Slogan merupakan kalimat menarik dan mudah Anda ingat, yang bisa memiliki makna mendalam dan meningkatkan motivasi. Walaupun mungkin sering muncul pada teks iklan, namun sebenarnya terdapat fungsi lain yang cukup penting dan mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Penasaran? Mari belajar dari penjelasan berikut!
Daftar ISI
- Apa itu Slogan?
- Ciri-Ciri Slogan
- 1. Concise (Singkat dan Padat)
- 2. Memorable (Mudah Diingat)
- 3. Meaningful (Mengandung Pesan yang Kuat atau Bermakna)
- 4. Identity (Mencerminkan Identitas atau Karakteristik)
- 5. Appeal (Memiliki Daya Tarik)
- 6. Relate (Relevan dengan Target Audiens)
- 7. Impressian (Berkesan)
- 8. Kontinuitas (Dapat Digunakan Secara Terus Menerus)
- Jenis-Jenis Slogan
- Fungsi Pembuatan Slogan?
- Contoh Slogan
- Sudahkah Anda Mengenal Apa itu Slogan?
Apa itu Slogan?
Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, frase atau kalimat pendek ini sebenarnya cukup sering Anda jumpai pada kehidupan sehari-hari. Karena umumnya, penggunaannya menjadikan slogan atau motto ini sebagai identitas atau representasi suatu produk, perusahaan, atau sebuah kampanye.
Namun, niatan tersendiri dari penggunaan frase ini adalah untuk menarik perhatian, mengingat, dan memberikan pesan yang kuat kepada target audiens. Adanya tujuan inilah yang nantinya akan mencerminkan identitas atau nilai tertentu pada target audiens, terkait sesuatu yang sedang jadi pokok pembahasan.
Dalam dunia marketing, motto juga memiliki peranan yang cukup besar, mengingat kesadaran dan memorable produk memang harus bisnis tanamkan kepada para target pasar. Sehingga butuh paduan diksi yang baik agar tujuan benar-benar tersampaikan pada target audiens.
Walaupun begitu, kegunaan kalimat ini tak hanya untuk mengiklankan produk saja, namun lebih luas daripada itu. Menurut beberapa sumber, frasa satu ini juga dapat Anda gunakan pada berbagai kebutuhan. Baik pendidikan, politik, budaya, ideologi, kesehatan, pariwisata, teknologi dan masih banyak lagi.
Ciri-Ciri Slogan
Ada beberapa ciri khusus yang membedakan frasa ini dengan yang lainnya, seperti:
1. Concise (Singkat dan Padat)
Ciri pertama adalah kecenderungan dibuat dengan singkat yang terdiri dari beberapa kata atau frasa pendek.
2. Memorable (Mudah Diingat)
Frase ini juga harus mudah diingat oleh target audiens. Sehingga banyak yang menggunakan diksi sederhana, penggunaan repetisi, hingga irama tertentu yang dapat membantu meningkatkan daya ingat.
3. Meaningful (Mengandung Pesan yang Kuat atau Bermakna)
Tak hanya singkat dan mudah diingat. Slogan juga mengandung pesan yang kuat dan langsung bisa Anda rasakan. Sehingga dalam pembuatannya harus tersampaikan dengan jelas nilai-nilai, manfaat, atau pesan dari pembuatannya.
4. Identity (Mencerminkan Identitas atau Karakteristik)
Terkadang, pembuatannya juga dapat mencerminkan identitas atau karakteristik produk atau entitas yang ingin disampaikan. Sebuah produk pastinya harus mampu mendukung value positioning atau citra merek yang ingin ditonjolkan.
5. Appeal (Memiliki Daya Tarik)
Motto yang efektif sudah seharusnya memiliki daya tarik yang dapat menarik perhatian target audiens. Baik dari gaya bahasa yang menarik, humor, kreativitas, atau karakteristik unik lain yang membuat orang merasa tertarik.
6. Relate (Relevan dengan Target Audiens)
Karena ingin menyampaikan pesan tertentu, maka pembuatan slogan harus relevan dengan target audiens yang Anda tuju. Sehingga Anda harus memahami kebutuhan, keinginan, dan nilai-nilai dari audiens yang Anda tuju.
