15+ Tempat Wisata di Jakarta yang Paling Wajib Dikunjungi

Tempat wisata di Jakarta menjadi tujuan bagi warga setempat yang ingin refreshing tanpa harus keluar kota. Terlebih di masa seperti ini yang cukup sulit untuk bisa bersantai sejenak melegakan pikiran ke luar Jakarta.

Pilihan tempat wisata tersebut juga sangat beragam dan bisa dipilih sesuai keinginan.

Tentunya tidak sedikit destinasi wisata Jakarta yang ramah anak sehingga sangat cocok dijadikan tujuan tamasya bersama keluarga tercinta.

15 Tempat Wisata di Jakarta yang Buka (Update Terbaru)

Ingin berlibur mengusir penat tapi malas keluar Jakarta? Tenang saja, ada begitu banyak pilihan tempat wisata yang ada di ibukota.

Tentunya sangat mudah diakses dan tetap mampu membuatmu rileks selama berada disana.

1. Dunia Fantasi

Siapa tidak mengenal Dunia Fantasi atau Dufan? Ini adalah tempat wisata yang berada di Jakarta sekaligus menjadi favorit bagi warga setempat.

Ada berbagai macam wahana yang bisa kamu coba di Dufan bersama keluarga dan orang tercinta.

Mulai dari turangga-rangga, bianglala, gajah bledug, kora-kora, hysteria, kicir-kicir, tornado, istana boneka, happy feet, pontang-pontang, halilintar, ontang-anting, arung jeram, rajawali, perang bintang, rumah jahil, niagara, rumah miring, poci-poci, alap-alap dan sebagainya.

Baca juga: 15 Tempat Sarapan Enak di Jakarta, Dijamin Ketagihan!!

2. Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK)

Wisata di jakarta

Diresmikan pertamakali pada tahun 1962, stadion ini digagas oleh Presiden RI pertama yaitu Soekarno. Menariknya, setelah proses renovasi panjang untuk menyambut perhelatan akbar ASIAN Games 2018, Stadion ini menjadi sangat indah.

Pasalnya, arsitektur pencahayaan yang dibangun dengan penuh perhitungan ini dapat menyulap bangunan yang sudah berdiri dari tahun 60an ini menjadi ciamik dan menakjubkan lagi.

Pada pagihari kamu bisa menikmati joging berkeliling Stadion Utama, dan menikmati jajanan kuliner khas GBK yang banyak ragamnya.

Selain itu, kamu juga bisa melihat berbagai macam pameran yang di adakan di JCC dekat stadion renang.

Pada malam hari, kamu bisa menikmati atraksi lampu facade area kawasan Stadion hingga Stadion Utama itu sendiri. Jika kamu masuk melalui pintu FX sudirman, maka kamu dapat melihat pemandangan gedung tinggi Sudirman dengan lebih jelas.

3. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Taman Mini Indonesia Indah

Tempat wisata yang dikenal dengan nama ‘Beautiful Indonesia Mini Park’ ini juga bisa menjadi alternatif tamasya bersama keluarga yang harus dikunjungi. Cocok sekali bagi kamu yang ingin berwisata sekaligus belajar tentang budaya Indonesia.

Sebab, di TMII kamu bisa menemukan berbagai macam anjungan daerah yang mewakili berbagai macam suku di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa menemukan sarana rekreasi, taman, museum, teater hingga perpustakaan di tempat wisata ini.

4. Pantai Ancol

pantai ancol

Untuk menikmati nuansa laut luas kamu tidak perlu jauh-jauh keluar Jakarta. Kamu bisa mengunjungi Pantai Ancol untuk berakhir pekan bersama keluarga dan orang-orang terdekatmu. Pantai Ancol sebetulnya merupakan jalur wisata pantai yang terdiri dari beberapa pantai.

Dimulai dari Pantai Indah, Pantai Elok, Pantai Ria, Festival Ancol dan Karnaval Ancol.

Selain menikmati nuansa pantainya, kamu juga icip-icip berbagai hidangan yang tersedia. Menariknya lagi, pantai ini begitu mudah dijangkau bahkan oleh kendaraan umum sekalipun.

5. Kota Tua Jakarta dan Kali Besar (Wisata di jakarta yang Instagramable)

Rekomendasi tempat wisata di Jakarta berikutnya adalah Kota Tua. Hampir setiap akhir pekan tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi.

