11 Jenis-Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitasnya

Hotel atau penginapan menjadi pilihan yang efisien sebagai tempat istirahat ketika bepergian jauh. Namun ada beberapa hotel yang tidak memberikan kenyamanan, justru membuat acara liburan tidak sesuai yang diharapkan, sehingga perlu tau jenis kamar hotel berdasarkan fasilitas yang diberikan.

Sebelum memesan hotel maka cek dulu jenis kamar hotel berdasarkan fasilitas agar bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Seperti contohnya memilih hotel untuk dua orang, bersama keluarga atau memilih dengan harga yang bersahabat.

Mengenal Tipe-Tipe Kamar Hotel

Kamar hotel seharusnya menjadi tempat yang nyaman untuk sedikit merebahkan badan yang seharian sudah beraktifitas.

Namun terkadang kamar hotel yang kurang nyaman menjadi istirahat sedikit terganggu.

Ternyata untuk menunjang kenyamanan pengunjung kamar hotel memiliki jenis yang berbeda pada setiap kamarnya.

Agar bisa memilih kamar sesuai dengan kebutuhan maka perlu memahami jenis-jenis kamar hotel sebagai berikut.

Kamar Hotel Berdasarkan Jumlah Tempat Tidurnya

Di hotel menyediakan berbagai jenis kamar tidur, dimana setiap kamar dapat dipesan sesuai kebutuhan. Berikut penjelasan jenis kamar hotel berdasarkan jumlah tempat tidur :

1. Double room

Merupakan jenis kamar berdasarkan jumlah tempat tidur, dimana pada double room memiliki tempat tidur berukuran besar muat untuk dua orang.

Biasanya banyak dipesan oleh pasangan yang belum punya anak karena desainnya yang minimalis.

2. Triple room

Kamar dengan jenis triple room atau sering disebut family room, seperti yang tertera pada namanya kamar hotel ini dikhususkan untuk rombongan keluarga dengan banyak keluarga.

Kamar ini dilengkapi dengan tempat tidur yang ukurannya besar yang muat dua orang serta terdapat kasur kecil atau kasur single.

Selain itu ada tiga tempat tidur lain yang berukuran kecil dengan ukuran ruangan yang luas karena memang untuk satu keluarga.

3. Single Room

Single room atau disebut juga studio room merupakan kamar hotel yang terdiri dari satu ruangan yang terdiri dari satu tempat tidur, kamar mandi dan juga sofa.

Kamar dengan model seperti ini paling banyak dan hampir setiap hotel memilikinya.

Harga yang ditawarkan tergolong murah jika dibandingkan dengan harga kamar jenis lain, biasanya kamar model seperti ini diminati oleh para traveler yang bepergian sendirian meski dengan besar ruangan yang tidak terlalu lebar tapi kamar ini nyatanya banyak diminati.

4. Twin Room

Jenis kamar berdasarkan fasilitas dan jumlah tempat tidur yang selanjutnya yaitu Twin room,  fasilitas yang ditawarkan antara lain yaitu kamar tidur dengan model terpisah atau single.

Twin rooms ini memiliki dua ranjang yang terpisah dengan masing-masing berukuran single, biasanya kamar jenis ini banyak diminati oleh pasangan suami istri atau saudara dan juga teman menginap.

Karena selain itu tempat tidur juga bisa diletakkan secara berdampingan.

Jenis Kamar Hotel Berdasarkan Fasilitas yang Diberikan

Selain berdasarkan jumlah tempat tidur ada beberapa jenis kamar hotel berdasarkan fasilitas yang disediakan.

Untuk mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan hotel maka bertanyalah pada resepsionis atau baca pada deskripsi hotel di dalam aplikasi pesan online.

1. Presidential Suite

Jenis kamar yang satu ini memiliki ruangan yang sangat besar dilengkapi dengan fasilitas yang bagus banget, namun dibanding yang lain biaya sewa kamar satu ini terbilang cukup mahal, sampai dijuluki yang termahal dan tercantik.

Tidak semua hotel bisa memiliki presidential suit karena fasilitas yang diberikan merupakan yang terbaik untuk pengunjung.

