I Nyoman Bagiartha – Jabatan Housekeeper di sebuah hotel merupakan jabatan yang tidak mudah untuk di lakoni karena pekerjaannya mencakupi hal – hal yang berhubungan dengan menjaga asset atau investasi pemilik hotel, serta bertanggung jawab  penuh atas kwalitas kebersihan hotel,resort atau tempat dia bekerja.

Berbicara tentang Housekeeping Department, tentunya tidak jauh-jauh dari sosok yang satu ini. Ya, kali ini kami berhasil “menculik” beliau untuk di ajak ngobrol seputaran dunia housekeeping di Bali. I Nyoman Bagiartha atau yang sering disapa Man Bagi adalah salah satu Founder dari Housekeeping Community Bali ( HCB ).

Dibentuk pada tahun 2018 dengan visi kreatif, inovatif dan berbudaya Transparan,  saat ini HCB sudah memiliki 650 member mulai dari Room Attendant, Housekeeping Spv, Assistance Executive Houskeeper, Executive Housekeeper dan Room Division Manager dari hotel – hotel yang ada di Bali.

“HCB di bentuk untuk memberikan wadah untuk belajar serta mendapatkan informasi mengenai perkembangan dunia housekeeping atau perkembangan pariwisata secara keseluruhan, Belajar GRATIS merupakan program ungulan HCB untuk member Housekeeper Bali” kata Man Bagi saat menceritakan komunitas yg beliau bangun bersama rekannya bapak Adhista dan bapak Suteja.

Man Bagi sendiri mengawali karirnya justru bukan sebagai seorang Housekeeper. Tahun 2002, setelah lulus dari STP Bali Nusa Dua dan mencoba peruntungan di salah satu perusahaan retail franchise yang cukup banyak jaringan di Indonesia sebagai seorang  Food & Beverage Coordinator.

Karena memang ingin berkarir di perhotelan pekerjaan ini hanya dilakoninya selama 6 bulan dengan bersamaan dia mendapat tawaran sebagai Spa Manager di Amoras Spa International. Leadership skill nya mulai di asah di tempat ini dengan membawahi beberapa team.

“Never be afraid to try something new” motto hidup yang di pegang sejak masa sekolah di SMIP Kertha Wisata Renon, Man Bagi sempat mengabdi di tanah kelahiran di Lombok pada tahun 2005 dan bekerja sebagai Restaurant Supervisor di Sahara Restaurant & Club selama 6 bulan sebelum akhirnya bisa masuk ke dunia perhotelan yang sesungguhnya sebagai Front Office Assistance di The Oberoi Lombok.

Dari sinilah petualangan sebagai seorang hotelier sekaligus langkah awal terjun kedunia Housekeeping, mendapatkan kesempatan emas untuk sekolah di Oberoi Center Learning Development – Delhi India selama 2 tahun dengan bidang studi Housekeeping Management.

Baca Juga : Room Division Departemen

Singkat cerita, setelah 8 tahun berkarir jabatan Executive Housekeeper posisi terakhir di jaringan The Oberoi International, Man Bagi mendapatkan tantangan baru sebagai Corporate Executive Housekeeper pada tahun 2013 dengan 60 unit hotel di bawah managemen Archipelago International. Sungguh prestasi yang luar biasa.

Setelah 4 tahun berkarya, akhirnya Archipelago International mempercayakan Man Bagi untuk posisi General Manager di Fave Hotel Umalas atau sekarang yg di kenal dengan Seminyak Garden, pencapaian tertinggi di dunia perhotelan. Menjadi orang nomor 1.

“Creative dalam menjalani proses hidup dan terus berinovasi untuk mendapatkan pelajaran dari semua orang, serta tak lupa untuk jujur dengan diri sendiri dan tak lupa doa serta dukungan keluarga” kata Man Bagi saat memberikan pesan pada kami untuk menutup pembicaraannya.