Hal ini karena di Kota Tua kamu bisa menemukan berbagai macam spot fotografi yang cantik dan instagramable.

Mulai dari deretan perpustakaan, gedung sampai bangunan-bangunan peninggalan masa lampau yang terlihat begitu klasik.

Rasanya hampir setiap sudut Kota Tua menyimpan keindahan yang layak diabadikan menggunakan lensa kamera terbaik.

Saat kamu sudah sampai di Kota Tua, pastikan kamu dating sebelum gelap, karena kamu juga bisa berfoto di Kali Besar.

Tempat ini menyajikan spot foto dengan gaya Eropa-Belanda. Dijamin kamu akan takjub dengan pemandangan yang ada.

6. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Tempat wisata di jakarta yang sudah Buka
@jacksonsurianto

Di sekitaran Pantai Indah Kapuk ada tempat wisata yang sangat direkomendasikan untukmu. Taman Wisata Alam Mangrove namanya.

Destinasi wisata ini merupakan area bakau yang dikelilingi oleh perairan luas. Kamu bisa menikmati keindahan lokasi tersebut menggunakan perahu bersama pemandu.

Nuansanya sangat sejuk, bahkan ketika kamu hanya ingin berjalan menyusuri jembatan. Fasilitas tempat wisata ini sangat lengkap seperti restoran, penginapan dengan gaya tradisional dan sejumlah spot bersantai yang cantik.

7. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Ragunan

Jika kamu ingin bertamasya sekaligus melihat kekayaan fauna Indonesia di Jakarta, maka bisa mengunjungi Ragunan. Bukan hanya menyediakan sekitar 290 spesies hewan saja, namun Ragunan juga menyediakan berbagai macam fasilitas hiburan dan pendidikan.

Salah satunya adalah Pusat Primata Schmutzer yakni layanan edukasi tentang prinata seperti orang utan. Selain itu, juga terdapat taman bermain seperti Children Zoo dengan koleksi binatang mini yang ramah untuk anak-anak.

8. Monuman Nasional

Monumen Nasional jakarta

Monuman Nasional atau familiar dengan Monas merupakan ikon Jakarta yang wajib dikunjungi ketika berada di Jakarta. Monas berdiri di tengah kota dan dikelilingi dengan taman asri pada bagian luarnya.

Kemudian, di dalam Monas terdapat diorama perjuangan bangsa Indonesia demi meraih kemerdekaan.

Selain itu, ada sebuah lift yang akan membawa kamu untuk naik menuju puncak Monas untuk melihat pemandangan panorama Jakarta.

Pastinya sangat indah dan menakjubkan. Jika ingin sekedar berkeliling Monas, maka sebaiknya gunakan fasilitas kereta wisata.

9. Pulau Tidung

Pulau TIdung
@pulautidung_jakarta

Ini adalah pulau paling terkenal yang berada di gugusan Kepulauan Seribu. Sebetulnya pulau ini terdiri dari dua bagian yaitu Tidung Besar dan Tidung Kecil yang dihubungan menggunakan Jembatan Cinta. Di jembatan inilah banyak orang mengambil foto.

Di Tidung Besar kamu bisa menemukan sejumlah tempat makan, homestay hingga tempat persewaan sepeda.

Kemudian, di Tidung Kecil adalah pulau tidak berpenghuni namun mempunyai hutan bakau dan kerap digunakan sebagai lokasi penelitian tertentu.

10. Museum Tekstil

Museum Tekstil jakarta

Untuk kamu yang suka dengan sesuatu berbau sejarah Indonesia, maka Museum Tekstil yang berada di kawasan Tanah Abang ini bisa menjadi tujuan wisatamu berikutnya.

Di museum ini kamu bisa menjumpai berbagai macam jenis pameran kain tradisional dari berbagai daerah.

Mulai dari Sumatera, Jawa, Bali hingga Papua. Kamu bisa melihat berbagai macam alat membatik, tenun maupun perkakas lainnya yang berkaitan dengan pembuatan kain tradisional tersebut.

Selain itu, di tempat ini kamu juga bisa menjumpai berbagai macam koleksi tanaman untuk keperluan tekstil.

11. Kelenteng Jin De Yuan / Wihara Dharma Bhakti

Kelenteng Jin De Yuan menjadi salah satu tempat wisata di Jakarta tertua yang sudah dibangun sejak tahun 1650.