7. Impressian (Berkesan)
Tak hanya harus relate dengan pembaca, frase ini juga harus meninggalkan kesan tersendiri terutama dalam hal positif. Sehingga ketika dibaca akan membangkitkan perasaan, emosi positif, memberikan inspirasi, atau manfaat yang baik bagi audiens.
8. Kontinuitas (Dapat Digunakan Secara Terus Menerus)
Pembuatannya juga harus dipertimbangkan agar bisa masuk ke dalam berbagai lini waktu dan generasi. Sehingga akan muncul atau mampu digunakan secara konsisten atau kontinuitas.
Jenis-Jenis Slogan
Secara teori, kalimat pendek ini bisa Anda buat dalam beberapa jenis, mulai dari:
1. Terkait Lingkungan
Jenis pertama ini bertujuan untuk mengajak dan memberitahu masyarakat luas terkait pentingnya melindungi dan mencintai lingkungan sekitar. Umumnya, jenis ini mudah Anda jumpai di berbagai lokasi strategis seperti sekolah, taman, jalan raya, dan tempat umum lainnya.
Motto tentang lingkungan umumnya mengandung pesan-pesan tentang kepedulian terhadap alam, penghematan energi, pengurangan sampah, atau upaya pelestarian lingkungan. Tujuan utama dari motto lingkungan adalah untuk menginspirasi orang agar berpartisipasi dalam menjaga keberlanjutan dan keindahan lingkungan.
2. Terkait Kesehatan
Selain lingkungan, kesehatan adalah salah satu hal penting yang harus manusia jaga, baik untuk kepentingan pribadi maupun umum. Sehingga munjul jenis yang berfokus pada pesan-pesan yang terkait dengan kesehatan dan kesejahteraan manusia.
Pastinya akan mudah Anda temukan di fasilitas kesehatan maupun kampanye kesehatan. Tak heran bentuknya bisa berupa ajakan untuk hidup sehat, menjaga pola makan yang seimbang, melakukan olahraga, atau mengadopsi gaya hidup tertentu.
Tujuannya sudah pasti untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kesehatan dan mendorong untuk mengambil tindakan yang lebih baik bagi fisik maupun mental.
3. Terkait Kebersihan
Jenis ini berfokus pada pesan-pesan yang berkaitan dengan kebersihan dan sanitasi, sehingga cenderung mirip dengan jenis lingkungan. Umumnya, sering muncul di tempat umum seperti toilet umum, tempat pembuangan sampah, atau area umum lainnya.
Dengan mengajak orang menjaga kebersihan diri, lingkungan, atau fasilitas umum, pastinya akan mengedukasi banyak orang hidup sehat dan menjaga sekitarnya. Biasanya, motto ini lebih menekankan pentingnya mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya dan pencegahan penyebaran penyakit.
4. Terkait Pendidikan:
Slogan berikutnya berkaitan dengan pesan-pesan yang terkait dengan dunia pendidikan dan pembelajaran. Bisa juga Anda gunakan dalam kampanye pendidikan, promosi instansi pendidikan, maupun inisiatif pendidikan lainnya.
Berfokus dan menitikberatkan pada pentingnya pendidikan, motivasi belajar, nilai-nilai pendidikan, atau citra akademik sebuah instansi. Tujuannya utamanya sudah pasti untuk memotivasi, menginspirasi, dan meningkatkan kesadaran akan pendidikan untuk target audiens.
5. Terkait Politik
Jenis ini berkaitan dengan pesan moral yang terkait dengan dunia politik, kampanye parpol, atau partai politik itu sendiri. Motto politik umumnya berguna untuk memperkenalkan visi, misi, atau janji dari seorang kandidat politik atau partai politik.
Biasanya, ini dirancang untuk menarik perhatian, mengomunikasikan pesan politik, dan mempengaruhi pemilih. Sering juga mencakup isu-isu sosial, ekonomi, lingkungan, atau keadilan sosial. Tujuannya sudah pasti untuk menarik simpatisan dalam pemilihan umum atau kegiatan politik tertentu.
6. Terkait Produk
Jenis berikutnya sudah umum Anda jumpai, karena digunakan dalam memperkenalkan dan mempromosikan produk atau jasa tertentu. Bentuknya seperti ajakan atau informasi yang menyampaikan manfaat, keunggulan, atau keunikan produk kepada konsumen.
