Ada banyak sekali jenis pekerjaan di dunia ini. Mulai dari kantoran hingga pekerjaan yang fleksibel. Salah satu pekerjaan yang fleksibel adalah wirausaha atau entrepreneur. Lalu, apa itu entrepreneur dan bagaimana contohnya? Simak selengkapnya dalam ulasan menarik berikut ini!
Apa Itu yang Dimaksud dengan Wirausaha?
Wirausaha atau entrepreneur sendiri adalah kegiatan yang identik dengan pemanfaatan peluang yang ada. Sebuah aktivitas kewirausahaan berarti kegiatan untuk mengelola dan menginovasikan suatu hal yang kreatif menjadi dasar untuk menciptakan sumber daya dan peluang yang sukses dalam bidangnya.
Adanya kegiatan ini bisa menjadi salah satu penggerak roda ekonomi yang besar bagi bangsa. Hal tersebut terjadi karena dengan adanya kewirausahaan akan tercipta banyak peluang kerja baru. Sehingga akan menciptakan penghasilan dan memberdayakan sumber daya manusia yang ada.
Menurut para ahli, salah satunya Thomas W. Zimmerer pada tahun 1996. Entrepreneur merupakan hasil dari sebuah proses disiplin sistematis dan penerapan kreativitas serta inovasi dalam memenuhi berbagai peluang dari permasalahan yang ada di pasar.
Sedangkan, menurut Kirzner pada tahun 1978 mendefinisikan bahwa, entrepreneur merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk melihat peluang baru yang ada. Pemanfaatan peluang ini akan memperbaiki permasalahan di pasar dan membawa kembali sebuah keseimbangan.
Karakteristik Wirausaha
Setelah mengetahui pengertian entrepreneur secara umum dan menurut para ahli, berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa karakteristik entrepreneur yang bisa Anda jadikan sebagai acuan. Karakteristik ini sendiri dijabarkan oleh Thomas W. Zimmerer:
1. Keinginan untuk Bertanggung Jawab
Memulai sebuah kewirausahaan berarti Anda akan menerima sebuah amanah besar, terlebih lagi jika terdapat karyawan yang bekerja di dalamnya. Oleh karena itu, memiliki keinginan untuk bertanggung jawab pada semua keadaan yang ada selama berwirausaha adalah hal yang sangat penting.
Hal tersebut terjadi karena dalam berwirausaha pasti terdapat tantangan yang membuat aktivitas tidak selalu lancar atau berjalan dengan baik. Seorang wirausahawan harus mampu mempertanggungjawabkan semua resiko, baik ketika berada di puncak maupun berada di bawah.
2. Berpegang pada Risiko Sedang
Wirausaha juga terkenal sebagai salah satu jenis pekerjaan yang memiliki banyak risiko. Hal tersebut terjadi karena sebagai wirausahawan Anda akan memproyeksikan bagaimana berjalannya sebuah usaha. Namun, proyeksi tersebut tidak bisa selalu tepat, inilah yang membuat pekerjaan ini sangat berisiko.
Risiko yang terjadi bisa sangat tinggi maupun rendah. Sebaiknya, Anda berpegang pada risiko yang sedang saja. Karena risiko yang terlalu tinggi bisa membawa Anda pada kerugian. Sedangkan risiko yang terlalu rendah akan membuat bisnis Anda terlalu lambat untuk berkembang.
3. Keinginan untuk Mendapatkan Umpan Balik
Keinginan untuk mendapat umpan balik dari target pasar menjadi salah satu karakteristik selanjutnya. Umpan balik merupakan salah satu hal yang penting untuk melihat persepsi sebuah bisnis di mata masyarakat. Jika umpan balik yang diberikan bagus, maka aktivitas kewirausahaan dapat terus berjalan.
Namun, sebaliknya, jika umpan balik yang diberikan kurang, maka perlu adanya beberapa evaluasi dan analisa mendalam tentang bisnis tersebut. Karena, jika terus dipaksakan, maka bisa jadi bisnis yang Anda jalankan mengalami sebuah kerugian.
4. Orientasi Masa Depan
Berwirausaha berarti memiliki orientasi yang jelas di masa depan. Adanya orientasi ini akan membantu Anda untuk membuat atau merencanakan timeline bisnis yang ada. Sehingga, seluruh aktivitas wirausaha akan berjalan dengan baik sesuai dengan alurnya.
Selain membantu untuk membuat timeline bisnis, adanya orientasi masa depan juga berguna sebagai motivasi untuk terus mengembangkan bisnis. Sehingga mencapai sebuah titik yang ditargetkan di masa depan. Anda akan memiliki keinginan untuk mengejarnya ketika sudah ada patokan mimpi di masa depan tersebut.
