Apa Itu Poster? Pengertian, Ciri-Ciri, Tujuan serta Manfaatnya

Poster adalah suatu media yang cukup berguna untuk menyampaikan informasi. Sebab, media ini dapat membuat sebuah pesan menjadi lebih singkat, padat, dan menarik untuk keperluan tertentu. Media ini biasa ditemukan di berbagai tempat ramai, seperti mall, sekolah, atau alun-alun kota. Namun, sebenarnya apa tujuannya?

Pengertian

Poster atau bisa disebut juga dengan plakat adalah suatu media publikasi atau sarana promosi yang memadukan antara gambar (visual), garis, dan tulisan. Biasanya, media publikasi ini berbentuk pengumuman atau iklan yang berisi tentang anjuran, himbauan, atau ajakan untuk melakukan sesuatu.

Umumnya, media publikasi ini akan ditempelkan di tempat-tempat yang datar, seperti dinding, agar lebih mudah dilihat, sehingga dapat menarik perhatian. Meski begitu, di zaman yang serba canggih, media publikasi ini tidak berbentuk cetak, melainkan ada juga yang digunakan dalam bentuk digital.

Plakat biasanya digunakan untuk keperluan pemasaran, mulai dari mempromosikan barang atau jasa yang dimiliki. Selain itu, plakat ini bisa juga digunakan untuk mempromosikan atau mengkampanyekan suatu kegiatan, seperti “buanglah sampah pada tempatnya!”.

Untuk itu, agar pesan dapat tersampaikan kepada khalayak umum, maka plakat diletakkan di tempat-tempat strategis, seperti lingkungan sekolah, pasar, kantin, atau tempat lain yang dinilai ramai.

Ciri-Ciri Poster

Berikut beberapa ciri-ciri dari poster adalah:

  • Dibuat secara sederhana: Artinya, meski banyak unsur, seperti gambar, garis dan tulisan, media publikasi ini harus dibuat secara sederhana. Hal ini agar audiens dapat dengan mudah memahami pesan dari plakat tersebut.
  • Menyajikan suatu ide: Misalnya, untuk tujuan kebersihan agar lingkungan tetap asri. Maka, plakat yang dibuat harus menunjukkan orang yang sedang membuat sampah pada tempatnya. Ide dan tujuannya adalah agar orang-orang menjaga kebersihan.
  • Memanjakan mata: Maksudnya, plakat dibuat dengan visual, mulai dari gambar dan warna yang menarik. Hal tersebut agar membuat orang-orang lebih tertarik untuk melihatnya.
  • Tulisan bervariasi: Dalam satu poster, terdapat beberapa tulisan yang beragam, yang dibedakan mulai dari ukuran, warna, dan jenisnya.
  • Tulisan  jelas: Tulisan dalam plakat harus dibuat secara jelas, agar pesan yang ingin disampaikan mudah dipahami oleh audiens.

Tujuan

Tujuan utama dari media publikasi ini adalah untuk menangkap perhatian dari audiens yang bergerak. Nantinya, audiens akan melihat atau membaca pesan maupun informasi di dalamnya.

Informasi ini pun harus disajikan dengan jelas, padat, tetapi juga mudah dipahami oleh pembaca. Sebab, audiens yang akan membaca media publikasi ini hanya memiliki waktu kurang dari 1 menit, karena mereka bergerak melewatinya.

Meski demikian, sebenarnya, tujuan poster terbagi menjadi 3, yakni sebagai media publikasi, media informasi, dan untuk tujuan komersil (menjual barang atau jasa). Namun secara spesifik, setidaknya ada 4 tujuan dari media publikasi ini, antara lain:

1. Memberitahu Informasi Sebuah Kegiatan

Tujuan plakat yang pertama adalah agar audiens menjadi lebih tahu tentang acara maupun kegiatan yang akan dilaksanakan. Ketika membuat suatu kegiatan, tentu para panitianya ingin masyarakat atau audiens tertentu datang ke event tersebut. Namun, tidak jarang masyarakat yang ragu untuk datang karena informasi tidak jelas.

Maka dari itu, dengan membuat pengumuman lewat plakat offline maupun online, diharapkan orang-orang akan mengetahui informasi seputar acara tersebut dan berpotensi untuk datang.  Sebab, mereka jadi lebih tahu mengenai acara yang akan dilaksanakan.

Biasanya, plakat ini berisi waktu, tempat diadakannya acara, host (jika terkenal), dan kegiatan apa yang akan dilaksanakan. Contoh acaranya seperti kegiatan bazar, event memperingati hari pancasila, dan donor darah.

2. Strategi Pemasaran

Berikutnya tujuan poster adalah untuk keperluan promosi. Umumnya, media publikasi ini digunakan dalam upaya meningkatkan brand awareness dan penjualan suatu produk atau jasa. Plakat dengan tujuan pemasaran biasanya berisi informasi suatu barang dan jasa yang ditawarkan.

Selain itu, desainnya dibuat semenarik mungkin, agar dapat menarik perhatian target market. Jika sudah tertarik, maka kemungkinan mereka akan membaca isinya dan melakukan sesuatu perintah yang ada di dalam plakat tersebut, misalnya berlangganan atau melakukan pembelian.

