Pengertian Organisasi: Tujuan, Manfaat, Ciri, Konsep, & Unsurnya

Dalam kehidupan, berorganisasi bukanlah suatu hal yang asing lagi. Bahkan berorganisasi pasti sudah Anda kenal ketika duduk di bangku sekolah. Istilah organisasi atau himpunan sendiri menggambarkan sebuah wadah sekumpulan orang yang ingin mencapai tujuan bersama.

Jika dalam suatu kelompok sudah memenuhi unsur-unsur himpunan dan memiliki tujuan yang sama, maka kelompok tersebut dapat Anda katakan sebagai sebuah organization. Ingin mendapat pemahaman lebih mendalam terkait pengertian, tujuan, manfaat, ciri, konsep, hingga unsurnya? Yuk, maka simak artikel berikut ini!

Pengertian Organisasi

Organisasi
Organisasi | Image Source: Pexels

Organisasi berasal dari bahasa Yunani, yaitu  “organon” yang artinya adalah alat. Nah, secara istilah, ini merupakan sebuah wadah untuk sekelompok orang yang saling bekerja sama secara rasional dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama-sama.

Istilah tersebut juga dapat merujuk pada kelompok bisnis atau tindakan tertentu. Seperti saling bekerja sama dalam asosiasi lingkungan, serikat pekerja, perusahaan, ataupun badan amal.

Pengertian Menurut Ahli

Beberapa ahli juga mengemukakan pendapatnya tentang pengertian organization, di antaranya:

1. Stephen P. Robbins

Menurut Stephen P. Robbins, istilah tersebut adalah kesatuan sosial. Serta secara sadar dikoordinasikan dengan sebuah batasan yang dapat teridentifikasi dan bekerja terus menerus untuk mencapai tujuan kelompok atau bersama.

2. Chester I. Bernard

Bernard menyatakan bahwa organization adalah suatu sistem kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

3. Stoner

Stoner berpendapat bahwa organisasi merupakan pola hubungan-hubungan yang orang-orang lakukan dengan pengarahan atasan untuk meraih tujuan bersama.

4. James D. Mooney

James D Mooney mendefinisikan organization sebagai bentuk kerja sama atau perserikatan manusia untuk mencapai suatu tujuan bersama.

5. C.H. Northcott

Menurut C.H. Northcott, ini adalah sebuah pengaturan yang memberikan tugas-tugas kepada para anggotanya. Sehingga, mereka dapat berkontribusi secara efektif untuk mencapai tujuan bersama yang lebih jelas.

Tujuan Organisasi

Berikut ini beberapa tujuan adanya perkumpulan yang menjadi acuan secara umum dalam pembangunannya:

1. Memperoleh Manfaat Kompetitif

Desain organization adalah manfaat kompetitif jangka panjang yang berasal dari kekuatan dan kemampuan untuk terlibat dalam aktivitas pembuatan produk. Seperti, memperoleh manfaat kompetitif dari hasil mengikuti sebuah perkumpulan yang menghasilkan barang atau karya. 

2. Melihat Adanya Peluang

Ketika suatu perkumpulan menetapkan tujuan dan membuat rencana. Maka, mereka juga harus mengembangkan lingkungan dan teknologi-teknologi baru yang dapat menawarkan peluang atau kemungkinan.

Contohnya, Anda membutuhkan ide baru dari setiap anggota dalam mengembangkan lingkungan. Dalam hal ini, struktur dan budaya suatu lembaga atau perusahaan harus sensitif dan responsif terhadap peluang dan kemungkinan yang bisa saja terjadi.

3. Meningkatkan Efisiensi

Semakin baik fungsi sekelompok orang dalam bekerja, maka akan semakin baik pula reputasi barang dan jasa yang mereka tawarkan. Tempat perkumpulan orang yang ingin mencapai tujuan bersama perlu menciptakan efisiensi kerja berkualitas agar dapat bersaing dengan berbagai kompetitor.

4. Mengatur Adanya Perbedaan

Perbedaan ras, etnis, dan gender dari anggota mempunyai makna penting bagi nilai budaya dan efektivitas organisasinya. Perbedaan pandangan harus menjadi pertimbangan dengan bentuk analisa yang terjadi.

Contoh, dalam sebuah organisasi yang bergerak di bidang jasa keuangan memiliki permintaan dari klien yang tinggi. Sehingga beberapa pekerja harus mengambil keputusan yang tepat berdasarkan pertimbangan agar kegiatan operasional lebih efisien.

Dalam situasi tersebut, tentunya sebuah perusahaan harus memanfaatkan skill dan potensi setiap anggota. Sehingga bisa mencapai tujuan perusahaan. Serta membantu setiap anggota untuk mendorong adanya kolaborasi.

5. Meningkatkan Inovasi

Kemampuan sekelompok orang dalam berinovasi maupun kecepatan produksi di era kompetitif saat ini harus selalu ditingkatkan. Karena itu, perusahaan pasti membutuhkan anggota dari berbagai latar belakang. Tujuannya agar setiap orang bisa menciptakan ide baru untuk melakukan inovasi.

6. Mencari Keuntungan Bersama

Organization menjadi wadah yang dapat membantu para anggotanya mencari keuntungan secara bersama-sama. Tentu saja dengan menjalankan kerja sama yang baik sesuai dengan porsi tugasnya masing-masing.

Selain itu, dengan adanya kerja sama yang baik antar anggota. Maka, akan dapat meningkatkan pergaulan dengan memanfaatkan secara lebih optimal di tengah waktu luang.

Manfaat Organisasi

Manfaat Organisasi
Manfaat Organisasi | Image Source: Pexels

Beberapa manfaat adanya sebuah wadah perkumpulan orang yang ingin mencapai tujuan bersama antara lain:

  • Dapat mengatasi keterbatasan secara bersama-sama dengan para anggota untuk mencapai tujuan.
  • Tersedianya tempat untuk berorganisasi.
  • Tersedianya tempat berkomunikasi baik secara intern maupun ekstern dalam kelompok.
  • Menciptakan sinergi antar anggota kelompok.
  • Memperluas pergaulan.
  • Mengasah kemampuan sosial.
  • Mengembangkan sifat atau kemampuan kepemimpinan.
  • Mampu mengatur waktu dengan baik.
  • Menentukan jati diri.

Ciri Organisasi

Adapun ciri-ciri dari wadah sekumpulan orang-orang yang mempunyai keinginan untuk mencapai tujuan bersama adalah sebagai berikut:

1. Terdapat Sekumpulan Orang

Sebuah perkumpulan minimal harus terdiri dari dua orang atau lebih manusia baru dikatakan membentuk sebuah organization. Hal yang demikian ini tentunya sama seperti terbentuknya suatu kelompok.

2. Memiliki Orientasi Mencapai Tujuan Bersama

Ketika perkumpulan dua orang atau lebih tersebut memiliki tujuan yang jelas. Maka, para anggotanya dapat berusaha meraih tujuan tersebut secara bersama-sama.

3. Ada Bentuk Kerja Sama

Setiap anggota kelompok organisasi harus bekerja sama dan melakukan koordinasi satu sama lain. Tentu saja, tujuannya untuk mempermudah dalam mencapai tujuan.

4. Memiliki Koordinasi Pembagian Tugas dan Wewenang

Dalam sebuah perkumpulan harus ada pembagian tugas dan wewenang pada tiap anggota. Hal tersebut bertujuan agar para anggota dapat bekerja satu sama lain secara efektif dan efisien sesuai dengan kemampuan masing-masing.

5. Memiliki Keterikatan Format dan Aturan yang Berlaku

Perkumpulan formal seseorang yang mempunyai tujuan yang sama harus mempunyai aturan-aturan atau batasan-batasan tertentu. Di mana aturan tersebut wajib untuk para anggota terapkan dan patuhi.

Konsep Organisasi

Perkumpulan ini memiliki dua konsep. Apa saja? Berikut penjabarannya:

1. Konsep Statis

Perkumpulan dengan konsep statis adalah struktur atau jaringan hubungan formal antara sekelompok orang yang terikat bersama. Di mana mereka akan mencapai sebuah tujuan tertentu.

2. Konsep dinamis

Dalam konsep dinamis, organization adalah sebuah proses pengorganisasian, pekerjaan, dan sistem yang sedang berlangsung. Serta berfungsi untuk menentukan kegiatan yang diperlukan agar dapat mencapai tujuan sebuah kelompok.

Unsur-Unsur Organisasi

Unsur Organisasi
Unsur Organisasi | Image Source: Pexels

Beberapa unsur yang harus ada dalam organization adalah sebagai berikut:

1. Ada Anggota

Semua anggota menurut fungsi dan tingkatannya terdiri atas beberapa bagian. Meliputi pemimpin (administrator) sebagai pimpinan tertinggi yang mengatur jalannya organization secara umum. 

Lalu, ada manajer yang memimpin unit tertentu sesuai dengan fungsi bidang kerjanya masing-masing dan para pekerja di bawah manajer atau karyawan.

2. Kerja Sama

Kerja sama adalah tindakan saling bahu membahu dalam mencapai tujuan bersama yang hendak diraih. Dengan adanya kerja sama yang baik, tujuan perkumpulan tersebut akan mudah tercapai.

Setiap tingkatan anggota dengan tugasnya masing-masing akan mempermudah dalam mengatur tugas kerja. Sehingga, kerja sama antar anggota akan terjalin dengan lebih baik.

3. Tujuan Bersama

Tujuan menggambarkan titik akhir dari sesuatu yang harus tercapai, melalui adanya program, prosedur, kebijakan, pola, anggaran, strategi, dan peraturan yang berlaku. Dalam suatu organisasi, tujuan bersama akan menentukan arah perjalanan kelompok dalam membuat berbagai kegiatan demi tercapainya keinginan.

4. Lingkungan

Unsur ini meliputi aspek kondisi sosial, budaya, teknologi, dan ekonomi. Ini akan menjadi faktor pendukung sebuah wadah perkumpulan orang dengan tujuan yang sama mencapai tujuan tersebut.

5. Peralatan atau Sarana

Adanya sarana yang mendukung, seperti budget (anggaran) dan barang modal lainnya yang dapat menjadi pendukung terbentuknya dan berjalannya sebuah organization.

6. Komunikasi

Komunikasi akan sangat mempengaruhi kerja sama yang terjalin antar sesama anggota. Jika komunikasi bisa terjalin dengan baik, maka perkembangan sebuah wadah perkumpulan pasti akan berjalan lebih optimal sesuai dengan proses kerja yang berlaku.

Baca Juga: Visi Misi Organisasi: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya

Sudah Memahami Apa itu Organisasi?

Mengikuti kegiatan organization dapat menjadi sarana memperoleh wawasan dan pengetahuan serta pengalaman baru. Apalagi jika Anda masih di lingkup pendidikan yang sehari-hari yang terbatas di ruang kelas saja.

Selain itu, dengan berorganisasi Anda akan memiliki daya saing dan kemampuan memimpin yang baik. Termasuk ketahanan mental dalam menghadapi berbagai persoalan. Anda juga harus memahami bahwa, dalam organization pasti akan ada persaingan. Apalagi, dalam perkumpulan juga memiliki prinsip pokok berupa delegasi kekuasaan. Oleh karena itu, setiap anggota dapat mengembangkan karakter untuk menghadapi persaingan tersebut secara sehat. Semoga bermanfaat!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page