Sekarang ini, manfaat sosial media tidak hanya bisa dirasakan oleh individu saja, tetapi juga bagi para pebisnis. Jadi, tidak heran jika kini hampir semua perusahaan di berbagai sektor bisnis, mulai dari skala kecil hingga besar, memiliki official media sosialnya masing-masing.
Hal ini terjadi karena memang keberadaan media sosial memiliki dampak yang begitu besar bagi keberlangsungan bisnis mereka. Oleh karena itulah, para pebisnis memanfaatkan peluang tersebut untuk meningkatkan branding bisnis maupun penjualan produk dan/atau layanan.
Lantas, sebenarnya apa saja kegunaan sosial media untuk bisnis yang wajib diketahui oleh setiap pelaku bisnis? Yuk, simak ulasan selengkapnya seputar pemanfaatan media sosial dalam artikel di bawah ini!
Daftar ISI
- 10 Kegunaan dan Manfaat Sosial Media untuk Bisnis
- 1. Mendapat Data Pelanggan
- 2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis di Platform Online
- 3. Hasil Periklanan yang Real Time
- 4. Mendapatkan Lead dengan Konversi yang Lebih Tinggi
- 5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dalam Membeli Produk atau Jasa
- 6. Meningkatkan Traffic Website Bisnis secara Efektif
- 7. Distribusi Konten yang Lebih Cepat dan Mudah
- 8. Membangun Relasi
- 9. Bisnis dapat Tumbuh Lebih Cepat
- 10. Menganalisis dan Menemukan Calon Pelanggan dengan Cepat
- Yuk, Segera Optimalkan Manfaat Sosial Media Bisnismu!
10 Kegunaan dan Manfaat Sosial Media untuk Bisnis
Di era teknologi sekarang ini, di mana hampir semua informasi bisa kamu dapatkan melalui platform online. Tidak heran jika banyak pebisnis yang mulai memanfaatkan media sosial sebagai platform utama dalam penjualan dan branding bisnis mereka. Berikut ini 10 kegunaan sosial media untuk bisnis yang perlu kamu ketahui:
1. Mendapat Data Pelanggan
Manfaat sosial media untuk bisnis yang pertama adalah dapat membantu perusahaan untuk mengumpulkan data pelanggan. Hal ini tentu saja berlaku pada semua platform media sosial, ya.
Mengapa perusahaan bisa mengumpulkan data pelanggan hanya dari media sosial? Sebab, diperkirakan setiap hari, ada lebih dari 4,5 miliar like di Facebook, 500 juta Tweet, serta 95 juta foto dan video yang diupload ke Instagram.
Besarnya angka tersebut tentu menyimpan informasi yang sangat lengkap, seperti siapa mereka, apa yang mereka sukai, hingga pendapat mereka tentang sebuah brand.
Dengan melakukan pendekatan aktif dan strategi yang tepat, maka kamu bisa mengumpulkan data yang relevan. Kemudian, data tersebut bisa kamu gunakan untuk menggunakan keputusan bisnis yang sesuai.
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis di Platform Online
Manfaat sosial media selanjutnya, keberadaan media sosial bagi bisnis juga dapat membantu meningkatkan brand awareness sekaligus loyalitas pelanggan. Apabila sebuah bisnis memiliki official media sosialnya sendiri, maka akan lebih mudah bagi pelanggan untuk terhubung langsung dengan brand tersebut.
Secara tidak langsung, hal ini pun dapat meningkatkan retensi pelanggan dan juga loyalitas brand. Manfaat yang satu ini tentu tidak bisa kamu sepelekan. Sebab, studi menunjukkan, bahwa sebanyak 53% orang Amerika yang memfollow akun media sosial brand tertentu, terbukti lebih loyal kepada brand tersebut.