Plakat dengan tujuan ini bisa ditemui di beberapa tempat, mulai dari di jalan raya hingga berbagai media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Contoh umumnya adalah poster bisnis F&B dengan melakukan promosi atau iklan bimbingan belajar online.

3. Menjadi Pengingat Masyarakat

Media publikasi ini biasanya hadir dalam bentuk iklan layanan masyarakat. Sebab, iklan layanan masyarakat juga sama-sama mengingatkan masyarakat tentang berbagai hal yang seharusnya dilakukan.

Biasanya, media publikasi dengan tujuan mengingatkan masyarakat berisi tentang ajakan atau informasi yang mengedukasi masyarakat umum tentang suatu hal. Misalnya, plakat tentang menghemat listrik, menjaga kebersihan lingkungan, dan program Keluarga Berencana (KB) yang digaungkan pemerintah.

4. Mencegah Masyarakat

Tujuan plakat pada poin sebelumnya cenderung untuk mengajak masyarakat dalam berbuat baik, seperti donor darah dan menjaga kebersihan. Pada tujuan ini, masyarakat dihimbau agar menjauhi hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Meski demikian, keduanya sama-sama termasuk iklan layanan masyarakat.

Biasanya, plakat yang ditampilkan berisi larangan mengenai hal yang tidak boleh dilakukan oleh masyarakat. Selain itu, terdapat juga kerugian yang akan didapatkan jika tetap melakukannya. Contohnya seperti plakat larangan merokok, menjauhi narkoba, dan jangan membuang sampah sembarangan.

Manfaat Poster

Di bawah ini beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika menggunakan sebuah poster adalah:

1. Hemat Biaya

Penyebaran informasi, terutama untuk pemasaran membutuhkan media yang dapat menjangkau setiap lapisan masyarakat ataupun target market yang telah ditentukan. Banyak media yang bisa menjangkaunya, tetapi belum tentu harganya terjangkau.

Namun, jika mengenalkannya lewat plakat, maka harganya lebih murah. Apalagi jika dibandingkan dengan sarana promosi lainnya, seperti radio, televisi, maupun media cetak. Dengan menggunakan plakat berukuran besar, informasi dapat ditampilkan dengan jelas dan dibuat  agar menarik minat audiens.

Selain itu, produksi plakat bisa dibuat dalam jumlah besar dengan harga yang lebih rendah. Hal ini tentu dapat menghemat biaya, terutama untuk perusahaan yang sedang memasarkan produk atau jasanya.

2. Menyebarkan Informasi dengan Mudah

Adanya poster membuat individu, kelompok organisasi dan perusahaan dapat dengan mudah untuk menyebarkan informasi ke khalayak umum. Selain itu, karena informasinya yang singkat, padat, dan jelas, maka pesan yang disajikan dapat dengan mudah dipahami oleh audiens.

Apalagi, media publikasi ini menampilkan visual yang lebih menarik pembaca, sehingga perhatian mereka lebih mudah teralihkan. Selain itu, biasanya media publikasi ini diletakkan di berbagai tempat strategis, seperti pusat perbelanjaan, stasiun metro, dan area public dengan keramaian yang tinggi.

Nantinya, plakat bisa dilihat dan dibaca oleh banyak masyarakat, sehingga penyebaran informasi lebih efektif.

3. Untuk Mengenalkan Sesuatu Kepada Masyarakat

Manfaat lainnya poster adalah untuk mengenalkan sesuatu kepada masyarakat. Misalnya, untuk tujuan bisnis dan pemasaran, media publikasi ini bermanfaat untuk mengenalkan produk maupun jasa kepada khalayak, agar dapat meningkatkan brand awareness.

Nantinya, isi dari plakat ini adalah informasi terkait barang atau jasa yang ditawarkan, sehingga calon pembeli tertarik akan produk tersebut. Selain itu, untuk tujuan edukasi, terdapat plakat dengan tujuan mengenalkan sesuatu yang harus diketahui dan dilakukan oleh masyarakat.

Beberapa di antaranya adalah menggunakan program KB, pencegahan DBD, hingga terkait vaksin CoViD-19. Informasi-informasi ini bertujuan agar masyarakat semakin tahu tentang  informasi tersebut. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat memahami apa yang harus dilakukan dan bagaimana untuk bersikap.

4. Membantu Kegiatan Kampanye Sosial

Kampanye sosial adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan serangkaian tindakan untuk mengkomunikasikan pesan yang berisi tentang permasalahan sosial di lingkungan masyarakat. Di sini, poster bisa dimanfaatkan untuk alat komunikasi, dimana media publikasi ini digunakan untuk menarik simpati masyarakat.

Alhasil, kegiatan berkampanye bisa tersampaikan dengan baik. Selain itu, dengan plakat, orang-orang akan lebih mudah terdorong untuk ikut serta dalam suatu kampanye, karena plakat ini berisi ajakan yang persuasif.

Biasanya, digunakan beberapa kata-kata yang mendorong audiens untuk bersimpati terhadap isu sosial yang diangkat.

Sudah Tahu Apa Itu Poster?

Jadi, poster adalah suatu media publikasi. Ketika membuat media publikasi ini, pastikan informasi dapat disampaikan dengan jelas, agar audiens mudah memahaminya. Selain itu, buat desain yang menarik agar perhatian langsung tertuju pada plakat yang dibuat.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page