Social Media Marketing: Pengertian, Fungsi, Strategi dan Contohnya

Pada era digital seperti sekarang ini, semua hal dapat terjadi melalui media sosial. Banyak informasi-informasi penting hingga ide-ide bisnis yang menarik hadir pada platform media sosial. Oleh karena itu, strategi social media marketing sangatlah penting untuk mengatur penggunaan media sosial secara maksimal.

Selain itu, peranan dari strategi satu ini tidak hanya fokus pada pemasaran atau promosi pada platform media sosial, namun masih ada yang lainnya. Di samping itu, Anda juga harus tahu bahwa contoh dari sistem promosi ini sangat beragam. Anda dapat mencoba sesuai contoh yang ada untuk melakukan promosi bisnis Anda.

Sekilas tentang Social Media Marketing

Memasuki era digital, mulai banyak pebisnis yang mengepakkan sayap bisnis mereka pada platform media sosial. Pebisnis memilih sarana tersebut untuk dapat memaksimalkan teknik marketing mereka kepada calon pelanggan. Salah satu teknik pemasaran ini berfokus pada jejaring media sosial yang sangat luas.

Social media marketing merupakan sebuah teknik berbisnis dalam memasarkan produk jualan secara global. Pengembangkan bisnis dengan menggunakan teknik ini semata-mata bertujuan untuk menarik perhatian pasar atas barang atau jasa yang Anda tawarkan. 

Oleh karena itu, penyesuaian target pemasaran sangat penting dalam menentukan arah promosi bisnis agar dapat berkembang secara maksimal. Dengan begitu, Anda memerlukan strategi yang sesuai agar dapat berkomunikasi langsung dengan para pelanggan sehingga dapat mengetahui keperluan pasar.

Menggunakan teknik pemasaran melalui media sosial ini memerlukan beberapa aktivitas agar dapat membangun relasi dengan para pelanggan. Aktivitas tersebut termasuk meningkatkan traffic menuju sebuah situs penjualan, mengenalkan brand awareness, hingga meningkatkan Return of Investment (ROI).

Selain itu, penggunaan teknik ini akan menciptakan interaksi-interaksi yang terjadi antara pelanggan dan customer service perusahaan. Dengan melalui interaksi tersebut, calon pelanggan dapat memecahkan masalah serta berdiskusi perihal keluhan mereka bersama customer service. 

Hasilnya, perusahaan akan mendapat feedback dari pelanggan yang telah menggunakan produk mereka dan menggunakan masukan tersebut sebagai alat evaluasi. Selain itu, Anda dapat menyebarkan informasi perihal produk yang baru launch kepada para pelanggan melalui media sosial.

Di samping itu, dalam penggunaan teknik social media marketing memerlukan sebuah analisis data terkait media sosial yang tepat. Perhitungan ini melibatkan banyaknya interaksi pada konten media sosial, reach post, engagement rate, hingga target pasar yang telah tercapai.

Dengan begitu, Anda akan mengetahui bagaimana perkembangan jejaring media sosial yang Anda gunakan untuk berbisnis. 

Fungsi Social Media Marketing bagi Perkembangan Bisnis

Fungsi Social Media Marketing
Fungsi Social Media Marketing | Image Source: Unsplash.com

Sebagai salah satu alat pengembangan bisnis pada era digital, social media marketing punya peran yang sangat penting. Para pebisnis yang menggunakan teknik ini tentu saja berharap lebih agar bisnis mereka dapat berkembang maksimal dengan peran-peran tersebut.

Lantas, apa saja peranan atau fungsi penting dari teknik pemasaran bisnis melalui jejaring media sosial ini?

1. Menyebarkan Brand Awareness

Brand awareness merupakan suatu gambaran dari banyaknya jumlah audiens yang mengetahui dan mengenali bisnis yang sedang Anda kembangkan. Para konsumen dapat mengenali apa saja produk yang Anda tawarkan dan bagaimana konsep penggunaannya. 

Menyebarkan brand awareness menjadi peran yang sangat penting untuk sistem pemasaran di era digital bagi perkembangan bisnis. Pasalnya, para calon pembeli yang sering menggunakan media sosial akan mengetahui informasi perihal bisnis Anda melalui platform media sosial.

Tetapi, menjadi catatan penting bagi Anda juga bahwa pelaksanaan dari teknik ini tidak bisa jauh dari strategi pemasaran yang tepat. 

Selain itu, kesuksesan dalam penyebaran brand awareness ini berdasarkan dengan peningkatan angka jangkauan post, impression, klik pada tautan, dan mention. Sebagai tambahan, banyaknya jumlah pencarian terhadap bisnis Anda pada search engine juga menjadi indikator kesuksesan dari teknik pengenalan produk ini.

2. Menambah Jumlah Traffic Menuju Situs Online

Selanjutnya, social media marketing juga berperan untuk menambah jumlah kunjungan calon pembeli ke situs website bisnis. Banyaknya jumlah kunjungan pada situs tersebut menandakan bahwa pemasaran melalui jejaring sosial telah sukses menarik perhatian calon pelanggan.

Di samping itu, terdapat indikator utama yang menjadi tanda suksesnya peran teknik pemasaran media sosial untuk menambah jumlah traffic. Indikator tersebut antara lain jumlah kunjungan dari akun baru (new visitors) dan kunjungan dari beberapa akun yang sudah pernah berkunjung ke website tersebut (returning visitors).

