Unsur-Unsur Iklan di Media Cetak: Jenis dan Contohnya

Seiring perkembangan zaman yang semakin modern, sebagian besar orang memilih untuk mengiklankan produk atau layanan bisnisnya melalui media online. Meski begitu, tidak sedikit orang yang tetap beriklan melalui media cetak. Berbeda dengan media online, ada unsur-unsur iklan di media cetak yang perlu Anda perhatikan.

Alih-alih dalam bentuk koran atau majalah, media cetak juga mencakup media papan billboard, poster, maupun brosur. Tidak heran jika Anda perlu memperhatikan unsur-unsur penting agar iklan berjalan secara efektif. Baca ulasan lengkap di bawah ini untuk mengetahui lebih jelas unsur-unsur hingga jenis iklan di media cetak.

Unsur-Unsur Iklan di Media Cetak

Sebelum membuat iklan di media cetak, penting bagi Anda untuk memperhatikan unsur-unsur yang wajib ada di dalam iklan. Anda perlu membuat iklan yang detail dan menarik agar siapapun yang melihatnya tertarik terhadap apa yang Anda promosikan. Unsur-unsur iklan tersebut antara lain:

1. Nama Produk atau Layanan

Unsur pertama yang harus ada di iklan media cetak adalah nama produk. Nama produk harus Anda tampilkan secara jelas agar bisa dibaca dan diingat oleh siapa pun yang melihat iklan tersebut.

2. Keunggulan Produk atau Layanan

Keunggulan produk juga termasuk hal penting yang harus ada di dalam iklan. Anda perlu mencantumkan apa saja keunggulan produk yang Anda iklankan agar tampak menarik. Pasalnya, calon pelanggan tentu ingin tahu mengapa harus membeli produk Anda.

3. Kata Kunci Produk

Setiap iklan di media cetak biasanya menggunakan kata kunci tertentu sebagai slogan. Kata kunci ini harus Anda buat semenarik mungkin agar calon pelanggan mudah mengingat produk yang Anda tawarkan. Pastikan slogan ini juga memuat informasi yang jelas terkait produk tersebut.

4. Alamat dan Kontak yang bisa Dihubungi

Tidak hanya mencantumkan informasi tentang produk, unsur-unsur iklan di media cetak juga harus berisi alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Kontak atau nomor telepon akan memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi penjual ketika ingin membeli produk. 

Sementara alamat bisa membantu calon pelanggan yang ingin berkunjung langsung ke tempat penjualan produk. Jadi, pastikan Anda mencantumkan informasi ini secara jelas dan detail saat membuat iklan.

5. Gambar yang Menarik

Unsur visual yang harus ada pada iklan di media cetak adalah gambar. Gambar di sini harus menampilkan identitas produk yang Anda tawarkan. Misalnya, Anda bisa menambahkan gambar buah-buahan ketika mempromosikan bisnis salad buah. 

Gambar bisa membuat iklan menjadi lebih menarik dan calon pelanggan akan lebih tertarik untuk mengenal lebih jauh produk yang Anda iklankan.

6. Harga Produk

Unsur-unsur iklan di media cetak selanjutnya yaitu harga produk atau layanan yang Anda tawarkan. Apabila Anda mencantumkan harga produk atau layanan di dalam iklan, ini akan memudahkan calon pelanggan untuk mempersiapkan biaya ketika ingin membeli produk. 

Jadi, calon pelanggan tidak perlu menebak-nebak atau takut tidak memiliki cukup uang untuk mendapatkan produk di iklan tersebut.

7. Informasi Tambahan

Selain unsur-unsur iklan di media cetak yang telah disebutkan sebelumnya, Anda masih memiliki pilihan untuk menambahkan informasi tambahan pada iklan. Informasi tambahan ini bisa berupa komposisi pembuatan, bahan baku, atau informasi apapun yang menurut Anda penting sebagai nilai tambah produk yang Anda tawarkan.