5. Terampil Berorganisasi
Terampil dalam berorganisasi merupakan karakteristik dari entrepreneur yang terakhir. Kemampuan dalam berorganisasi ini sangat diperlukan dalam memulai sebuah bisnis. Ini karena Anda akan terjun langsung ke seluruh aktivitas bisnis. Mulai dari marketing, finansial, perekrutan karyawan, hingga proses produksi.
Jika tidak memiliki kemampuan berorganisasi yang baik, maka bisa dipastikan seluruh kegiatan bisnis berjalan berantakan. Selain harus memiliki keterampilan organisasi, seorang wirausahawan juga harus memiliki wawasan yang luas mengenai banyak hal.
Sifat dari Wirausaha
Selain memiliki karakteristik tersendiri yang melekat pada diri wirausahawan. Ternyata, dalam berwirausaha terdapat beberapa ciri atau sifat khusus yang membedakan entrepreneur dengan lapangan pekerjaan lainnya. Simak penjelasan berikut ini:
1. Optimis
Jiwa optimis merupakan salah satu ciri utama dari seorang wirausahawan. Adanya jiwa optimis untuk meraih sebuah kesuksesan ini akan menjadi semangat tersendiri dalam menjalankan seluruh aktivitas bisnis yang ada. Sehingga meskipun ada badai menerjang, aktivitas bisnis akan terus berjalan.
Selain itu, rasa optimis juga diperlukan untuk memberi suntikan semangat pada karyawan bagi bisnis yang sudah berkembang. Ketika karyawan memiliki semangat tinggi, maka kegiatan wirausaha akan berjalan dengan baik.
2. Percaya Diri
Memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi adalah sebuah sifat yang harus dimiliki ketika Anda memilih untuk menjadi seorang entrepreneur. Percaya diri terhadap produk yang Anda jual akan mengantarkan bisnis pada kesuksesan. Kepercayaan diri juga dapat membuat seluruh aktivitas bisnis menjadi lancar.
Misalnya saja, dalam aktivitas marketing Anda haru menawarkan dan mempresentasikan produk yang Anda punya ke target pasar. Jika tidak ada kepercayaan diri dalam aktivitas ini, maka tingkat penjualan produk tidak akan bertambah dan cenderung menurun.
3. Positif Thinking
Memiliki pemikiran yang positif atau positif thinking merupakan salah satu sifat dari seorang wirausaha selanjutnya. Selama melakukan aktivitas bisnis, pasti ada berbagai keadaan yang memungkinkan terjadi. Baik keadaan yang menguntungkan hingga keadaan yang bisa dibilang buruk.
Dalam keadaan buruk tersebut, Anda dituntut untuk tetap memiliki pemikiran yang positif. Ini karena seorang wirausahawan memiliki tuntutan untuk menciptakan solusi dari sebuah keadaan atau permasalahan. Jika tidak memiliki pemikiran yang positif, maka Anda akan kesulitan untuk menemukan jalan keluarnya.
4. Penuh Semangat
Jiwa yang penuh semangat tentunya sangat diperlukan dalam memulai bisnis atau berwirausaha. Jiwa yang semangat ini akan membuat Anda memiliki keinginan untuk terus mengejar target dan mengembangkan bisnis agar mendapatkan keuntungan semakin besar.
Lewat jiwa yang penuh semangat pula, Anda akan dengan mudah untuk mencari berbagai strategi dalam pengembangan usaha. Semangat dalam diri akan mempermudah Anda dalam melakukan semua kegiatan bisnis tanpa terbebani dan dengan rasa ikhlas.
5. Mengikuti Perkembangan
Adanya digitalisasi yang semakin merajalela membuat perkembangan trend dalam bidang apapun menjadi sangat cepat dan pesat. Perkembangan trend inilah yang harus menjadi suatu konsentrasi tersendiri dalam memulai wirausaha. Karena dengan mengikuti perkembangan zaman, Anda akan mengetahui keinginan pasar.
Perkembangan trend tersebut harus Anda analisa dan amati secara langsung maupun menggunakan media daring. Sosial media seperti TikTok, Instagram, dan Facebook merupakan tempat yang paling cocok untuk melihat perkembangan berbagai trend yang ada.
6. Terbuka pada Berbagai Hal
Selain mengikuti perkembangan tren, sifat entrepreneur selanjutnya adalah terbuka terhadap berbagai hal yang ada. Mengikuti perkembangan tren saja tidak cukup, jika Anda tidak bisa mengimplementasikannya dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, pemikiran yang terbuka sangat diperlukan.
Anda dapat meminta saran dan masukan dari berbagai pihak yang terkait untuk kemajuan bisnis yang Anda kembangkan. Selain itu, Anda juga harus peka terhadap keadaan bisnis yang sedang berjalan agar memiliki pemikiran yang terbuka untuk mendapatkan peluang.
