Istilah sales dan marketing pasti bukanlah hal yang asing bagi Anda. Sayangnya, masih banyak orang yang mengira bahwa keduanya merupakan dua hal yang sama. Padahal, dua istilah tersebut punya perbedaan. Lantas, apa perbedaan marketing dan sales?
Daftar ISI
Pengertian Sales dan Marketing
Agar lebih memahami apa itu sales dan marketing, berikut penjelasan pengertian masing-masing istilah yang perlu Anda ketahui:
1. Pengertian Sales
Sales merupakan gambaran kegiatan penjualan barang maupun jasa. Seperti yang sudah di ketahui bersama, bahwa setiap perusahaan tentu memiliki team sales yang tugasnya bertanggung jawab terhadap penjualan perusahaan.
Unsur yang melatarbelakangi kinerja maupun tanggung jawab sales antara lain adalah sebagai berikut:
- Area Penjualan: Sales tentunya lebih mengetahui area penjualan produk maupun jasa atas perusahaannya. Sebab, team sales sudah bisa memetakan area penjualannya sendiri.
- Produk yang Dijual (Barang Maupun Jasa): Team sales sudah memahami strategi pemasaran apa yang akan mereka gunakan dalam menjual barang dan jasa dari perusahaan.
- Target Pelanggan: Sales tentunya sudah mengetahui siapa yang akan menjadi target pelanggannya. Sebab, hal ini menjadi salah satu unsur keberhasilan penjualan barang maupun jasa yang mereka tawarkan.
Selain itu, ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi penjualan sales. Berikut di antaranya:
- Kondisi pasar.
- Kemampuan penjualan.
- Status perusahaan.
- Model penjualan.
- Strategi marketing.
- Customer.
2. Pengertian Marketing
Perbedaan marketing dan sales selanjutnya bisa Anda lihat dari pengertian marketing. Marketing atau pemasaran merupakan proses untuk membuat orang lain tertarik untuk membeli produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
Marketing tentunya akan melakukan berbagai strategi untuk menarik orang lain agar membeli produk maupun menggunakan jasa yang mereka tawarkan. Mulai dari menetapkan harga jual yang kompetitif, membuat kemasan unik, menciptakan image produk, hingga melakukan promosi.
Strategi dari team marketing tidak langsung fokus pada penjualan produk maupun jasa layaknya team sales. Sebab, tujuan dari marketing adalah untuk membuat pekerjaan sales lebih mudah.
Salah satu caranya adalah dengan memperkenalkan produk secara lebih meluas. Selain itu, tujuan lain dari marketing adalah untuk meningkatkan pendapatan dalam jangka panjang.
Perbedaan Marketing dan Sales
Setelah mengetahui pengertian kedua, maka Anda juga harus mengetahui apa perbedaannya berikut ini:
1. Proses Kerjanya
Perbedaan pertama yang paling mendasar dari sales dan pemasaran adalah proses kerjanya. Sales nantinya akan berinteraksi dengan konsumen secara langsung. Sebab, sales akan langsung datang ke lokasi dari calon konsumennya. Kemudian, mereka juga akan menghubungi konsumennya dan membuat janji temu.
Agar team sales bisa melakukan penjualan dengan baik, tentunya akan ada team marketing yang melakukan analisis pasar. Salah satunya adalah mengidentifikasi kebutuhan para konsumen.
Nantinya, team marketing biasanya akan mempersiapkan tools dan konsep yang memudahkan konsumen mencari produk yang mereka inginkan. Marketing perlu mengingat kembali produk apa saja yang laku di pasaran.
Selain itu, cara promosi serta kelebihan dari produk-produk yang sudah laku juga perlu team marketing ingat untuk merancang strategi pemasaran selanjutnya. Sementara team sales bertugas untuk melayani para calon konsumen hingga produknya laku terjual.
2. Prioritas dan Fungsinya
Perbedaan lainnya bisa Anda lihat dari prioritas dan fungsi. Untuk perbedaan keduanya bisa Anda lihat dari target kegiatannya. Prioritas dari marketing adalah untuk mendapatkan konsumen. Selain itu, marketing juga memiliki prioritas untuk menjangkau konsumen serta membangun hubungan baik.
Sementara untuk sales sendiri berfungsi untuk melayani konsumen dan membantunya mendapatkan produk sesuai kebutuhannya. Terlepas dari fungsi dan prioritasnya, hal tersebut merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan.
3. Ruang Lingkup Kerja
Perbedaan marketing dan sales selanjutnya adalah berdasarkan ruang lingkup kerja. Pekerjaan dari team sales cenderung bersifat short term. Sementara untuk team marketing sifatnya lebih long term.
Hal tersebut terjadi karena team marketing menjaga hubungannya agar tetap baik dengan partner bisnis yang berkaitan dengan pemasaran produk. Untuk lingkup pekerjaan dari marketing sendiri mulai dari market research, public relations, serta customer satisfaction.
