnis. Oleh sebab itu, hadirnya peran ini dengan keahlian yang lebih akan dapat menunjukkan kredibilitas bisnis Anda. Para konsumen akan dengan mudah percaya dengan produk Anda karena Key Opinion Leader menunjukkan kredibilitas yang tinggi.

3. Memperluas Jangkauan Konsumen

Selanjutnya, penggunaan KOL akan membantu bisnis Anda dalam menjangkau pasar konsumen. Key Opinion Leader akan terus memproduksi konten promosi yang menarik dan sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga dapat menarik minat pelanggan baru. 

4. Menjadikan Bisnis Lebih Unggul

Selain itu, penggunaan Key Opinion Leader yang telah sukses menggaet kepercayaan konsumen dengan kemampuan mereka akan membantu bisnis Anda menjadi lebih unggul. Situasi ini terjadi karena konsumen telah mempercayai produk Anda dan akan terus memakainya hingga jangka waktu lama. 

Di samping itu, kemampuan Key Opinion Leader yang jauh lebih baik dari yang kompetitor miliki akan membuat bisnis Anda semakin terpandang. Oleh sebab itu, sebagai pebisnis, Anda harus memperhatikan pemilihan Key Opinion Leader yang tepat.

Tips Memilih Key Opinion Leader yang Tepat

Anda harus mengetahui tips penting dalam memilih Key Opinion Leader untuk bisnis Anda. Tips tersebut diperlukan untuk memaksimalkan kinerja KOL bagi perkembangan bisnis yang sedang Anda jalankan. Lantas, bagaimana cara memilih Key Opinion Leader yang tepat agar marketing Anda dapat maksimal?

1. Susun Rencana dan Tujuan

Langkah paling awal sebelum menentukan Key Opinion Leader yang sesuai dengan bisnis Anda adalah dengan menyusun visi, misi, dan tujuan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan bisnis Anda dan penyesuaian Key Opinion Leader yang akan Anda pilih.

2. Pilih Tempat untuk Berpromosi

Setelah mengetahui kebutuhan bisnis Anda, tentukan di mana tempat yang akan Anda gunakan untuk memulai menyebarkan brand awareness. Key Opinion Leader akan menyesuaikan dengan hal ini, maka Anda harus mengerti pasar target dan karakteristik platform yang Anda pilih.

3. Lakukan Riset Key Opinion Leader

Lalu, Anda dapat melakukan riset seputar informasi tentang KOL yang sesuai dengan kriteria bisnis Anda. Usahakan untuk memilih Key Opinion Leader yang paling sesuai dengan konsep bisnis Anda. 

Selain itu, pertimbangkan kembali jenis Key Opinion Leader yang Anda pilih agar dapat melakukan promosi dan brand awareness secara maksimal. 

4. Pilih Strategi Pemasaran yang Tepat

Setelah memilih dan menyesuaikan Key Opinion Leader untuk bisnis Anda, selanjutnya adalah menyusun strategi untuk pemasaran. Teknik marketing yang dapat Anda pakai bukan hanya sekedar memberikan informasi melalui konten menarik, namun juga cara lain.

Cara tersebut meliputi kegiatan giveaway, membuka sesi tanya jawab seputar topik tertentu, dan interaksi lainnya di media sosial.

5. Evaluasi Kinerja KOL

Setelah semua tahapan sudah mulai berjalan, Anda dapat melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja Key Opinion Leader. Tahap ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Key Opinion Leader dalam menarik perhatian audiens. 

Baca Juga: Pengertian Strategi Pemasaran, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya

Pentingkah Peran KOL Bagi Pemasaran?

Dalam menjalankan sebuah bisnis, strategi pemasaran sangat penting agar dapat mengembangkan bisnis dengan maksimal. Salah satu teknik marketing yang memiliki dampak lebih besar dari influencer adalah dengan menggunakan KOL atau Key Opinion Leader. 

Peran dari Key Opinion Leader sangat penting bagi segala bidang bisnis karena dapat menjadi representasi kuat bagi perusahaan. Selain itu, Key Opinion Leader dapat memberikan review yang kuat agar mendapat kepercayaan lebih dari konsumen.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page