3. Hasil Periklanan yang Real Time
Jika kamu memasang iklan melalui berbagai platform media sosial, maka akan lebih mudah bagimu untuk mendapatkan hasil secara real time. Hal ini karena iklan di platform online tersebut menawarkan pilihan penargetan yang kuat, sehingga memungkinkan kamu untuk mencapai audiens yang tepat.
Bukan cuma itu saja, biaya iklan di media sosial juga relatif terjangkau dan bisa kamu sesuaikan dengan bujet perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa mempromosikan dan mendistribusikan konten bisnis dengan lebih mudah.
Contohnya, kamu ingin melakukan kampanye iklan di Instagram, maka bisa menciptakan segmentasi, seperti gender, lokasi, dan usia. Setelah itu, kamu juga bisa langsung melacak dan mengukur performa iklan di platform tersebut secara real time.
4. Mendapatkan Lead dengan Konversi yang Lebih Tinggi
Manfaat sosial media yang lainnya adalah untuk meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan lewat adanya interaksi reguler dan layanan pelanggan, sesuai dengan waktu atau periode tertentu.
Kini, banyak perusahaan internasional yang menganggap bahwa media sosial merupakan cara yang efektif untuk bantu mengidentifikasi pembuat keputusan kunci dan kesempatan bisnis baru.
Adapun mendapatkan lead dengan angka konversi yang lebih tinggi merupakan salah satunya. Sebab, sebanyak 75% perusahaan yang menggunakan media sosial sebagai platform penjualan, mereka telah berhasil mengalami peningkatan penjualan dalam 12 bulan pertama.
5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan dalam Membeli Produk atau Jasa
Jika kamu ingin pengalaman pelanggan meningkat, sehingga loyalitas mereka terhadap brand menjadi semakin besar, maka pastikan untuk memaksimalkan manfaat media sosial dengan baik.
Sebab, sekarang ini ada lebih dari 67% pelanggan yang mengakses media sosial untuk mendapatkan layanan terbaik dari brand bisnis favorit mereka. Bukan cuma itu saja, pelanggan juga mengharapkan respons yang cepat, dengan solusi tepat, serta adanya dukungan layanan 24 jam.
Oleh karena itulah, sebagai pemilik bisnis, kamu harus selalu meningkatkan layanan terhadap pelanggan. Dengan begitu, maka pelanggan akan tetap merasa puas dengan produk dan/atau jasa serta kualitas layanan dari bisnismu.
6. Meningkatkan Traffic Website Bisnis secara Efektif
Meningkatkan traffic website menjadi salah satu manfaat sosial media lainnya yang penting untuk kamu ketahui. Selain media sosial, saat ini memang sudah banyak perusahaan yang memiliki website untuk menjual produk ataupun memuat informasi lainnya.
Nah, keberadaan media sosial untuk bisnis inilah yang dapat membantu meningkatkan traffic website. Bukan hanya untuk mengarahkan pelanggan mengakses websitemu, tetapi juga akan semakin banyak orang yang share link website tersebut di media sosial mereka. Dengan begitu, maka peringkat pencarian dan traffic website akan terus meningkat.
7. Distribusi Konten yang Lebih Cepat dan Mudah
Salah satu manfaat media sosial bagi bisnis yang paling bisa kamu rasakan adalah dapat mendistribusikan konten-konten dengan lebih cepat dan mudah.
Hal ini terjadi tentu bukan tanpa alasan, karena kini kamu cukup membagikan konten-konten seputar produk dan/atau layanan serta informasi bisnis lain hanya dengan mempostingnya di media sosial. Jadi, selain lebih cepat, pelanggan pun bisa lebih mudah mengakses informasi terkini melalui konten tersebut.
Dengan bantuan media sosial ini, maka kamu bisa berbagi konten ke pelanggan tentang bisnis dengan mudah. Bahkan, satu konten postingan bisa kamu terapkan untuk banyak platform sekaligus.