Sementara untuk ruang lingkup pekerjaan dari team sales adalah menyakinkan calon konsumen untuk terus merasa butuh akan produk yang ada.
4. Strategi Kerja
Perbedaan selanjutnya bisa Anda lihat dari strategi kerja. Pada marketing sendiri akan melakukan analisis mengenai SWOT sebagai strategi kerja. Selain itu, marketing juga akan melaksanakan tujuan pemasaran untuk membuat calon konsumen merasa tertarik membeli produk tersebut.
Sementara untuk sales sendiri lebih senang menggunakan strategi “diskon”. Selain itu, sales juga akan melakukan pertemuan secara langsung dengan konsumen. Hal inilah yang membuat sales memiliki kesempatan lebih besar untuk menarik pembeli.
5. Peralatan yang Digunakan
Marketing dan sales juga bisa Anda lihat perbedaannya melalui peralatan yang digunakan. Karena memiliki jobdesk yang berbeda, maka keduanya pun tentu menggunakan peralatan yang berbeda. Biasanya, bagian marketing akan menggunakan media sosial sebagai sarana promosi untuk mengunggah konten.
Sementara sales akan memanfaatkan media sosial sebagai strategi penjualan yang berbasis digital. Itulah sebabnya, meskipun media yang digunakan sama. Namun, untuk peralatan yang mereka gunakan berbeda.
Marketing akan membutuhkan aplikasi manajemen proyek sebagai alat untuk menganalisis data atau membuat konten untuk produk yang mereka tawarkan. Sementara sales biasanya menggunakan aplikasi yang bisa mencatat semua hasil rapat hingga pembuat faktur penjualan.
Tugas dari Marketing dan Sales
Setelah Anda mengetahui apa saja perbedaan marketing dan sales, maka Anda juga perlu mempelajari tugas dari keduanya berikut ini:
1. Tugas Sales
Perlu Anda ketahui, bahwa tugas utama dari sales adalah menjalankan proses penjualan. Selain itu, berikut ini adalah tugas lain dari seorang sales:
- Menawarkan barang maupun jasa kepada konsumen.
- Menjelaskan detail produk kepada konsumen.
- Memberikan simulasi perhitungan biaya kepada konsumen.
- Menjelaskan manfaat yang akan konsumen dapatkan dari produk tersebut.
- Melakukan komunikasi dengan konsumen.
- Memberi konsultasi seputar barang maupun jasa yang mereka tawarkan kepada calon konsumen.
2. Tugas Marketing
Team marketing yang andal akan mengenalkan produk maupun jasa yang mereka jual kepada calon pembeli dengan baik. Selain itu, ada tugas lain dari seorang marketing yang perlu Anda ketahui, meliputi:
1. Memenuhi Kebutuhan Konsumen
Tugas marketing ternyata tidak hanya menawarkan barang maupun jasa saja. Melainkan juga memberikan pelayanan kepada konsumen.
Marketing merupakan salah satu kunci utama dari bisnis yang harus berjalan dengan baik. Jadi, bisnis pun akan berhasil. Secara garis besar, marketing adalah perantara antara perusahaan dan konsumen.
2. Menetapkan Harga
Tugas marketing lainnya adalah menentukan harga atas produk maupun jasa yang mereka tawarkan. Caranya adalah dengan mencari tahu kisaran dari harga produk tersebut di pasaran.
Setelah itu, marketing akan menentukan harga yang tepat untuk produk maupun jasa yang mereka tawarkan. Pendekatan harga ini bahkan bisa mendekati rata-rata produk di pasaran.
3. Merencanakan Produk
Seperti yang Anda ketahui, perbedaan marketing dan sales bisa Anda lihat dari lingkup kerjanya. Di mana tugas marketing adalah untuk merencanakan produk yang akan mereka jual. Jadi, marketing akan mengamati pasar untuk menyesuaikan demand atas kebutuhan konsumen.
4. Merencanakan Promosi
Perencanaan akan kegiatan promosi yang baik tentunya akan memperlancar penjualan produk maupun jasa. Nah, marketing sendiri harus mengetahui media promosi apa yang akan mereka gunakan.
Tujuan dari promosi ini sendiri adalah untuk mengenalkan produk kepada calon konsumen. Cara ini bisa berupa publikasi produk maupun pemberian bonus seperti diskon, voucher, cashback, hingga garansi.
Sudah Paham Apa Perbedaan Marketing dan Sales?
Itu dia penjelasan mengenai perbedaan marketing dan sales yang perlu Anda ketahui. Meskipun keduanya terlihat hampir sama, namun tugas dan fungsinya berbeda. Namun, keduanya tetap saling membutuhkan.
Karena tanpa adanya pemasaran, sales juga tidak bisa mencapai target penjualan. Intinya, sales lebih fokus pada revenue. Sedangkan pemasaran fokus pada kegiatan branding. Jika bisnis ingin lebih berkembang, menjalankan dua hal tersebut sangat penting agar keduanya tidak hilang arah. Semoga bermanfaat!