Jenis dan Contoh Iklan Media Cetak

Iklan di media cetak memiliki banyak jenis sebagai bentuk promosi secara fisik. Beberapa jenis dan contoh iklan media cetak yang paling umum digunakan antara lain:

1. Brosur

Brosur
Brosur | Image Source: Freepik

Apakah Anda pernah menerima brosur yang berisi tentang penjelasan suatu produk atau layanan ketika jalan-jalan di mall? Brosur termasuk jenis iklan media cetak yang banyak digunakan hingga saat ini. Anda bisa mendapatkan informasi produk atau layanan beserta deskripsi lengkap dan visual yang menarik dari brosur.

2. Leaflet

Leaflet
Leaflet | Image Source: Pexels

Mirip dengan brosur, leaflet juga termasuk jenis iklan di media cetak. Leaflet biasanya berukuran A4 dan dilipat menjadi dua atau tiga halaman. Sementara brosur biasanya hanya satu lembar dengan ukuran lebih kecil. 

Informasi di dalam leaflet juga lebih detail dan banyak digunakan oleh lembaga-lembaga tertentu. Contoh iklan dalam bentuk leaflet bisa Anda temukan di area wisata, rumah sakit, atau museum.

3. Booklet

Booklet
Booklet | Image Source: percetakan.id

Jenis iklan media cetak selanjutnya yaitu booklet. Booklet biasanya menjadi media iklan bagi perusahaan atau lembaga tertentu untuk mengumpulkan dana. Bagian-bagian booklet tidak hanya berisi informasi layanan dan produk, tetapi juga kupon tertentu yang bisa Anda gunakan. Misalnya, booklet untuk acara pameran dan festival.

4. Poster

Poster
Poster | Image Source: Pexels

Siapa yang tidak tahu poster? Poster ternyata masih menjadi media iklan cetak yang masih banyak peminatnya. Sebagian orang menggunakan poster untuk mempromosikan layanan atau produk dari bisnisnya. Ini karena poster memiliki daya tarik tersendiri berupa penggunaan tipografi dan visual yang unik dan menarik.

5. Banner

Banner
Banner | Image Source: Freepik

Banner juga mengandung unsur-unsur iklan di media cetak. Isi dari banner biasanya mencakup pengenalan produk secara detail dan dilengkapi dengan gambar produk. Contoh iklan dalam bentuk banner bisa Anda temukan ketika di acara bazar, expo, atau event lainnya. 

Bentuknya mudah terlihat karena berukuran hampir setinggi orang dewasa. Jadi, Anda bisa membaca informasinya dengan mudah dan jelas.

6. Iklan Baris

Jika mendengar istilah media cetak, Anda mungkin akan langsung tertuju pada koran. Iklan yang termuat di dalam koran disebut sebagai iklan baris. Jenis iklan ini mempunyai tempat yang sangat terbatas dalam koran, yaitu sebanyak satu kolom saja. Iklan baris hanya berisi teks dan singkatan-singkatan sehingga cukup sulit dibaca.

Tidak ada gambar di dalam iklan baris. Contoh iklan baris biasanya menawarkan produk berupa mobil, apartemen, dan properti rumah.

7. Iklan Kolom

Jenis iklan media cetak yang termuat dalam koran atau surat kabar selanjutnya yaitu iklan kolom. Berbeda dengan iklan baris, iklan kolom memiliki ukuran atau porsi yang lebih besar. Iklan ini biasanya berada di bagian tertentu di dalam koran dan berisi teks yang lebih panjang.

8. Iklan Display

Jenis iklan display memiliki bentuk yang hampir sama dengan iklan kolom. Bedanya, iklan display ukurannya lebih besar dan dilengkapi dengan gambar atau visual yang mendukung. Iklan display di media cetak biasanya digunakan oleh perusahaan besar untuk mempromosikan produk atau layanan bisnisnya.

Sudah Tahu Apa Saja Unsur-Unsur Iklan di Media Cetak?

Pada dasarnya, iklan media cetak masih relevan untuk menjadi media promosi hingga saat ini jika Anda memperhatikan unsurnya dengan baik. Unsur-unsur iklan di media cetak antara lain nama produk, keunggulan produk, alamat dan kontak, kata kunci produk, harga, gambar visual, dan informasi tambahan lainnya.

Selain itu, ada banyak jenis dan contoh iklan di media cetak yang bisa menjadi referensi untuk promosi seperti brosur, leaflet, booklet, poster, dan banner. Ada pula iklan di surat kabar seperti iklan kolom, iklan baris, dan iklan display.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page