Kamar yang satu ini akan membawa siapa yang menginap di dalamnya untuk melihat pemandangan yang sangat ini.

2. Suite Room

Jenis kamar hotel berdasarkan fasilitas yang kedua yaitu suite room, hotel yang satu ini hampir mirip dengan apartemen dengan ukuran yang kecil.

Fasilitas yang disediakan antara lain dapur, ruang tamu yang terpisah dari kamar tidur serta dilengkapi dengan dapur dan masih banyak lagi.

Junior suit room adalah hotel yang memiliki berbagai fasilitas diantaranya tempat duduk, ruang tamu yang terpisah dengan kamar tidur.

Pemisah diantara keduanya yaitu menggunakan tembok atau lemari besar.

3. Deluxe Room Atau DLX

Berbeda dengan standar kamar-kamar lain, deluxe room di desain lebih menarik dan memiliki fasilitas yang banyak juga.

Deluxe room ditempatkan pada bagian yang lebih baik namun di beberapa hotel deluxe justru ditempatkan pada tempat yang lebih rendah.

4. Superior Room Atau SUP

Setiap hotel atau penginapan tentu mempunyai standar kualitas yang berbeda-beda, tergantung dengan berapa bintang yang diperoleh hotel tersebut.

Superior memiliki fasilitas yang baik dengan ukuran kamar yang yang diberikan dengan room.

5. Standard Room Atau STD

Jenis kamar berdasarkan fasilitas yang diberikan selanjutnya yaitu standard room (STD), merupakan kamar hotel yang hampir semua tau.

Fasilitas yang diberikan di kamar tersebut diantaranya yaitu tempat tidur satu, televisi, kulkas, meja dan lain sebagainya.

Jenis kamar ini tergolong rampai dipesan terutama sebelum pandemi, karena selain dibandrol dengan harga yang lumayan terjangkau juga diberi fasilitas dengan standar yang baik.

Seperti fasilitas standar yang sudah disampaikan di awal.

6. Connecting Room

Tipe kamar yang satu ini sangat cocok bagi orang yang sedang bepergian jauh bersama keluarga atau sahabat-sahabatnya, dimana di dalam rombongan itu ada orang yang  ingin tidur sendiri atau punya kamar masing-masing.

Kamar yang satu dengan yang lainya bersebelahan dengan pintu yang langsung menghubungkan ke kamar.

Jadi tidak perlu susah-susah untuk keluar kamar bertemu dengan para saudara dan juga teman teman.

7. Murphy Room

Melupakan kamar yang menyediakan sofa bed di dalamnya, sofa ini berfungsi sebagai tempat tidur pada malam hari dan bisa dijadikan sofa pada siang hari.

Kamar satu ini memiliki Murphy dengan besar kamar 20-40 m.

8. Smoking/Non Smoking

Selanjutnya yaitu smoking / non smoking dimana tidak semua hotel membolehkan seseorang untuk merokok di sembarang tempat.

Bagi para perokok hal ini bisa diperhatikan sebelum menginap di hotel.

Hal ini dilakukan supaya tidak tercium bau rokok pada ruangan atau kamar, karena bau rokok yang menyengat sangat mengganggu pengunjung yang akan datang.

9. Cabana Room

Hotel dengan jenis Cabana Bound mempunyai desain dengan kolam renang pribadi di depannya, sangat menyenangkan bila bangun tidur dapat melihat pemandangan yang bagus ditambah kolam renang yang biru.

10. Accessible Room/Disabled Room

Tipe yang satu ini merupakan tipe kamar yang disediakan untuk para tamu yang memiliki keterbatasan.

Tipe kamar ini sudah diwajibkan melalui proses hukum untuk menghindari hal tidak menyenangkan seperti diskriminasi.

Kenyamanan bepergian juga tergantung dengan keberhasilan memilih tempat menginap atau hotel, salah memesan hotel menyebabkan kenyamanan berkurang apalagi hotel tidak memberikan pelayanan yang baik.

Dengan mengenal berbagai jenis kamar hotel berdasarkan fasilitas maka akan meminimalisir terjadinya salah pesan.

Ada berbagai macam aplikasi yang dapat membantu mengetahui keadaan hotel sebelum melakukan reservasi.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar