6 Konsep Pemasaran: Definisi, Kelebihan, Kekurangan & Contoh

Konsep untuk kegiatan pemasaran sangat penting untuk kamu perhatikan. Hal ini karena bisa mempengaruhi kesuksesan dari bisnis yang sedang kamu jalankan. Berikut ini 6 konsep pemasaran yang perlu kamu pahami untuk bisnis. 

6 Konsep Pemasaran

Berikut ini beberapa konsep marketing yang jarang pengusaha ketahui: 

1.  Konsep Produksi

1. konsep produksi
Pexels

Konsep marketing pertama ini merupakan konsep yang berhubungan dengan kegiatan produksi. Sebuah konsep yang mana bisa membuat konsumen menyukai produk kamu. 

Orientasi utama dari konsep ini yaitu produksi dengan mengerahkan segala upaya demi tercapai efisiensi produk dan distribusi yang luas. Dengan kata lain, pada konsep ini, kamu akan memproduksi produk sebanyak mungkin agar produk tersebut bisa tersedia secara luas di pasaran. 

a. Kelebihan Konsep Produksi

Berikut ini beberapa kelebihan konsep pemasaran produksi yang bisa kamu rasakan jika menerapkannya:

  • Waktu produksi lebih efisien, harga dan jasa produk menurun, karena adanya produksi massal. 
  • Membuat pelanggan tidak khawatir lagi adanya kekurangan produk. 
  • Harga produk lebih stabil, jika pun meningkat, pasti dalam kondisi wajar. 
  • Menarik banyak investor, karena biasanya dengan menerapkan konsep ini, keuntungan perusahaan berpotensi tinggi. 

b. Kekurangan

Adapun kekurangan dari konsep produksi, antara lain:

  • Kualitas produk rendah, karena yang lebih diutamakan adalah efisiensi pembuatan produk. 
  • Mengenyampingkan kebutuhan pelanggan, karena tujuan produksi untuk banyak orang dan tidak menargetkan segmen tertentu. 
  • Tidak sesuai dengan kondisi pasar sekarang, karena saat ini pasar sudah sangat kompetitif, sehingga perlu strategi baru untuk bersaing.

c. Contoh

China merupakan negara yang terkenal menerapkan konsep pemasaran ini. Produk paling banyak yang mereka buat masuk dalam kategori kebutuhan dan permintaan seperti aksesoris dan smartphone

Setiap produk yang China hasilkan lebih menonjolkan harga yang relatif murah, namun biasanya mengesampingkan kualitasnya. Walau begitu, hal ini juga yang menarik banyak orang membeli produk China. 

2. Konsep Produk

2. Konsep Produk
Liputan6

Konsep produk lebih fokus untuk meningkatkan kualitas produk. Untuk itulah, tugas dari manajer bidang ini adalah membuat produk yang berkualitas, sehingga meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk kamu. 

a. Kelebihan 

Berikut ini beberapa kelebihan dari konsep produk, antara lain:

  • Lebih fokus pada kualitas daripada kuantitas produk, sehingga benar-benar bisa memuaskan kebutuhan pelanggan.
  • Bisa mengembangkan rasa ingin tahu pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli produk.
  • Bisa menghasilkan margin yang tinggi, karena kualitas produk sesuai dengan biaya yang harus dikeluarkan.

b. Kekurangan

Adapun kekurangan dari penggunaan konsep pemasaran ini, yaitu:

  • Tidak cocok untuk pelanggan yang mementingkan harga.
  • Cenderung mengeluarkan biaya produksi yang tinggi.

c. Contoh

Apple merupakan perusahaan di bidang teknologi terbesar dunia yang mengedepankan produk berdasarkan kualitasnya. Ada banyak produk yang ditawarkan, antara lain iPhone, TV, iPad, dan Macbook. 

Semua produk Apple mengikuti konsep produk yang menawarkan kualitas. Ini bisa Anda lihat dari fitur-fitur yang mereka tawarkan, yang mana telah berhasil menjadi trendsetter teknologi untuk merek barang elektronik.

3. Konsep Penjualan

3. konsep penjualan
Pexels

Konsep pemasaran jenis ini lebih fokus pada kepuasan konsumen, sehingga perusahaan bisa menjual brand dan melakukan promosi besar-besaran. 

Atau dengan kata lain, pada konsep ini, perusahaan tidak hanya membuat barang dan menunggu pelanggan datang, tetapi sebaliknya, mereka akan menarik pelanggan dari promosi yang dilakukan. 

a. Kelebihan

Adapun kelebihan dari konsep penjualan, antara lain:

  • Bisa meningkatkan penjualan, karena adanya usaha promosi besar-besaran. 
  • Lebih fokus pada kegiatan pemasaran dan penjualan.
  • Tidak terlalu memperhatikan stok yang tidak terjual, karena memang benar-benar fokus menjual barang yang ada. 

b. Kekurangan

Berikut ini beberapa kekurangan dari konsep pemasaran ini yang akan kamu rasakan: 

  • Mengabaikan keinginan dan kebutuhan pelanggan, karena fokus menjual produk.
  • Tidak memperhatikan feedback dari pelanggan, sehingga berdampak pada reputasi perusahaan. 
  • Hanya fokus pada rencana jangka pendek, tanpa memikirkan untuk jangka panjang seperti apa, sehingga kemungkinan perusahaan tidak bertahan lama. 

c. Contoh

Bukalapak merupakan salah satu contoh yang menerapkan konsep ini. Mereka sering melakukan iklan besar-besaran pada tanggal-tanggal tertentu.

Tidak jarang juga akan ada gratis ongkir dan diskon besar-besaran pada tanggal cantik untuk menarik pelanggan. Inilah yang menjadi daya tarik dari Bukalapak. 

4. Konsep Tim Pemasaran

4. tim pemasaran
Pexels.com

Konsep pemasaran secara tim adalah kunci penting untuk meraih tujuan perusahaan. Dengan menerapkan konsep ini, sebuah perusahaan diharapkan bisa memuaskan konsumen jauh lebih baik dan efisien daripada brand kompetitor. 

a. Kelebihan

Adapun kelebihan dari penggunaan konsep ini, antara lain:

  • Bisa mempromosikan bisnis ke pelanggan target, dengan pendekatan yang spesifik.
  • Lebih mudah menjangkau audiens, sehingga produk banyak terjual. 
  • Bisa memahami pelanggan dengan baik, karena riset pasar yang dilakukan lebih dulu. 
  • Membantu dalam branding bisnis melalui koneksi dengan pelanggan yang baik. 

b. Kekurangan

Kekurangan yang bisa kamu rasakan jika menggunakan konsep ini, yaitu:

  • Biaya untuk pemasarannya jauh lebih tinggi, karena banyaknya channel yang digunakan. 
  • Lebih menguras waktu dan tenaga kamu.

c. Contoh

Coca-Cola merupakan brand yang menerapkan konsep marketing dengan strategi 4P, yaitu product, promotion, price, dan place. Mereka menerapkan pemasaran dengan memasang iklan di berbagai media sosial. 

Tidak hanya itu, Coca-Cola juga menjadi sponsor untuk berbagai kegiatan penting, seperti olimpiade dan beberapa ajang pencarian bakat. Jadi bukan rahasia umum, jika perusahaan ini terkenal dimana-mana. 

5. Konsep Pemasaran Sosial

5. Konsep Pemasaran Sosial
ContactPigeon

Konsep pemasaran sosial merupakan konsep yang menekankan pada tugas perusahaan dalam menentukan kebutuhan, kepentingan, dan keinginan target. Tidak hanya itu, konsep ini juga fokus untuk memberikan kepuasan pelanggan. 

Selain itu, konsep ini tidak hanya bekerja untuk konsumen, tetapi juga untuk masyarakat. Untuk itulah, perusahaan dituntut untuk bisa menjaga keseimbangan antara keinginan konsumen, keuntungan perusahaan, dan juga kesejahteraan bagi masyarakat. 

a. Kelebihan

Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan konsep ini: 

  • Meningkatkan branding bisnis pada produk.
  • Loyalitas pelanggan lebih meningkat, karena perusahaan menyediakan produk ramah lingkungan. 
  • Bisa membuka lapangan kerja.
  • Meningkatkan taraf hidup masyarakat.  

b. Kekurangan

Adapun beberapa kekurangan dari penggunaan konsep pemasaran ini, yaitu:

  • Pelanggan lebih fokus atas isu sosial untuk membeli barang kamu.
  • Harga produk yang ditawarkan cenderung lebih mahal, karena harus menutupi biaya sosial yang dikeluarkan.   

c. Contoh

The Body Shop merupakan salah satu brand kosmetik yang menggunakan konsep ini. Perusahaan menentang penggunaan hewan untuk memproduksi produknya. 

Selain itu, perusahaan ini juga berpartisipasi aktif dalam berbagai kampanye kemanusiaan. Misalnya dengan mendirikan yayasan amal berkaitan dengan perlindungan hewan, Hak Asasi Manusia (HAM). dan perlindungan lingkungan di seluruh dunia. 

6. Konsep Pemasaran Global

6. pemasaran global
Pexels

Pada konsep ini, perusahaan harus mampu memberikan pelayanan dan perhatian terbaik kepada konsumen secara individu. Seperti pelayan tentang bagaimana menggunakan produk yang kamu jual. 

Adapun tujuan utama dari konsep ini adalah agar manajer eksekutif bisa memahami berbagai faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran. Fungsinya, yaitu untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan kamu: 

a. Kelebihan

Berikut ini beberapa kelebihan dari penggunaan konsep ini: 

  • Jangkau bisnis lebih luas, karena skala global
  • Biaya yang kamu keluarkan untuk pemasaran jauh lebih rendah. 
  • Margin keuntungan bisa terjaga. 
  • Bisa melakukan umpan balik global dengan baik. 
  • Efisiensi waktu dan tenaga, karena upaya pemasaran yang terlaksana lebih cepat. 
  • Menghasilkan pendapatan yang jauh lebih cepat. 

b. Kerugian

Adapun kerugian dari penggunaan konsep pemasaran ini, antara lain:

  • Lebih banyak tantangannya, karena lintas negara.
  • Pengelolaan yang lebih rumit dan tidak mudah.
  • Audiens terbatas untuk daerah tertentu saja. 
  • Resiko adanya pembatasan politik dan hukum selama proses berlangsung. 
  • Manajemen inventaris yang memiliki potensi buruk, karena adanya perkiraan yang kadang terlalu tinggi. 

c. Contoh

Microsoft merupakan perusahaan di bidang teknologi yang cukup terkenal. Saat ini, Microsoft sudah berhasil menjual produknya ke berbagai negara dunia. 

Sudah Tahu Apa Saja Konsep Pemasaran?

Konsep marketing ada banyak jenisnya, kamu bisa menerapkan salah satunya. Dalam memilih konsep mana untuk diterapkan sebaiknya kamu sesuaikan dengan bisnis dan kelebihan dari setiap konsep tersebut. 

Selain itu, alangkah lebih baik jika kamu menggunakan konsep yang mencerminkan tujuan bisnis kamu. Seperti bisnis yang berorientasi sosial, maka cocok untuk menerapkan konsep pemasaran sosial. 

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page