3. Melahirkan Interaksi

Peran penting dari pemasaran melalui media sosial yang berdampak baik bagi usaha Anda adalah adanya interaksi yang muncul dari para pelanggan. Interaksi tersebut menjadi indikator peminatan calon konsumen terhadap bisnis Anda. Selain itu, interaksi yang terjadi juga akan meningkatkan angka engagement.

Kegiatan interaksi yang terjadi tersebut dapat dengan cara menyukai post media sosial bisnis Anda, meninggalkan komentar, hingga membagikan post. Tetapi, interaksi tersebut menyesuaikan dengan ketentuan dari masing-masing jejaring media sosial yang Anda gunakan untuk berbisnis.

4. Meningkatkan Leads dan Sales

Ada lagi peran penting dari social media marketing terhadap bisnis Anda yaitu meningkatkan leads and sales. Tetapi, apakah Anda tahu apa itu leads and sales?

Secara garis besar, istilah tersebut memiliki arti sebagai indikator jumlah ketertarikan konsumen terhadap hasil penjualan. Memaksimalkan penggunaan strategi pemasaran melalui media sosial akan menarik minat calon konsumen dan mereka akan membeli produk dari bisnis Anda.

Hasilnya, besaran sales bisnis akan meningkat karena adanya ketertarikan atau minat pelanggan untuk membeli setelah melihat cara berpromosi Anda.

Strategi Ampuh Pemasaran Melalui Media Sosial

Pemasaran Melalui Media Sosial
Pemasaran Melalui Media Sosial | Image Source: Unsplash.com

Sebagai tambahan, Anda juga harus memikirkan tentang strategi yang harus Anda siapkan. Anda memerlukan strategi-strategi bisnis tersebut untuk menunjang keberhasilan dari sistem social media marketing.

Berikut ini adalah strategi yang cukup ampuh untuk bisnis di jejaring media sosial milik Anda:

  • Lakukan riset mendalam terhadap kebutuhan pasar.
  • Sesuaikan konten dengan kebutuhan pasar sehingga dapat meningkatkan engagement rate.
  • Tentukan jejaring media sosial yang akan Anda gunakan untuk berpromosi.
  • Produksi konten yang unik dan menarik sehingga dapat menjadi ciri khas bisnis Anda.
  • Lakukan perjanjian kerja sama dengan influencer yang memiliki kriteria sesuai dengan konsep bisnis Anda.
  • Tentukan waktu yang tepat untuk mengunggah video dan lakukan unggahan secara konsisten.
  • Gunakan fitur iklan pada media sosial.
  • Ambil data dari setiap konten dan lakukan pengawasan terhadap konten tersebut sebagai alat evaluasi kinerja pada jejaring media sosial.

Contoh Social Media Marketing

Social Media Marketing
Social Media Marketing | Image Source: Unsplash.com

Dalam pelaksanaannya, terdapat pilihan platform media sosial yang dapat Anda gunakan untuk memulai promosi bisnis yang Anda kembangan. Tetapi, masing-masing media sosial memiliki fokus algoritma yang berbeda, sehingga Anda harus melakukan penyesuaian terhadap sistem promosi yang akan Anda lakukan.

Berikut ini adalah pilihan media sosial dan segala bentuk kegiatan promosi yang dapat Anda coba untuk memasarkan bisnis Anda.

Media SosialJenis Kegiatan Promosi
TikTokMembuat video singkat yang unik dan mengikuti tren terbaru agar bisa masuk FYP.Membuka toko pada TikTok Shop untuk memperjualbelikan produk bisnis.Melakukan promosi dengan video tentang jasa yang Anda tawarkan.
InstagramUnggah gambar dan menjadikan profil akun sebagai katalog produk.Tambahkan highlight stories dan reels untuk memberikan informasi lebih tentang barang atau jasa yang Anda tawarkan.Bangun komunikasi interaktif dengan para pengikut melalui snapgram menggunakan polls atau Q&A seputar produk Anda.Pasang iklan agar dapat menjangkau pengguna lainnya secara luas.
TwitterUnggah cuitan informatif dan santai agar menarik perhatian pengguna lain.Bangun hubungan komunikasi yang baik dengan para pengguna lainnya menggunakan fitur tweet.Berdiskusi bersama perihal banyak topik.
FacebookMemasang iklan sebagai alat brand awareness.Unggah gambar menarik sebagai sarana promosi bisnis Anda.
YouTubeBuat iklan dengan konsep seperti drama pendek agar lebih menarik.Unggah video berdurasi panjang untuk menjelaskan atau review produk Anda.

Apakah Efektif Mengikuti Cara Kerja Social Media Marketing?

Penggunaan social media marketing untuk meningkatkan brand awareness dan penjualan sangatlah penting bagi para pebisnis. Terutama untuk Anda yang ingin memulai bisnis di jejaring media sosial yang sangat luas. Teknik pemasaran seperti itu akan membantu Anda dalam mempromosikan bisnis secara global.

Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan pilihan platform media sosial dengan kebutuhan target pasar bisnis milik Anda. Sebagai tambahan, ciptakan konten-konten informatif, unik, dan bermanfaat untuk menciptakan interaksi baik dengan para pengikut. Dengan begitu, Anda dapat menggaet calon pelanggan baru.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page