Beberapa Contoh dan Kisah Wirausaha yang Sukses
Setelah mengetahui pengertian, sifat, hingga karakteristik entrepreneur. Tentu, tak lengkap rasanya jika tidak melihat langsung beberapa kisah entrepreneur yang sukses dalam berbagai bidang industri. Berikut beberapa di antaranya:
1. Bittersweet By Najla (Najla Bisyir)
Siapa yang tidak mengenal brand makanan manis Bittersweet By Najla? Kemunculannya pioneer dessert box pertama di Indonesia ini menjadi hal yang sangat viral. Eksistensi di sosial media, teknik marketing yang unik, dan rasa yang enak menjadi perpaduan kompleks untuk kesuksesan wirausaha ini.
Bittersweet By Najla sendiri merupakan brand milik Najla Bisyir. Seorang ibu rumah tangga yang kini sukses menjadikan hobinya sebagai mata pencaharian utama bagi dirinya bahkan bagi banyak orang. Tak heran jika Najla Bisyir menjadi salah satu womanpreneur yang paling sukses di Indonesia.
Meskipun sukses, tentunya perjalanan wirausaha Najla Bisyir memiliki lika-liku tersendiri. Mulai dari banyak konsumen yang mengeluh karena harga yang terlalu mahal, hingga adanya pandemi yang membuat omzet turun drastis. Meskipun demikian, Bittersweet By Najla bisa terus eksis dan bertahan hingga saat ini.
Kegigihan, keuletan dan kreativitas Najla Bisyir dalam mengelola bisnis memang patut diacungi jempol. Ia kerap kali mengambil kursus baking ke luar negeri demi kelancaran bisnisnya. Inovasi produk yang selalu ada setiap bulan membuat para pelanggan terus penasaran dan tidak bosan untuk mencoba lagi dan lagi.
2. Erigo (Muhammad Sadad)
Dari bidang clothing, kisah sukses berwirausaha telah terjadi pada Muhammad Sadad melalui brand bisnisnya, yaitu Erigo. Erigo merupakan clothing brand berbagai baju sporty yang tetap casual. Brand ini sendiri sukses melejit di pasar Indonesia hingga saat ini.
Muhammad Sadad memang telah memiliki ketertarikan di bidang entrepreneur sejak duduk di bangku SMA. Ia memulai bisnis clothing sejak tahun 2013 lalu. Namun, Sadad juga sempat mengalami berbagai kerugian karena biaya operasional pameran lebih banyak dibandingkan dengan omzetnya.
Berkat keuletan dan kerja kerasnya, brand Erigo mulai melambung dan populer pada tahun 2015 silam. Semakin banyaknya e-commerce dan pengguna sosial media juga merupakan salah satu titik balik kesuksesan Muhammad Sadad.
Belakangan ini, sempat viral brand Erigo yang menggandeng berbagai selebritas. Seperti Anya Geraldine, Rachel Vennya, Enzy Storia, Raffi Ahmad, hingga Hassan Alaydrus sebagai brand ambassador. Selain itu, mereka juga turut berpartisipasi dalam ajang fashion kelas dunia, yaitu New York Fashion Week 2021 dan 2023.
3. Tokopedia (William Tanuwijaya)
Beralih dalam bidang teknologi, pasti Anda sudah tidak asing dengan Tokopedia. Tokopedia merupakan platform e-commerce yang didirikan oleh William Tanuwijaya. Memiliki background pendidikan di bidang Teknik Informatika membuat William Tanuwijaya tertarik untuk mengembangkan wirausaha dalam bidangnya tersebut.
Bersama salah satu rekannya, William Tanuwijaya mendirikan Tokopedia pada tahun 2009. Sempat dicerca karena memiliki mimpi yang terlalu tinggi, William perlahan bisa mewujudkan mimpi tersebut. Tak hanya itu, William Tanuwijaya juga sempat kesulitan dalam mencari suntikan modal untuk perusahaan.
Namun, seiring perkembangannya, Tokopedia berhasil mendapatkan banyak suntikan dana dari investor asing. Seperti East Ventures, Cyberagent Ventures, Beenos, dan Softbank. Tokopedia juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai e-commerce terbaik nomor 1 dari Bubu Awards.
Tak hanya itu, teknik marketing dengan menggandeng berbagai selebritis dunia seperti BTS hingga Blackpink membuat popularitas Tokopedia semakin melejit setiap harinya. Kini, Tokopedia telah memiliki omzet mencapai hitungan triliun setiap bulannya.
Anda Tertarik untuk Memulai Sebuah Wirausaha?
Berikut tadi adalah ulasan mengenai pengertian wirausaha, sifat, hingga karakteristik yang bisa Anda jadikan sebagai motivasi. Memulai usaha memang bukan sesuatu yang mudah. Namun, dengan tekad dan semangat yang kuat, kesuksesan pasti akan menghampiri!