10 Restoran & Tempat Makan di Karangasem yang Terkenal Enak

Mencari tempat makan di Karangasem bukanlah hal yang sulit. Di kawasan ini, terdapat banyak restoran yang menyajikan hidangan lezat tradisional Pulau Dewata serta makanan Asia dan barat. Harganya bersahabat sehingga dapat dijangkau berbagai kalangan.

Karangasem merupakan kawasan yang terletak di timur Provinsi Bali. Kawasan yang dijuluki Mutiara Timur ini diharapkan mampu mendorong pertumbuhan baru di industri pariwisata dan kecil.

Kendati belum sepopuler Kuta Bali, Karangasem tak kalah menarik untuk dijelajahi. Di tempat ini, terdapat destinasi wisata, seperti Puri Agung Karangasem, Taman Ukun Soekasada, Pura Agung Besakih, Pura Lempuyangan Luhur, dan Desa Tulamben.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mencicipi nasi sela. Makanan ini merupakan hidangan khas Karangasem yang terbuat dari campuran nasi putih dengan cacahan ubi. Nasi sela disajikan dengan berbagai sayuran dan lauk, seperti sate kulit, ayam betutu, dan udang.

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Karangasem dapat ditempuh menggunakan kendaraan darat selama 2 jam. Selain dipadati penduduk, kawasan ini juga menyediakan hotel bintang, penginapan murah, dan rumah makan populer.

Tak heran banyak turis asing dan lokal yang betah menghabiskan waktu di Karangasem Bali. Agar liburan kamu makin menyenangkan, berikut rekomendasi tempat makan terpopuler di Karangasem yang sayang jika dilewatkan. 

1. Kumendel Rumah Makan Keluarga 

tempat makan di karangasem

Kumendel Rumah Makan Keluarga menawarkan menu makanan yang dapat dipilih sesuai selera. Tak hanya Indonesia, tersedia juga beberapa menu makanan barat. Rumah makan ini dilengkapi area parkir untuk motor dan mobil serta toilet.  

Beberapa menu yang direkomendasikan, antara lain ayam bumbu Bali, gurame nyat nyat, ikan mas bumbu Bali, udang goreng, nasi goreng, ayam panggang, dan steak tuna. Tersedia juga menu untuk vegetarian dan anak-anak dengan penyajian yang menarik dan rasa enak. 

Tempat makan ini menawarkan suasana santai dengan udara relatif sejuk. Sejauh mata memandang, banyak tanaman kehijauan yang membuat lingkungan makin asri. Tak heran Kumendel Rumah Makan Keluarga menjadi favorit para wisatawan.

Pelayanan di rumah makan ini terbilang ramah. Namun, kamu harus bersabar karena membutuhkan waktu yang lumayan sebelum hidangan disajikan. Pembayaran di restoran ini terbatas, masih berupa uang tunai.

  • Jam Operasional Kumedel Rumah Makan Keluarga: Setiap hari, mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WITA.
  • Lokasi Kumedel Rumah Makan Keluarga: Jalan Nanas, Kecicang, Pertigaan Terminal, Subagan, Kabupaten Karangasem, Bali.

Baca Juga: 10 Tempat Dinner Romantis di Seminyak Bali Terbaik

2. Sate Serapah 

sate serapah Rumeneh

Karangasem terkenal dengan sate serapah yang menggoda selera. Salah satu tempat terbaik untuk menikmati kuliner ini adalah sate serapah Rumeneh. Meskipun hanya warung kecil, tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1982. 

Sate serapah terbuat dari olahan daging sapi dengan bumbu kuning. Bumbu kuning berbahan baku bumbu khas masakan dasar Bali yang dinamakan bumbu genep. Racikan bumbu ini akan dicampur ke dalam santan dan tepung beras.

Sate serapah biasanya disajikan di atas daun dengan potongan ketupat dan bawang goreng. Sekilas sate ini mirip dengan sate Padang, tetapi rasanya berbeda. Selama di Pulau Dewata, kamu juga bisa mengunjungi 5 pantai di Bali dengan sunset terbaik. 

  • Jam Operasional Sate Serapah: Setiap hari, mulai pukul 08.00 WITA sampai habis.
  • Lokasi Sate Serapah: Banjar Dinas Ujung Hyang, Desa Tumbu, Kabupaten Karangasem, Bali.

