Bolehkah Menerima Tamu Di Kamar Hotel? Simak disini Jawabannya

Berkunjung ke suatu tempat yang jauh dari rumah untuk bekerja atau sekedar berlibur tentu lebih nyaman jika menginap, karena badan perlu istirahat setelah bepergian jauh. Namun bolehkah menerima tamu di kamar hotel?

Aturan tiap hotel memang berbeda-beda, ada yang dengan mudah menerima tamu di kamar hotel.

Namun, ada beberapa hotel yang tidak memperbolehkan para penginap untuk membawa tamu dari luar.

Kesalahan Ketika Menginap di Hotel

Menginap di hotel menjadi pilihan yang terbaik bagi kebanyakan orang ketika bepergian jauh.

Tapi sejauh ini, nyatanya masih banyak yang melakukan beberapa kesalahan dengan mengabaikan aturan tentang penerimaan tamu di kamar hotel.

Setiap hotel memiliki aturannya sendiri, seperti izin menerima tamu di kamar hotel. Berikut ini, beberapa hal yang menjadi kesalahan para pengunjung hotel:

1. Lupa Menanyakan Jenis Kamar

Merencanakan sebuah perjalanan memanglah penting, termasuk dengan pemilihan kamar saat menginap di hotel.

Karena ada sebagian orang yang sulit tidur ketika bepergian yang membuatnya akan banyak menghabiskan waktu di luar kamar.

Orang dengan tipe seperti itu dapat memilih kamar yang posisinya berada di pojokan atau kamar yang dekat dengan jalur keluar seperti tangga, lift atau elevator agar tidak mengganggu pengunjung lain.

Pemilihan kamar juga menentukan boleh atau tidaknya menerima tamu di kamar hotel.

2. Lupa Menanyakan Biaya Penginapan

Pentingnya menanyakan biaya penginapan karena bisa saja ada beberapa tambahan biaya yang tak terduga.

Sehingga ketika sudah ditanyakan detailnya bisa menyimpan uang pembayarannya.

Sebelum, sesudah menginap pastikan untuk mengecek dan mendata apa saja yang memerlukan biaya usahaan juga mempertimbangan pemberian uang tip kepada para pekerja hotel untuk menghindari krisis di akhir.

3. Lupa Menjadwal Check-In Lebih Awal

Ada beberapa hotel atau penginapan yang mempunyai jadawal cukup ketat untuk check-in maupun check-out.

Jika terjadi keterlambatan check-out saja bisa jadi barang bawaan sudah dikeluarkan dari kamar hotel.

Jadi kenali hotel tempat menginap dan buatlah pengingat agar tidak lupa atau terjadi keterlambatan dalam melakukan check-in dan check-out.

4. Tidak Memberikan Informasi dengan Benar Saat Check-In

Saat check in lebih baik cantumkan beberapa informasi yang penting seperti nomor handphone, email dan bisa juga kartu nama. Hal tersebut membuat para petugas hotel mudah menghubungi dan mengkonfirmasi waktu kedatangan.

5. Lupa Mengecek Barang Sebelum Keluar Kamar

Sebelum keluar kamar hotel pastikan barang yang dibawa lengkap, beberapa barang yang penting seperti dompet, kunci dan handphone jangan sampai tertinggal.

Terutama ketika check-out perhatikan semua barang yang dibawa agar tidak ada yang terlewatkan.

6. Lupa Menanyakan Fasilitas Tambahan

Fasilitas tambahan di kamar penting untuk ditanyakan terutama bagi para pengunjung berkebutuhan khusus.

Tanyakan pada petugas dengan sopan mengenai fasilitas pada kamar seperti ukuran, tipe dan fasilitas lain, jika ingin pindah maka katakan pada petugas dengan jelas dan baik.

7. Menunggu Di Antrian Check Out

Selama pandemi memang banyak hotel dan penginapan yang tutup, namun kebijakan membuat hotel mulai beroperasi lagi namun harus menerapkan protokol kesehatan seperti jangan berkerumun dan menghindari antrian dengan jarak berdekatan.

Sebaiknya sambil menunggu antrian berkurang melakukan kegiatan lain seperti mengecek kembali jumah biaya yang harus dibayarkan atau total pembayaran, agar waktu yang dihabiskan tidak sia-sia.

Berikut diatas merupakan beberapa hal yang harus diingat ketika akan menginap di hotel, mengenai pertanyaan bolehkah menerima tamu di kamar hotel ada beberapa kebijakan yang dibuat oleh pihak pengelola sehingga tergantung dengan hotel yang dituju.

Cara Bertamu Di Hotel yang Diizinkan Sesuai Prosedur

Terkadang ada orang-orang yang akan bertemu dengan seseorang baik itu keluarga, teman sekolah atau teman kerja di hotel yang sedang digunakan.

Tapi bolehkah menerima tamu di kamar hotel? Mengenai hal tersebut lebih baik tanyakan pada resepsionis saat itu.

Jika kamu ingin membawa dan menerima tamu dari luar maka sebaiknya lapor dulu terhadap petugas hotel.

Tamu harus lapor kepada resepsionis bila akan bertemu di kamar dengan pengunjung yang menginap di hotel tersebut.

Setelah itu resepsionis akan mengabari pihak yang dimaksud dengan menelpon pemilik kamar, kemudian jika benar akan ada tamu yang berkunjung maka petugas akan memberikan akses bagi tamu untuk menemui penginap yang dimaksud.

Jika sudah diperbolehkan maka resepsionis akan meminta pihak yang bersangkutan atau pemilik kamar untuk menjemput tamu di area lobby.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari perbuatan yang tidak diinginkan dan melanggar aturan. Jika sekedar bertemu dengan teman atau rekan kerja pastikan memberikan data yang benar agar tidak dicurigai oleh pihak pengelola hotel.

Memilih untuk menginap di hotel saat perjalanan jauh merupakan pilihan yang baik untuk mengistirahatkan tubuh setelah melakukan perjalanan jauh. Mengenai bolehkah menerima tamu di kamar hotel biasanya boleh asal dengan tujuan yang jelas.

SHARE:

Seorang traveller, penyuka dunia perhotelan dan pariwisata Indonesia. Ingin berbagi inspirasi melalui tulisan.

Tinggalkan komentar