Tempat ini mempunyai desain yang sangat rumit sekaligus kaya warna. Bahkan tempat ini diklaim sebagai salah satu kekayaan religius yang telah diwariskan dari komunitas Tionghoa setempat.

Meskipun banyak orang yang berwisata di tempat ini sekaligus mengambil foto, akan tetapi kelenteng ini juga masih digunakan sebagai tempat beribadah.

Menariknya lagi, kamu tidak akan dikenakan biaya untuk masuk ke kelenteng yang berada di daerah Glodok ini.

12. Masjid Istiqlal

Masjid Istiqlal jakarta

Masjid yang dikenal sebagai ‘Masjid Nasional’ ini terletak tidak jauh dari Istana Negara dan Monumen Nasional. Masjid ini diresmikan sejak tahun 1978 untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Arsitekturnya sangat megah dan kerap digunakan sebagai objek fotografi.

Bukan hanya terlihat indah saja, namun masjid ini juga dijadikan sebagai tempat peribadatan yang sangat nyaman karena mampu menampung sekitar 200.000 orang.

Tentunya sangat lega dan bisa dijadikan sebagai tempat beristirahat setelah berjalan-jalan menyusuri Jakarta.

13. Gereja Katedral

Gereja Katedral

Gereja Katedral terletak tidak jauh dari Masjid Istiqlal. Gereja ini mempunyai desain khas Eropa dengan bagian menara meruncing khas Gereja Ghotic. Tempat ini terbuka secara umum sebagai tempat ibadat umat katholik maupun pengunjung umum yang ingin melihat keindahannya.

Sudah banyak yang mengunjungi gereja tersebut dan menjadikannya sebagai latar belakang foto prewedding. Siapapun rasanya sangat mudah berkunjung kemari baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

14. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium
@nikitafima

Jika kamu mengira wisata Aquarium hanya ada di Ancol hal ini rasanya kurang tepat. Karena saat ini ada wisata akuarium baru yang terletak di Bilangan Jakarta Barat.

Berlokasi di Mall Neo Soho, Jakarta Aquarium menawarkan berbagai macam atraksi dan wahan yang dijamin membuat anak-anak betah.

Tempat wisata ini dibuka setiap hari mulai pukul 10 Pagi hingga 10 Malam. Tersedia opsi tiket regular dan premium yang bisa kamu pilih.

Untuk lebih detailnya kami sudah menulis reviewnya di sini:

Baca: Jakarta Aquarium, Ulasan Singkat Lengkap dengan Harga Tiket Terbaru

15. Pantai Pasir Putih PIK 2

Pantai Pasir Putih PIK 2

Belakangan ini sedang trending tempat berfoto yang viewnya berupa pantai dengan pasir berwarna putih bersih dan mirip di luar negeri.

Tempat Wisata di Jakarta yang satu ini adalah Pantai Pasir Putih PIK 2. Pantai ini adalah pantai buatan hasil reklamasi teluk Jakarta. Di tanami pohon palem di sepanjang pantai membuat tempat wisata ini semakin indah dan menarik.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati kuliner-kuliner yang menggugah selera di sekitar PIK 2.

16. Planetarium

Wisata di jakarta

Apa salahnya berwisata sekalian mengedukasi anak-anak. Wisata edukasi Planetarium Jakarta merupakan wahana simulasi perbintangan dan benda-benda langit.

Wahana ini sendiri digagas langsung oleh Presiden Soekarno. Didukung oleh para pakar keastronomian Institut Teknologi Bandung, Planetarium ini mulai dibangun tahun 1964 dan diresmikan pada tahun 1968.

Kamu bisa menikmati ruang observasi bintang, Mencoba Teleskop Obsevasi, dan Menikmati Ruang Pameran galaksi.

Rekomendasi 16 tempat wisata di Jakarta  tersebut kiranya bisa memberikan ide terbaik bagi kamu untuk refreshing sejenak di ibukota. Tentunya tidak perlu jauh-jauh untuk melepaskan penat setelah sepekan bekerja, sebab di Jakarta ada begitu banyak destinasi wisata yang layak dikunjungi.

SHARE:

A full-time blogger, content writer, and WordPress enthusiast. Craving for everything about SEO and Digital Marketing.

Tinggalkan komentar