3. Warung Makan Bu Rai 

tempat makan di karangasem

Warung Makan Bu Rai merupakan rumah makan yang menyuguhkan beragam jenis masakan rumahan. Tempat makan ini mudah ditemukan karena letaknya strategis. Harga yang dibanderol bervariasi tergantung jenis makanan yang kamu pilih.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati makanan sembari bersantai sejenak. Warung makan ini menyerupai Warteg yang kerap di temukan di Pulau Jawa. Hanya saja, makanan yang disediakan kebanyakan tradisional Bali.

  • Jam Operasional Warung Makan Bu Rai: Setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga 22.00 WITA.
  • Lokasi Warung Makan Bu Rai: Padang Kerta, Karangasem, Bali.

4. Warung Makan Saparoa 

Warung Makan Saparoa

Warung Makan Saparoa menyuguhkan menu sate, soto, dan gulai. Meskipun sederhana, tempat makan ini selalu ramai dikunjungi. Maklum saja, cita rasa makanan yang disajikan sangat lezat. Harganya pun tak membuat kantong bolong. 

Beberapa menu yang tersedia, antara lain soto ayam, gulai kambing, sate ayam, dan sate kambing. Gulai dan sate kambing menjadi menu paling banyak disukai oleh pengunjung. Kuah gulainya kaya akan rempah dan cocok disajikan dengan sepiring nasi.

Sate kambingnya empuk dengan potongan yang cukup besar. Sate ini dapat dimakan langsung maupun ditambah dengan lontong atau nasi. Agar lebih nikmat, disarankan untuk memesan segelas jeruk hangat atau dingin. Dijamin puas dan kenyang! 

  • Jam Operasional Warung Makan Saparoa: Setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 22.00 WITA.
  • Lokasi Warung Makan Saparoa: Jalan Untung Surapati Amlapura, Karangasem, Bali.

Baca Juga: 10 Wisata Kuliner di Bali yang Wajib Dicoba, Terbaru

5. Mahagiri Panoramic Restaurant 

tempat makan di karangasem

Kalau kamu ingin menghabiskan waktu bersantap sembari menikmati pemandangan alam Bali, datanglah ke Mahagiri Panoramic Restaurant. Tempat makan ini menawarkan makanan prasmanan dengan menu tradisional dan barat.

Pemandangannya sangat bagus. Apabila cuaca cerah, kamu bisa menyaksikan kegiatan bertani penduduk sekitar dan Gunung Agung di kejauhan. Pelayanan di rumah makan ini terbilang ramah. Fasilitasnya pun lengkap, seperti toilet dan area parkir.

Sembari menunggu hidangan disajikan, kamu bisa bersantai ditemani secangkir kopi yang lezat. Lantaran menerapkan konsep prasmanan, menu yang disajikan bervariasi‚ÄĒtergantung kebijakan Mahagiri Panoramic Restaurant.

  • Jam Operasional Mahagiri Panoramic Restaurant: Senin-Sabtu mulai pukul 09.00 hingga 20.00 WITA dan Minggu mulai pukul 09.00 hingga 22.00 WITA.
  • Lokasi Mahagiri Panoramic Restaurant: Jalan Surya Indah, Desa Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

6. Pondok Mina 

Pondok Mina

Pondok Mina menawarkan makanan khas Indonesia yang lezat. Spesialisasi tempat makan Pondok Mina ini adalah makanan laut. Kamu bisa menemukan menu hidangan, seperti udang, cumi, dan ikan.

Kendati demikian, Pondok Mina juga menyediakan pilihan makanan lain. Salah satunya adalah olahan ayam. Beberapa menu yang direkomendasikan, antara lain pepes ikan, nasi campur, paket ayam, sup, serta es buah dengan es krim durian dan jeli.

Pelayanan di rumah makan ini tergolong cepat. Hanya saja, kamu harus bersabar ketika hendak membayar. Untuk mempercepat proses pembayaran, dianjurkan mempersiapkan uang tunai. 

Selama kamu masih menghabiskan waktu di Bali, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai jenis kuliner khas Pulau Dewata. Pastikan mencatat 10 makanan khas Bali yang wajib banget untuk dicicip ini ya!

  • Jam Operasional Pondok Mina: Setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 21.00 WITA.
  • Lokasi Pondok Mina: Jalan Untung Surapati, Amlapura, Padang Kerta, Kabupaten Karangasem, Bali.

7. Bali Asri Restaurant 

tempat makan di karangasem

Bali Asli Restaurant akan memberikan kamu pengalaman liburan tak terlupakan. Restoran yang terletak di atas bukit ini menghadap langsung ke Gunung Agung dan persawahan. Pemandangannya begitu indah.

Rumah makan ini sangat luas. Kebersihannya pun terjaga. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai suasana santai dengan obrolan ringan atau sekadar menikmati indahnya panorama Bali. 