Tujuannya adalah untuk mempengaruhi konsumen agar mengenal, tertarik, memilih produk, dan melakukan tindakan tertentu (lebih ke melakukan transaksi). Caranya dengan mencoba membangun citra positif, meningkatkan kesadaran merek, dan mendorong minat konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.
7. Terkait Teknologi
Umumnya, berkaitan dengan teknologi, inovasi, atau perusahaan teknologi. Motto ini sering digunakan dalam industri teknologi, promosi produk teknologi, atau kampanye yang berkaitan dengan perkembangan teknologi. Tujuannya untuk mengajak pembaca untuk melek terhadap kemajuan teknologi dan manfaatnya.
Fungsi Pembuatan Slogan?
Mungkin masing-masing jenisnya memiliki tujuan yang berbeda, namun secara luas ada beberapa fungsi umum, seperti halnya:
- Memberikan informasi langsung tentang sesuatu yang jadi pokok pembahasan, lebih tepatnya menyampaikan pesan tertentu.
- Melakukan pendekatan persuasif kepada target audiens melalui bujukan atau ajakan yang meningkatkan kesadaran atau permintaan target audiens.
- Memicu perhatian dan perdebatan, khususnya pada pernyataan atau pertanyaan yang sering membuat target audiens bingung.
- Memberikan dampak emosi dan mencoba membangkitkan perasaan tertentu pada audiens.
- Menjadi semacam penghiburan atau motivasi bagi para pembaca untuk melakukan sebuah tindakan tertentu.
- Membangun kepercayaan tertentu, terhadap pesan atau objek yang sedang jadi pmbahasan.
- Menjadi pengingat para pembaca, saat dalam kondisi tertentu.
- Mempengaruhi opini publik untuk melakukan suatu aksi tentunya yang positif sesuai nilai atau pesan yang ingin disampaikan.
Contoh Slogan
Ada beberapa contoh yang bisa Anda coba atau pelajari lebih dalam, seperti:
1. Terkait Lingkungan
- “Selamatkan Bumi, Rumah Kita Bersama.”
- “Hidup Hijau, Cintai Alam.”
- “Jaga Lingkungan, Wariskan Kebaikan.”
- “Kurangi Sampah, Tingkatkan Kualitas Hidup.”
2. Terkait Kesehatan
- “Sehat itu Kaya.”
- “Kesehatan adalah Harta Terbesar.”
- “Hidup Sehat, Hidup Bahagia.”
- “Kebahagiaan Dimulai dari Kesehatan.”
3. Terkait Kebersihan
- “Kebersihan adalah Kunci Kesehatan.”
- “Bersihkan, Lindungi, Nikmati.”
- “Kebersihan Lingkungan, Kenyamanan Bersama.”
- “Bersih Mulai dari Diri Sendiri.”
4. Terkait Pendidikan
- “Berkarya dan Berprestasi di Dunia Pendidikan.”
- “Pendidikan Membuka Pintu Masa Depan.”
- “Setiap Anak Berhak Mendapatkan Pendidikan Berkualitas.”
- “Berpikir Kritis, Bertindak Inovatif, Berkembang Optimal.”
5. Terkait Politik
- “Bersama Membangun Negeri yang Lebih Baik.”
- “Keadilan untuk Semua, Kesejahteraan untuk Rakyat.”
- “Masyarakat Partisipatif, Negara Maju.”
- “Suara Anda, Suara Perubahan.”
6. Terkait Produk
- “Inovasi yang Mengubah Hidup Anda.”
- “Kualitas yang Terpercaya, Harga Terjangkau.”
- “Solusi yang Sempurna untuk Kebutuhan Anda.”
- “Pilihan Utama untuk Kualitas dan Keandalan.”
7. Terkait Teknologi
- “Teknologi Masa Depan, Kehidupan Lebih Baik.”
- “Inovasi Tanpa Batas, Perubahan Tanpa Henti.”
- “Terhubung dengan Dunia Melalui Teknologi.”
- “Mengubah Cara Dunia Bekerja, Bermain, dan Belajar.”
Sudahkah Anda Mengenal Apa itu Slogan?
Itulah beberapa hal yang bisa Anda pelajari dari sisi pengertian, ciri, jenis, fungsi, hingga contoh dari slogan. Sekarang Anda bisa membuatnya sendiri dengan tujuan dan kapabilitas masing-masing. Semoga bermanfaat!