8. Membangun Relasi
Bukan media sosial namanya jika kamu tidak bisa membangun relasi lewat platform-platform tersebut. Hal ini bisa terjadi karena manfaat sosial media bukan hanya sekadar dapat meningkatkan penjualan bisnis.
Akan tetapi, juga bisa menjadi wadah komunikasi dua arah, sehingga kamu akan memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan dengan pelanggan. Pada akhirnya, relasi yang baik pun akan terjalin antara perusahaan dengan pelanggan.
Contohnya seperti akun media sosial yang ingin meningkatkan branding pariwisata, akan menciptakan dialog dengan traveller. Dari dialog ini, maka antara brand dan pelanggan akan tercipta relasi yang tidak bisa kamu dapatkan lewat iklan tradisional.
9. Bisnis dapat Tumbuh Lebih Cepat
Salah satu hal yang mungkin kamu sadari selama mengoptimalkan manfaat media sosial untuk bisnis adalah keberlangsungan bisnismu bisa tumbuh dengan lebih cepat. Pada dasarnya, hal ini tidak terlepas dari poin-poin manfaat sebelumnya.
Jadi, jika kamu mampu memanfaatkan media sosial secara efektif, maka pertumbuhan bisnis pun akan meningkatkan tajam.
Oleh karena itulah, sangat penting bagimu untuk mempelajari lebih banyak hal tentang pelanggan, cara mendekati audiens di berbagai platform media sosial, hingga bagaimana melebarkan jangkauan brand. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mencapai konversi bisnis yang lebih besar.
10. Menganalisis dan Menemukan Calon Pelanggan dengan Cepat
Manfaat sosial media terakhir yang sudah pasti familiar bagi para pelaku bisnis adalah dapat menganalisis calon pelanggan. Melalui proses analisis ini, kamu akan mendapatkan berbagai data valid tentang pelanggan, sehingga nantinya dapat memudahkan kamu dalam menemukan calon pelanggan dengan lebih cepat.
Artinya, dengan adanya platform media sosial ini, kamu bisa menghimpun calon konsumen potensial berdasarkan data yang kamu dapatkan dengan lebih cepat. Misalnya, seperti platform Instagram dan X yang memiliki fitur pencarian.
Lewat adanya fitur pencarian tersebut, tentu akan memudahkan calon pelanggan dalam mencari sesuatu yang mereka inginkan. Dalam hal ini, calon pelanggan bisa menemukan akun bisnismu.
Bukan hanya itu saja, adanya fitur lokasi dan penggunaan hashtag juga dapat membantu kamu dalam menemukan calon pelanggan. Sebab, tak jarang calon pelanggan akan mencari referensi produk dan/atau jasa berdasarkan lokasi terdekat dari tempat tinggalnya ataupun penggunaan hashtag yang relevan.
Contohnya seperti hashtag #bajumuslimmurah, #bajumuslimhitsbogor, #bajumuslimkekinian, dan lain sebagainya untuk bisnis fashion muslimah.
Yuk, Segera Optimalkan Manfaat Sosial Media Bisnismu!
Dari ulasan di atas, tentu bisa terlihat jelas bahwa manfaat sosial media untuk bisnis begitu beragam. Bahkan, manfaat tersebut tidak hanya bisa dirasakan oleh pelaku bisnis, tetapi juga dari sisi calon pelanggan yang sedang mencari produk dan/atau jasa layanan tertentu.
Oleh karena itu, tidak heran jika kini hampir semua brand bisnis telah memanfaatkan berbagai platform media sosial untuk bantu meningkatkan penjualan produk sekaligus brand awareness bisnis mereka.Jadi, selain memanfaatkan strategi marketing konvensional, kamu juga bisa menggunakan berbagai platform media sosial sebagai strategi digital marketing terbaik yang bisa kamu aplikasikan pada bisnismu. Dengan begitu, bukan tidak mungkin bisnismu akan terus berkembang dan mencapai puncak kejayaan yang kamu impi-impikan.