Tersedia cukup banyak makanan lezat. Salah satunya megibung. Makanan ini terdiri dari delapan lauk pauk yang dilengkapi sambal. Selain megibung, kamu juga bisa mencoba kari ayam, jamur bumbu kukus, serta salad kelapa dan rebung. 

Sembari menunggu hidangan, habiskan waktu dengan mengambil beberapa foto di spot terbaik. Dijamin liburan di Karangasem makin berkesan! 

  • Jam Operasional Bali Asri Restaurant: Setiap hari, mulai pukul 11.00 hingga 17.30 WITA.
  • Lokasi Bali Asri Restaurant: Jalan Gelumpang, Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali.

Baca Juga: 10 Restoran & Tempat Makan di Bangli Bali yang Terkenal

8. Warung Belayag Dek Ani 

Warung Belayag Dek Ani

Warung Belayag Dek Ani merupakan salah satu tempat makan yang ramai dikunjungi wisatawan. Belayag sendiri merupakan kuliner Bali berupa lontong bumbu kuah kuning yang dilengkapi ayam, sayur urap, kedelai goreng, sambal, dan keripik kulit.

Kendati demikian, belayag di warung ini dihidangkan dengan taburan ayam bumbu Bali, kentang suwir goreng, semur nangka, tempe goreng, dan cabai rawit. Cita rasanya sangat menggoda selera. Tak heran apabila makanan ini menjadi favorit banyak orang.

Untuk menikmati seporsi belayag, kamu bisa mendatangi Warung Belayag Dek Ani. Lokasinya mudah ditemukan. Harga belayag yang ditawarkan pun bersahabat. Sekali coba, kamu akan ketagihan dibuatnya!

  • Jam Operasional Warung Belayag Dek Ani: Setiap hari, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WITA.
  • Lokasi Warung Belayag Dek Ani: Jalan Diponegoro Gang Batu Aya, Kabupaten Karangasem, Bali.

9. Amboja Resto 

tempat makan di karangasem

Amboja Resto menawarkan menu tradisional yang dikemas modern dengan harga terjangkau. Rumah makan ini menyediakan ruang VIP untuk acara pribadi, ulang tahun, pertunangan, rapat perusahaan, maupun reuni. 

Pelayanan di rumah makan ini sangat baik. Bahkan, kamu bisa meminta rekomendasi menu populer sesuai selera. Beberapa menu favorit pengunjung, antara lain tahu telur, lontong kupang, ayam geprek, fuyunghay, nasi bakar, betutu, blayag, ayam kecap, dan babi kecap.

Tersedia juga minuman tradisional, seperti beras kencur, wedang jahe, es teler, teh, dan kopi. Rumah makan ini terbilang luas sehingga suasananya tidak begitu bising. Kamu bisa berbincang santai sembari menunggu makanan. 

Asyiknya lagi, rumah makan ini dilengkapi tempat parkir yang luas. Lokasinya juga mudah ditemukan. 

  • Jam Operasional Amboja Resto: Setiap hari, mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WITA.
  • Lokasi Amboja Resto: Jalan Budakeling, Padang Kerta, Kabupaten Karangasem, Bali.

10. Sate Sengkidu Bu Rengkeg 

Sate Sengkidu Bu Rengkeg

Sate Sengkidu Bu Rengkeg termasuk makanan tradisional yang sederhana dengan cita rasa luar biasa. Kamu bisa mencoba menu paket yang terdiri dari nasi, sate ikan, pepes ikan, dan sup ikan. Makanan tersebut terbuat dari bahan pilihan terbaik. 

Cara masak yang masih tradisional dan menggunakan bumbu asli khas Bali menjadi rahasia kelezatan Sate Sengkidu Bu Rengkeg. Tempat makan ini agak sulit ditemukan karena terletak di dalam gang. Perlu diingat bahwa tempat ini juga tidak menyediakan area parkir. 

  • Jam Operasional Sate Sengkidu Bu Rengkeg: Setiap hari, mulai pukul 12.00 hingga 19.00 WITA.
  • Lokasi Sate Sengkidu Bu Rengkeg: Jalan Mendira, Sengkidu, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali.

Demikianlah sejumlah tempat makan di Karangasem yang direkomendasikan. Sangat cocok kamu kunjungi selama liburan di Pulau Dewata. Ayo, rancang liburanmu sekarang dan bagikan pengalamanmu di sini!

SHARE:

Seorang penulis professional dan berpengalaman menulis konten lebih dari 10 tahun di salahsatu startup indonesia, pernah juga menulis di beberapa media online Indonesia.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste